cover
Contact Name
Yustina Heny Tantrasary
Contact Email
yustina.heny@starki.id
Phone
+6281294858225
Journal Mail Official
yustina.heny@starki.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
ISSN : 2541075X     EISSN : 25982451     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ilmiah bagi para ahli dan spesialis ilmu administrasi perkantoran, kesekretarisan, dan ilmu-ilmu terkait lain yang mengedepankan pemikiran-pemikiran dalam bentuk karya tulis, analitis, refleksi kritis dan bertujuan menyebarluaskan ide, pandangan, opini, hasil studi ilmiah dan hal lain yang berhubungan langsung dan tidak langsung dengan administrasi dan kesekretarisa
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan" : 7 Documents clear
Peran HRD Coordinator Menangani Penyelenggaraan Rapat Di Merapi Merbabu Hotels & Resorts Bekasi Widiawati, Kristiana; Gunawan, Vonny
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i1.520

Abstract

Abstract: Meeting activities are to coordinate and make decisions made in each company. Meetings can be held by supervisor and coworkers. A company has several types of meetings based on the period of time, namely weekly meetings, monthly meetings, semester meetings, and annual meetings. The aim of this research is to find out in detail the meeting held at Merapi Merbabu Hotels and Resorts Bekasi. The method used is to make observations, interviews and literature study with descriptive qualitative analysis. At the implementation stage, the HRD Coord and organizers also act as the reporter and decision maker. In the follow-up stage, it is an activity of tidying up the meeting room, completing reports or minutes of meetings, distributing and filing minutes of meetings. HRD Coord at Merapi Merbabu Hotel Bekasi implements their activities except tidying up rooms because that is the responsibility of the banquet division. Meeting reports from meetings are stored in soft copy in the company's electronic folder. Keywords: meeting, preparation, implementation, meeting minutes. Abstrak: Kegiatan rapat adalah untuk berkoordinasi dan pengambilan keputusan yang dilakukan di setiap perusahaan. Rapat bisa dilakukan oleh atasan dan rekan kerja. Suatu perusahaan memiliki beberapa jenis rapat berdasarkan jangka waktunya, yaitu rapat mingguan, rapat bulanan, rapat semesteran, dan rapat tahunan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui secara detail penyelenggaraan rapat di Merapi Merbabu Hotels dan Resorts Bekasi. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara serta studi pustaka dengan analisa kualitatif deskriptif. Pada tahap implementasi, HRD Coord dan penyelenggara juga bertindak sebagai notulis dan pengambil keputusan. Pada tahap tindak lanjut, merupakan kegiatan merapikan ruang pertemuan, serta menyelesaikan laporan atau risalah rapat, mendistribusikan, dan pengarsipan risalah rapat. HRD Coord di Merapi Merbabu Hotel Bekasi mengimplementasikan kegiatan mereka kecuali merapikan kamar karena itu adalah tanggung jawab divisi banquet. Laporan rapat dari pertemuan disimpan dalam bentuk soft copy di folder elektronik perusahaan. Kata Kunci : rapat, persiapan, pelaksanaan, risalah.
Cover, Editorial Team, Table of Content Team, Editorial
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i1.569

Abstract

Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Sekretaris Hendrawan, Andi
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i1.553

Abstract

Abstrak –Tugas sekretaris sangat berat menyakut organisasi dan administrasi, bagaimana membangun imge suatu perusahaan juga merupakan tugas yang tidak mudah. Organizational citizenship behavior (OCB) pada sekretaris merupakan hal yang istimewa dan prilaku ini menjadi suatu prilaku sekretaris. . Organizational citizenship behavior (OCB) merupakan prilaku yang mennjukan peran lebih diluar tangguangjwab pokok sebagai sekretaris. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan OCB pada sekretaris . Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini, secara umum melalui tahap-tahap: Tahap persiapan. Pada tahap ini dilakukan pengamatan dan pengenalan subyek di dalam ruang kerja yang meliputi: Pengamatan /observasi awal sekretaris di wilayah kabupaten Cilcap, Penentuan sampel, penelitian menggunkan 40 sampel Tahap pengumpulan data: Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan pengukuran langsung, Pengukuran OCB : Data yang diperoleh di analisis secara diskriptif dan analitik. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar sekretaris setuju berprilaku OCB, hal ini sebenarnya sudah dilakukan sekretaris dengan tujuan membnatu teman sehingga tujuan organisasi dapat tercapai Kata kunci: Organizational citizenship behavior (OCB), sekretaris Abstract - The task of the secretary is very heavy regarding organization and administration, how to build the image of a company is also a difficult task. Organizational citizenship behavior (OCB) in secretaries is a special thing and this behavior becomes a secretarial behavior. . Organizational citizenship behavior (OCB) is a behavior that suggests a more external role as a secretary. This study aims to describe OCB in secretaries. The steps taken in this research generally go through the stages: The preparation stage. At this stage, observations and introduction to subjects in the workspace were carried out which included: Initial observations / observations of the secretary in the Cilcap district, Sample determination, research using 40 samples. obtained were analyzed descriptively and analytically. The results showed that most of the secretaries agreed to behave OCB, this has actually been done by the secretary with the aim of helping friends so that organizational goals can be achieved Keywords: Organizational citizenship behavior (OCB), secretary
Penilaian On The Job Training Mahasiswa ASM St. Maria Semarang TA 2019/2020 pada DUDI Semarang Lipursari, Anastasia; Risnawati, Naniek; Pramana, Marius
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i1.556

Abstract

Penelitian tentang Penilaian OJT mahasiswa ASM Santa Maria Semarang tahun akademik 2019/2020 pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DuDi) Semarang bertujuan untuk mengetahui kompetensi dan kerpibadian mahasiswa sebagai calon-calon sekretaris professional yang sangat dibutuhkan pada setiap organisai/dunia usaha/dunia industri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi dan kepribadian mahasiswa ASM Santa Maria Semarang yang melaksanakan kegiatan OJT pada dunia usaha dan dunia industri dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah diperoleh dalam perkuliahan pada tempat OJT mahasiswa. Ilmu dan keterampilan ini dapat ditingkatkan untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja. Kata kunci : Penilaian, On the Job Training
Mengelola Emosi Mahasiswa Selama Belajar Secara Daring Setyawati, Rs Kurni; Chelsea, Maria
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i1.562

Abstract

Abstract: Covid causes everyone to do and be able to carry out activities that are carried out at home. Students who have to follow SFH with many limitations and obstacles in various ways that result in feelings of pressure or discomfort. There are many opportunities and creativity as well as increased burdens such as piling up tasks, difficulty understanding course material with the SFH system, lack of self-socialization and lecture infrastructure standards resulting in feelings of stress and unstable emotions. This condition must be overcome, emotions must be maintained. There are various strategies for coping with feelings of depression, including through time, counter logic, developing hobbies, being grateful. Everyone must be able to correct themselves and choose the right way to overcome and address the problems they face. Keywords: Emotion , College Student, SFH, Covid-19 Pandemic Abstrak: Covid mengakibatkan semua orang harus melakukan penyesuaian dan mampu mengelola segala aktivitas yang dilaksanakan di dalam rumah. Mahasiswa yang harus mengikuti SFH memiliki banyak keterbatasan dan hambatan dalam berbagai hal sehingga mengakibatkan timbulnya perasaan tertekan atau tidak nyaman. Terdapat sejumlah pengekangan kesempatan dan kreativitas serta bertambahnya beban seperti tugas yang menumpuk, kesulitan pemahaman materi kuliah dengan sistem SFH, kurang sosialisasi diri serta kendala prasarana perkuliahan mengakibatkan perasaan tertekan dan emosi tidak stabil. Kondisi ini harus diatasi, emosi harus tetap dijaga. Terdapat berbagai strategi untuk mengatasi perasaan terkekan antara lain melalui me time, counter logic, mengembangkan hobi, bersyukur. Setiap orang harus mampu mengelola diri sendiri serta memilih cara yang tepat untuk mengatasi dan menyikapi permasalah yang dihadapinya. Kata kunci: Emosi, Mahasiswa, SFH, Pandemi Covid-19
Penanganan Surat Menyurat Berbasis Elektronik di PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) Hartanti, Puput; Selfiana, Selfiana; Rahmawati, Siti
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i1.515

Abstract

Abstract The use of written communication in the form of letters is an important medium in a company. The information contained in a letter is very valuable when the message is sent immediately. Competition between companies is very tight, completion of work with limited deadlines, requiring that any information can be sent and received immediately. Electronic-based mail handling is an option for companies. The purpose of this study was to determine the handling of incoming and outgoing mail in BUMN warehousing service companies. Qualitative methods with in-depth observation and interviews were conducted to obtain primary data. Secondary data were obtained from the company's electronic official correspondence application guide. The results showed that there were differences in procedures for handling incoming and outgoing mail. Keywords: electronic mail, incoming mail, outgoing mail. Abstrak Penggunaan komunikasi tertulis dalam bentuk surat menjadi media penting di sebuah perusahaan. Informasi yang tercantum di dalam sebuah surat sangat bernilai ketika pesan tersebut terkirim segera. Persaingan antar perusahaan yang sangat ketat, penyelesaian pekerjaan dengan tengat waktu yang terbatas, mengharuskan setiap informasi dapat di kirim dan diterima dengan segera. Penanganan surat berbasis elekronik menjadi pilihan bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penanganan surat masuk dan surat keluar di perusahaan jasa pergudangan milik BUMN. Metode kualitatif dengan observasi dan wawancara mendalam dilakukan untuk memperoleh data primer. Data sekunder diperoleh dari panduan aplikasi surat menyurat kedinasan secara elektronik milik perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan prosedur dalam menangani surat masuk dan surat keluar. Kata Kunci : surat elektronik,surat masuk, surat keluar
Technology Use Analysis for Administrative Assistants by Using The Theory of Technology Acceptance Model Ambarwati, Maria Francisca Lies
Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jak.v6i1.565

Abstract

Working behaviour has changed because of the unprecedented condition of the Covid-19 pandemic. People manage to find new ways of doing their work from their house with the help of technology. Using the concept of Technology Acceptance Model (TAM), the purpose of this study was to reveal the perception of secretaries and administrative assistants in carrying out their administrative work during the Covid-19 pandemic. The concept used was This study used an exploratory case study. A qualitative case study method was used to obtain information about the constraints and consequences of the Covid-19 pandemic on secretaries, administrative assistants, and administration staff. A list of semi-structured questions was developed based on the related literature and was used to collect in-depth information. The findings of this study revealed some challenges and constraints experienced by the 15 informants.

Page 1 of 1 | Total Record : 7