cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
serunaibudidaya@gmail.com
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
serunaibudidaya@gmail.com
Editorial Address
Jalan Gaharu no. 147 Kelurahan Jati Makmur Kecamatan Binjai Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
ISSN : 20899467     EISSN : 26215616     DOI : 10.37755
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Serunai Bahasa Indonesia merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus . Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada bidang Bahasa Indonesia. Artikel yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi di tempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggungjawab penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Serunai Bahasa Indonesia" : 6 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Juwita Juwita -
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.159 KB) | DOI: 10.37755/jsbi.v16i1.128

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis pantun melibatkan dua variabel yaitu Variabel bebas (X) dan Variabel terikat (Y). Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Persiapan Stabat. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 5 soal yang sesuai dengan indikator keterampilan menulis pantun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan menulis pantun siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kontekstual sebesar 79,77, sedangkan rata-rata nilai kelompok kontrol sebesar 78,60. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,78 > 1,98, maka hipotesis yang menyatakan keterampilan menulis pantun yang dalam pembelajarannya menggunakan pembelajaran kontekstual lebih tinggi bila dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Swasta Persiapan Stabat diterima.
Ideologi Familialisme Pada Perempuan Batak Karo dan Perempuan Jawa di Desa Purwobinangun (Kajian Wacana Kritis) Sri Ulina Ginting
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.53 KB) | DOI: 10.37755/jsbi.v16i1.127

Abstract

Ideologi Familialisme merupakan suatu jebakan dimana menempatkan perempuan hanyalah sebagai istri yang baik dan ibu yang baik.Perempuan harus bisa berhias diri untuk bisa memberi  pelayanan yang terbaik bagi suami. Pada suku Karo dan suku Jawa di Desa Purwobinangun , Ideologi familialisme sangat dijunjung tinggi meskipun suatu jebakan bagi mereka , karena perempuan Karo  dan perempuan jawa di Desa Purwobinangun adalah perempuan yang pekerja keras, apapun ia lakukan demi keluarga dan anak-anaknya. Perempuan Karo mempunyai tanggung  jawab yang besar didalam keluarga,baik di keluarga mertuanya maupun dikeluarga orang tuanya. Karena di keluarga mertua perempuan Karo kedudukannya sebagai Kalimbubu, di keluarga orang tuanya perempuan Karo posisinya sebagai sebagai anak beru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perempuan Karo dan perempuan jawa menjalankan bentuk dari ideolgi familialisme. Metode dalam  penelitian ini adalah kulitatif deskriftif dan mengunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup: Observasi,  wawancara , Dokumentasi.  Ideologi familialisme pada perempuan Karo dan perempuan Jawa tergambar bagimana perempuan pekerja keras yang memperjuangkan agar orang-orang yang ia kasihi mendapat yang terbaik di dalam kehidupannya, tanpa memperhitungkan pengorbanan baik moril maupun materil.Gambaran potret budaya Familialisme pada perempuan Karo dan perempuan Jawa , dimana seorang ibu yang baik itu pasti memperjuangan segala bentuk apapun demi memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya agar dapat bersekolah kejenjang yang lebih baik serta juga harus mampu merias diri untuk member pelayanan yang terbaik bagi suami.Pengorbanan inilah yang akan mengangkat status social keluarag ketika anak anak yang mereka perjuangkan berhasil.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LISTEN-READ-DISCUSS (LRD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH PIDATO OLEH SISWA KELAS X SMK SWASTA YPIS MAJU BINJAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jepri Arizal
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.12 KB) | DOI: 10.37755/jsbi.v16i1.112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Listen Read Discuss (LRD) terhadap Kemampuan Menulis Naskah Pidato oleh Siswa Kelas X SMK Swasta YPIS Maju Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini diambil dari siswa-siswi kelas X SMK Swasta YPIS Maju Binjai.  Metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sample atau teknik gulungan kertas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment. Hasil penelitian ini adalah kemampuan menulis pidato siswa dari kelas yang menerapkan model pembelajaran listen-read-discuss (LRD) dengan kelas lain lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran listen-read-discuss (LRD) pada pokok bahasan menulis naskah pidato oleh siswa kelas X SMK Swasta YPIS Maju Binjai tahun pembelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa nilai tertinggi kelas eksperimen (yang mendapat pembelajaran menulis naskah pidato dengan menggunakan model pembelajaran listen-read-discuss (LRD) adalah 95 dan nilai terendah 55. Nilai tertinggi kelas control (yang mendapat pembelajaran menulis naskah pidato dengan metode ceramah) adalah 85 dan terendah 45.Kata Kunci : model pembelajaran, kemampuan, menulis, naskah.
KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN TEMA NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA MAHASISWA SEMESTER GENAP 2017-2018 STKIP BUDIDAYA BINJAI Fheti Wulandari Lubis
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.221 KB) | DOI: 10.37755/jsbi.v16i1.129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester genap 2017-2018 STKIP Budidaya Binjai dalam menulis puisi bebas dengan tema nilai-nilai karakter bangsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelian kualitatif. Alasan penulis menggunakan metode tersebut karena penulis berupaya mengetahui kemampuan mahasiswa dalam materi menulis puisi serta pemahaman mahasiswa tentang nilai-nilai karakter banga. Populasi penelitian berjumlah 51 orang. Instrument penelitian ini ialah dengan menggunakan teknik dokumentasi dan pengamatan secara langsung. Hasil penelitian membuktikan bahwasannya tema dalam menulis sebuh puisi bisa dengan menggunakan nilai-nilai karakter bangsa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata mahasiswa semester genap 2017-2018 dengan nilai persentase 75. Selain itu tanpa disadari mahasiswa semester genap 2017-2018 STKIP Budidaya Binjai sadar akan nilai-nilai karakter bangsa tersebut dan diaplikasikannya dalam kehidupan sehari-harinya.
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA SOSIALl MEDIA INSTAGRAM DALAM POSTINGAN, KOMENTAR, DAN CERITA SINGKAT Sri Kurnia Sebayang
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.672 KB) | DOI: 10.37755/jsbi.v16i1.124

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk memaparkan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa yang terdapat pada media sosial instagram. Analisis kesalahan berbahasa merupakan suatu cara atau langkah kerja yang biasa digunakan oleh peneliti atau guru bahasa untuk mengumpulkan data, mengidentifikasi kesalahan, menjelaskan kesalahan, mengklasifikasikan kesalahan dan mengevaluasi taraf keseriusan kesalahan berbahasa. Objek kajian dalam penelitian ini yaitu wacana status dan komentar teman di instragram, cerita dan komentar teman di instagram, dan percakapan di istragram. Data dalam penelitian ini yaitu berupa kata dan kalimat dalam status dan koment teman di instragram dan lain sebagainya, Sumber data berupa sumber data tertulis, yaitu status dan koment teman di instragram. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode baca dan catat karena berupa tulisan. Metode baca adalah suatu pemerolehan data yang dilakukan dengan cara membaca suatu penggunaan bahasa. Baca dan catat merupakan proses yang didokumentasikan dengan cara mencatat data yang sudah terkumpul. Dari hasil penelitian ini dapat kita lihat bahwa bahasa yang kita gunakan di Instagram dan sosial media lainnya seiring dengan berjalannya waktu dapat menurunkan kaidah-kaidah yang terdapat didalamnya. Ini karena, sosial media merupakan tempat berkumpulnya semua ragam bahasa, baik yang masih dalam bahasa Indonesia maupun yang dari luar, yang mengakibatkan pengguna tidak lagi memperhatikan bagaimana menulis bahasa Indonesia yang benar.Kata Kunci : Kesalahan Berbahasa, sosial media, instagram 
DAMPAK DEHUMANISASI BUDAYA DAN AGAMA DALAM KARYA SASTRA (KAJIAN HERMENEUTIK TERHADAP CERPEN “ROBOHNYA SURAU KAMI” KARYA A. A NAVIS) Prina Yelly -
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.505 KB) | DOI: 10.37755/jsbi.v16i1.126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian hermeneutik terhadap cerpen Robohnya Surau Kami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Objek yang dikaji adalah Dampak Dehumanisasi Budaya dan Agama dalam Karya Sastra (Kajian Hermeneutik terhadap Cerpen “Robohnya Surau Kami” Karya A. A Navis). Dampak tersebut, berupa hilangnya nilai-nilai adat (kebudayaan) dan hilangnya nilai-nilai kesucian (agama) dianalisis melalui kajian hermeneutika Hans-Georg Gadamer.

Page 1 of 1 | Total Record : 6