cover
Contact Name
lusi marlisa
Contact Email
lusimarlisa1@gmail.com
Phone
+6285328756117
Journal Mail Official
lusimarlisa1@gmail.com
Editorial Address
http://scholar.ummetro.ac.id/index.php/sanak/Editorial-Teams
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
ISSN : 26865343     EISSN : 27157989     DOI : https://doi.org/10.24127/j-sanak.v1i02.190
Core Subject : Science, Education,
jurnal kajian anak is early childhood study journal are articles of research results such as research and development quantitative qualitative experiment literature studies application of theory critical analysis studies and islamic studies of childrens education in early childhood and childrens growth and development such as Development of moral and religious values Physical motor development Emotional social development Cognitive development Language development Artistic and creative development Parenting Management institution of early childhood education Early child development assessment evaluation of learning in early childhood education Child development psychology Child empowerment Learning strategy Educational tool play instructional media Innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 02 (2022): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)" : 5 Documents clear
Penggunaan Permainan Kartu Angka Untuk Meningkatkan Pemahaman Berhitung Pada Anak Raudlatul Athfal Aneka Aneka; Siti Kurniasih; Uswatun - Hasanah; Wulan Tika Regiana
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 3 No 02 (2022): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/j-sanak.v3i02.992

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana permainan kartu angka digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B RA Wasilatul Huda Surabaya Udik dan (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan kartu angka pada anak kelompok B RA Wasilatul Huda Surabaya Udik. Metode penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru melalui kegiatan bermain kartu angka pada Siklus I aktivitas guru mencapai 56,7% dengan kriteria “cukup”, dan peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan kartu angka Siklus I mencapai 59,3% kategori Berkembang Sesuai Harapan. Sedangkan Siklus II aktivitas guru mencapai 83,3% dengan kriteria “baik" dan Siklus II peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan kartu angka mencapai 76% kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain kartu angka mampu meningkatkan aktivitas guru dan kemampuan berhitung anak melalui permainan kartu angka.
Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Seks Anak Usia 5-8 Tahun (Studi Kasus Kelurahan Dusun Besar Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu) Elzy Rhamadany Rhamadany; Deni Febrini; Septi Fitriana
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 3 No 02 (2022): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/j-sanak.v3i02.1196

Abstract

Peran orangtua sebagai Pemelihara, Pendidik dan Pelindung. dalam pendidikan seks anak sudah berperan penting dalam segala pendidikan anak, karena dari orang tua lah anak pertama sekali mendapatkan pendidikan. pendidikan seks anak sangat perlu di kenalkan dan ajarkan kepada anak mengingat banyak sekali kahsus-kahsus pelecehan seksual yang ada, terlebih lagi pelaku kejahatan tersebut berada di lingkungan anak. untuk itu peran orang dalam segalah jenis pendidikan anak sangat diperlukan, agar ketika anak diluar pengawasan orang tuanya anak dapat menjaga diri sendiri dan mengerti akan segala batasan-batasan anak ketika berinteraksi dengan orang yang baru di kenal, dan ketika berinteraksi dengan lawan jenisnya. untuk itu peran orang tua dalam pendidikan seks anak sangat dibutuhkan bagi anak itu sendiri. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui peran orang tua dalam pendidikan seks anak, yang berada dilingukan masyarakat Jalan Amaliah RT 21 RW 02 Kota Bengkulu. metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data dilapangan melalui deskriptif kualitatif menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dokumentasi.
Dampak Game Online Handphone Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Vony Handila Handila
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 3 No 02 (2022): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/j-sanak.v3i02.1266

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak game online handphone terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di Desa Padang Lebar Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana dampak Game online Handphone terhadap perkembangan sosial Anak usia 5-6 tahun di Desa Padang Lebar Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan? Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat penulis simpulkan bahwa dampak Game online Handphone Terhadap Perkembangan Sosial Anak usia 5-6 tahun di Desa Padang Lebar Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan
Strategi Konseling Dalam Menangani Anak Usia Dini Yang Terdampak Broken Home Di Keluarahan Betungan dzikra fadillah alfarizka; Deni Febrini; Fatrica Syafri
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 3 No 02 (2022): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/j-sanak.v3i02.1359

Abstract

Keluarga adalah salah satu unit kelompok sosial terkecil dari kelompok sosial masyarakat dengan karakteristik tinggal bersama, terdapat kerja sama ekonomi, dan terjadi proses reproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi konseling yang dilakukan orang tua dalam menangani anak usia dini yang terdampak broken home di Kelurahan Betungan Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian ini secara harfiah merujuk pada uraian (description) data untuk ditafsirkan sehingga peneliti menguraikan mengenai penggunaan strategi konseling yang dilakukan oleh orang tua dalam menangani anaknya yang terdampak broken home. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 orang tua yang masih memperhatikan dan memberikan kasih sayang yang cukup terhadap anaknya dalam bentuk memperhatikan tumbuh kembang anak dan memastikan kebutuhan anak di saat usia dini terpenuhi hingga ketika ia dewasa dan 4 orang tua lainnya kurang memperhatikan tumbuh kembang anaknya dikarenakan beberapa faktor hal yaitu, ekonomi ataupun pekerjaan orang tua di luar rumah, keegoisan orang tua, kurangnya ilmu pola asuh orang tua, dan orang tua jauh dari agama.
Pengaruh Media Boneka Pintar Lucu (Bopincu) Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Yola Putri Gustari; Deni Febrini; Ahmad Syarifin
Jurnal Kajian Anak (J-Sanak) Vol 3 No 02 (2022): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/j-sanak.v3i02.1760

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Boneka pintar lucu (Bopincu) Terhadap Kemampuan kognitif Anak Usia Dini Di RA Aisyiyah Bungamas kabupaten seluma, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksprimen. Populasi pada penelitian ini adalah berjumlah 20 anak. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik lembar observasi, Dokumentasi dan teknik catatan anekdot. hasil pre test dan post test, di kelas eksperimen pre test, dari 10 orang anak terdapat 5 anak yang belum berkembang dipersentasekan menjadi 50%, ketika diberi perlakuan post test tersisa lah 1 orang anak yang belum berkembang atau tidak mengalami peningkatan maka dipersentasekan menjadi 10%, dan dapat dilihat terjadi peningkatan di kelas eksprimen ini adalah sebanyak 4 orang anak yang sudah mengalami perubahan atau peningkatan, dipersentasekan menjadi 40%, sedangkan di kelas control pre test dari 10 orang anak terdapat 4 anak yang belum berkembang yang dipersentasekan menjadi 40% ketika di post test tersisa 2 orang anak yang belum berkembang atau tidak mengalami peningkatan maka dipersentasekan menjadi 20% dapat dilihat peningkatan yang terjadi dikelas control adalah sebanyak 2 orang anak yang dipersentasekan menjadi 20%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5