cover
Contact Name
Kammer Tuahman Sipayung
Contact Email
kammer.sipayung@uhn.ac.id
Phone
+6285275520142
Journal Mail Official
jsp@uhn.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Jl. Sutomo No. 4A Medan Kampus Nommensen Gedung L Lt 2, Medan-Sumatera Utara-20234
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Suluh Pendidikan
ISSN : 23562595     EISSN : 27147037     DOI : https://doi.org/10.36655/jsp.v7i1.106
Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical research papers about education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world.
Articles 59 Documents
Pengaruh Motivasi dan Persepsi pada Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Mahasiswa PGSD Universitas Quality Berastagi NOVI TARI SIMBOLON
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 10 No 1 (2022): Maret
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nom- mensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v10i1.615

Abstract

This study is the result of measuring students' motivation, perception and achievement in learning mathematics using a quantitative approach with multiple regression techniques. The sample in this study were all 32 students of class 11A22, 32 students at Quality Berastagi University, PGSD study program. Data on the level of students' motivation and perceptions were obtained through a questionnaire, while data on mathematics learning achievement was obtained from the results of the mathematics test on the subject of cubes and blocks. From the research results obtained information that the learning motivation of 37.5% of students included in the low category. Students' perception of mathematics is 34.4% of students in the medium category. While the average student achievement shows a pretty good achievement, as many as 37.5% of students. The influence of students' motivation and perceptions of mathematics on student achievement in mathematics is indicated by a coefficient of determination of 0.76. This shows that the percentage of the contribution of the influence of students' motivation and perception on mathematics to mathematics learning achievement is 76%. So the motivation and perception of students together have a significant effect on the mathematics learning achievement of 11A22 students at Quality Berastagi University, PGSD study program.
The Prespektif Dosen Universitas Quality Berastagi mengenai Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Yessica Elisabeth Sinabariba
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 10 No 1 (2022): Maret
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nom- mensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v10i1.616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prespektif dosen mengenai efektivitas pembelajaran daringdi lingkungan Universitas Quality Berastagi. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Apakah pelaksanaan pembelajaran daring terbukti efektif? 2) Apa kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah dosen di lingkungan Universitas Quality Berastagi. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran daring kurang efektif. 2) Kelebihan pembelajaran daring adalah waktu belajar fleksibel, siswa lebih dekat dengan orang tua,rsiswa tidak bergantung pada dosen dan melatih mahasiswa lebih mandiri. Sedangkan kekurangan pelaksanaan pembelajaran daring adalah dosen tidak dapat berinteraksi langsung dengan siswa, dan tdk dapat mengetahui keseluruha karakteriskti mahasiswa serta tidak stabilnya jaringan internet.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI ERA PEMBELAJARAN ONLINE Janwar Tambunan
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 10 No 1 (2022): Maret
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nom- mensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v10i1.638

Abstract

The purpose of this study was to see the effect of the Quantum Teaching learning model used by Christian Religious Education teachers in the formation of student character. The sample in this study was 50 people. This study used descriptive methods, while the data analysis carried out in the hypothesis research was Pearson's product moment correlation with data collection tools, namely a questionnaire for Variable X (Influence of Quantum Teaching Learning Model) and Variable Y (Student Character Building) The statistical test used in this research is using the Pearson Product Moment Correlation statistical test. From the test results obtained correlation test (r) 0.96 with a determination test of 92% and to determine whether or not the correlation coefficient is significant at the real level (α) = 0.05, the "t" test is held. From the test results obtained tcount > ttable (3.19 > 1.67), then the hypothesis is accepted. Thus, it can be stated that there is an influence of the Quantum Teaching Learning model in PAK learning on the character formation of students in the era of online learning. Keywords : Learning Model; Quantum Teaching; Student Character
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROGRAM INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) Faisal Rahman
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 10 No 1 (2022): Maret
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nom- mensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v10i1.639

Abstract

The development of technology and the challenges of the times that are getting bigger with the dissemination of information that is so massive can affect the formation of the character of the younger generation so that a program is needed that can shape the character of the younger generation. Character education is an important alternative solution that can be implemented in the era of globalization given the rapid flow of information and the influence of foreign cultures that are increasingly unstoppable with digital technology. One alternative that can be implemented to be able to carry out character education is Interprofessional Education (IPE), which has been widely applied in the world of health. This article provides a conceptual framework for how Interprofessional Education (IPE) can be developed and applied in character education because the basic competencies contained in Interprofessional Education (IPE) have values ​​and principles that are in line with character education. In this article, the author explores the values ​​and principles in Character Education in the Interprofessional Education (IPE) program.
A PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN TIP IN DENGAN UNDER THE BASKET SHOOT TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MEDAN TAHUN 2020 andi nur abady; devi catur winata
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 10 No 1 (2022): Maret
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nom- mensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v10i1.640

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara latihan tip in dengan under the basket shoot terhadap peningkatan power otot tungkai Pada Siswa putra ekstrakulikuler Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan Tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experiment. Dengan pelaksanaan latihan yaitu tip indan under the basket shoot. Populasi adalah seluruh siswa putra ekstrakulikuler Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan Tahun 2020 yang berjumlah12 orang. Jumlah sampel 10 orang diperoleh dengan teknik purposive random sampling, selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik matching pairing yaitu kelompok latihan tip indan under the basket shoot.Instrumen penelitian untuk pengumpulan data dengan tes dan pengukuran yaitu tes vertical jump untuk mengetahui power otot tungkai. Penelitian dilaksanakan selama 6 (enam) minggu dengan latihan 3 (tiga) kali dalam seminggu. Untuk melihat pengaruh masing masing variabel bebas maupun terikat digunakan perhitungan statistic uji- t berpasangan dan uji t tidak berpasangan. Analisis hipotesis pertama dari data pre-test dan data post-test peningkatan power otot tungkai dalam permainan bola basket pada kelompok latihan tip in diperoleh t­hitung sebesar 2,76 serta ttabel sebesar 2,13 dengan =0,05 (t hitung > t tabel) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, latihan tip in berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan power otot tungkai dalam permainan bola basket Pada Siswa putra Ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan Tahun 2020. Analisis hipotesis kedua dari data pre-test dan data post-test peningkatan power otot tungkai dalam permainan bola basket pada kelompok latihan under the basket shoot diperoleh t­hitung sebesar 2,52 serta ttabel sebesar 2,13 dengan =0,05 (t hitung > t tabel) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, latihan under the basket shoot berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan power otot tungkai dalam permainan bola basket Pada Siswa putra Ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan Tahun 2020. Analisis hipotesis ketiga dari perhitungan rata- rata dan simpangan baku diperoleh harga t­ hitung sebesar 1,17 serta ttabel sebesar 1,86 dengan =0,05 (thitung <ttabel) berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, latihantip in tidak lebih besar pengaruhnya dari pada latihan under the basket shoot artinya latihan under the basket lebih besar pengaruhnya dari pada latihan tip in terhadap peningkatan power otot tungkai dalam permainan bola basket Pada Siswa putra Ekstrakurikuler Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan Tahun 2020. Kata Kunci : tip in, under basket, power
PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA DI ERA PANDEMI Kurnia Julianti Arni; Hirjan Hirjan; Maison Maison; Dwi Agus Kurniawan
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 10 No 2 (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nom- mensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v10i2.708

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk melihat terdapat atau tidaknya pengaruh minat belajar siswa pada pelajaran fisika di era pandemi kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pringgarata. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan metode campuran (mixed method) dengan teknik pengambilan sampling menggunakan teknik pengisian angket. Subjek penelitian sebanyak 23 siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pringgarata. Hasil penelitian berdasarkan data kuantitatif yang di analisis menggunakan teknik analisis statistic regresi dengan melakukan uji normalitas dan uji reliabilitas diperoleh nilai r hitung sebesar 0,863. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh minat belajar siswa pada pelajaran fisika di era pandemi kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pringgarata.
Analisis Majas dan Citraan Pada Kumpulan Puisi Deru Campur Debu Mega Rebeca Gita; Achmad Yudhi
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 10 No 2 (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nom- mensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v10i2.716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang bentuk citraan dan majas dalam kumpulan puisi Deru Campur Debu Karya Chairil Anwar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan teknik analisis data dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Data dalam penelitian ini berupa citraan dan majas dalam kumpulan puisi Deru Campur Debu Karya Chairil Anwar . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kumpulan puisi Deru Campur Debu Karya Chairil Anwar terdapat beragam citraan dan majas yang cukup bervariasi. Citraan yang digunakan pengarang dapat menciptakan imajinasi yang lebih hidup. Citraan yang terdapat pada kumpulan puisi tersebut yaitu citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan gerak, citraan perabaan, citraan penciuman, citraan pengecapan serta majas ada personifikasi,metafora,hiperbola dan alegori. Adapun puisi yang dianalisis antara lain “Kawan ku dan Aku”, “Sajak Putih”, dan “Nocturno”.
PENGARUH KEMAMPUAN GURU DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 2 PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR Enny Juliana Pelita Naibaho
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 10 No 2 (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nom- mensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v10i2.780

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam upaya mencapai tujuan organisasi yang bersangkutan secara legal tidak melanggar hukum dan sesuai dengan moral dan etika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan guru dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sifat penelitian adalah explanatory research yang menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan varabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir yang berjumlah 30 orang( PNS dan Non PNS), dan semua populasi ini diobservasi dalam penelitian ini (sensus). Data dikumpulkan dengan wawancara, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi dan variabel-variabel yang diteliti menggunakan skala likert. Daftar pertanyaan terlebih dahulu diuji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas, pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 20.0, dan dianalisis dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan regresi linear berganda. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemampuan dan kecerdasan emosional secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir, dan secara parsial kemampuan dan kecerdasan emosional sama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir dan kecerdasan emosional merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi kinerja guru SMP Negeri 2 Pangururan Kabupaten Samosir.
IMPLEMENTASI TRADISI PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MIS NU AL-UTSMANI PEKALONGAN Muhammad Maskur Musa; Muhammad Minanur Rahman; Razie Bin Nasarruddin
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 10 No 2 (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nom- mensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v10i2.782

Abstract

attitudes, feelings, words, and actions based on the principles of religion, law, manners, culture, and customs. Character must be owned by every human being, because character is an identity within a person and a differentiator from one person to another. Apart from being an identity, the character in a person is used as a guide in living life. The purpose of this study is to explain the implementation of the tradition of Islamic boarding schools in shaping the character of students at MIS NU Al-Utsmani Pekalongan. This research method uses descriptive qualitative, data collection through observation, interviews and documentation. The results of the study explain that the traditional values ​​of Islamic boarding schools in shaping character, these traditions are reflected through the learning carried out. MIS NU Al-Utsmani in his learning took several subjects in Islamic boarding schools such as the science of recitation, the book of Alala, and the book of Taklim Muta'alim. In addition, it is also reflected in activities such as praying, reading Asmaul Husna, praying Duha in congregation, and shaking hands with teachers. And the distinctive voices that exist in the Islamic boarding school every day continue to echo such as reading nadhoman alala books, tasrifan, imriti and Jurumiyah. The traditional values ​​of the Islamic boarding school can shape characters such as cognitive in students, discipline and most importantly religious character.
Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Mahasiswa Firmanilah Kamil; Saima Putrini R Harahap; Nely Kurnila
Jurnal Suluh Pendidikan Vol 10 No 2 (2022): September
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nom- mensen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36655/jsp.v10i2.783

Abstract

Peserta didik merupakan pelaksana dari proses pembelajaran yang memiliki beberapa faktor pendukung bagi ketercapaian tujuan pembelajaran. Faktor yang berasal dari peserta didik adalah motivasi, daya intelegensi, dan konsentrasi. Dari ketiga faktor tersebut motivasi seringkali menjadi aspek yang paling diabaikan dari strategi pembelajaran. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis masalah dirasa mampu menumbuhkan motivasi belajar. Pendekatan saintifik (scientific approach) adalah salah satu model pembelajaran yang dalam prosesnya memuat kaidah-kaidah keilmuan, mulai dari pengumpulan data dengan observasi, menanya, melakukan eksperimen, mengolah informasi atau data, hingga mengomunikasikan dengan tujuan memberikan ruang pada peserta didik secara luas untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi materi pembelajaran, serta mampu mengaktualisasikan kemampuan melalui kegiatan pembelajaran yang telah dirancang oleh pendidik. Artikel ini berisi uraian kegiatan pembelajaran pada mahasiswa dengan tujuan memberikan pemaparan mengenai tahapan pendekatan saintifik berbasis masalah dalam menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa. Pembelajaran Mekanika Tanah dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah dapat dilakukan dengan dan tanpa kegiatan praktikum. Meski tanpa praktikum, tahapan yang dilakukan tetap mengacu pada lima tahapan dasar yakni mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasi. Kegiatan pemberian masalah dapat dilakukan pada tahap mengamati, menggali informasi, atau pada kegiatan diskusi tambahan setelah tahap mengkomunikasi.