cover
Contact Name
Nur Wahidin Ashari
Contact Email
nurwahidin_pmath@uncp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
nurwahidin_pmath@uncp.ac.id
Editorial Address
Jalan Latammacelling No. 9 B Kota Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 26158132     EISSN : 26157667     DOI : 10.30605/proximal
Core Subject : Education,
Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related fields.
Articles 37 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya" : 37 Documents clear
Aljabar Max-Plus: Verifikasi Keamanan Sistem Penjadwalan Keberangkatan Kereta Api: Indonesia Aditya Putra Pratama; Nurul Fuady Adhalia H
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 2 (2023): Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v6i2.2447

Abstract

Dalam penelitian ini dibahas mengenai cara untuk melakukan verifikasi terhadap sistem penjadwalan keberangkatan kereta api atas Aljabar Max-Plus berdasarkan suatu property keamanan yang akan diamati. Lebih khusus, sistem yang digunakan sebagai representasi dari sistem penjadwalan keberangkatan kereta api, yaitu: Sistem uncertain Max-Plus Linear (uMPL). Sistem uMPL tersebut dapat dikonstruksi berdasarkan graf berarah yang merepresentasikan jalur lintasan kereta api. Jika diberikan suatu Sistem uMPL autonomous yang merepresentasikan sistem penjadwalan keberangkatan kereta api, maka proses untuk melakukan verifikasi keamanan terhadap sistem tersebut berdasarkan property yang diberikan dapat dilakukan dengan menggunakan analisis reachability. Lebih lanjut, jika diberikan Sistem uMPL, suatu initial conditions yang tak kosong, time horizon, dan unsafe set, maka verifikasi keamanan terhadap Sistem uMPL dapat dilakukan dengan melihat apakah state dari sistem tersebut mampu mencapai unsafe set atau tidak. Jika state dari Sistem uMPL mampu mencapai unsafe set berdasarkan time horizon yang diberikan, maka Sistem uMPL tersebut tidak aman. Sebaliknya, jika state sistem tidak mampu mencapai unsafe set berdasarkan time horizon yang diberikan, maka sistem tersebut dikatakan aman.
Desain Pembelajaran Teorema Pythagoras Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dengan Model Inkuiri Terbimbing Adifa Shafa Kamilah; Sukirwan Sukirwan
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 2 (2023): Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v6i2.2529

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran materi teorema Pythagoras melalui Hypothetical Learning Trajectory (HLT) berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Model Inkuiri Terbimbing menggunakan konteks Lintasan MRT. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah Design Research. Karakteristik esensial dari design research yaitu berbentuk siklus (cyclic). Subjek penelitian pada siklus 1 atau pengajaran awal/preliminary teaching melibatkan 6 orang siswa di Sekolah Surau Merantau kelas 8 SMP. Pada siklus 2 atau uji coba pengajaran/teaching experiment dengan subjek sebanyak 26 siswa kelas 8 di SMPIT Asy-Syukriyyah. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis retrospektif menunjukkan bahwa penggunaan konteks lintasan MRT dalam kegiatan belajar mengenai teorema Pythagoras berbasis TPACK dengan model inkuiri terbimbing dapat mendukung siswa untuk dapat aktif berdiskusi. Penggunaan konteks lintasan MRT juga mendukung siswa mengenal akan keterkaitan konteks lintasan MRT dengan segitiga siku-siku dan teorema Pythagoras.
Pelabelan Total Tak Reguler Sisi pada Graf Direction, Graf Direction Right, dan Graf Heart Juli Setiawati; Meryta Febrilian Fatimah; Darma Ekawati
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 2 (2023): Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v6i2.2559

Abstract

Pelabelan graf adalah suatu fungsi yang memasangkan elemen-elemen graf ke suatu bilangan bulat positif. Graf dapat dituliskan dengan G = (V(G), E(G)) dimana V(G) merupakan himpunan titik tak kosong dan E(G) merupakan himpunan sisi. Suatu pemetaan f : V(G) E(G) {1,2,3,…….k} untuk suatu bilangan bulat k, disebut pelabelan k total tak reguler sisi jika untuk setiap dua sisi e1 = u1v1 dan e2 = u2v2 yang berbeda, memiliki bobot sisi yang berbeda, yakni wtf (e1) = wtf (e2). Nilai k terkecil pada pelabelan k total tak reguler sisi disebut sebagai kekuatan total tak reguler sisi pada graf G dan disimbolkan dengan tes(G). Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan nilai kekuatan total tak reguler sisi pada graf direction, graf direction right, dan graf heart serta melabeli graf tersebut menggunakan pelabelan total tak reguler sisi. Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh pola pelabelan dan nilai kekuatan total tak reguler sisi dari ketiga graf tersebut, yang berturut-turut mempunyai nilai tes(Dn)= 6n + 1, tes(Drn)= 3n + 1, dan tes(Hn)= 4n + 1, untuk n 1.
Peningkatan Kemampuan Algebraic Thinking Siswa melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Laswadi Laswadi
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 2 (2023): Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v6i2.2587

Abstract

The algebraic thinking ability of junior high school students remains low. This condition is indicated by their limited understanding of story questions. Students lack practice in expressing what is known and asked in story problems. One of the causes of this low algebraic thinking ability is the use of inappropriate learning models or approaches. This research aims to apply the Contextual Teaching and Learning (CTL) approach to enhance students' algebraic thinking skills. The purpose of this study is to determine whether the Contextual Teaching and Learning (CTL) approach can improve students' algebraic thinking skills. The population of this study consists of 77 students from class VIII of MTsN 6 Kerinci. The research sample includes 38 students divided into two groups. The experimental research method is employed in this study. The results indicate that the N-Gain in the experimental group falls within the moderate range, namely 0.55, while the control group's N-Gain falls within the low range, specifically 0.26. The results of the hypothesis test demonstrate that the Contextual Teaching and Learning (CTL) approach significantly improves students' algebraic thinking skills. Hence, it is recommended to implement the Contextual Teaching and Learning (CTL) approach in current instruction to support the enhancement of students' algebraic thinking skills.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Aplikasi Math City Map Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 265 Timampu Sirajuddin Sirajuddin; Andi Ardhilah Wahyudi; Ainayya Al-fatiha
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 2 (2023): Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v6i2.2612

Abstract

Ainayya Al-Fatiha, 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis aplikasi Math City Map terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 265 Timampu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Dibimbing oleh Sirajuddin dan Andi Ardhilah Wahyudi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis aplikasi math city map terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 265 Timampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis aplikasi math city map terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 265 Timampu. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis aplikasi math city map terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 265 Timampu. Sampel pada penelitian ini sebanyak 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test, respon siswa, dan aktivitas siswa Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis aplikasi Math City Map dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 265 Timampu. Hal ini dapat dilihat pretest hasil belajar siswa 8% Tuntas, sedangkan Post-test hasil belajar siswa 100% Tuntas. Dari hasil respon siswa dapat dilihat rata-rata persentase angket respon siswa 78% memberikan respon positif. Adapun hasil aktivitas siswa rata-rata persentase 86% menunjukkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis aplikasi Math City Map terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 265 Timampu. Kata kunci : Problem Based Learning, Math City Map
Optimalisasi Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning-Flipped Classroom Selvia Erita
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 2 (2023): Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v6i2.2617

Abstract

Model pembelajaran merupakan unsur utama dalam praktek mengajar. Perlunya memodifikasi model PBL dengan mengintegrasikan FC didalamnya, karena diharapkan pemodifikasian ini mampu menjadi ideal yang berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa matematika melalui tahapan pengembangan konseptual modifikasi model PBL dengan mengintegrasikan FC dengan menggunakan prosedur sintesis Lee and Jang dengan pendekatan Theory-Driven Conceptual Instruction Design Model tipe F1-O1-S1-A1 dan dilanjutkan dengan tahapan eksperimen menggunakan uji-t. Tahapan pengembangan konseptual modifikasi model PBL diawali dengan analisis studi literature dan informasi terbaru yang berkaitan dengan pola matematikawan bekerja serta melakukan proses validasi dengan teknik Delphi tiga putaran. Sedangkan pada tahap eksperimen meliputi uji pengaruh modifikasi model PBL dengan mengintegrasikan FC dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa matematika. Pengembangan konseptual modifikasi model PBL-FC menghasilkan 5 tahapan yaitu: 1). Mereview dan menyajikan masalah; 2). Memahami dan mendorong penyelesaian masalah; 3). Menfasilitasi dan memproses rencana penyelesaian; 4). Membahas hasil penyelesaian dan memberikan penguatan dan 5). Mengevaluasi dan menyimpulkan pembelajaran. Sedangkan pada tahapan eksperimen menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,001 artinya mahasiswa yang menggunakan model PBL-FC memiliki keterampilan berpikir kritis lebih baik dibandingkan mahasiswa tidak mengimplementasikan Model PBL-FC. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tahapan modifikasi memberikan pengaruh untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa matematika.
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Lingkaran berbasis Discovery Based Learning Berbantuan Geogebra Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Arif Fatahillah; M. Ali Yafi; Lioni Anka Monalisa; Saddam Hussen; Edy Wiharjo
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 2 (2023): Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v6i2.2643

Abstract

Media pembelajaran merupakan penghubung dalam rangka memudahkan dalam pelaksanaan pembelajaran serta dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa terkait materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini merupakan pengembangan media pembajaran yang menggunakan bantuan perangkat lunak Geogebra. Pemilihan Geogebra karena pada perangkat lunak ini memiliki tampilan sangat menarik serta sudah memiliki kelas tersendiri yaitu Geogebra Classroom yang dapat digunakan sebagai media untuk meyampaikan materi. Materi yang disampaikan pada media ini adalah materi persamaan lingkaran. Model pada penelitian ini menggunakan model Thiagarajan (model 4D). Model 4D memiliki empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 3 Lumajang. Analisis pada penelitian ini dibagai menjadi tiga tahap. Pertama, tahap validasi yang dilakukan oleh dua dosen pendidikan matematika Universitas Jember dan satu guru mata pelajaran matematika SMAN 3 Lumajang yang menghasilkan kategori valid. Kedua, analisis kepraktisan ditunjukan dari angket respon pengguna yang berhasil mendapatkan kategori praktis. Ketiga, analisis keefektifan ditunjukan melalui hasil pengerjaaan soal pre-test dan post-test dengan menghasilkan kategori efektif. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test siswa membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis discovery based learning berbantuan geoegebra classroom dapat menigkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Prediksi Harga Komoditas Gas Alam Menggunakan Model Brownian Motion dan Geometric Brownian Motion: Indonesia Aditya Putra Pratama; Yanuar Bhakti Wira Tama
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 2 (2023): Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v6i2.2655

Abstract

Gas alam merupakan salah satu sumber energi di dunia yang mana pemanfaatannya di masa depan diperkirakan semakin tinggi dan menjadi sumber energi yang penting. Sebagaimana diketahui bahwa pergerakan dari harga gas alam yang fluktuaktif, hal ini mengindikasikan bahwa harga gas alam bergerak mengikuti proses stokastik. Pada penelitian ini dibahas mengenai prediksi dari harga gas alam dengan menggunakan model Brownian Motion dan Geometric Brownian Motion serta membandingkan hasil prediksi dari kedua model tersebut. Dengan menggunakan 1000 iterasi, nilai MAPE dari hasil prediksi harga gas alam menggunakan model Brownian Motion adalah sebesar 1,4505% dan untuk model Geometric Brownian Motion adalah sebesar 1,0867%.
E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Ani Oktafiani; Hepsi Nindiasari
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 2 (2023): Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v6i2.2679

Abstract

Penelitian ini mendapatkan dukungan dari fenomena rendahnya kemampuan dalam berpikir secara reflektif matematis pada siswa di bangku SMP. Memiliki tujuan untuk melakukan pemaparan terkait pengembangan dari sistem E-LKPD berbasis Problem Based Learning sebagai upaya untuk melakukan peningkatan terkait kemampuan dalam berpikir secara reflektif sistematis terhadap siswa baru SMP dan sebagai upaya untuk diketahuinya mengenai layak atau tidaknya diaplikasikan E-LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini melakukan pengembangan dengan mengaplikasikan model pengembangan Yakni dengan menyesuaikan tujuh tahapan antaranya potensi dan masalah, pengumpulan informasi atau pengumpulan data, desain mengenai produk, upaya melakukan validasi terhadap desain, melakukan perbaikan atau revisi, melakukan uji coba secara terbatas, dan melakukan perbaikan terhadap produk. Validasi terhadap produk pengembangan tersebut dilakukan pengujian oleh tiga ahli, meliputi satu ahli di bidang praktisi, dan 2 ahli pada bidang media yang telah melaksanakan upaya pengujian terhadap bahan ajar E-LKPD yang dikembangkan. Hasil dari upaya validasi materi menyajikan bahwa presentase 88,80% dengan memiliki kategori “Sangat Valid”, hasil dari upaya validasi terhadap media menyajikan presentasi 82% “Cukup Valid”. E-LKPD terkait dilakukan penguji cobaan pada 10 hingga 20 siswa di bangku SMP yang secara khusus pada kelas kelas VIII. Hasil dari respon siswa berdasar angket yang telah diperoleh secara terbuka dan tertutup menyajikan presentase 96,7% dengan masuk ke dalam kategori “Sangat Valid”. Berdasar pada hasil terkait, E-LKPD dengan Problem Based Learning pada kemampuan berpikir secara reflektif matematis dapat diberikan pernyataan layak untuk diaplikasikan sebagai metode bahan ajar dalam pembelajaran matematika yang secara khusus pada materi bangun ruang sisi datar.
Desain Pembelajaran Kesebangunan Bangun Datar Melalui Model Problem Learning Berbantuan Geogebra Meylia Putri Rachmawati; Sukirwan Sukirwan
Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 2 (2023): Matematika dan Pendidikan Matematika: Permasalahan dan Solusinya
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/proximal.v6i2.2681

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain pembelajaran kesebangunan bangun datar melalui perancangan hipotesis lintasan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian desain, yang meliputi tahapan sebagai berikut: persiapan dan desain, eksperimen pengajaran, dan analisis retrospektif. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu dokumentasi hasil kerja siswa, rekaman video, dan wawancara selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus di SMP Negeri 3 Kota Serang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX C (siklus pertama) dan IX A (siklus kedua). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat melalui hipotesis lintasan belajar melalui konteks bangunan bersejarah kota tua, yang terdiri dari aktivitas: (1) mengamati gambar asli dengan gambar di dalam foto, (2) menunjukkan bagian yang bersesuaian, (3) menemukan perbandingan yang sama, (4) mengidentifikasi dua bangun datar, (5) mengelompokkan sisi dan sudut yang bersesuaian dengan bantuan geogebra, (6) menganalisis syarat kesebangunan bangun datar, (7) memecahkan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kesebangunan.

Page 1 of 4 | Total Record : 37