cover
Contact Name
Dr. Intan Dwi Hastuti
Contact Email
jurnal.jpin@gmail.com
Phone
+6281216119880
Journal Mail Official
intancendekiamataram@gmail.com
Editorial Address
Perum Elit Kota Mataram Asri Blok Q 11 Ling. Geguntur Kelurahan Jempong Baru Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
ISSN : 27228134     EISSN : 26208466     DOI : https://doi.org/10.47165/jpin
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022): JPIN: Jurnal Pendidik Indonesia" : 5 Documents clear
Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak di Raudhatul Athfal Al Amin Sudirman, Sudirman; Samudera, Wawan; Maula, Inayatul; Jauhari, Hardian
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1 (2022): JPIN: Jurnal Pendidik Indonesia
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir kreatif Anak di Raudhatul Athfal Al Amin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis eksperimen pada penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi eksperiment). Sampel dalam penelitian ini adalah anak di RA Al Amin Gersik sebanyak 20 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu rubrik keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis dengan menggunakan pre-test dan post test one group design Sederhana dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir kreatif Anak di Raudhatul Athfal Al Amin.
Memahami Karakteristik Kurikulum Pendidikan Dasar 2013 Risdamuddin, M
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1 (2022): JPIN: Jurnal Pendidik Indonesia
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v4i2.190

Abstract

Karakteristik dalam kurikulum 2013 bertujuan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan, yang mengarah pada pembentukan budi pekerti dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai dengan standar kompetensi lulusan pada setiap satuan pendidikan. Melalui implementasi kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi sekaligus berbasis karakter, dengan pendekatan tematik dan kontekstual diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari.
Model Pembelajaran Preparing Doing Concluding (PDC) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di Raudhatul Athfal Al Amin Maula, Inayatul; Samudera, Wawan; Subayil, Subayil; Mansur, Budi
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1 (2022): JPIN: Jurnal Pendidik Indonesia
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran preparing doing concluding (PDC) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak di Raudhatul Athfal Al Amin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis eksperimen pada penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi eksperiment). Sampel dalam penelitian ini adalah anak di RA Al Amin Gersik sebanyak 20 anak. Penentuan sampel dilakukan dengan random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu rubrik keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis dengan menggunakan pre-test dan post test one group design Sederhana dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Model Pembelajaran Preparing Doing Concluding (PDC) dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak di Raudhatul Athfal Al Amin Kata Kunci: PDC dan Kemampuan Berpikir Kritis
Hubungan Antara Pre Test dengan Post Test Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Melalui Model Pembelajan CPS Dipadu RQA di Raudhatul Athfal Al Amin Subayil, Subayil; Samudera, Wawan; Jauhari, Hardian; Mansur, Budi
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1 (2022): JPIN: Jurnal Pendidik Indonesia
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.186

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pre test dengan post test keterampilan berpikir kreatif anak RA AL Amin melalui penerapan model pembelajaran RQA dipadu CPS. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Data diperoleh berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kritis yang diujikan sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran CPS dipadu RQA. Penelitian ini dianalisis dengan uji Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pre test dengan post test keterampilan berpikir kreatif anak yang membentuk persamaan Y=83.563X + 0.005, dengan sumbangan sebesar 76,5% sehingga dapat diketahui bahwa ada hubungan signifikan antara pre test dengan post test keterampilan berpikir kreatif anak yang dibelajarkan dengan model pembelajaran RQA dipadu CPS dan digolonglan pada kategori tinggi. . Kata Kunci: Kereampilan Berpikir Kreatif dan CPS dipadu RQA
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Nadiminsyah, Nadiminsyah
Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) Vol 5, No 1 (2022): JPIN: Jurnal Pendidik Indonesia
Publisher : Yayasan Pendidikan Intan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47165/jpin.v5i1.135

Abstract

Pembelajaran kooperatif berbeda dengan pembelajaran yang lain. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran yang lebih menekankan kepada proses kerja sama dalam kelompok. Tujuan yang ingin dicapai tidak hanya kemampuan akademik dalam pengertian penguasaan bahan pelajaran, tetapi juga adanya unsure kerja sama untuk penguasaan materi tersebut. Adanya kerja sama inilah yang menjadi ciri khas dari pembelajaran Kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalisis hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Madapangga. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini berupa tes, lembar observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistic deskriptif dan teknik analisis statistic inferensial yang bertujuan untuk mengkaji variabel penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi  memiliki pengaruh yang signifikan dan positif, dengan kontribusi variabel x terhadap variabel y sebesar 61,2%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5