cover
Contact Name
Antonius Rizki Krisnadi
Contact Email
akrisnadi@bundamulia.ac.id
Phone
+62 811-8880-593
Journal Mail Official
akrisnadi@bundamulia.ac.id
Editorial Address
Jl. Lodan Raya No. 02, Ancol. Jakarta Utara 14430
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Hospitality dan Pariwisata
ISSN : 24425222     EISSN : 26558165     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Hospitality dan Pariwisata diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari dan November. Jurnal ini ditujukan sebagai media bagi akademisi dan praktisi untuk menyumbangkan karya ilmiah dan pengalaman praktisnya yang dapat berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang industri hospitality dan pariwisata.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata" : 6 Documents clear
KREATIVITAS PRODUK KEMBANG KOL Juliana Juliana; Elsa Virginia; Vennia Yurisca; Winnie Winnie
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jhp.v6i1.2032

Abstract

ABSTRAK Kroket merupakan salah satu makanan tradisional yang sudah tidak asing di Indonesia. Kroket umumnya terbuat dari kentang atau roux, lalu diberikan isian dan dibalur dengan tepung panir. Namun, seiring perkembangan kuliner kroket sudah banyak dimodifikasi dari lapisan kulit hingga lapisan isinya. Oleh karena itu peneliti bergagasan untuk berkreativitas terhadap produk kroket dengan mengganti kentang dengan kembang kol sebagai bahan dasar kembang kol serta memberikan beberapa varian isian untuk kroket kembang kol. Varian isian terdiri dari jagung, wortel, daun bawang, cabai rawit hijau, dan keju mozzarella. Tujuan kreativitas produk kroket kembang kol ini adalah untuk memberikan informasi cara pembuatan kroket kembang kol, menguji dan menganalisis tingkat kesukaan para panelis dan mutu kroket kembang kol dalam aspek rasa, aroma, tekstur dan warna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini merupakan kroket kembang kol dan sampel dalam penelitian ini adalah kroket kembang kol dengan lima varian isian yaitu kroket kembang kol isi jagung, kroket kembang kol isi wortel, kroket kembang kol isi daun bawang, kroket kembang kol isi cabai rawit hijau, dan kroket kembang kol isi keju mozzarella. Diuji dengan menggunakan uji organoleptik yang mencakup uji hedonik dan uji mutu hedonik oleh panelis terlatih sebanyak 30 orang. Pengujian organoleptik digunakan untuk melihat aspek rasa, aroma, warna dan tekstur. Pengujian organoleptik dari hasil uji hedonik dan mutu hedonik, kelima kroket kembang kol dengan isian disukai dan diberi tanggapan positif dari para panelis Kata Kunci: Kreativitas, Kroket, Kembang Kol
TREN FOODIE: POTENSI STREET FOOD DI JAKARTA Douwes Lasmana
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jhp.v6i1.2033

Abstract

ABSTRAK Saat ini street food memainkan peran penting dalam pariwisata, makanan telah menjadi salah satu alasan utama para pelancong terbang ratusan kilometer ke kota lain atau bahkan ke negara lain. Tidak hanya ke restoran berbintang lima tetapi juga pedagang kaki lima. Promosi memainkan peran yang sangat penting untuk menyiarkan pesan dari pemilik bisnis untuk membagikan keunikan dan promosi penjualan mereka. Ini tidak akan menjadi masalah bagi pemain besar seperti restoran dan hotel, tetapi tidak untuk vendor makanan kecil dan menengah dengan modal terbatas. Foodie adalah orang-orang yang tertarik pada masakan tertentu atau hanya menikmati menjelajahi petualangan makanan yang telah secara efektif digunakan untuk mempromosikan produk makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana foodies melalui Instagram mempromosikan bisnis makanan jalanan di Jakarta dengan meningkatkan hubungan antara merek dan pelanggan. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, sedangkan data dikumpulkan dari wawancara mendalam dengan beberapa foodie di Jakarta serta pemilik PKL serta observasi. Hasilnya menjelaskan bahwa Instagram digunakan untuk menyiarkan konten mereka. Dalam beberapa kasus, foodies disewa untuk mempromosikan bisnis meskipun kadang-kadang mereka harus membayar makanan dan minuman. Foodies menggunakan konten mereka terutama untuk berbagi vendor tren baru, atau menu vendor tertentu dan pada saat yang sama meningkatkan kualitas hubungan antara merek dan pelanggan dengan meningkatkan loyalitas merek, kesadaran merek, keterlibatan merek, dan ikatan emosional agar penjual jajanan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Kata kunci: Foodie, Makanan Jalanan, Instagram
POTENSI PERHELATAN BUDAYA CAP GO MEH SEBAGAI SALAH SATU DAYA TARIK WISATA DI INDONESIA (STUDI KASUS PERHELATAN BUDAYA CAP GO MEH DI KOTA SINGKAWANG) Merry Merry; Rianto rianto
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jhp.v6i1.2031

Abstract

ABSTRAK Cap Go Meh merupakan tradisi turun temurun masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia yang dilaksanakan pada hari ke 15 bulan pertama Tahun Baru Imlek. Perayaan ini berbeda-beda di setiap tempat, salah satunya di Kota Singkawang yang terbentuk melalui proses asimilasi dan akulturasi budaya orang China dengan masyarakat lokal di perkampungan China di Monterado berabad-abad yang lalu dengan pawai Tatung sebagai puncak perhelatannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah perhelatan budaya ini dapat menjadi sebuah potensi daya tarik wisata di Indonesia serta apakah perhelatan budaya ini menimbulkan dampak pada Kota Singkawang. Penelitian ini dilakukan pada Tahun Baru Imlek 2570 dan Cap Go Meh 2019 di Kota Singkawang menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer meliputi wawancara mendalam, observasi lapangan, dan didukung oleh data sekunder pengumpulan dokumen Dari hasil penelitian terhadap usaha pariwisata meliputi akomodasi penginapan (hotel), restoran (rumah makan), agen perjalanan, sarana transportasi (rental mobil), pedagang kaki lima dan retail store, bahwa perhelatan budaya Cap Go Meh di Kota Singkawang ini memiliki potensi sebagai daya tarik wisata di Indonesia khususnya wisata budaya yang lahir dari sebuah tradisi dengan pesan toleransi keberagaman etnis di Kota Singkawang. Pemerintah juga ikut memberikan dukungan promosi dan terus mengembangkan perhelatan budaya ini dengan bekerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Masyarakat lokal juga terbuka akan kegiatan pariwisata dan ikut mendukung secara langsung dan tidak langsung. Dampak positif yang paling besar adalah dampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pendapatan asli daerah serta terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat lokal. Adapun dampak negatif yang ditimbulkan adalah terhadap lingkungan yaitu bertambahnya sampah yang disebabkan wisatawan dan kenaikan harga kamar hotel dan paket perjalanan yang terlalu tinggi sehingga dapat berdampak pada kunjungan wisatawan ke Kota Singkawang. Kata Kunci: Potensi, Pariwisata, Perhelatan, Budaya, Cap Go Meh, Daya Tarik Wisata, Kota Singkawang, Kualitatif, Deskriptif, Dampak
KOMPONEN-KOMPONEN PENDUKUNG PARIWISATA KUTA LOMBOK PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT Rizal Kurniansah; Junia Jaya Purnama
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jhp.v6i1.2029

Abstract

ABSTRAK Daya tarik wisata Kuta Lombok saat ini tengah menjadi perhatian bagi pemerintah untuk dikembangkan karena daya tarik ini masuk kedalam kawasan mandalika yang menjadi salah satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas tahun 2017 untuk dikembangkan. Untuk itu menarik untuk dikaji lebih lanjut apakah komponen pendukung pariwisata di Kuta Lombok telah tersedi atau tidak. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan komponen-komponen pendukung pariwisata Kuta Lombok. Metode yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang didapatkan yaitu komponen pendukung pariwisata kuta Lombok antara lain: Atraksi yaitu pantai, fasilitas yaitu Hotel, Travel Agent, Anjugan Tunai Mandiri (ATM), Money Changer, Art Shop, listrik dan fasilitas komunikasi. Akses yaitu Alat Transportasi Taxi, Bus/Travel car dan Jalan Raya. Berdasarkan pembahasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa komponen-komponen pendukung pariwisata Kuta Lombok sudah lengkap dan memenuhi kriteria yang mampu memberikan kesan yang bagus bagi para wisatawan. Kata kunci: Komponen, Pariwisata, Kuta, Lombok.
TOURISM DEVELOPMENT FOR TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR (TWCB) Komang Ratih Tunjungsari
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jhp.v6i1.2035

Abstract

ABSTRACT As one of the iconic Buddhist temple and touristic site in Central of Java, Indonesia, Borobudur has developed its status into UNESCO World Heritage since 1991. This means the project for Borobudur’s development become in continuity with the number of tourists visit each day. In one side, the development should not harm the site otherwise, it should be conserved the site and rethinking about carrying capacity of the tourists. The main concept of this paper used for development of Borobodur is as visitor attraction management, four realms of visitor experience that should be counted when developing a visitor attraction, namely entertainment, education, aesthetic and escapism. Literature review mostly used for the methodology of this paper and also explorative description from some sources. The author will develop the temple compounds of Borobudur and the image of the temple compounds will be seen as historical, religious and cultural values that can be enjoyed as the quality tourism toward the international visitors. The objectives of developing the temple compounds’ are not only to pursue the number of the visitors but also to expand the value of sustainable cultural to enhance the visitors’ experience. From the concepts, development should be delivered in the way of marketing, in dealing with the competitors, bringing the sustainable concept toward visitor’s experience and working with the ethics of UNESCO. Keywords : development, stakeholders, visitors attraction management
PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MASKAPAI PENERBANGAN LION AIR THE INFLUENCE OF BRAND IMAGES AND PURCHASE DECISIONS ON CUSTOMER LOYALTY IN LION WATER FLIGHTS Febriyanti Ella Tri Wulandari; Lexi Pranata B. Limbing
Jurnal Hospitality dan Pariwisata Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Hospitality dan Pariwisata
Publisher : Program Studi Hospitality dan Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/jhp.v6i1.2030

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah citra merek dan keputusan pembelian berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada maskapai penerbangan Lion Air. Penelitian ini juga bertujuan menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan pada maskapai penerbangan Lion Air. Populasi yang diguunakan pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah atau sering menggunakan jasa penerbangan Lion Air. Sampel pada penelitian ini sebanyak 108 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan SPSS 20 (Statistical Package for Social Science). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa citra merek dan keputusan pembelian memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada maskapai penerbangan Lion Air. Kata kunci: Citra Merek, Keputusan Pembelian, Loyalitas Pelanggan, Lion Air.

Page 1 of 1 | Total Record : 6