cover
Contact Name
Alkausar Saragih
Contact Email
jp2bs@umnaw.ac.id
Phone
+6281362192627
Journal Mail Official
jp2bs@umnaw.ac.id
Editorial Address
Editor's Address: Abdul Rahman Syihab Campus First Floor Jl. Garu II No. 52 LP2M Secretariat UMN Al Washliyah
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
ISSN : 25029584     EISSN : 25029592     DOI : 10.32696/kjhsd
Core Subject : Education,
JP2BS is a high-quality open access research journal published by Institute for Research and Community Service of Muslim Nusantara Al Washliyah University (LP2MUMNAW). JP2BS receives research articles written by researchers, teachers, students, academics, professionals, and practitioners, this journal is published every April and October. Jurnal Penelitian bahasa dan Sastra UMN Al Washliyah fokus menerbitkan Artikel Hasil; Penelitian Sastra, linguistik Penelitian Tindakan Kelas; Kajian Pustaka; Kualitatif, dan Kuantitatif.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA" : 6 Documents clear
ANALISIS NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA Fita Fatria
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.003 KB)

Abstract

Novel dapat menjadi media yang efektif untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai pendidikan (edukatif), terutama pendidikan karakter. Novel Sepatu Dahlan adalah salah satu dari beberapa novel yang mengandung nilai pendidikan. Novel Sepatu Dahlan adalah novel yang inspiratif, karya dari Khrisna Pabichara. Pendidikan karakter menjadi sorotan publik, terutama bagi masyarakat luas mengenai berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai edukatif dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Nilai edukatif merupakan nilai-nilai pendidikan yang di dalamnya mencakup sikap individu dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi (konten). Metode ini digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen. Dokumen dalam penelitian ini adalah Novel Sepatu Dahlan dalam tahapan analisis dokumen dimulai dari tahap pembacaan, pencatatan dokumen, hingga analisis dokkumen.Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dapat diambil beberapa nilai edukatif di antaranya adalah: Nilai Religius(Agama), Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/komunikatif dan Tanggung Jawab. Kedelapan nilai edukatif tersebut memiliki saling keterkaitan.Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan informasi dan masukkan bagi mahasiswa, para peneliti, para pendidik dan semua pihak yang membutuhkan.
PENINGKATAN MINAT MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA OLEH SISWA KELAS XI SMK AL WASHLIYAH 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015-2016 Rahmat Kartolo, Sutikno
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.113 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat membaca dan penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara yang harus dikuasai oleh siswa yang menggunakan metode berpidato, angket kuesioner dan tes objektif. Penelitian tindakan kelas ini mengambil subjek penelitian 30 orang/siswa SMK Al Washliyah 4 Medan tahun pembelajaran 2015-2016. Instrument hasil data penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa pada materi keterampilan berbicara, penguasaan kosakata dan keterampilan minat membaca. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adlah tes angket kuesioner, tes objektif dan praktik berpidato untu melatih keterampilan berbicara siswa. Hasil pengumpul data telah menunjukkan bahwa siswa memahami materi yang disampaikan oleh peneliti sebagai guru dengan menerapkan metode berpidato, angket kuesioner dan tes objektif. Untuk itu dengan menggunakan teknik pengumpul data tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENTINGNYA PENGETAHUAN IDEOLOGI PENERJEMAHAN BAGI PENERJEMAH Roswani Siregar
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.729 KB)

Abstract

Penerjemahan berperan penting dalam transfer pengetahuan diantara budaya, bahasa dan bangsa yang berbeda. Sebagai kegiatan untukmemindahkan pesan atau maksud yang terkandung dalam suatu bahasa ke dalam bahasa lain secara tepat dan wajar, pekerjaan penerjemahan menjadi kompleks. Oleh karena itu berbagai pendekatan dicetuskan untuk memahami proses penerjemahan, diantaranya adalah teori ideologi penerjemahan. Istilah domestikasi dan foreinisasi dalam penerjemahan merupakan dua istilah yang dikemukakan oleh Lawrence Venuti yang sering disebut sebagai ideologi atau strategi penerjemahan. Domestikasi adalah strategi yang digunakan untuk mengurangi “keasingan” istilah dari bahasa sumber, sehingga pembaca merasa suatu terjemahan seperti bukan produk terjemahan. Sementara foreinisasi adalah sebaliknya, strategi ini lebih condong ke bahasa sumber dengan tujuan memperkenalkan istilah atau budaya asing kepada pembaca sasaran. Dalam prakteknya, penerjemah tidak lepas dari keduanya, namun kecondongan yang berbeda seringkali didasari oleh tujuan penerjemahan dan siapa pengguna terjemahan tersebut. Artikel ini mengemukakan gambaran ringkas tentang ideologi penerjemahan dan bagaimana pentingnya teori ini untuk meningkatkan kesadaran penerjemahan tentang dampak pilihan mereka terhadap hasil terjemahan.
PROMOTING INDONESIAN LOCAL WISDOM THROUGH LITERARY CRITICISM Irpan Apandi Batubara, M. Khalid
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.04 KB)

Abstract

The new curriculum of English language teaching in Indonesia urges students contribute actively to world networking as well as to world civilization. In the curriculum, students are introduced to the genre of text. As film is a representation of narrative text, writing a literary criticism can be one way to promote indonesia culture. This research is a content analysis on batak film Anak Sasada. As a modern literary work, the film contain local wisdom as part of culture that is potential to be introduced to world community and literary criticism in English is a way of promoting it. Martarombo is a local wisdom of Batak that found in the film of Anak Sasada.
KAJIAN SEMIOTIKA : MAKNA GERAK DALAM TARIAN KARO Lisa Septia Dewi Br Ginting
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.606 KB)

Abstract

Bahasa bukanlah hanya yang lisan atau yang tulisan saja. Dari warna juga memiliki bahasa, setiap gerakkan juga terdapat bahasa. Seperti fungsi bahasa pada umumnya, gerak yang terdapat dalam gerakan tarian dari Suku Karo juga memiliki makna atau informasi yang disampaikan kepada penontonnya. Tari-tarian adalah komponen dari gerak tubuh yang indah. Penampilan gerak tariaan yang indah, bukan hanya indah dipandang mata saja melainkan ada maksud atau tujuan yang berupa informasi dari si pencipta tari kepada penonton. Dengan melihat gerakan tarian khususnya tarian dari Suku Karo, kita mendapat banyak pelajaran yang mendidik akan kehidupan. Bahasa itu luas, semakin berkembang budaya maka bahasa juga akan mengikuti dari belakang perkembangannya.
THE PORTRAYAL OF RURAL LIFE IN AUGUSTUS BALDWIN LONGSTREET’S THE FIGHT Rezky Khoirina Tarihoran
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA Vol. 1 No. 1 (2016): JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Publisher : LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.789 KB)

Abstract

This study is the result of literary research which focuses on the portrayal of rural life in Georgia during the early nineteenth century in the short story The Fight written by AB Longstreet. This research focuses on the story by the author using humorous way to depict the given circumstances. This study was conducted by applying qualitative method and analysed by using the Expreesive theory by MH Abrams. The result of this study shows that : 1) The spirit of Nationalism appeared implicitly in that story through the idea of militia, 2) The language that used by the characters also indicates how the situation was 3) The narration indicates that Georgia at that time is more developed than other counties since their religion and education had spread well in the county for that barbaric act was rarely happen.

Page 1 of 1 | Total Record : 6