cover
Contact Name
Baharuddin
Contact Email
nonformaljr@ummaspul.ac.id
Phone
+6281339859730
Journal Mail Official
nonformaljr@ummaspul.ac.id
Editorial Address
Jendral Sudirman No.17 Enrekang Sulawesi Selatan
Location
Kab. enrekang,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL EDUKASI NONFORMAL
ISSN : -     EISSN : 27152634     DOI : 10.33487
Core Subject : Social,
Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia.
Articles 65 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal" : 65 Documents clear
Reimplementasi Kebijakan terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah: Studi Kasus Kabupaten Barru Muhammad Fadli; M Nasir; Elihami Elihami
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyelenggaraan Pendidikan diniyah takmiliyah di Kabupaten Barru sebagai lembaga pendidikan non formal dianggap tidak kondusif. Hal ini disebabkan kurangnya pembinaan, sarana, prasarana, pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, program pendidikan, proses belajar mengajar, dan pembiayaan. Untuk mengatasi itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Barru harusnya mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2010 tentang Pendidikan Diniyah Takmiliyah. Sebagai implementasinya dikeluarkan Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemberian Bantuan Biaya Untuk Penyelenggaraan Pendidikan Diniyah Takmiliyah Di Kabupaten Barru. Masalah penelitian dirumuskan dalam pertanyaan, bagaimana dampak implementasi kebijakan pendidikan diniyah takmiliyah terhadap peserta didik, kelembagaan, dan pendidik dalam pelaksanaan wajib belajar? Pendekatan penenlitan bersifat kualitatif dengan analisis deskriptif berdasarkan sumber data primer dan sekunder dari informan yang terpilih melalaui wawancara dan observasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Barru terhadap perkembangan peserta didik, kelembagaan, dan tenaga pendidik berdampak positif, namun tidak signifikan, karena wajib belajar Madrasah Diniyah yang dibuktikan dengan ijazah dan sertifikat tidak menjadi syarat untuk masuk ke jenjang pendidikan formal seperti SMP dan MTs. Direkomendasikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Barru bahwa kebijakan Pendidikan diniyah takmiliyah ini selain wajib belajar dalam proses pembelajarannya juga harus diperkuat dengan ijazah dan sertifikat sebagai persyaratan masuk ke jenjang pendidikan formal.
Implementasi Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Karakter Usia 5-6 Tahun di TPA Asoka Makassar Andi Rezky Nurhidaya; Malni Malni
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengasuhan peningkatan karakter anak sudah mencapai berkembang sangat baik. Rumusan permasalahan peneliti yaitu. Bagaimana implementasi pengasuhan anak usia dini dalam meningkatkan karakter anak usia 5-6 tahun di TPA Asoka Makassar. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian pengasuhan anak usia dini dalam meningkatkan karakter anak. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan mengenai implementasi Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Di TPA Asoka Makassar pendidik dan pengasuh sudah menerapkan langkah-langkah penerapan karakter kedisplinan, kemandirian dan kerja sama yang telah dicapai sesuai harapan yang diperoleh ke 6 anak tersebut. Yaitu dimulai dengan pendidik atau pengasuh dalam menerapkan pendidikan karakter menggunakan kegiatan pembiasaan yang dilakukan secara terus-menerus, mulai peserta didik masuk gerbang dengan berjabat tangan serta mengucap salam kepada pendidik atau pengasuh sampai penjemputan anak didik oleh orang tua. Adapun jenis kegiatan dalam implementasi pendidikan karakternya yaitu membuang sampah pada tempatnya, menyimpan barang minuman pada tempatnya, tidut siang pada waktunya, berdoa sebelum makan dan sesudah makan, berbaris yang rapih pada saat masuk kelas, melepas dan menyimpan sepatu pada tempatnya, melepas tas dan menyimpan pada tempatnya, mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan, membuang sampah, membantu temannya dalam kelompok.
Korelasi antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MI DDI Batubessi Kabupaten Barru Hartini Sultan; Amaluddin Amaluddin; St. Wardah Hanafie Das
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to provide an overview of student interest in learning and student learning outcomes at MI DDI Batubessi and the correlation between interest in learning and student learning outcomes at MI DDI Batubessi. The method used in this study is a quantitative method, several methods for collecting data are observation, questionnaires and documentation. This research was conducted in MI DDI Batubessi, Barru district. The results of the study show: 1). Students' learning interest in fiqh subjects at MI DDI Batubessi is 1317 with an average score of 23.5. 2). Student learning outcomes in fiqh subjects at MI DDI Batubessi seen from report cards are 4520 with an average value of 82.18. 3). For the correlation between interest in learning and student learning outcomes in fiqh subjects at MI DDI Batubessi using the product moment correlation formula which shows a significant correlation with student achievement in fiqh subjects.
Potensi Pendidikan dan Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Desa Ulumahuam Ahmad Budi Sakti Tambak; Yani Lubis
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan untuk memastikan dampak kompetensi pendidikan yang mungkin pada penggunaan teknologi masyarakat dan sumber daya manusia. Salah satu masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kecamatan Silangkitang Sumatera Utara, adalah Desa Ulumahuam. Proses penulisan menggunakan pendekatan tinjauan pustaka (library research). Diskusi mengarah pada kesimpulan bahwa teknologi pendidikan adalah proses yang canggih dan komprehensif untuk memeriksa dan menyelesaikan masalah dengan pembelajaran manusia dan akademik. Teknologi dalam pendidikan lebih dari sekedar perangkat keras. Ini terdiri dari tata letak dan pengaturan yang membuat pelajar tertarik. Teknologi juga dapat mencakup strategi atau pendekatan apa pun yang dapat diandalkan untuk mendorong pembelajaran, termasuk teknik pembelajaran kognitif dan kemampuan berpikir kritis. Keunggulan, peran, dan tujuan teknologi pendidikan antara lain mendukung produksi pengetahuan melalui alat, menyelidiki pengetahuan untuk mendukung siswa melalui informasi, mendukung pembelajaran berbasis berbicara melalui media sosial, dan mendukung siswa secara intelektual. Kualitas pendidikan dan sekolah dapat ditingkatkan melalui teknologi pendidikan. proses belajar mengajar dapat dibuat lebih efektif dan efisien. Penggunaan teknologi instruksional dapat memfasilitasi keberhasilan akademik.
Karakteristik Guru Profesional dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah Saw Cecep Anwar; Ayu Qurrota ‘Ayun
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam konteks pendidikan, guru yang profesional sangat dibutuhkan untuk mengembangkan mutu pendidikan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik guru profesional dalam perspektif Al-Qur'an dan Hadist Nabi Muhammad SAW. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Dengan menggunakan pendekatan tekstual yang dimaksudkan untuk mengkaji dan mengungkap ayat-ayat al-Qur'an dan hadits secara mendalam tentang karakteristik dan ciri-ciri guru profesional. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah Al-Qur'an dan hadits Nabi Muhammad SAW. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah buku atau karya ilmiah yang isinya dapat melengkapi data yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai pendidik mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemajuan dan perkembangan peserta didik, sehingga guru harus memiliki sifat-sifat yang baik dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadist, yaitu: ikhlas dalam perkataan dan perbuatan, bertakwa kepada Allah SWT. Allah SWT dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya, Selamat menuntut ilmu, Sabra menghadapi segala rintangan dan tantangan, serta bertanggung jawab terhadap murid-muridnya.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reflektif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 Arfah Arfah
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adaalah rendahnya hail belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Haisl Belajar Siswa dalam menggunakan model pembelajaran reflektif pada mata pelajaran Matematika di kelas VII SMP Negeri 20 Medan T.A 2021/2022.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan,pelaksanaan,pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sedangkan objek penelitian ini adalah hail belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan penerapan model dan pembelajaran Reflektif .Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Pada pre test awal diperoleh tes hasil belajar siswa pada materi pokok pecahan yaitu dengan nilai rata-rata 46 dan presentase 17% (4 siswa ).Setelah diterapkan model pembelajaarn reflrktif pada siklus II diperoleh tingkat pencapaian hail belajar mencapai nilai rata-rata 83 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 92% (22 siswa ).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Reflektif pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hail belajar siswa bila diterapkan paad pelajaarn matematika dengan materi pecahan di Kelas VII SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2021/2022.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas X IPA2-MAN Asahan Tahun Ajaran 2018/2019 Tuppal Pardomuan
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adaalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan Penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi pada siswa kelas X IPA-2 MAN Asahan Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-2 MAN Asahan mata pelajaran Biologi yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari laki-laki 14 siswa dan perempuan 22 siswa dengan kemampuan siswa yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar Biologi pada siswa kelas X IPA-2 MAN Asahan. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa materi ruang lingkup biologi di kelas X IPA-2 MAN Asahan.
Teori dalam Penelitian Media Kartini Kartini; Imam Azhari Harahap; Nazmia Yusdi Arwana; Suci Wahyu Tami Br Rambe
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Social media can also be said to be network media that can strengthen social relationships between users. Social media is a medium on the internet where users can present, interact, collaborate, share, connect with others and create virtual social girlfriend connections. Social media is digital media where social reality occurs and users interact in space. Media exposure is more complicated than access. Because it depends not only on who the person is physically (certain level of media access), but also on whether the person is actually exposed to the message. Exposure is listening to, watching, reading, and generally experiencing multimedia news with little interest. Exposures can be individual or group.
Metode Analisis Framing dalam Media Sosial Kartini Kartini; Rizki Mahyani Br Hasibuan; Nur Syahadah Sinaga; Awaliyah Rahmadina
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis framing adalah versi terbaru dari pendekatan analisis wacana, terutama untuk menganalisis teks media. Analisis framing sebagai metode analisis isi media, tergolong versi baru. Ini berkembang bersamaan dengan pandangan para konstruktor. Paradigma ini memiliki posisi dan pandangan terhadap media. Berita dalam pandangan konstruksi sosial, bukanlah suatu peristiwa atau fakta dalam suatu arti sebenarnya. Di sini realitas tidak hanya diterima begitu saja sebagai berita. Ini adalah produk interaksi antara jurnalis dan fakta. Dalam proses internalisasi wartawan terbentur realitas. Realitas diamati oleh wartawan dan diserap dalam kesadaran wartawan. Dalam proses eksternalisasi, jurnalis menceburkan diri ke dalam realitas yang bermakna. Konsepsi fakta adalah diekspresikan untuk melihat kenyataan. Hasil dari berita tersebut adalah produk dari proses interaksi dan dialektika. Ada dua aspek untuk membingkai itu, Pertama; memilih fakta, kedua; menuliskan fakta.
Penelitian tentang Facebook Kartini Kartini; Ineke Maili Ningrum; Juni Ervina Sari; Khoirunnisa Khoirunnisa
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Facebook is a social networking website where users can join communities such as cities, workplaces, colleges, and regions to connect and interact with other people. Compared to similar websites, Facebook provides complete facilities such as profile pages, photo and video albums, chats, notes, page applications, business applications, games, networks. using the type/approach of research in the form of library research. Literature study is a study that is used to collect information and data with the help of various materials in the library such as documents, books, magazines, historical stories, etc. So it can be concluded that if it is associated with the department of library science, the library uses social media as a medium for promotion, either promoting the collection or the services offered. However, with the development of a digital society that can hardly be separated from the internet, it seems that social media can be used more than just a promotional medium. Facebook as a medium to meet information needs because of the features that allow Facebook users to interact directly (real time), such as chatting, tagging photos, blogs, games, and status updates which are considered more up-to-date than other media.