cover
Contact Name
Dr. Intan Dwi Hastuti
Contact Email
jurnal.jpin@gmail.com
Phone
+6281216119880
Journal Mail Official
intancendekiamataram@gmail.com
Editorial Address
Perum Elit Kota Mataram Asri Blok Q 11 Ling. Geguntur Kelurahan Jempong Baru Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
ISSN : 27228134     EISSN : 26208466     DOI : https://doi.org/10.47165/jpin
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2: Oktober 2020" : 6 Documents clear
Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Bermain Bola Balon Kelas B TK Mujahidin Kebon Jeruk. Khairul huda
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 2: Oktober 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i2.118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak usia 5-6 tahun di TK Munjahidin, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research) model Kemmis dan Taggart, yang meliputi empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dengan memberikan suatu tindakan pada subjek yang diteliti melalui bermain bola balon sebagai variabel bebas dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial anak sebagai variable terikat.Hasil penelitian menunjukkan adanya proses peningkatan hasil pada keterampilan sosial anak melalui bermain bola balon. Hal ini dapat dilihat mulai dari hasil pra-intervensi sampai dengan siklus II dimana keterampilan sosial yang dimiliki siswa kelas B secara keseluruhan meningkat dengan rerata 49.3%.Hasil dari nilai rata-rata pra-.intervensi 34.7% dan meningkat sampai dengan 84% pada siklus II.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMPN 18 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Mekianus Umma; Zainal Abidin; Sabrun Sabrun; I Ketut Sukarma
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 2: Oktober 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i2.110

Abstract

Guru matematika dituntut untuk lebih kreatif memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disajikan kepada siswa. Model problem based learning merupakan suatu strategi pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari mata pelajaran. Adapun permasalah dalam penelitian ini adalah penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN  18 Mataram dengan subyek penelitian kelas VII dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan problem based learning pada tiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari setiap siklus tindakan dimana sebelum adanya tindakan kreativitas belajar siswa hanya 2,67% , sedangkan pada siklus I kreativitas belajar siswa terlihat sebanyak 2,87%, sedangakan pada siklus II kreativitas belajar siswa secara keseluruhan semakin meningkat dibandingkan dengan sebelunya adanya tindakan dan pada siklus II  yang menjadi 85%. Berdasarkan uraian tersebut dapat dinyatakan bahwa penelitian dengan menggunakan metode problem based learnig  dapat memimgkatkan hasil belajar siswa hasil setiap siklus pada kelas VII SMPN 18 Mataram.Kata Kunci: Problem Based Learnig(PBL), Hasil belajar
Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.9 SMPN 8 Pekanbaru Harika Desi Utami
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 2: Oktober 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i2.91

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model Discovery Learning. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII9 SMPN 8 PEKANBARU semester ganjil tahun 2019/2020. Subjek penelitian adalah 40 siswa yaitu 18 laki-laki dan 22 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan satu ulangan harian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpul data. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Lembar Kegiatan Siswa. Instrumen pengumpul data terdiri dari lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis data aktivitas guru dan siswa, terlihat terjadi perbaikan proses pembelajaran setelah diterapkan model Discovery Learning. Data yang diperoleh dari tes hasil belajar matematika menunjukkan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM aspek pengetahuan dari skor dasar ke ulangan harian I dan dari ulangan harian I ke ulangan harian II masing-masing meningkat, yaitu dari 15% meningkat menjadi 52,50% dan dari 52,50% meningkat menjadi 62,50%. Persentase jumlah siswa yang mencapai KKM aspek keterampilan dari ulangan harian I ke ulangan harian II mengalami peningkatan, yaitu 30% meningkat menjadi 50%. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model Discovery Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII9 SMPN 8 PEKANBARU.
The Correlation Between Students’ Learning Interest and Motivation in Speaking Nanang Sugianto
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 2: Oktober 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i2.116

Abstract

This research was aimed to know the correlation between students learning interest and motivation in speaking at the second student of SMPN 02 Keruak. This research was correlation research with person product moment used quantitative approach. The population of the research was the second grade students of SMPN 02 Keruak. Which consists of five classes. Total sample random sampling technique is used to take the sample of this research because the researcher takes one class. There were 30 students at second grade student of SMPN 02 Keruak as the sample. The data was collated by using questionnaire were analyzed by person product moment, linier regression, and t-test. From the data analysis, the results of the study to indicate that the independent variables of learning interest have positive influence whit motivation to encourage speaking ability in the second grade of SMPN 02 Keruak. Based on the results of the Pearson product moment correlation test (r test), learning interest has a correlation with motivation in encouraging students' speaking ability, which is indicated by a significance value below 0.05, which means that it is significant and based on the results of the t-test results of the variable learning. Motivation to encourage speaking ability obtained test results of 2,313 1,701).the researchers came to conclusion that the hypothesis set is Accepted (Ha). From the result of data analysis above, the researchers concluded that Learning Interest has a significant effect both partial on the motivation to speaking.
Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Kelas VII SMP N 2 Praya Barat Ahmad sofyan; Ita Chairun Nissa; Sabrun Sabrun
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 2: Oktober 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i2.100

Abstract

Abstrak : Masalah dalam Penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar Matematika siswa, hal ini di Sebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan guru masih belum dapat melibatkan siswa secara langsung untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran Proses pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok persegi dan persegi panjang tahun ajaran 2019/ 2020,dengan subyek peneliti siswa kelas VII yang berjumlah 13 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian ini dilakukan dua siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa meningkat pada siklus. Pada siklus I aktivitas belajar siswa berkategori cukup aktif dan pada siklus ke II Aktivitas belajar siswa berkategori aktif.Sedangkan ketuntasan klasikal siswa pada siklus I mencapai 25% dan pada siklus II sudah dikatakn tuntas dengan presentase ketuntasan Klasikal 76,92%. Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP N 2 Praya Barat Lombok Tengah.Kata Kunci: Problem Based Learning,  Hasil Belajar
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA Rischa Sukma Wardhani; Maimunah Maimunah; Titi Solfitri
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 3, No 2: Oktober 2020
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v3i2.104

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di kelas X yang menerapan model Problem Based Learning yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari tahap define (definisi), design (rancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil validasi silabus adalah 3,59, nilai rata-rata hasil validasi RPP adalah 3,64, serta nilai rata-rata hasil validasi LAS adalah 3,42. Kemudian LKPD yang dikembangkan juga telah memenuhi syarat praktikalitas dengan nilai rata-rata angket rsepon peserta didik adalah 3,60 pada uji coba kelompok kecil.

Page 1 of 1 | Total Record : 6