cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
serunaibudidaya@gmail.com
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
serunaibudidaya@gmail.com
Editorial Address
Jalan Gaharu no. 147 Kelurahan Jati Makmur Kecamatan Binjai Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
ISSN : 20899467     EISSN : 26215616     DOI : 10.37755
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Serunai Bahasa Indonesia merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus . Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada bidang Bahasa Indonesia. Artikel yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi di tempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggungjawab penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) MARET 2021" : 5 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA YPIS MAJU BINJAI nova rahman; Prina Yelli; Seget Tartiyoso
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) MARET 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i1.363

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar fotografi terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA YPIS MAJU Binjai. Metode penelitian ini adalah dengan desain prettest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA YPIS Maju Binjai. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 51,17 dan kelas kontrol adalah 50,67, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 86,33 dan kelas kontrol 83,33. Dari hasil  uji hipotesisuji tthiung>ttabel =(3,52)> (2,00) maka Ho ditolak, Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media gambar fotografi terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswakelas XI SMA YPIS MAJU Binjai.
Pengaruh Teknik Pembelajaran Time Token dan Sikap Bahasa terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMPN 1 Batang Anai Yanti Susanty; Chery Julida Panjaitan
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) MARET 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i1.343

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik pembelajaran time token dan sikap  bahasa dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Desain penelitian yang digunakan yaitu factorial design (2x2). Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai. Kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen diterapkan teknik pembelajaran time token, sedangkan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol diterapkan teknik konvensional. Instrumen yang digunakan dalam melaksanakan penelitian yaitu angket dan tes unjuk kerja. Pemberian angket untuk menjaring data sikap bahasa siswa, sedangkan tes unjuk kerja diberikan untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini melakukan dua kali pengujian hipotesis. Hipotesisi pertama untuk melihat peningkatan keterampilan berbicara siswa di kelas eksperimen dan control. Hasilnya, thitung =  2,235 dan ttabel = 1,671. Karena thitung> ttabel,  maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hipotesisi kedua menghasilkan   = 1,598  sedang yaitu   1,79. Hal ini membuktikan bahwa sikap positif berbahasa dengan teknik time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dibanding tanpa teknik tersebut. Maka, dapat disimpulkan bahwa bahwa penerapan teknik pembelajaran time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa serta ada peningkatan aktivitas guru dan respon siswa tehadap pembelajaran.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENENTUKAN UNSUR BATIN DALAM PUISI MONOLOG MEDAN KARYA TANITA LIASNA OLEH MAHASISWA STKIP BUDIDAYA Fheti Wulandari Lubis; Berlian Romanus Turnip; Netti Marini
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) MARET 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i1.348

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester ganjil 2020- 2021 STKIP Budidaya Binjai dalam menentukan usur batin dalam antologi puisi Monolog Medan karya Tanita Liasna Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelian deskriptif kualitatif. Alasan penulis menggunakan metode tersebut karena penulis berupaya mengetahui pemahaman mahasiswa tentang materi puisi serta kemampuan mahasiswa dalam menganalisis puisi khususnya menganalisis unsur batin dalam puisi. Populasi penelitian berjumlah 33 orang. Instrument penelitian ini ialah dengan menggunakan teknik dokumentasi dan pengamatan secara langsung. Hasil penelitian membuktikan bahwasannya di dalam antologi puisi Monolog Medan Karya Tanita Liasna terdapat unsur batin di dalam puisi yang ditulisnya. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata mahasiswa semester ganjil tahun pembelajaran 2020-2021 dengan nilai persentase 75. Selain itu tanpa disadari mahasiswa STKIP Budidaya Binjai sadar akan unsur batin dalam puisi tersebut dapat mempengaruhi pembaca puisi serta unsur batin memiliki penilaian tersendiri nagi masing-masing pembaca puisi.
TRADISI MEMBURU KEPALA MANUSIA DI NIAS SELATAN TAHUN 1886 PADANOVEL TANAH PARA PENDEKAR KARYA VANNI PUCCIONI (KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA) Rerin Maulinda; Juwita Lewani Barus
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) MARET 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i1.340

Abstract

Novel Tanah Para Pendekar karya Vanni Puccioni menceritakan petualangan seorang antropolog asal Florence, bernama Elio Modigliani di Pulau Nias Selatan tahun 1886. Sepanjang perjalanan, Elio Modigliani menemukan tradisi di daerah Pulau Nias. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan novel Tanah Para Pendekar mengenai tradisi pada isi cerita novel Tanah Para Pendekar, mendeskripsikan pandangan dan sikap masyarakat dalam atau luar terhadap tradisi memburu kepala manusia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada novel Tanah Para Pendekar menunjukkan bahwa adanya tradisi yang meliputi daerah Pulau Nias yaitu perdagangan budak dan memburu kepala manusia, akan tetapi yang dominan dalam isi cerita novel adalah tradisi memburu kepala manusia. Pandangan masyarakat Pulau Nias terhadap tradisi memburu kepala manusia yaitu tradisi yang memiliki nilai dan arti, sikap yang digunakan dengan menjalankan tradisi tersebut. Sedangkan, pandangan Elio Modigliani sebagai masyarakat luar Pulau Nias yaitu berdiri pada pendirian dantak gentar dengan sikap yang mengandalkan kecerdasan dan membina hubungan baik oleh masyarakat Pulau Nias.Kata kunci : Antropolgi, Novel, dan Tradisi Memburu
PENGARUH METODE PRAKTEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMA SWASTA SWADAYA HAMPARAN PERAK Edy Saputra; Sri Ulina Beru Ginting
Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol 18, No 1 (2021): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) MARET 2021
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jsbi.v18i1.362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode praktek  dalam menulis teks prosedur kompleks  siswa kelas XI SMA Swasta Swadaya Hamparan Perak. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Swadaya Hamparan Perak yang berjumlah  32 siswa. Sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA  sebanyak 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model  one group pre test post test. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay dalam bentuk penugasan yaitu menulis teks prosedur kompleks. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks dengan tanpa perlakuan metode praktek termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 68,1 sedangkan sesudah perlakuan metode praktek  termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 79,5. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung> ttabel atau 4,45> 2,04 pada taraf signifikan  = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu metode praktek lebih berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI SMA Swasta Swadaya Hamparan Perak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5