cover
Contact Name
Dr. Lalu Muhaimi, M.Pd
Contact Email
jipp_info@unram.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jipp_info@unram.ac.id
Editorial Address
Mailing Address Jl. Majapahit No. 62 Mataram Principal Contact Dr. Lalu Muhaimi, M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram Jl. Majapahit No. 62 Mataram, Lombok, Indonesia Phone: 082191356473 Email: lalu_muhaimi16@unram.ac.id
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Published by Universitas Mataram
ISSN : 25027069     EISSN : 26208326     DOI : https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.99
Core Subject : Education,
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the field of teaching and learning theories and activities focusing on science education, social science education, linguistics and literature education, language teaching and the like. This journal is published in both printed and online versions. JIPP is in the processes of being accredited and then become a member of cross-reference so that all the articles being published by JIPP will automatically have unique DOI number.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2017)" : 10 Documents clear
PENGARUH METODE PERMAINAN KATA BERBANTUAN MEDIA PASS PICTUREDAN KEBIASAAN BERBAHASA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR Hasbi Sidqi
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.702 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.43

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Metode Permainan Kata Berbantuan Media Pass Picture Dan Kebiasaan Berbahasa Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa jenjang PAUD di Kecamatan Keruak. Sampel penelitian sebanyak 100 orang ditentukan melalui teknik Stratifikcation random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode permaianan kata berbantuan media Pass Picture (X1) dan kebiasaan berbahasa (X2), penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa jenjang PAUD (Y), pengumpulan data dengan cara memberikan uji kemampuan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan media Pass Picturedalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan berpanduan RKH, pada jenjang PAUD dan yang terakhir memberikan postest dan pretest pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan dari pembuktian kemampuan siswa yang terbiasa berbahasa rendah (daerah) dengan metode permainan kata berbantuan media Pass Picture sebesar 76,29 lebih tinggi daripada skor siswa yang terbiasa berbahasa Indonesia tanpa penerapan  metode permainan  kata dengan skor 71,07 ( µA1B2 > µA2B1) dengan beda rerata 5,22. Sementara siswa yang kebiasaan berbahasa  tinggi  dan kebiasaan berbahasa rendah dengan penerapan metode permainan kata berbantuan media Pass Picture sebesar 80,23 dan tanpa penerapan metode permainan kata sebesar 68,75 dengan beda rerata 11,48. (µA1B1 A1B2 > A2B1 A2B2). Untuk siswa yang berbahasa tinggi dengan penerapan metode permainan kata berbantuan media Pass Picture sebesar 84,35 lebih baik daripada tanpa penerapan  metode permainan kata yaitu 71,07 (µA1B1 > µA2B1) dengan beda rerata 13,28. Sedangkan sisiwa yang berbahasa rendah dengan penerapan metode permainan kata berbantuan media Pass Picture dengan skor sebesar 76,29 lebih tinggi dengan  tanpa penerapan  metode permainan  katadengan skorsebesar 66,16(µA1B2 > µA2B2) dengan beda rerata 10,13
KONTRIBUSI KINERJA KOMITE SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI SMAN 1 TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA Fikriadi Fikriadi; Rusdiawan Rusdiawan; Sudirman Wilian
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.486 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.38

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kinerja Komite Sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan dua variabel bebas yakni: kinerja Komite Sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah. Dengan satu variabel terikat yakni mutu pembelajaran.Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara dengan populasi penelitian yakni semua personil sekolah tersebut dan mengambil sampel sebanyak 90 orang.Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik regeri sederhana, regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi signifikan kinerja Komite Sekolah terhadap mutu pembelajaran di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara dengan nilai kontribusi sebesar 8,6%, (2) tidak terdapat kontribusi signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara, (3) terdapat kontribusi signifikan kinerja Komite Sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara dengan nilai kontribusi sebesar 13,1%.
PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SMA NEGERI 5 MATARAM Harmoko Harmoko; Muntari Muntari; Hamidsyukrie Hamidsyukrie
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.146 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, teknik, evaluasi, tindak lanjut, dan implikasinya pengelolaan SDM Di SMA Negeri 5 Mataram. Hasil penelitian yaitu: 1) Perencanaan pengelolaan SDM di SMA Negeri 5 Mataram: a) Mempertimbangan secara demokratis, b) Penempatan guru yang berkompoten dan profesional pertimbangan psikologis, c) Menjaga kualitas dan peningkatan SDM memanfaatkan sumber daya yang ahli di bidang IT, d) Di bentuk tim kecil dengan tugas menemukan permasalahan sekolah, e) Secara bersama melalui rapat kerja tahunan (RAKER), f) Kesejahteraan guru, g) Menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. 2) Pengelolaan SDM (Guru) di SMA Negeri 5 Mataram: a) Memperkuat dan memperkokoh atribut Smala, iklim kerja humanis serta kultur (kebersamaan, keteladanan, dan (5 S), b ) Buadaya melek IT, c) Memiliki sasaran mutu, d) Pendekatan individual (supervisi klinis). 3) Teknik evaluasi pengelolaan SDM (Guru) di SMA Negeri 5 Mataram: a) membangun kerja sama tim, b) kesadaran pribadi, reward dan 3) penerpan program unggulan 5S, c) aturan tidak terlalu ketat, d) Program kerja, silabus, RPP sudah terjadwal khusus diawal tahun pelajaran secara serentak di kontrol kepala sekolah, e) menjadikan mereka (guru) mampu bersatu, berkerja sama, memahami, menerima satu sama lain menuju tujuan bersama, f) Guru-guru di Smala bersikap sesuai tuntutan yang tercermin 4 kompetensi, g) pemanfaatan guru produktif untuk kreatif dalam bekerja, kemampuan computer mereka di atas rata-rata, mampu membuat buku pedoman pendidikn SMA Negeri 5 Mataram, dan Guru IN (Instruktur Nasional) dan guru instruktur provinsi, h) Kepemimpinan partisipan, i) Kegiatan menjadi Pembina, panitia/mengawas, pelatihan, seminar, sosialisasi, dan sebagainnya. 4) Tindak lanjut dari hasil pengelolaan SDM(Guru) di SMA Negeri 5 Mataram: a) mempertimbangkan 4 model manajemen pengelolaan SDM, b) Mempertimbangkan kondisi internal dan eksternal, c) Mempersiapkan prioritas melet IT, d) Menyesuaikan perubahan eksternal, e) Menggunakan analisis SWOT d, f) Menyatukan persepsi guru, g) Melakukan koordinasi dengan bawahan atas tupoksi yang telah dibebankan, h) Mempertimbangkan secara professional dan secara psikologis, i) Memperkuat sistem yang sudah berjalan, j) Fokus pada visi misi dan tujuan sekolah. 5) Implikasi pelaksanaan pengelolaan SDM (Guru) di SMA Negeri 5 Mataram: a) Guru-guru dengan rasa kekeluargaan, b) rotasi tugas pertimbangan kualitas kerjanya, c) Pemberian insentif, d) Memiliki tim yang kuat, e) Komitmen dan kerja sama guru. Kata kunci: Pengelolaan Sumber Daya Manusia.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KETUA YAYASAN PONDOK PESANTREN DAN SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH SE – KECAMATAN PRAYA TIMUR Muhammad Tarup; Rusdiawan Rusdiawan; Sudirman Wilian
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.331 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional ketua yayasan pondok pesantren dan sistem pengambilan keputusan terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode pendekatan kuantitatif . sampel penelitian ini berjumlah 40 orang guru madrasah tsanawiyah yang tersebar pada semua desa di kecamatan praya timur yang ditentukan dengan teknik simple Random Sampling yang dilanjutkan dengan metode claster random sampling. Instrument untuk pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis regresi dan analisis kolerasi parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan transformasional ketua yayasan pondok pesantren terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah dilihat dari nilai thitung >  ttabel yaitu 2,874 > 2,021; koefesien diterminasi sebesar 17,9%; dan koefesien kolerasi parsial sebesar 0,287; (2) Sistem pengambilan keputusan terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah ditunjukan oleh nilai thitung >  ttabel yaitu 2,295 > 2,012 dengan koefesien diterminasi sebesar 12,2%; dan koefesien kolerasi parsial sebesar 0,138; (3) Gaya kepemiminan transformasional ketua yayasan pondok pesantren dan sistem pengambilan keputusan berpengaruh terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah yang dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu: 4,459 > 3,21 dengan koefesien diterminasi sebesar 19,4. Hal ini berarti bahwa gaya kepemimpinan transformasional ketua yayasan pondok pesantren berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah, sistem pengambilan keputusan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, gaya kepemimpinan transformasional ketua yayasan pondok pesantren bersama-sama dengan sistem pengambilan keputusan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah.
PENGARUH KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN MATARAM KOTA MATARAM Mudena Mudena; Sudirman Wilian; Sukardi Sukardi
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.702 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.40

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara pelaksanaan komunikasi kepala sekolah dan iklim kerja organisasi sekolah terhadap kinerja guru secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kualitas pembelajaran pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Mataram Kota Mataram. Untuk memperoleh data dalam penelitian adalah menggunakan metode ex-post fakto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Mataram. Sampel penelitian sebanyak 60 orang guru yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi dan korelasi. Hasil penelitian menemukan ada pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi kepala terhadap kinerja guru, iklim kerja organisasi sekolah terhadap kinerja serta komunikasi kepala sekolah dan iklim kerja organisasi sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Mataram Kota Mataram. Dapat direkomendasikan dari uji komparasi dan uji statistik ternyata secara bersama-sama komunikasi kepala sekolah dan iklim kerja organisasi sekolah terhadap kinerja guru memberikan kontribusi yang lebih positif dan signifikan daripada secara parsial.
PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS II KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT Nurul Mawaddatullin
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.713 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah, disiplin kerja dan motivasi guru terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus II Kecamatan Kediri baik secara terpisah maupun secara bersamasama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini adalah semua guru di SDN Gugus II Kecamatan Kediri yang berjumlah 63 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian ini adalah : 1) ada pengaruh signifikan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SDN Gugus II Kecamatan Kediri, 2) ada pengaruh signifikan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru di SDN Gugus II Kecamatan Kediri, 3) ada pengaruh signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SDN Gugus II Kecamatan Kediri, 4) ada pengaruh signifikan secara bersama-sama kompetensi manajerial kepala sekolah, disiplin kerja dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SDN Gugus II Kecamatan Kediri dengan kontribusi sebesar 25 % sedangkan sisanya 75 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.
KAJIAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE KABUPATEN LOMBOK TENGAH Eka Junaidi; Saprizal Hadisaputra; Syarifa Wahidah Al Idrus
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.172 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.41

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadap aktivitas praktikum kimia di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan survey dengan metode fishbone diagram (diagram tulang ikan). Pengumpulan data pada survey dijaring menggunakan angket/kuisioner dan wawancara. Jenis kuisioner pada penelitian ini adalah kuisioer tertutup dengan rating scale. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru kimia di SMA Negeri Se Kabupaten Lombok Tengah yang terdiri dari 18 sekolah. Data hasil penelitian survei dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif berupa persentase sederhana, dan penggunaan tabel. Untuk interpretasi data permasalahan dan kebutuhan menggunakan kriteria 5 kriteria (sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang). Sedangkan data yang bersifat kualitatif dianalisis melalui tiga alur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan bantuan SPSS diketahui bahwa di SMAN se Kabupaten Lombok Tengah; 1) Keadaan Sarana dan Prasarana Laboratorium berkategori Baik dengan nilai rata-rata sebesar 71,09%. 2) Keterlaksanaan Kegiatan praktikum dan relevansinya dengan materi ajar berkategori Baik dengan nilai rata-rata 74,81% 3) Tingkat motivasi guru kimia dalam melaksanakan kegiatan praktikum diketahui sekolah dengan kategori Motivasi Tinggi 2 sekolah (11,1 %), Motivasi Sedang 14 sekolah (77,78%) dan Motivasi Rendah 2 sekolah (11,1%). 4) Korelasi antara keadaan Sarana dan Prasarana Laboratorium dengan Pelaksanaan Kegiatan Praktikum cukup tinggi dengan nilai koefisien korelasi pearson = 0,621. Sedangkan antara Pelaksanaan Kegiatan Praktikum dengan Motivasi guru untuk melaksanakan praktikum memiliki korelasi rendah dengan nilai koefisien korelasi pearson = 0,229. Dengan demikian dapat diketahui bahwa keadaan sarana dan prasarana Laboratorium di SMAN se Kabupaten Lombok Tengah tergolong Baik, Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Juga tergolong Baik, akan tetapi ketika dikorelasikan keadaan sarana prasarana dan pelaksanaan kegiatan praktikum terhadap motivasi guru dalam melaksanakan kegiatan praktikum memiliki hubungan korelasi yang rendah.
PERENCANAAN PROGRAM PENINGKATAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR INKLUSIF DI KABUPATEN LOMBOK BARAT Imanto Rahadi
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.598 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.35

Abstract

Sekolah dasar inklusif telah ditunjuk, berarti implementasinya dijadikan dasar untuk memberikan pendidikan yang non deskrimatif pada siswa non ABK dan ABK ( anak berkebutuhan khusus). Ada banyak masalah yang ditemukan, terutama kinerja guru yang belum dapat dinyatakan optimal. Penelitian ini fokus untuk melakukan eksplorasi dan analisis atas kondisi kinerja guru SD inklusif, perencanaan program peningkatan kinerjanya serta faktor yang menjadi pendukung dan penghambatnya di Kabupaten Lombok Barat. Desain dengan pendekatan kualitatif, sehingga sangat mengandalkan kedalaman dan keluasan informasi dari responden. Rancangan kajian dilihat dari wilsayah penelitian merupakan lingkup pendidikan di Kabupaten Lombok Barat, sehingga temuan dan analisisnya dapat dijadikan rujukan untuk mengambil kebijakan oleh dinas pendidikan. Temuan dalam penelitian ini tergolong diluar ekspektasi bahwa kinerja guru inklusif tergolong kurang dan sedang, di mana dua kriteria ini pada dasarnya adalah rendah. Kriteria cukup hanya ditemukan pada sekolah yang pernah menjadi lokasi kerja handicap internasional. Perencanaan peningkatan kinerja guru SDN inklusi pada satuan kerja wilayah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Barat dapat dinyatakan nihil. Hambatan utama dari perencanaan peningkatan kinerja guru dalam satuan wilayah kerja Kabupaten Lombok Barat dan satuan pendidikan adalah belum adanya Perda yang mengatur mengenai pendidikan inklusi. Hal ini berdampak luas pada penggunaan sumber daya yang bersumber dari APBN. Satu-satunya potensi yang ada adalah etos kerja guru dalam pelaksanaan pendidikan inklusi yang tergolong tinggi.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR Helmi Astuti; Joni Rokhmat; Sudirman Sudirman
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1647.113 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.42

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan motivasi. Metode penlitian yang digunakan adalah kuantitaif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis static deskriptif dan diuji dengan uji normalitas, homogenitas, multicollinearity, dan heteroskedastisitas. Untuk uji hipotesis menggunakan regresi linieritas sederhana dan uji regresilinieritas ganda. Hasil penelitian pada hipotesis pertama adalah ada pengaruh yang signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru yakni thitung =3,784 dengan nilai signifikan 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Besar hubungan atau pengaruh interpretasi ® 0,445 dengan determinasi R2 0,198 atau 19,8%. Hipotesis kedua adalah ada pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru yakni thitung= 4,580 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Besar hubungan atau pengaruh interpretasi (R) 0,515 dengan determinaso R2 0,266 atau 26,6%. Hipotesis ketiga adalah ada pengaruh yang signifikan lingkungan kerja dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Aikmel yakni fhitung 15,959>ftabel 3,16, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Besar hubungan atau pengaruh berada pada kategori “cukup” mengacu pada interpretasi (R) 0,599 dengan determinasi R2 0,359 atau 35,9%. Dapat dikatakan bahwa lingkungan kerja dan motivasi berprestasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur.
PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN SMK NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT Zaenal Abidin; Agus Ramdani; Untung Waluyo
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.01 KB) | DOI: 10.29303/jipp.v2i1.37

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 304. Sampel penelitian berjumlah 46 tenaga kependidikan yang diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian adalah: 1) terdapat pengaruh motivasi sebesar 27,7% terhadap kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat, 2) terdapat pengaruh kepuasan kerja sebesar 13,1% terhadap kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat, 3) terdapat pengaruh motivasi dan kepuasan kerja secara bersama-sama sebesar 28,0% terhadap kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin baik motivasi dan kepuasan kerja, kinerja tenaga kependidikan SMK Negeri di Kabupaten Lombok Barat akan semakin meningkat. Kata Kunci: Motivasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Tenaga Kependidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10