cover
Contact Name
Novi Puji Lestari
Contact Email
novipujilestari61@gmail.com
Phone
+6282232951386
Journal Mail Official
novipujilestari61@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Studi Kasus Inovasi Ekonomi
ISSN : 25286269     EISSN : 26232103     DOI : https://doi.org/10.22219/skie.v3i2
Studi Kasus Inovasi Ekonomi (SKIE) adalah jurnal pengabdian berkala yang diterbitkan dua kali setahun (Maret dan September). Editor menerima naskah layanan publik yang berfokus pada 1) memberdayakan ekonomi masyarakat; 2) pengembangan dan pemberdayaan ekonomi kreatif; 3) pembangunan ekonomi berbasis digital; 4) pengembangan dan pemberdayaan usaha kecil, mikro dan menengah (UKM); dan 5) pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2020)" : 5 Documents clear
IbM BAGI PEMILIK USAHA BAKERY di KOTA MALANG JAWA TIMUR Bambang Widagdo; Zainal Arifin; Sri Budi Cantika Yuli
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 4 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v4i2.10593

Abstract

Mitra dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah pemilik usaha bakery di Malang Raya, yaitu Mery Bakery. Usaha Roti “Mery Bakery” yang beralamatkan di JL.L.A Sucipto Kecamatan Blimbing Kota Malang ini adalah milik ibu Menik. Berdasarkan analisis SWOT dilakukan, terdapat dua permasalahan utama, yaitu pemilik usaha bakery tersebut belum mempunyai media promosi online atau berbasis teknologi informasi dengan menggunakan media sosial misalnya blog atau instagram, karena masih menggunakan promosi penjualan langsung dan dari mulut ke mulut pada masyarakat sekitar saja. Padahal peluang meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan menggunakan media promosi online yang mudah, murah dan memiliki daya jangkauan pemasaran yang lebih luas, sehingga bisa mengembangkan pasar tidak hanya di wilayah sekitar saja, tetapi dapat memasarkan produksi bakery-nya ke seluruh wilayah Malang Raya melalui pemesanan online atau COD (cash on delivery). Selain permasalahan pemasaran, permasalahan kedua adalah peningkatan proses produksi terutama pembuatan varian rasa baru untuk roti, misalnya rasa abon sapi, sosis, telo ungu, selai apel, bawang bombay dan lainnya.Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan pemasaran, adalah pelatihan dan pendampingan pada ibu Menik tentang strategi pemasaran berbasis media sosial yang sesuai dengan karakteristik usaha bakery dan pelatihan yang dilakukan harus dapat digunakan secara berkelanjutan. Pelatihan meliputi peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang strategi pemasaran produk dan pemasaran berbasis teknologi informasi . 
PENDAMPINGAN MARKETING FUNDING DAN FINANCING PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH “X” Idah Zuhroh; Eris Tri Kurniawati; Muhammad Sri Wahyudi Suliswanto
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 4 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v4i2.10721

Abstract

Achievement of quantitative performance in Sharia Rural Banks (BPRS) "X" in the first semester of 2018 based on the first semester of 2018 financial statements which showed a trend compared to the financial statements of the second half of 2017. Required marketing and financing funds in this BPRS. This assistance activity can help increase the amount of financing in Murabahah at the BPRS Bumi Rinjani. Neither does the amount of savings or deposits.
PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PERANCANGAN PEMASARAN PRODUK ISTANA SANDAL KARET Erna Retna Rahadjeng; Luqman Dzul Hilmi; Kardina Yudha Parwati
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 4 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v4i2.11654

Abstract

UMKM dapat menjadi salah satu sektor perekonomian yang menjadi andalan di Indonesia. UMKM mampu menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, meningkatkan kreatifitas dan produktivitas daerah, menggerakkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, serta resisten dalam menghadapi krisis ekonomi global. Potensi UMKM dalam memajukan perekonomian Indonesia masih memiliki beberapa keterbatasan seperti kurangnya pengetahuan dan kemampuan sumberdaya manusia, pengelolaan usaha yang sifatnya masih sangat konvensional, terbatasnya penggunaan teknologi, minimnya akses pebankan, serta kurangnya kemampuan UMKM dalam menanggapi perubahan selera konsumen. Salah satu UMKM yang memiliki potensi besar namun kurang optimal kinerjanya dikarenakan memiliki beberapa keterbatasan yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya adalah UD. Lestari Jaya atau lebih dikenal dengan nama usaha Istana Sandal Karet (ISK). ISK merupakan usaha yang memproduksi beraneka ragam sandal yang terbuat dari bahan baku karet bekas. Sistem pemasaran utama produk ISK masih memanfaatkan saluran konvensional yaitu melalui tengkulak atau reseller serta belum ada upaya untuk menggunakan pemasaran digital seperti penggunaan sosial media dan e-commerce. Hal tersebut mengingat terbatasnya pengetahuan dan keterampilan pemilik usaha pada bidang pemasaran digital, sehingga lingkup pemasaran dan profitabilitas usaha belum optimal. Pada aspek keuangan mitra masih melakukan pencatatan transaksi keuangan yang belum terstruktu dan masih bercampur antara kegiatan keuangan usaha dengan rumah tangga. Hal ini membuat mitra kesulitan dalam menganalisis kondisi keuangan usaha. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan pencatatan transaksi keuangan usaha yang terstruktur dan melakukan sosialisasi serta pendampingan pemasaran produk ISK melalui media digital. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah buku pencatatan keuangan usaha, akun Instagram bisnis, dana akun e-commerce BukaLapak ISK.
PENGEMBANGAN BAKERY AICA PCA KEDUNGKANDANG MALANG Fika Fitriasari; Titiek Ambarwati
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 4 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v4i2.11758

Abstract

AICA PCA Kedungkandan Malang was established in 2017. AICA produces various bakeries that have a large market opportunity in the Malang area. In the future, this business can develop quite rapidly with various potentials owned by AICA Bakery, one of the characteristics of AICA products is that all ingredients used are halal and natural. The problems experienced by Bakery AICA are that marketing management is not yet optimal, there is no development of Human Resources management, and there is no ongoing assistance in business development, and the Patent Logo has not been registered. The results of this AICA bakery service development activity improve business management skills that are more professional starting from human resource management and marketing management. Bakery marketing is expanded by using social media and human resources or production department employees are added, so that AICA Bakery becomes a more productive business. Through the AICA PCA Kedungkandang Bakery mentoring program in the long run it can provide economic added value to the Muhammadiyah's charitable endeavors.
PKM PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KELAYAKAN USAHA PADA KOPERASI SINAR SURYA PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH BATU Sri Wahjuni Latifah; Ahmad Waluyajati
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 4 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v4i2.11914

Abstract

Mentoring at Business  the  Cooperative Sinar Surya PDM Economic Assembly Batu is conducted to assist partners in developing mini market business. PDM  Batu City  is planning to establish a mini market business as an extension of its existing business, which is cooperative store borrowing. The main obstacle is that the partner has not planned to develop a minimarket business. Besides, the partner does not have a blueprint in the form of study results and business operations guidelines mini market.This activity is done to help partners in solving business development problems. Some of the steps done for problem solving are: socialization of business development knowledge, then discuss with partner to identify and arrange business feasibility study. The next can be compiled a set of procedures and SOP operational activities in the form of goods and sales procedures. Next, do in house training for employees, implementation and mentoring the establishment of mini market.From the results of the business feasibility analysis of the establishment of mini market  can be declared worthy to be established with a projected profit per year Rp 83,765,781, and with the rate of return of capital for two years and seven months.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5