cover
Contact Name
Muhammad Amran Shidik
Contact Email
amranshidik@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
bioedu@unimor.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. timor tengah utara,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi
Published by Universitas Timor
ISSN : -     EISSN : 25276999     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2018): BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Volume 3 Nomor 3 Tahun 2018" : 5 Documents clear
Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Pada Siswa Kelas VII SMPN Maubeli Berek, Adriana Bitin; Sila, Vinsensia U.R.; Yustiningsih, Maria
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 3 No 3 (2018): BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Volume 3 Nomor 3 Tahun 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v3i3.685

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN MAUBELI. Manfaat penelitian adalah, sebagai salah satu referensi dalam kegiatan belajar mengajar Biologi. Khususnya dalam penerapan metode mengajar, dan dapat memberikan sumbangan yang baik pada sekolah dalam rangka memberikan pembelajaran Biologi. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII.A SMPN Maubeli, yang berjumlah 20 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pedoman pengamatan. Penelitin ini dilaksanakan dengan dua siklus selama satu minggu dengan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMPN Maubeli, dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan kelas yang mengalami peningkatan yaitu siklus I sebesar 600/0 dan siklus II 1000/0. Berdasakan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP, materi keanekaragaman makluk hidup. Dari hasil tes siswa yang di lakukan dari siklus ke siklus diperoleh persentase keberhasilan atau ketuntasan sangat meningkat, yaitu hasil hasil tes pada siklus I dari 20 orang yang mengikuti tes 12 orang dan yang tidak tuntas 8 orang dengan presentase ketuntasan klasikal 60%. Pada siklus II siswa yang mengikutu tes ada 20 orang dan semuanya tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal 100%.
Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPA Biologi dengan Menggunakan Media Brosur Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Neonbat Reis, Diana Abuk; Sila, Vinsensia U.R.; Yustiningsih, Maria
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 3 No 3 (2018): BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Volume 3 Nomor 3 Tahun 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v3i3.686

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar IPA Biologi dengan menggunakan media brosur pada siswa kelas VIII SMP Negeri Neonbat dan untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan media brosur dalam pembelajaran IPA Biologi. Manfaat dalam penelitian ini adalah memberikan informasi bahwa media brosur dapat digunakan sebagai salah satu pilihan media dalam proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran menjadi menarik, tidak monoton dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri Neonbat yang berjumlah 28 orang.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan rincian pertemuan pertama adalah proses belajar mengajar dan pertemuan kedua adalah tes. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa prestasi belajar siswa terjadi peningkatan hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan kelas yang mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 71,42%, pada siklus II 89,28% dan peningkatannya dari siklus I ke siklus II sebesar 17,86%. Selain itu respon siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 82,14 % dan pada siklus II 96 % mengalami peningkatan sebesar 13,86 %. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada setiap siklus peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media brosur dapat meningkatkan prestasi belajar IPA Biologi khususnya pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Neonbat pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
Uji Kualitas Air Sumur di Kefamenanu Ditinjau Dari Segi Fisik Kimia dan Mikrobiologi Taek, Yantonius Seran; Kolo, Sefrinus M.D.; Ledheng, Ludgardis
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 3 No 3 (2018): BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Volume 3 Nomor 3 Tahun 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v3i3.687

Abstract

Air merupakan komponen lingkungan yang penting bagi kehidupan di muka bumi. Oleh karena itu kebutuhan akan air harus diperhatikan baik kualitas maupun kuantitasnya, tetapi realita yang terjadi banyak masyarakat menggunakan air yang kualitasnya dibawah standar baku mutu kualitas air menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492Menkes/Per/IV/2010. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui karateristik fisik, kimia dan mikrobiologi serta untuk mengetahui nilai konsentrasi parameter fisik, kimia dan mikrobiologi air sumur di Kefamenanu sama dengan nilai ambang batas yang ditetapkan permenkes nomor 492.Teknik pengambilan sampel diambil secara acak pada empat lokasi yaitu air sumur area Rumah Sakit, Tulip, Maubeli dan Sasi. Berdasarkan hasil analisis laboratorium Dinas Kesehatan Kefamenanu diperoleh hasil parameter fisik yang meliputi suhu, bau, rasa dan warna keempat air sumur tersebut memenuhi syarat baku mutu kualitas air bersih. Parameter kimia meliputi besi, mangan, timbal dan pH diperoleh hasil air sumur area rumah sakit besi(Fe)=0,05 mg/l, mangan (Mn)= 0,4 mg/l, timbal (Pb)= 0 mg/l dan pH=8, air sumur area Tulip besi= 0,2 mg/l, mangan= 0,7 mg/l, timbal= 0 mg/l dan pH=8, air sumur areaMaubeli besi= 0,5 mg/l, mangan= 0,1 mg/l, timbal= 0 mg/l dan pH=8 serta pada air sumur area Sasi besi= 0,5 mg/l, mangan= 0 mg/l, timbal= 0 mg/l dan pH= 8 dan parameter mikrobiologi (coliform) di area rumah sakit= 1898, area tulip= 438, area Maubeli= 33 dan untuk area Sasi= 13 dan bakteri E. coli area rumah sakit=1898, area tulip=38, area Maubeli=26 dan area Sasi= 13 dapat disimpulkan bahwa air sumur area rumah sakit dan air sumur area tulip tidak memenuhi standar baku mutu kualitas air bersih sesuai dengan peraturan Permenkes No: 492/Menkes/Per /IV/2010.
Penerapan Pembelajaran Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 2 Kefamenanu Tahun Ajaran 2017/2018 Akoit, Marselus A.; Oetpah, Fincensius; Atini, Blasius
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 3 No 3 (2018): BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Volume 3 Nomor 3 Tahun 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v3i3.688

Abstract

Keberhasilan pembelajaran disekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model cooperative script dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang berlangsung selama dua siklus dengan tahapan-tahapan pelaksanaanya adalah perencanaan, tindakan, pegamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelasVIIIE, yang berjumlah 19 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tentang situasi belajar pada saat dilaksanakan tindakan yang diperoleh dengan lembar observasi siswa, dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan memberi teske pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan kelas mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 52, 63% dan pada siklus II menjadi 100%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa Cooperative script efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelasVIIIE SMP Negeri 2 Kefamenanu. Dari simpulan tersebut peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran biologi agar memilih Cooperative Script dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Pemanfaatan Kompos Kirinyuh (Chormolaena Odorata L.) Menggunakan Aktivator EM4 dan Aplikasinya Pada Tanaman Cabai Merah (Capsicum Annum L.) Banafanu, Martina; Fallo, Gergonius; Atini, Blasius
BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 3 No 3 (2018): BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi Volume 3 Nomor 3 Tahun 2018
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32938/jbe.v3i3.689

Abstract

Cabai merah (Capsicum annum L.) merupakan salah satu bumbu masakan yang populer dikalangan masyarakat Indonesia termasuk di Propinsi NTT. Salah satu upaya untuk meningkatkan pertumbuhan produksi cabai merah adalah dengan menggunakan pupuk organik yang dapat memperbaiki struktur tanah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertumbuhan vegetatif tanaman cabai merah menggunakan pupuk kompos kirinyuh dengan aktivator EM4. Penelitian ini dilakukan bulan Mei-Juli di lahan petani Desa Subun Kec. Insana Barat Kab. Timor Tengah Utara (TTU). Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak kelompok (RAK) 1 Faktor yaitu pemupukan dengan perlakuan (1) Tanpa Pupuk (D0), (2) Pupuk Kimia (D1), (3) Pupuk Kirinyuh (D2) dan pupuk Kirinyuh + EM4 (D3). Unit percobaan diulang sebanyak 3 kali sehingga bedeng percobaan sebanyak 12 unit. Ukuran tiap bedeng perlakuan ialah 2 m x 2 m. Jarak tanam cabai merah ialah 30 cm x 30 cm. Setiap bedeng perlakuan diambil 6 tanaman contoh untuk pengamatan pertumbuhan vegetatif cabai merah. Data pengamatan di analisis dengan Analisis Of Varience (ANOVA) menggunakan program SPSS. V 20 pada tingkat kematangan 95 %. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan kompos kirinyuh dengan aktivator EM4 (D3) mampu secara nyata (P<0,05) meningkatkan pertumbuhan vegetatif cabai merah dibandingkan dengan perlakuan tanpa pemupukan menggunakan pupuk kimia (D1) sebagai kontrol positif. Hasil penelitian juga menunjukan adanya peningkatan pH yaitu pH 4,0 menjadi 7,0 pada perlakuan pemupukkan kompos kirinyuh + Aktivator EM4.

Page 1 of 1 | Total Record : 5