cover
Contact Name
JUNAIDIN
Contact Email
junaidinmuhaimin@gmail.com
Phone
+6282336472744
Journal Mail Official
ejournal.fitrah@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sukun Karara, Kota Bima, NTB 646818
Location
Kab. bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan
ISSN : 20857365     EISSN : 27223027     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan (P-ISSN 2085-7365 dan E-ISSN 2722-3027) adalah jurnal ilmiah, berkenaan dengan Studi Pendidikan sebagai domain studi yang diterbitkan dua kali oleh Institute for Research and Community Service (LP2M) STIT Sunan Giri Bima.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2020)" : 5 Documents clear
PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL PIMPINAN TERHADAP MUTU LAYANAN ADMINISTRASI DI PASCASARJANA UIN ALAUDDIN MAKASSAR Aburizal Akbar; Arifuddin Siraj; Muhammad Yaumi
Fitrah Vol 11 No 1 (2020)
Publisher : Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47625/fitrah.v11i1.261

Abstract

This research article examines the significance of the influence of leadership managerial abilities on the quality of administrative services at the Alauddin State Islamic University in Makassar, while the objectives of this research article are: first, to analyze the reality of the managerial abilities of the postgraduate leadership of Alauddin State Islamic University Makassar; second, analyzing the reality of the administrative service quality of the Postgraduate Administration at the State Islamic University alauddin Makassar; third, to analyze the significance of the influence of the managerial ability of postgraduate leadership on the quality of administrative services at the Alauddin State Islamic University in Makassar. The type of research used is survey research through a quantitative approach with the data collection tool used is a questionnaire, while the analysis used is the product moment analysis and correlation analysis. The indications for the results of this study are that: first, the reality of the managerial ability of the postgraduate leadership of Alauddin State Islamic University Makassar is in the good category (71.4%); second, the reality of the quality of administrative services at the Postgraduate Program at Alauddin State Islamic University in Makassar is in the medium category (65.8%); third, the managerial ability of the postgraduate leadership of the Alauddin State Islamic University in Makassar has a significant effect (16.5%) on the quality of administrative services at the Postgraduate Program at the Alauddin State Islamic University in Makassar.
MANAJEMEN MADRASAH : (Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam) Hermawansyah Hermawansyah
Fitrah Vol 11 No 1 (2020)
Publisher : Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47625/fitrah.v11i1.264

Abstract

bersangut paut pula dengan segala unsur yang membentuk madrasah, baik itu tata kelola administrasi maupun perannya sebagai pemimpin terhadap bawahannya. Ini melingkupi memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerjasama dalam rangka mencapai tujuan bersama lembaga pendidikan yang berkualitas serta memiliki daya saing. Semua indikator tersebut tentunya tidak terlepas dari peranan dan tanggung jawab kepala madrasah melalui analisis-analisis kelebihan dan kelemahannya. Kelemahan tersebut kemudian bisa diatasi dengan seminar, workshop ataupun pelatihan semacamnya yang degan tujuan peningkatan kapasitas SDM Madrasah. Adapun upaya-upaya tersebut seperti; 1) pengembangan kurikulum SDM, 2) Perbaikan sarana dan prasarana, 3) peran serta masyarakat. Faktor-faktor pendukungnya ialah sarana dan prasarana dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran oleh guru. Disamping itu sebagai faktor penghambatnya adalah masalah guru, dana, kemampuan dan jiwa psikologis siswa yang berbeda-beda serta peran serta masyarakat yang masih rendah.
GURU IDEAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM Idhar Idhar
Fitrah Vol 11 No 1 (2020)
Publisher : Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47625/fitrah.v11i1.265

Abstract

Pendidikan sebagai teori berupa pemikiran manusia mengenai masalah-masalah kependidikan dan upaya memecahkannya secara mendasar dan sistematis. Sedangkan pendidikan sebagai praktek merupakan aktivitas manusia mendidik peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu yang diidealkan. Pembicaraan tentang guru ideal dalam pendidikan Islam pada hakikatnya adalah pembicaraan tentang kompetensi professional seorang guru dalam membimbing dan mendidik peserta didiknya menjadi manusia yang berilmu, beriman dan berakhlak mulia, sehingga mereka bisa menjadi sukses dunia dan akherat. Kompetensi guru ideal dalam Islam merupakan paham yang mengajarkan bahwa setiap pekerjaan harus dilakukan oleh orang beriman, berilmu serta professional dalam menjalankannya. Dalam Islam, setiap pekerjaan harus dilakukan secara profesional, dalam arti harus dilakukan secara benar. Hal ini hanya mungkin dilakukan oleh orang yang ahlinya. Apapun jenis profesi yang disandang, hendaknya dilakukan dengan profesional. Guru ideal dalam pendidikan Islam menurut persepektif al-Quran sesungguhnya diambilkan dari adanya pendapat mufasir yang memberikan penekanan paling tidak terdapat empat surat di dalam al-Qur’an yang membicarakan tipe seorang guru yang ideal dalam mendidik. Ideal dalam ilmu dan kemampuan, sikap, metode dan sebagainya. Dari sinilah yang dapat ditarik pemahaman bahwa guru ideal dalam pendidikan Islam yaitu menekankan pada seorang guru untuk melakukan pekerjaan sebagai pendidik dilakukan secara ideal. Demikian pula dengan profesi guru harus dilakukan secara profesional.
PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN PENILAIAN AUTHENTIC TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SMA DI JAWA TIMUR Nikmah Fitriani Yudin Citriadin
Fitrah Vol 11 No 1 (2020)
Publisher : Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47625/fitrah.v11i1.266

Abstract

Input pendidikan merupakan suatu hal yang mutlak harus ada dalam batas-batas tertentu tetapi tidak menjadi jaminan dapat secara otomatis meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan pendidikan akan menentukan hasil atau prestasi peserta didiknya. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data melalui investigasi/observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan pelaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMAN 1 Gresik dilakukan dengan II siklus. Hasil penelitian yaitu penggunaan pendekatan scientific dan penilaian authentik dalam proses pembelajaran di kelas perserta didik SMA di Jawa Timur, mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dalam bentuk percakapan, kemampuan mempresentasikan materi dan berani mengikuti lomba untuk mencapai prestasi akademis, nonakademis.
PERAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK Suryani Suryani
Fitrah Vol 11 No 1 (2020)
Publisher : Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47625/fitrah.v11i1.268

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan oreantasi penting bagi orang tua untuk dikedepankan kepada anak, disebabkan oleh carut marutnya pergulatan jaman maka anak harus mendapatkan pendidikan yang bernilai baik sejak dirumahnya, sehingga dari sinilah peran orang tua sangatlah penting. sehingga pendidikan agama Islam merupakan bimbingan yang diberikan oleh seseorang kepada seseorang agar ia berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam atau bimbingan terhadap seseorang agar ia menjadi manusia yang semaksimal mungkin. Faktor yang menjadi mendukung dan menghambat usaha ibu rumah tangga dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam pada anak. Dari Tingkat pendidikan itu sendiri, lingkungan pergaulan, factor sarana dan prasarana sedangkan penghambatnya yaitu, faktor dalam rumah tangga itu sendiri seperti meninggalnya kepala rumah tangga, kurangnya pendapatan keluarga dan sebagainya yang menjadi sasaran pada anak-anak didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5