cover
Contact Name
Theodorus Pangalila
Contact Email
theopangalila@unima.ac.id
Phone
+6281320593135
Journal Mail Official
theopangalila@unima.ac.id
Editorial Address
Jln. Kampus Unima Tondano Sulawesi Utara
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL CIVIC EDUCATION: MEDIA KAJIAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
ISSN : 25991833     EISSN : 26213567     DOI : https://doi.org/10.36412/ce.v2i1.430
Core Subject : Education, Social,
Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Manado. Jurnal diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini mempublikasikan Karya Ilmiah/Hasil penelitian di bidang Pancasila dan Kewarganegaraan.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): December 2020" : 8 Documents clear
Perilaku sosial budaya masyarakat dan implikasinya pada nilai-nilai kewarganegaraan Oktavianus Wayan Semuel; Machiko Nugraha Indriyanto; Ambrosius Markus Loho
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36412/ce.v4i2.2370

Abstract

Perlindungan Profesi Guru Atas Kekerasan Yang Dilakukan Oleh Siswa Yehezkiel Eka Laoh; Wenly R.J Lololng
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36412/ce.v4i2.2375

Abstract

Internalisasi nilai melalui pendidikan informal dalam prospek perubahan sosial Julien Biringan
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36412/ce.v4i2.2371

Abstract

Eksistensi pendidikan kewarganegaraan dalam memperkokoh karakter generasi muda di Indonesia Arie Supriati
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36412/ce.v4i2.2372

Abstract

Peran pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan moral melalui pembelajaran demokrasi Ani Sulianti; Samsul Arifin; Halimatus Sakdiyah
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36412/ce.v4i2.2367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Peran pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan moral peserta didik, 2). Penerapan pembelajaran demokrasi dalam mengembangkan moral peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik pengolahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, and data conclusion drawing verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pendidikan kewarganegaraan sangatlah berpengaruh dalam mengembangkan moral peserta didik dalam berinteraksi dengan lingkungan sekolah dan masyarakat 2). Demokrasi berperan penting dalam mengembangkan perilaku peserta didik dalam bersosial, bertoleransi, saling menghargai dan menghormati.Kata kunci: Perlindungan, Guru, Kekerasan, Siswa The role of civic education in developing morals through learning democracy. This study aims to in order to understand the: 1). The role of education has a hand in developing citizenship as a capital investment moral school tuition, 2). The application of democracy education has a hand in developing moral school tuition. Research methods that were used pt pgn promised to supply the qualitative method. The technique of the collection of data using observation and the objective of the interview. The technique of data processing using triangulation of. The technique of of the data analysis used data on reduction, team’s studios meeting rooms library data, a private economic analyst said the data conclusion drawing verification. The research results show that 1). Education is critical to citizenship as a capital investment has had a significant effect in developing moral school tuition of interacting with the vicinity of the school and the community 2). .Democracy play an important role in developing their activities in financing behavior school tuition in citizenchip , tolerant they begin , appreciate each other and respect .Keywords: Protection, Teacher, Violence, Students
Pengembangan buku revitalisasi dan reaktualisasi pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menghadapi tantangan globalisasi Ahmad Fauzan; Edy Kurniawansyah; M. Salam
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36412/ce.v4i2.2373

Abstract

Implementasi kartu indonesia pintar di kabupaten Minahasa Tenggara Ni Dewi Eka Suwrayaingrat; Jeane Mantiri
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36412/ce.v4i2.2368

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) Untuk mendeskripsikan Impelementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar di Kabupaten Minahasa Tenggara; (2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar di Kabupaten Minahasa Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek ilmiah, sebagai lawannya adalah eksperimen, dimana peneliti adalah instrumen kunci, pengumpulan data dilakukan secara tringgulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Penelitian ini bertempat di Kabupaten Minahasa Utara. Adapun hasil dari penelitain ini adalah: (1) Tahapan implementasi kebijakan Kartu Indonesia Pintar belum disosialisasikan kepada sasaran karena belum tersedia dana; (2) Implementasi Kebijkan Kartu Indonesia Pintar di Kabupaten Minahasa Tenggara dalam hal kevalidtan data siswa tidak tidak ada koordinasi antara pemerintah daerah dan pusat maupun agen pelaksana; (3) Penyaluran dana belum berjalan secara efektif di karenakan keterlambatan karena sasaran tidak membawa persyaratan pencairan dana dan (4) Bentuk pelaporan dana hanya lisan untuk sanksi pelanggaran penggunan dana belum dijalankan.Kata kunci: Pengelolaan, KIP, Kebijakan, Minahasa Utara Implementation of Smart Indonesian Cards in Southeast Minahasa District. The aim of this research is; (1) To describe the implementation of the Indonesia Smart Card Policy in Southeast Minahasa Regency; (2) To describe the factors that influence the implementation of the Indonesia Smart Card Policy in Southeast Minahasa District. This research uses qualitative methods used to examine the conditions of scientific objects, as opposed to experiments, in which the researcher is the key instrument, data collection is done by triangulation (combined), data analysis is inductive, and the results of the study emphasize meaning rather than generalization. This research took place in North Minahasa Regency. The results of this research are: (1) The stages of implementing the Smart Indonesia Card policy have not been socialized to the target audience because funds are not yet available; (2) The implementation of the Indonesia Smart Card Policy in Southeast Minahasa District, in terms of the validity of student data, there is no coordination between the regional and central governments and implementing agencies; (3) Fund distribution has not been effective due to delays because the target does not carry the requirements for disbursement of funds and (4) The form of reporting of funds is only oral for sanctions for violations of the use of funds has not been implemented.Keywords: Management, KIP, Policy, North Minahasa 
Hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna La Doni; Julien Biringan; Theodorus Pangalila
Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36412/ce.v4i2.2374

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: “bagaimana hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna”? Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Kedisiplinan siswa memiliki hubungan yang sangat kuat yakni sebesar 0,89 dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna; (2) Sumbangan atau kontribusi variabel X (kedisiplinan siswa) terhadap variabel Y (hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna) adalah sebesar 79,21% dan sisanya 20,79% ditentukan oleh variabel lain di luar masalah penelitian; (3) Hasil analisis regresi menggambarkan bahwa persamaan regresi antara variabel X (kedisiplinan siswa) dan variabel Y (hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna) sebagai berikut: = a + bX = 11,86 + 1,10 X; (4) Hasil analisis regresi antara variabel kedisiplinan siswa dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna diperoleh nilai Fhitung sebesar 102,2181, dengan taraf kepercayaan α = 0.05 dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 28, sehingga diperoleh Ftabel senilai 4,20. Jadi F hitung > F tabel atau F hitung = 102,2181 > F tabel = 4,20. Sesuai dengan kriteria pengujian jika F hitung > F tabel maka H0 ditolak yang berarti terima HA; dan (5) Terdapat hubungan yang signifikan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna.Kata kunci: Kedisiplinan Siswa, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan The relationship between student discipline and student learning outcomes in class VIII in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency. The problem in this study is formulated as follows: "how is the relationship between student discipline and learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency"? The purpose of this study was "to determine the relationship between student discipline and learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency". The research method used is quantitative research methods with regression analysis techniques. The conclusions of the research results are as follows: (1) Student discipline has a very strong relationship, namely 0.89 with the learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency; (2) The contribution or contribution of variable X (student discipline) to variable Y (class VIII student learning outcomes in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency) is 79.21% and the remaining 20.79% is determined by other variables in outside the research problem; (3) The results of the regression analysis illustrate that the regression equation between variable X (student discipline) and variable Y (student learning outcomes of class VIII on Civics at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency) is as follows: (Y) ̂ = a + bX = 11.86 + 1.10 X; (4) The results of the regression analysis between student discipline variables and student learning outcomes at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency obtained a value of Fcount of 102.2181, with a confidence level of α = 0.05 with dk numerator 1 and dk denominator 28, in order to obtain Ftable worth 4, 20. So F count> F table or F count = 102.2181> F table = 4.20. In accordance with the test criteria, if F count> F table then H0 is rejected, which means HA accepted; and (5) There is a significant relationship between student discipline and learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency. Keywords: Student Discipline, Learning outcomes Civic education

Page 1 of 1 | Total Record : 8