cover
Contact Name
Robby Fauji
Contact Email
manajemenkreatif@ubpkarawang.ac.id
Phone
+6281283590900
Journal Mail Official
manajemenkreatif@ubpkarawang.ac.id
Editorial Address
Jalan Ronggo Waluyo Sirnabaya, Puseurjaya, Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif
ISSN : 25280597     EISSN : 25805428     DOI : https://doi.org/10.36805/manajemen
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif Dikelola oleh program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang. Ruang lingkup jurnal adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi dan bisnis kreatif.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen " : 9 Documents clear
STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN INVESTASI DI KABUPATEN LEBAK Afina Putri Vindiana; Mutiara Eka Puspita; Katri Widayani
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v8i1.2960

Abstract

ABSTRAK Peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dapat diwujudkan melalui pembangunan daerah. Akan tetapi, biaya pembangunan yang tidak sedikit sering menjadi penghambat pembangunan tersebut. Hal ini mendorong adanya kebutuhan penanaman modal untuk daerah dalam rangka mempermudah realisasi pembangunan daerah yang merangsang pertumbuhan ekonomi daerah. Strategi promosi investasi harus disusun lembaga investasi daerah sebagai upaya menarik investor untuk menanamkan modalnya di daerah tersebut. Pada penelitian ini, disusun strategi promosi investasi untuk Kabupaten Lebak melalui kerja sama dengan Dinas Penanaman Modal Kabupaten Lebak yang dapat dilakukan Kabupaten Lebak untuk menarik investor. Penelitian dilakukan secara kualitatif melalui survey, wawancara terhadap masyarakat Kabupaten Lebak dan pemerintah daerah, serta studi literatur berdasarkan penelitian terdahulu dan dokumen peraturan pemerintah. Hasil penelitian ini merumuskan bahwa strategi promosi investasi yang dapat dilakukan oleh Kabupaten Lebak terdiri dari visi misi, tujuan dan strategi, piagam klien, penentuan posisi kompetitif dan pembentukkan citra, penentuan fokus strategi sektor unggulan, serta kegiatan pemasaran dan promosi. Hasil penelitian berupa susunan strategi promosi investasi Kabupaten Lebak ini dapat dijadikan acuan bagi program strategi promosi investasi daerah lainnya untuk meningkatkan pertumbuhan investasi di daerah tersebut. Kata kunci: investasi, pembangunan daerah, strategi promosi ABSTRACT Increasing regional economic growth could be accomplished through regional development. However, the high cost that regional development takes usually inhibits the regional development itself. This leads to an increasing need of regional investment to facilitate the realization of regional development that stimulates the regional economic growth. Investment promotion strategy has to be planned by regional investment institution as a mean to attract investors to invest on the region. This study determined the investment promotion strategy for Kabupaten Lebak in collaboration with Kabupaten Lebak Investment Institution. The investment promotion strategy could be applied by Kabupaten Lebak to attract the investors. This study was conducted using qualitative method through survey, interviews with citizens of Kabupaten Lebak and the regional government, as well as literature study from previous research and government’s legislations and regulations. The results of this study show that the investment promotion strategy that Kabupaten Lebak could apply consists of: vision and mission, goals and strategy, client charter, competitive positioning and image branding, determining the strategic focus of the leading sectors, and marketing and promotion. The arrangement of investment promotion strategy that Kabupaten Lebak undertakes could be a reference to other regions in terms of planning investment promotion strategy for increasing their regional investment growth.
KAJIAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA KULINER: TINJAUAN PADA UMKM GONZE CIANJUR JAWA BARAT DI ERA NEW NORMAL Dini Yani; Dexi Triadinda
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v8i1.2961

Abstract

ABSTRAK Secara budaya kuliner menggambarkan identitas lokal suatu pendukung budaya yang mencirikan lingkungan dan kebiasaan yang akrab disebut sebagai kearifan lokal. Salah satu sumber daya alam yang terdapat di Indonesia berupa aneka ragam tanaman yang memiliki beragam manfaat salah satunya adalah bunga kecombrang. Bunga kecombrang/ Honje ini memiliki manfaat gizi yang menciptakan ide kreasi dan inovasi pangan berupa Sambal Gonze, Pickles Elatior (acar kecombrang), Abon Gonze, Tiktuk Gonze, dan Gonze Tea (teh bunga kecombrang). Sambal Gonze adalah sambal honje atau sering disebut kecombrang, yang bahan baku kecombrangnya didapat dari kecombrang liar lokal dari hutan Cianjur. Kecombrang sendiri sudah dikenal memiliki zat antioksidan yang tinggi. Wanginya yang khas membuat citarasa sambal kecombrang berbeda dengan jenis sambal lainnya. Untuk sambal kecombrang GONZE, sambalnya dominan sekali dengan citarasa kecombrang, berbeda dengan sambal kecombrang brand lain. Sambal Gonze menggunakan cabe, bawang, dan rempah lainnya dalam keadaan fresh dan segar. Tidak ada tambahan cabe kering sebagai penambah rasa pedas. Sambal Gonze tidak ada level kepedasan. Jika ada perbedaan tingkat kepedasan, murni dari bahan baku cabe yang dipanen di beberapa tempat dan waktu yg berbeda. Kata Kunci: Strategi, Digital Marketing, GONZE
MEMPREDIKSI NIAT KEWIRAUSAHAAN: PENERAPAN THE THEORY OF PLANNED BEHAVIOR Hanif Rani Iswari; Choirul Anam; Wiwin Purnomowati; Survival; Dian Candra Dewi
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v8i1.2962

Abstract

ABSTRAK Tujuan makalah ini adalah menjelaskan sebab akibat antara theory of planned behavior dengan entrepreneurial intentions. Pendekatan ekplanatory dengan populasi dan sampel mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyagama Malang sebanyak 220 responden menggunakan teknik random sampling. pengumpulan data menggunakan kuesioner. sedangkan alat analisis menggunakan software Smart-PLS 3. Temuan penelitian pertama menunjukkan bahwa attitude toward entrepreneurship berpengaruh signifikan positif terhadap entrepreneurial intentions. Kedua, subjective norms berpengaruh signifikan positif terhadap entrepreneurial intentions. Ketiga, subjective norms berpengaruh signifikan positif terhadap entrepreneurial intentions Kata kunci: theory of planned behavior, attitude toward entrepreneurship, subjective norms, perceived behavioral control, entrepreneurial intentions ABSTRACT The purpose of this paper is to explain the causation between the theory of planned behavior and entrepreneurial intentions. The explanatory approach with the population and sample of students of the Faculty of Economics and Business, Widyagama University of Malang as many as 220 respondents used random sampling techniques. data collection using questionnaires. while the analysis tool uses Smart-PLS 3 software. The findings of the first study show that attitude towards entrepreneurship has a significant effect on entrepreneurial intentions. Second, subjective norms have a significant effect on entrepreneurial intentions. Third, subjective norms have a significant effect on entrepreneurial intentions Keywords: theory of planned behavior, attitude toward entrepreneurship, subjective norms, perceived behavioral control, entrepreneurial intentions
KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO RITEL MASA PANDEMI COVID-19 HUBUNGAN Jimmy Ellya Kurniawan
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v8i1.2963

Abstract

ABSTRAK Pandemi covid-19 menimbulkan dampak negatif terhadap bisnis, termasuk industri ritel. Industri tersebut harus mempertahankan kepuasan konsumen di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen pada toko ritel. Responden penelitian adalah 111 konsumen pada sebuah industri ritel di Indonesia. Hasil uji hipotesis mayor membuktikan kualitas pelayanan berkorelasi positif dengan kepuasan konsumen. Hasil uji hipotesis minor menunjukkan terdapat empat aspek kualitas pelayanan yang berkorelasi positif dengan kepuasan konsumen, yaitu aspek fisik, aspek reliabilitas, aspek interaksi individu dan aspek kebijakan. Sementara ada satu aspek kualitas pelayanan yang tidak berkorelasi dengan kepuasan konsumen yaitu aspek pemecahan masalah. Pembahasan hasil penelitian dalam konteks pademi didiskusikan lebih lanjut pada penelitian ini. Kata Kunci : pandemi; kualitas pelayanan; kepuasan konsumen; ritel
PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE TERHADAP WORK ENGAGEMENT DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA YOGYAKARTA Miftah Fragusti Arrazi; Kusmiyanti
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v8i1.2964

Abstract

ABSTRAK Pemimpin dalam organisasi memiliki peranan yang sangat penting namun dengan adanya estafet atau rotasi kepemimpinan yang ada membuat kepemimpinan menjadi permasalahan yang cukup krusial, salah satunya pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta. Permasalahan tersebut dapat terlihat pada rendahnya work engagement yang dimiliki para pegawai. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif desktipstif, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh leader member exchange yang dimiliki pemimpin terhadap work engagement para pegawai. Melalui beberapa teknik analisis data seperti uji normalitas, uji regresi linier sederhana, uji signifikansi dan uji determinasi dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antara LMX terhadap work engagement sebesar 15,9% sedangkan sisanya sebesar 84,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan persamaan regresi dirumuskan bahwa perubahan nilai yang dimiliki LMX dan work engagement pada penelitian ini bersifat berbanding lurus, yang artinya akan terjadi kenaikan nilai pada work engagement apabila LMX mengalami kenaikan, dan begitupun sebaliknya. Kata kunci: Keterlibatan Kerja, Pertukaran Anggora Pemimpin, Lembaga Pemasyarakatan. ABSTRACT Leaders in organizations have a very important role, but with the relay or rotation of existing leadership, leadership becomes a crucial problem, one of which is the Yogyakarta Class IIA Penitentiary. These problems can be seen in the low work engagement of employees. By using descriptive quantitative research methods, this study aims to analyze and examine the effect of leader member exchange on the work engagement of employees. Through several data analysis techniques such as normality test, simple linear regression test, significance test and determination test, it can be seen that there is an influence between LMX on work engagement of 15.9% while the remaining 84.1% is influenced by other variables not explained in the study. this. Based on the regression equation, it is formulated that changes in the value of LMX and work engagement in this study are directly proportional, which means that there will be an increase in the value of work engagement if LMX increases, and vice versa. Keywords: Work Engagement, Leader Member Exchange, Correctional Institution.
PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MENGEMBANGKAN UMKM DESA KARYA MULYA Nandang; Wanta; Rengga Madya Pranata
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v8i1.2965

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mengidentifikasi peran kepemimpinan dari Kepala Desa dalam mengembangkan UMKM. Lokasi penelitian ini di Desa Karya Mulya Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat. Sedangkan pengumpulan data melalui data primer hasil wawancara dan observasi serta data sekunder dari berbagai literatur kepustakaan dan dokumen-dokumen lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi sumber yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang peran kepemimpinan Kepala Desa dalam mengembangkan UMKM desa Karya Mulya yaitu: 1. Kemampuan kepala desa dalam membuat keputusan sangat baik, 2. Kemampuan memotivasi yang dimiliki oleh kepala desa baik, 3. Kemampuan komunikasi kepala desa sangat baik, 4. Kemampuan kepala desa dalam mengendalikan bawahan baik, 5. Kepala desa dalam mengemban tugas sangat bertanggungjawab atau sangat baik, serta 6. kemampuan kepala desa dalam mengendalikan emosi baik. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepemimpinan Kepala Desa, UMKM
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK 2016-2020 BERDASARKAN RASIO LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS Wildan Army Abdillah; Rengga Madya Pranata; Muhammad Iqbal Nurfauzan
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v8i1.2966

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan guna menganalisis bagaimana kinerja keuangan perusahaan jasa transportasi milik Negara PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk selama lima tahun amatan 2016-2020 dimana pada tahun 2020 mengalami penurunan kinerja keuangan dikarenakan terdampak Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung dari hasil laporan keuangan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk 2016-2020 dengan alat ukur menggunakan rasio likuiditas (Current Ratio, Quick Ratio, dan Cash Ratio) dan rasio profitabilitas (Net Profit Margin, Return On Asset, dan Return On Equity). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model analisis deskriptif dengan tujuan untuk menganalisis rasio keuangan sehingga setelah dianalisis perusahaan dapat mengetahui dan dapat menilai apakah nilai rasio-rasio keuangan perusahaan dapat memenuhi standar industri atau sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil dari penilaian kinerja keuangan pada PT. Garuda Indonesia (Persero) TBK mengalami penurunan dan cenderung tidak stabil. Pada rasio likuiditas dapat dikatakan dalam kondisi kurang baik dengan metode Current Ratio, Quick Ratio serta Cash Ratio tidak memenuhi standar industri terlepas dari dampak pandemi Covid-19. Kemudian pada rasio profitabilitas juga dapat dikatakan dalam kondisi kurang baik, sehingga hasil analisis ROA tidak memenuhi standar industri, hasil analisis ROE cenderung tidak stabil, dan hasil analisis NPM mengalami penurunan selama lima tahun amatan sehingga tidak memenuhi standar industri dan mengalami penurunan yang cukup signifikan selama satu tahun terakhir di tahun 2020 dikarenakan dampak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada tahun 2020. Kata kunci: Kinerja Keuangan, Likuiditas, Pandemi Covid-19, Profitabilitas ABSTRACT This study aims to analyze how the financial performance of the state-owned transportation service company PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk for the five years of 2016-2020 observations where in 2020 experienced a decline in financial performance due to the impact of the Covid-19 Pandemic. This study uses secondary data obtained indirectly from the results of the financial statements of PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk 2016-2020 with measuring tools using liquidity ratios (Current Ratio, Quick Ratio, and Cash Ratio) and profitability ratios (Net Profit Margin, Return On Assets, and Return On Equity). This study uses a quantitative method with a descriptive analysis model with the aim of analyzing financial ratios so that after being analyzed the company can know and be able to assess whether the value of the company's financial ratios can meet industry standards or vice versa. Based on the results of the study that the results of the financial performance assessment at PT. Garuda Indonesia (Persero) TBK has decreased and tends to be unstable. The liquidity ratio can be said to be in poor condition with the Current Ratio, Quick Ratio and Cash Ratio methods not meeting industry standards apart from the impact of the Covid-19 pandemic. Then the profitability ratios can also be said to be in poor condition, so that the results of the ROA analysis do not meet industry standards, the results of the ROE analysis tend to be unstable, and the results of the NPM analysis have decreased during the five years of observation so that they do not meet industry standards and have decreased significantly over the past five years. the last year in 2020 due to the impact of the implementation of Large-Scale Social Restrictions (PSBB) in 2020. Keywords: Covid-19 pandemic; Financial performance; Liquidity; Profitability
MINAT BELI PENGGUNA JASA ANGKUTAN KOTA TRAYEK 03 CIANJUR Yupi Yuliawati; Ida Farida Oesman; Nunun Nurlatifah
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v8i1.2967

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan konsumen, harga, dan kualitas layanan terhadap minat pengguna jasa angkot trayek 03 Cianjur baik secara parsial maupun simultan dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif. Sebanyak 385 responden yang terlibat dalam penelitian ini. Hasil uji signifikan simultan (Uji F) menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen, harga, dan kualitas layanan secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan. Sementara itu, hasil uji signifikan parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel kepercayaan konsumen dan harga berpengaruh positif dan signifikan, untuk variabel kualitas layanan tidak memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap minat beli. Kata kunci: Kepercayaan Konsumen, Harga, Kualitas Layanan dan Minat Beli ABSTRACT This study aims to determine how much influence consumer trust, price, and service quality have on the interest of users of public transportation services on the 03 Cianjur route, either partially or simultaneously. This type of research uses a descriptive and verifikatif method. A total of 385 respondents were involved in this study. The results of the simultaneous significant test (F test) show that consumer trust, price, and service quality simultaneously have a positive and significant effect. Meanwhile, the results of the partial significant test (t-test) show that the variables of consumer trust and price have a positive and significant effect, for the service quality variable does not have a partially significant effect on buying interest
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENGGUNAKAN CELEBRITY ENDORSER (SELEBGRAM) UNTUK MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK PAKAIAN Dikdik Harjadi
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif
Publisher : LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/manajemen.v8i1.2968

Abstract

ABSTRAK Saat ini terdapat kebutuhan yang besar akan adanya iklan atau periklanan digital di media sosial seperti Instagram sebagai sarana penjualan dan periklanan yang bertujuan untuk mencari konsumen potensial. Saat ini para selebriti atau para aktris digunakan di berbagai media salah satunya adalah Instagram yang sangat penting untuk strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Celebrity endorser (selebgram) terhadap minat pengguna media sosial Instagram dalam membeli pakaian di Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa kepercayaan, keahlian, dan daya tarik juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pengguna media sosial di Instagram. Kepercayaan (trust) berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dan keterampilan (keahlian). Tidak terdapat pengaruh positif terhadap minat beli pengguna media sosial Instagram, dan daya tarik berpengaruh positif terhadap minat beli pengguna media sosial Instagram. Kata Kunci: Celebrity Endorser1; Daya Tarik 2; Kepercayaan 3; Keahlian 4; Minat Beli 5. ABSTRACT There is currently a great need for digital ads or social media advertising, such as Instagram, as a way of sales and advertising to find potential buyers. At present, celebrities (public figures) are used in different media, one of which is Instagram, which is very important for growing product sales in an efficient marketing strategy. The aim of this study is to determine the impact of celebrity endorsers (celebrities) on Instagram social media users' interest in buying clothes at Kuningan Regency private universities.Based on the data collected and analyzed using SPSS version 24.0 software, the analysis approach used is the descriptive method and verification method. From this study, it can be concluded that trust, expertise, and attractiveness also have a significant influence on purchase interest of social media users on Instagram. Trust has a positive and significant effect on intent and skills of buying (expertise). There is no positive effect on the buying interest of social media users of Instagram, and attractiveness has a positive effect on the purchasing interest of social media users of Instagram.. Keywords: Celebrity Endorser1; Daya Tarik 2; Kepercayaan 3; Keahlian 4;Minat Beli 5.

Page 1 of 1 | Total Record : 9