cover
Contact Name
Aris Martono
Contact Email
aris.martono@raharja.info
Phone
+6287879163970
Journal Mail Official
sensi@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 24611409     EISSN : 26555298     DOI : https://doi.org/10.33050/sensi
Riset Soft Computing dengan penelitian dari yang berfokus pada Data Mining, Neural Network, Swarm Intelligence, Decision Tree, Data Clustering, Data Classification, Rough Set, Pattern Recognition, Image Processing. Software Engineering yang fokus pada software Requirement and Specification, Software Design, Software Management, Software Testing, Formal Method, Distributed Database dan Information System, bidang riset Business Intelligence dengan penelitian yang berfokus pada information and knowledge discovery (OLAP), Ad hoc queries and reports, text mining, web mining, search engines, Decision Support and Intelligent Systems serta Visualization. dan bidang riset Teknologi Information dan Komunikasi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2017): Journal Sensi" : 10 Documents clear
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN ATK PADA PD. BANK PERKREDITAN RAKYAT KERTA RAHARJA KAB. TANGERANG Janu Ilham Saputro; Cici Alviona Roza; Marini Ekawati
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 3 No 1 (2017): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.141 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v3i1.731

Abstract

Perusahan Daerah Bank Perkreditan Rakyat ( PD.BPR ) Kerta Raharja merupakan PerusahaanDaerah milik Pemerintah Kabupaten Tangerang bersama-sama Pemerintah Provinsi Banten,Provinsi Jawa Barat dan PT Bank Jabar Banten, sesuai dengan Peraturan Daerah KabupatenTangerang, nomor 6 tahun 2007, tanggal 6 Juni 2007, Tentang Pembentukan Perusahaan DaerahBank Perkreditan Rakyat Kerta Raharja Kabupaten Tangerang dan telah mendapat izin operasionaldari Gubernur Bank Indonesia nomor.10/3/Kep.GBI/DpG/2008, tanggal 22 Januari 2008. SistemInformasi stok barang yang berjalan saat ini masih manual sehingga memperlambat prosespendataan. Hal tersebut mengakibatkan proses kegiatan menjadi tidak efektif karena membutuhkanwaktu yang lama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mengumpulan data, metodeanalisis dan metode perancangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakanobservasi langsung di perusahaan, melakukan dokumentasi dengan mempelajari dokumen-dokumenyang ada, riset terhadap masalah, wawancara kepada pihak terkait di perusahaan dan studi pustakadari beberapa penelitian sebelumnya. Metode Analisa sistem menggunakan UML (Unified ModellingLanguage). Metode perancangan menggunakan model yang berorientasi objek dengan menggunakanUML (Unified Modeling Language)dan menggunakan bahasa pemrogramman PHP (PHP HypertextPreprocessor). Dengan tahapan metode-metode tersebut penulis menemukan masalah-masalah dalamrancang bangun sistem informasi persediaan ATK yang sedang berjalan dan menemukan solusi yangterbaik bagi perusahaan. Adapun hasil penelitian ini adalah suatu sistem persediaan ATK untukmembantu perusahaan dalam mengelola sistem informasi persediaan barang yang lebih efektif danefisien. Kesimpulan dari diterapkannya sistem informasi persediaan barang yang baru padaperusahaan adalah menjadikan proses pengarsipan data-data persediaan barang menjadi lebih rapidan pembuatan laporan persediaan barang menjadi cepat, tepat waktu dan lebih informatif.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN HARIAN LEPAS PADA PT FLEX INDONESIA Nur Azizah; Lina Yuliana; Elsa Juliana
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 3 No 1 (2017): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.369 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v3i1.756

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi pada ini telah berkembang pesat di segala bidang kehidupan manusia. Salah satunya adalah pemanfaatan komputer di bidang usaha. Program komputer yang telah banyak dikembangkan memudahkan manejemen dalam mengambil keputusan secara cepat, tepat dan akurat.Seperti halnya pada perhitungan penggajian karywan harian lepas pada PT Flex Indonesia yang dalam perhitungan gaji mempunyai permasalahan dalam sistem penggajian karyawan harian lepas yang masih menggunakan secara manual, yaitu menggunakan Microsoft Excel sehingga sering terjadi kesalahan dalam perhitungan penggajian dan proses pengerjaannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama.Untuk memperoleh data yang diperlukan selama penelitian penulis menggunakan beberapa metode antara lain observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan metode analisa menggunakan analisa SWOT yaitu kekuatan (strength) dan kelemahan (Weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (treats). Kemudian sistem dirancang dengan menggunakan bahasa pemograman PHP, database yang digunakan adalah MySQL dengan menggunakan Tools UML (unified Modelling Language) dengan software Visual Paradigm 6.4, user interfacemenggunakan Adobe DreamweaverCS6.Model pengujian pada program ini menggunakan black box testing. Dengan demikian hasil penelitian ini adalah berupa rancangan sistem informasi penggajian yang dapat bermanfaat bagi PT Flex Indonesia baik sebagai untuk mengambil suatu keputusan.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN EKSPOR STUDI KASUS PT. ISTEM Euis Sitinur Aisyah; Novi Nur Atika; Rere Intan Fandiny
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 3 No 1 (2017): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.991 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v3i1.757

Abstract

Indonesia Synthetics Textile Milis atau disingkat PT. ISTEM adalah perusahaan yang memproduksi kain polyester & viscose blended dyed. PT ISTEM didirikan tanggal 12 Agustus 1970, berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. B/42/Pres/3/70, tanggal 17 Maret 1970 dan Surat keputusan Mentri Perindustrian No.261/M/SK/1970, tanggal 17 Juni 1970, dan disahkan dalam Lembaran Negara No.300, tanggal 12 Agustus 1970 dan tanggal 22 Maret 1972 diresmikan oleh Mentri Perindustrian dan Gubernur Jawa Barat.PT. ISTEM salah satu perusahaan yang mengikuti perkembangan teknologi yang terkomputerisasi namun masih ada beberapa laporan yang masih menggunakan Ms. Excel maupun sudah menggunakan sistem komputerisasi, tetapi masih memiliki kekurangan dalam sistem tersebut.PT. ISTEM melakukan penjualan domistik dan penjualan ekspor. Pada pembuatan laporan penjualan ekspor PT. ISTEM masih menggunakan Ms Excel. Hal tersebut mengakibatkan proses pelaporan tidak berjalan dengan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mengumpulan data, metode analisis dan metode perancangan.Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi langsung di perusahaan, melakukan dokumentasi dengan mempelajari dokumen-dokumen yang ada, riset terhadap masalah, wawancara kepada pihak terkait di perusahaan dan studi pustaka dari beberapa penelitian sebelumnya.Metode Analisa sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language). Metode perancangan menggunakan model yang berorientasi objek dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan menggunakan bahasa pemrogramman PHP (PHP Hypertext Preprocessor).Dari tahapan metode-metode tersebut penulis menemukan masalah-masalah dalam rancang bangun sistem informasi penjualan ekspor yang sedang berjalan dan menemukan solusi yang terbaik bagi perusahaan. Adapun hasil akhir dari penelitian ini adalah rancang bangun sistem informasi penjualan ekspor yang sesuai dengan kebutuhan user dan memudahkan user dalam membuat laopran penjualan, dan menjadikan proses pengarsipan data-data laporan penjualan ekspor menjadi lebih rapi.
PERANCANGAN ADMIN SiS+ BERBASIS ONLINE UNTUK MEMPERMUDAH KINERJA ADMIN DALAM MEMONITORING DATA SiS+ Hani Dewi Ariessanti; Robbyul Awal Amrullah; Amalia Syahidah
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 3 No 1 (2017): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.994 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v3i1.759

Abstract

Peran komputer sangat penting pada teknologi informasi sebagai media atau alat bantu dalam memproses suatu pekerjaan untuk menghasilkan informasi berkualitas yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, pemerintahan beserta pendidikan.Pada Perguruan Tinggi Raharja saat ini memiliki sistem pelayanan yang menyediakan seluruh kebutuhan dokumen bagi mahasiswa berbasis online.Sistem yang memberikan pelayanan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Raharja dalam memberikan informasi mengenai Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa. Tabel Indeks Prestasi Komulatif (IPK). Menyediakan daftar nilai layanan formulir yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam mengikuti kegiatan perkuliahan dan sebagainya secara cepat dan real-time.SiS+ di Perguruan Tinggi Raharja dioperasikan oleh seorang admin.Admin SiS+ Pada perguruan Tinggi Raharja merupakan orang yang berinteraksi langsung dengan SiS+.Sistem Admin SiS+ hadir untuk menunjang kerja admin dalam mengoperasikan data yang terpusat pada SiS+.Pada pengoperasian data sebelumnya, masih menggunakan database.Pengoperasian admin SiS+ selama ini masih memiliki kendala.Diantaranya masih dilakukan dengan pemanggilan data dengan MySQL.Dan admin mengalami kendala dalam kecepatan dalam pencarian dan pembaharuan data. System Admin SiS+ ini dibuat dengan menggunakan Yii Framework dan Bootstrap.Diharapkan sistem Admin SiS+ ini bisa membantu Admin dari segi keefektifan dalam melakuan pengkinian (Edit, Add, Delete) data.Dan memaksimalkan kinerja admin dalam melakukan pengkinian data.
PERANCANGAN PEN+ MENGGUNAKAN METODE YII FRAMEWORK PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA Diah Aryani; Qurotul Aini; Tasya Novelia
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 3 No 1 (2017): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.064 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v3i1.760

Abstract

Sistem Penilaian online merupakan bagian dari sistem informasi pendidikan jarak jauh melalui media teknologi elektronik internet. Peranan komputer sangatlah penting dalam kegiatan administrasi sekolah terutama dalam kegiatan pengolahan nilai mahasiswa. Meskipun sistem yang ada sudah terkomputerisasi, akan tetapi masih ada kendala-kendala yang sering ditemui dalam proses pengolahan nilai seperti keterlamabatan dosen dalam mengumpulkan nilai, membutuhkan waktu yang lama dalam mengolah nilai dan proses memasukkan nilai ke komputer dibebankan kepada bagian RPU. Berdasarkan kekurangan-kekurangan diatas, maka dibuatlah sistem informasi nilai mahasiswa berbasis web. Sistem ini dibuat dengan menggunakan aplikasi web berbasis PHP. Pembangunan sistem informasi ini membantu memudahkan dosen mata kuliah dalam mengisi nilai karena dapat dilakukan secara online melalui website, sehingga pengolahan nilai bisa lebih efektif dan efisian. Siswa juga dapat mengakses nilai melalui website. Selain efektif banyak juga kemudahan yang didapat dalam sistem PEN+ ini, yaitu mengiri waktu untuk kinerja penilaian sehingga waktunya dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang berguna lainnya, mengurangi beban divisi RPU, tidak lagi menggunakan sistem yang repot serta dosen yang bersangkutan dalam proses penilaian harus datang kekampus. Maka dengan metode Penilaian Online ini yang bertujuan untuk meningkatkan mutu kualitas dosen maupun mahasiswa manajemen perguruan tinggi.
PEMANFAATAN FGR SERVICES UNTUK MENANGGULANGI PENCEGAHAN PLAGIARISME PADA KARYA TULIS ILMIAH Khanna Tiara; Bambang Hermawan; Kitab Suci
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 3 No 1 (2017): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.738 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v3i1.761

Abstract

Seiring perubahan dan perkembangan teknologi yang sangat pesat memungkinkan share informasi menjadi adopsi yang salah untuk dipergunakan, sehingga pada kenyataannya sering sekali terdengar adanya prilaku negatif yang menyebabkan praktik-praktik pengambilan pendapat serta pengutipan bebas karya tulis ilmiah tanpa bersumber, melihat hal tersebut menjadikan karya ilmiah sangat rentan kaitannya dengan aktifitas penulisan dan pembelajaran pribadi raharja, untuk memberikan pemahaman dan gambaran yang lebih luas dan menyeluruh perlu dikembangkannya penulisan-penulisan artikel yang membahas mengenai seputar plagiarisme sebagai salah satu bahan bacaan dan informasi yang mencerahkan para pembaca maupun penulis, dan untuk membantu pemahaman lebih lanjut tentang plagiarisme terdapat berbagai bentuk plagiarisme sebagai berikut: word by word plagiarisme, word switch plagiarism, style plagiarism, metaphor plagiarism, idea plagiarism, self plagiarism, plagiarisme dari akses elektronik internet.untuk melakukan pencegahan plagiarisme maka diperlukanlah bebarapa cara yang berfungsi memperkecil pengaruh plagiarisme antara lain: Menciptakan budaya dan suasana pendidikan yang lebih kondusif, menghormati serta menghargai karya tulis orang lain, melakukan pelatihan parafrasa, rujukan, meyebutkan sumber penulisan yang benar, melakukan pengecekan secara otomatis terkait duplikasi artikel, sebagai pribadi raharja maka diharapkan untuk rajin bertanya sehingga mendapatkan pengarahan tepat. untuk menanggulangi plagiarisme yang terjadi maka dibutuhkan suatu alat bantu dari FGR Services (First Generation Resources) yang merupakan salah satu sistem scan professional services yang menjual jasa scan plagiarisme secara online di dunia internet, FGR Services bertujuan untuk mempermudah pengecekan plagiarisme khususnya pada karya tulis ilmiah, FGR services menyediakan tempat scan plagiarisme bagi institusi pendidikan untuk mengetahui seberapa besarkah prosentase tingkat plagiat yang ada pada karya tulis ilmiah, dengan menggunakan FGR Services akan jauh lebih cepat melihat keaslian sebuah karya tulis ilmiah dengan tingkat level plagiarisme yang lebih akurat.
PENERAPAN SYSTEM SINGLE SIGN ON DALAM AIRZONE-MALL PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA Qurotul Aini; Sugeng Santoso; Riska Laina Ulfa
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 3 No 1 (2017): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.337 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v3i1.762

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi maka banyaknya sistem yang semakin berkualitas, yang menjadikan sistem kerja lebih mudah. Sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak dibidang Teknologi, Raharja memiliki website mall online yang disebut dengan AirzonE-Mall merupakan sebuah Mall Online dengan tujuan sebagai media pembelajaran bagi para mahasiswa/i untuk mengembangkan bakat Enterpreneur diusia remaja yang khususnya bagi Pribadi Raharja. Maka dari itu diperlukannya Single Sign On (SSO) untuk meminimalisir masuknya penggunaaan akun selain Rinfo. Dengan menggunakan SSO Rinfo, Pribadi Raharja hanya cukup melakukan autentikasi sekali saja tanpa menggunakan User Name dan Password. Hal ini dapat mempermudah pengorganisasian data pengguna sehingga keamanan data pengguna lebih terjamin.
PERANCANGAN MERCHANDISE GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS PROMOSI Adi Kusuma Widya Tama; Maria Dingi Novena; Sefty Lestari
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 3 No 1 (2017): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.778 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v3i1.763

Abstract

Merchandise adalah bentuk produk yang ditujukan sebagai sarana informasi dan promosi. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang merupakan lembaga pendidikan Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pengembangan ilmu-ilmu pendidikan. Setiap tahunnya di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang membuka pendaftran bagi calon mahasiswa dan mahasiswi baru, yang menjadi permasalahan saat ini yaitu media promosi dan informasi yang digunakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang masih belum maksimal, seperti belum tersedianya media merchandise. Sehingga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang membutuhkan media merchandise berupa Pin, Sticker, Mug, Topi, Shopping Bag, Kalender, Payung, dan Pulpen. Penelitian ini menggunakan software Adobe Illustrator CS6 yang merupakan program penunjang desain. Desain yang menarik sangat membantu untuk memaksimalkan fungsi merchandise sebagai media informasi dan promosi. Informasi adalah pesan yang ingin disampakan baik secara langsung maupun secara visual. Promosi itu sendiri adalah suatu cara untuk memberitahukan kepada msyarakat umum agar dapat tertarik untuk bergabung dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang. Metodologi penelitiannya yaitu metode pengumpulan data dan konsep desain. Dapat kita simpulkan kegiatan penelitian ini memiliki maksud dan tujuan untuk membuat desain media informasi berupa merchandise yang diharapkan dapat meningkatkan citra dan minat untuk bergabung dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamic Village Tangerang, melalui perancangan media tersebut diharapkan dapat menarik minat calon mahasiswa dan mahasiswi.
OPTIMALISASI KARTU KENDALI PADA SISTEM INFORMASI PENDATAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR Sri Rahayu; Syarah Syarah; Dara Hana Hana
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 3 No 1 (2017): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.632 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v3i1.764

Abstract

Saat ini, untuk tercapainya sebuah informasi yang cepat dan akurat tidak terlepas dari sistem informasi yang dibangun dengan baik. Begitu pula dengan sistem pendataan surat masuk dan surat keluar. Banyaknya jumlah surat masuk dan surat keluar setiap harinya pada SMK Negeri 5 Tangerang membuat user merasa kesulitan saat melakukan pengelolaan data karena data harus diproses ulang, hambatan pada Kartu Kendali, juga pada saat pembuatan laporan, selain itu user kesulitan saat melakukan pencarian surat. Dalam pembuatan Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar, Sistem membutuhkan data untuk diolah sehingga menghasilkan informasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Adapun beberapa informasi yang dibutuhkan bagian Tata Usaha adalah informasi hasil verifikasi yang bersumber dari Kartu Kendali, informasi lainnya adalah hasil dari proses pencarian data surat masuk dan surat keluar yang sudah pernah diproses yang tersimpan dalam database. Dengan adanya aplikasi yang disediakan, maka tidak ada hambatan lagi bagi Tata Usaha dalam memproses laporan harian surat masuk dan surat keluar dan mencari informasi mengenai surat-surat yang dibutuhkan. Sistem juga memberikan kemudahan bagi user (Tata Usaha) saat akan membuat laporan setiap akhir bulan, karena data yang dimasukkan setiap hari secara otomatis digeneralisasi menjadi laporan.
ELECTRONIC SCHEDULING GUNA MENUNJANG KINERJA DIVISI PEMASARAN BPJS KETENAGAKERJAAN CIKUPA TANGERANG Meta Amalya Dewi; Zariastuti Zariastuti; Remon Affandi
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 3 No 1 (2017): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.149 KB) | DOI: 10.33050/sensi.v3i1.765

Abstract

Dinamisasi dunia industri saat ini memaksa para pelaku yang terlibat di dalamnya bekerja dengan cepat untuk mencapai target yang telah direncanakan. Hal itu membutuhkan informasiyang cepat, tepat dan akurat untuk menunjang aktivitasnya. Karyawan atau tenaga kerja merupakan aset penting bagi perusahaan karenanya perlu mendapat jaminan kesehatan yang baik. BPJS Ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja Indonesia. Karena banyak perusahaan yang belum mendaftarkan tenaga kerja sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan, maka diperlukan kerja keras untuk mensosialisasikan program sehingga calon peserta bisa mengetahui manfaat yang akan di dapatkan. Banyaknya perusahaan-perusahaan yang harus dikunjungi, timbul beberapa permasalahan di dalam penjadwalan sosialisasi bagi staf pemasaran, seperti sering terjadinya tumpang tindih jam, hari dan tanggal yang bisa menimbulkan terbuangnya waktu yang disediakan oleh pihak perusahaan yang menunggu sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan. Paper ini membahas dan membangun sistem informasi penjadwalan kerja sosialisasi yang dapat memudahkan pengaturan jadwal divisi pemasaran. Metode yang digunakan adalah analisa dan perancangan berorientasi objek dengan menggunakan alat bantu unified modelling langguage (UML) dengan pendekatan waterfall. Analisa menggunakan SWOT dan PIECES dan aplikasinya dibangun dengan Adobe Dreamweaver CS5, PHP, dan MySQL. Hasil akhir penelitian adalah sebuah sistem aplikasi yang dapat membantu staf pemasaran dalam mengatur jadwal kerja sosialisasi dalam meningkatkan kinerja divisi pemasaran BPJS Ketenagakerjaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10