cover
Contact Name
Andry Fajar Zulkarnain
Contact Email
andry.zulkarnain@ulm.ac.id
Phone
+6281223932020
Journal Mail Official
andry.zulkarnain@ulm.ac.id
Editorial Address
Jl. Brigjen H. Hasan Basry Komp. Kampus ULM Kayu Tangi Banjarmasin, Kalimantan Selatan Phone / Fax: 0511-3304405
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JTIULM (Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat)
ISSN : 25275399     EISSN : 25282514     DOI : http://dx.doi.org/10.20527
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) is intended as a media for scientific studies on the results of research, thinking and analytical-critical studies regarding research in Systems Engineering, Informatics / Information Technology, Information Management and Information Systems. As part of the spirit of disseminating knowledge from the results of research and thought for service to the wider community and as a reference source for academics in the field of Technology and Information.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2018)" : 5 Documents clear
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN ATLET PANJAT TEBING MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING Desy Ika Puspitasari; Al Fath Riza Kholdani; Nur Arminarahmah
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 3 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1335.212 KB) | DOI: 10.20527/jtiulm.v3i1.22

Abstract

Sebagaimana diketahui, olahraga panjat tebing termasuk jenis kategori olahraga populer dikalangan remaja sekarang ini, terbukti dengan seringnya dilaksanakan kejuaraan panjat tebing baik skala nasional maupun interrnasional. Sebelum mengikuti sebuah ajang kompetisi, atlet akan menjalani program latihan yang dibuat oleh Pelatih dan koordinator Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) untuk memaksimalkan kemampuan atlet sebelum mengikuti kejuaraan.Berdasarkan masalah tersebut, maka diperlukan sistem penunjang keputusan yang dapat membantu tim FPTI kab. Tapin dalam memilih kemampuan fisik dan mental atlet agar mencapai target juara yang diharapkan. Guna menentukan nilai bobot untuk kriteria penilaian sampai dengan terpilih alternatif terbaik, metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan dalam sistem ini dengan memberikan pertimbangan pemberian bobot atas empat kategori yaitu daya tahan, teknik, fisik, dan strategi. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan antara proses manual (pretest) dan menggunakan aplikasi (postest) untuk data awal dengan total data sebanyak 30 data terdapat 0 data yang tidak sesuai (0%) dan 30 data yang sesuai (100%). Hal ini menunjukkan dengan adanya aplikasi penentuan atlet panjat pelatih tidak lagi membuat data manual dan dapat memilih kategori penilaian ketahanan, fisik, teknik dan taktik yang mana yang ingin di prioritaskan menggunakan faktor bobot aplikasi.
COMPARISON OF K-NN AND NAÏVE BAYES CLASSIFIER FOR ASPHYXIA FACTOR Finki Dona Marleny; Mambang
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 3 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.133 KB) | DOI: 10.20527/jtiulm.v3i1.23

Abstract

Asphyxia is influenced by several factors, including the factors affecting the Immediate Was maternal factors That relates Conditions mother Pregnancy and childbirth such as hypoxia mother, Asphyxia factor data can be modeled using the classification approach. this paper will be compared k-nearest neighbor algorithm and Naive Bayes classifier to classify asphyxia factor. Naive Bayes uses the concept of Bayes’ Theorem which assuming the independency between predictors. Basically, Bayes theorem is used to compute the subsequent probabilities. Analysis of the two algorithms has been done on several parameters such as Kappa statistics, classification error, precision, recall, F-measure and AUC. We achieved the best classification accuracy with KNN algorithm, 92,27%, for k=4. are lower than the rates achieved with Naïve Bayes 83,19%.
THE ANALYSIS NETWORK FORENSICS USING HONEYPOT ON PUBLIC CLOUD COMPUTING SERVICE NETWORK Winda Andrini Wulandari
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 3 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1126.435 KB) | DOI: 10.20527/jtiulm.v3i1.24

Abstract

This research presents visualization in dashboard using AWN campus honeypot log data connected to IHP (Kemkominfo) Jakarta on public cloud computing service network to categorize time stamp in data. Package attack data is divided into three categories namely morning, noon, and night based on Time Western Indonesia (WIB). DDoS attacks attacked several ports 21, 80, 135, and 445. K -means clustering method is implemented in this research to get categorization result of time of effective attack to know DDoS attack attack and cyber profilling which is expected to help monitoring process of anticipation of vulnerability cloud network of ddos / cyber crime attacks. The results of this study indicate that the method used to obtain results in accordance with the objectives.
PENGENALAN IKAN CUPANG (BETTA FISH) MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY Mayang Sari; Hasanuddin; Rifky Aditya
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 3 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.6 KB) | DOI: 10.20527/jtiulm.v3i1.25

Abstract

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan objek maya atau virtual dengan lingkungan nyata. Pemanfaatan teknologi AR banyak digunakan pada bidang edukasi, kesehatan, militer, iklan, hiburan dan navigasi. Ikan Cupang adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan cupang terdiri dari 73 spesies dan dibagi menjadi 13 kelompok, sehingga orang awam sulit untuk membedakan jenis ikan cupang. Serta banyak ditemukannya kasus ikan yang mati mendadak dikarenkan kurangnya pengetahuan tentang perawaatan ikan cupang tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis membuat aplikasi pengenalan ikan cupang (betta fish) menggunakan augmented reality dimana pengguna dapat memanfaatkan smartphone mereka untuk melihat jenis dan info tentang ikan cupang. Aplikasi ini dibuat menggunakan aplikasi Unity sebagai game engine dan Vuforia sebagai library. Cara penggunaanya adalah dengan mengarahkan kamera smartphone pada marker atau penanda yang telah tersedia. Kemudian dilayar smartphone akan muncul objek ikan cupang beserta penjelasannya. Untuk penelitian lanjutan disarankan memasukkan audio atau suara, membuat objek menjadi jauh lebih interaktif dengan menambahkan objek 3 dimensi (3D) dan mengganti marker menjadi lebih menarik atau mungkin dapat dikembangkan dengan metode pendeteksian objek secara langsung.
END USER COMPUTING SATISFACTION ON WEBSITE PERPUSTAKAAN DAERAH SUMATERA SELATAN Usman Ependi1; Rusmin Syafari; Pitria Maharani
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 3 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.06 KB) | DOI: 10.20527/jtiulm.v3i1.26

Abstract

Perpustakaan daerah (PUSDA) merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh pemerintah daerah baik kabupaten maupun provinsi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu Pusda yang ada adalah Pusda Sumatera Selatan yang memiliki fasilitas website sebagai wajah Pusda dalam bentuk digital. Untuk memastikan bahwa fasilitas website yang disediakan telah sesuai dengan standar maka perlu untuk dilakukan pengukuran kepuasan pengguna. Pengukuran kepuasan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana fasilitas website yang disediakan memberikan dampak terhadap pengguna. Sebagai instrument dalam pengukuran kepuasan menggunakn end user computing satisfaction (EUCS) yang telah terbukti sebagai alat ukur yang sistematis dan akurat. Dari hasil pengukuran yang dilakukan menunjukkan bahwa website Pusda Sumatera Selatan dapat dikategori baik, atau dengan kata lain pengguna merasa isi, keakuratan, bentuk, kemudahan, dan ketepatan waktu yang ada dapat memberikan kepuasan bagi pengguna.

Page 1 of 1 | Total Record : 5