cover
Contact Name
Endah Setyaningsih
Contact Email
baktimas@untar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
baktimas@untar.ac.id
Editorial Address
Sekretariat: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat - Universitas Tarumanagara (LPPM - UNTAR). Gedung M, Lt. 5, Kampus 1 Universitas Tarumanagara Jl. Letjen S Parman no 1 Jakarta 11440
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
ISSN : 26210398     EISSN : 26207710     DOI : 10.24912/jbmi
Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia (P-ISSN 2620-7710 dan E-ISSN 2621-0398) merupakan jurnal yang menjadi wadah bagi penerbitan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang Ilmu : 1. Psikologi 2. Komunikasi 3. Hukum 4. Budaya 5. Bahasa 6. Seni Rupa dan Design Jurnal ilmiah ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara. Dalam satu tahun, jurnal ini terbit dalam dua nomor, yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal ini terutama memuat artikel hasil-hasil penelitian ilmiah, termasuk penelitian normatif.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia" : 16 Documents clear
PENDAMPINGAN INOVASI KUE GARPU DARI TEPUNG MOCAF SEBAGAI PENINGKATAN HASIL USAHA UMKM DI DESA WONOKERSO Hanjar Ikrima Nanda; Reisya Alvira Harmantya
Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jbmi.v6i2.21012

Abstract

Cassava is a commodity source of carbohydrates that is cultivated in Wonokerso Village. To increase its utilization,cassava can be modified into various types of flour such as mocaf. Modified Cassava Flour (MOCAF) is a productderived from cassava flour which uses the principle of modifying cassava cells by microbial fermentation, thendrying and grinding into mocaf. The training and assistance was carried out by the service team to innovate newproduct made from mocaf for one of the UMKM in Wonokerso Village, called the UMKM Assorted Chips "LUKAAHAN". The fork biscuit product made from mocaf was chosen as an innovation in processed cassava, as well as thenew UMKM Assorted Chips "LUKA AHAN" product to increase it business results. Observation and problemanalysis were carried out prior to the implementation of training and mentoring, as well as evaluation by means ofanalysis of interview results. The training was carried out once at the beginning of the program, followed by fourtimes assistance for making fork biscuit, three times for product packaging assistance and two times for productphotography assistance. The results of the activity were fork biscuit with a crunchy texture on the outside and softinside, “Garpu” biscuit with a hard texture, and fork biscuit with a crunchy texture on the outside and inside. Inaddition, the community's response to the fork biscuit product was very good, and there was an increase inknowledge and skills for the program's targets so that other innovations made it possible to make so that the use ofmocaf flour did not stop at the making of fork biscuit product. ABSTRAK: Singkong atau ubi kayu merupakan salah satu komoditas sumber karbohidrat yang dibudidayakan di DesaWonokerso. Untuk meningkatkan pemanfaatannya, singkong dapat dimodifikasi menjadi berbagai jenis tepungseperti tepung mocaf. Modified Cassava Flour (MOCAF) merupakan produk turunan dari tepung singkong yangmenggunakan prinsip modifikasi sel singkong oleh fermentasi mikroba, kemudian dikeringkan dan digiling menjadimocaf. Pelatihan dan pendampingan dilakukan oleh tim pengabdian untuk membuat inovasi produk baru berbahanutama tepung mocaf kepada salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Wonokerso yaitu UMKMAneka Keripik “LUKA AHAN”. Produk kue garpu dari tepung mocaf dipilih sebagai inovasi olahan singkong, sertaproduk baru UMKM Aneka Keripik “LUKA AHAN” untuk meningkatkan hasil usaha UMKM. Observasi dananalisis masalah dilakukan sebelum dilaksanakannya pelatihan dan pendampingan, serta adanya evaluasi dengancara analisis hasil wawancara. Pelatihan dilakukan satu kali di awal program kerja dilaksanakan, dilanjutkan denganempat kali pendampingan pembuatan kue garpu, tiga kali pendampingan untuk pengemasan produk dan dua kalipendampingan pengambilan gambar produk. Hasil kegiatan didapatkan kue garpu bertekstur renyah di luar danlembut di dalam, kue garpu bertekstur keras, serta kue garpu bertekstur renyah luar dan dalam. Selain itu, tanggapanmasyarakat mengenai produk kue garpu sangat baik, serta terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilansasaran program sehingga inovasi lain memungkinkan untuk dibuat agar pemanfaatan tepung mocaf tidak berhentipada produk kue garpu saja.
PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA BAGI SISWA-SISWI SMA BHINNEKA TUNGGAL IKA JAKARTA Urbanus Ura Weruin
Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jbmi.v6i2.23752

Abstract

Along with the development of science, technology, and industrialization, the values of life change, includingreligious life. Spiritual and religious values are getting eroded. Life is increasingly opportunistic and materialistic.Hate speech, the spread of radical ideology, extreme religion, are easy to find on social media. As a pluralisticnation in terms of ethnicity, race, region and religion, Indonesia needs to develop an attitude of inclusiveness,tolerance, openness, solidarity and cooperation among various religious communities. Religious moderationeducation for every segment of society, especially educational institutions, is part of this ef ort. Because besidesaiming to develop intellectual abilities, education is also an ef ort to shape the moral character of students. It is inthis spirit that the PKM for Religious Moderation Education is being carried out with PKM partners for SMABhinneka Tunggal Ika Jakarta. Because the vision and mission of this school also emphasize religious values andsocial values such as openness, solidarity, tolerance and inclusiveness. This PKM activity which is carried outof line uses the 6D learning method (define, discover, dream, design, deliver, debrief) and jointly studies themeaning of religious moderation, the purpose and relevance of religious moderation education, moderation as theessence of religion, traditions religious moderation, and moderate attitudes in religion. The students are able toactively understand, formulate, and apply the values of religious moderation. This PKM succeeded in stimulatingstudents' moderate religious attitudes because students could formulate what is meant by religious moderation,moderate religious principles, and could cite examples of moderate attitudes in religion. The students are alsodetermined to apply these principles in their lives. ABSTRAK Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan industrialisasi, nilai-nilai kehidupan berubah, termasukkehidupan keagamaan. Nilai-nilai spiritual dan religius semakin tergerus. Hidup semakin oportunis danmaterialistik. Ujaran kebencian, penyebaran ideologi radikal, beragama secara ekstrim, mudah dijumpai di mediasosial. Sebagai bangsa yang majemuk dari segi suku, ras, daerah, dan agama, Indonesia perlu mengembangkan sikapinklusif, toleran, terbuka, solider, dan kerja sama antar berbagai umat beragama. Pendidikan moderasi beragamabagi setiap segmen masyarakat terutama lembaga pendidikan merupakan bagian dari upaya tersebut. Karena selainbertujuan untuk mengembangkan kemampuan intelektual, pendidikan juga merupakan upaya untuk membentukwatak moral peserta didik. Dalam semangat itulah PKM Pendidikan Moderasi Beragama ini dilakukan bersamamitra PKM SMA Bhinneka Tunggal Ika Jakarta. Karena visi dan misi sekolah ini pun menekankan nilai-nilaikeagamaan dan nilai-nilai sosial seperti terbuka, solider, toleran, dan inklusif. Kegiatan PKM yang dilakukan secaraluring ini menggunakan metode pembelajaran 6D (define, discover, dream, design, deliver, debrief) dan secarabersama-sama mempelajari pengertian moderasi beragama, tujuan dan relevansi pendidikan moderasi beragama,sikap moderat sebagai esensi beragama, tradisi-tradisi moderasi beragama, dan sikap-sikap moderat dalamberagama. Para siswa mampu secara aktif memahami, merumuskan, dan menerapkan nilai-nilai moderasi beragama.PKM ini berhasil menstimulasi sikap moderat beragama para siswa karena para siswa dapat merumuskan apa yangdimaksud dengan moderasi beragama, prinsip-prinsip beragama secara moderat, dan dapat menyebutkancontoh-contoh sikap moderat dalam beragama. Para siswa juga bertekad menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalamkehidupan mereka.
METODE ROLE PLAYING SEBAGAI ALTERNATIF TEKNIK PEDAGOGIK DALAM PELATIHAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG Elsa Imelda; Michele Tjen
Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jbmi.v6i2.23771

Abstract

Educator are demanded to have creative ideates to developed dif erent kind of pedagogical method to help thestudents understand the lesson in a fun, ef icient and ef ective way. Role Playing method is one of the method inpedagogical method. It is a learning method that allow student to play a role with a problem event that they need tosolved, it is usually conveyed in based on the class lesson. This Role Playing method will be practiced in HighSchool Kristen Yusuf, Jakarta. High school students tend to find accounting hard to understand and feels thatlearning accounting cycle of merchandising company is complicated with the traditional way of teaching. Hence,this allow the Role Playing method to be used on the students. This activity will allow the students to know howaccounting practices done in a real life simulation. The case of discussion regarding the transaction will teach thestudents how to journal it. The provision of learning this accounting journaling system, starting from how to recorda transaction , posting the accounting entries and making financial report. The students will have a better grasp ofaccounting in merchandising company with the help of role playing technique. This will increase the studentsmotivation to learn more accounting and increasing the chances of students taking accounting as the major in theuniversity.   ABSTRAK: ABSTRAK Pendidik dituntut untuk selalu memiliki ide kreatif dalam mengembangkan berbagai metode pedagogik agarmembantu siswa memahami pelajaran dengan cara yang menyenangkan, efisien dan efektif. Metode Role Playingmerupakan salah satu cara dalam teknik pedagogik. Metode Role Playing ini memberikan pembelajaran yangmemungkinkan siswa berperan dengan suatu kejadian masalah yang harus dipecahkannya, biasanya disampaikanberdasarkan pelajaran kurikulum yang ada dalam kelas. Metode Role Playing ini akan dipraktekkan kepada siswa/idi SMA Yusuf Kristen, Jakarta. Siswa dan siswi cenderung menganggap akuntansi sulit untuk dipahami dan merasabahwa mempelajari siklus akuntansi perusahaan dagang rumit dengan cara pengajaran tradisional. Ini membuatminat belajar akuntansi untuk berkurang. Oleh karena itu, Metode Role Playing ini dapat dicoba untuk diterapkanpada siswa/i. Kegiatan ini akan memungkinkan siswa untuk mengetahui bagaimana praktik akuntansi dilakukandalam simulasi kehidupan nyata. Kasus diskusi mengenai transaksi tersebut akan mengajarkan siswa bagaimana caramembuat jurnal. Bekal pembelajaran sistem akuntansi siklus ini, mulai dari cara mencatat transaksi, mempostingentri akuntansi dan membuat laporan keuangan. Siswa akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang akuntansidi perusahaan dagang dengan bantuan teknik bermain peran. Hal ini akan meningkatkan motivasi mahasiswa untukmempelajari akuntansi lebih lanjut dan meningkatkan peluang mahasiswa mengambil jurusan akuntansi diuniversitas.
PEMBEKALAN MENGENAI KLASIFIKASI SISTEM KODE AKUNTANSI DAN JURNAL AKUNTANSI DASAR UNTUK SISWA SMA BHK Widyasari; Adelia Azzarah; Aisyah Nur Fadhilla
Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jbmi.v6i2.23780

Abstract

A business's success can be seen from the financial statements. Preparing a financial statement is inseparable fromgood accounting knowledge. Whereas in the high school curriculum now, accounting is only a sub-chapter ofeconomics subjects. Therefore, many high school students have never studied accounting and also think accountingis dif icult because it is related to numbers. To provide knowledge about basic accounting for high school students,this debriefing activity is felt necessary. This activity can also attract high school students to enter the accountingdepartment. The topic of this activity is to introduce the accounting and transactions of service companies, whichinclude accounting processes, forecast lists (lists of accounts), and service companies. Our partner is a high schoolin West Jakarta, namely Bunda Hati Kudus High School. The school asked us to teach accounting topics to studentsso that they could have good knowledge, especially in accounting. We provide accounting modules for students thatcontain theory and practice questions and answers. This activity is carried out of line. We provide theoreticalexplanations and a discussion of practice questions. We provide theoretical explanation and discussion of exercisequestions. This activity is very useful for high school students to get to know more about accounting and accountingmajors at Tarumanagara University as one of the advanced study options.   ABSTRAK Untuk melihat suatu keberhasilan bisnis bisa dilihat dari laporan keuangan. Dalam menyusun suatu laporankeuangan tidak terlepas dari pengetahuan akuntansi yang baik. Sedangkan pada kurikulum SMA sekarang akuntansihanya menjadi sub bab dari mata pelajaran ekonomi. Oleh karena itu banyak anak SMA yang tidak pernah belajarakuntansi dan juga berpikir akuntansi itu sulit karena berkaitan dengan angka-angka. Untuk memberikanpengetahuan mengenai akuntansi dasar untuk para siswa SMA, maka kegiatan pembekalan ini dirasakan perludilakukan. Kegiatan ini juga dapat menarik siswa SMA untuk masuk ke dalam jurusan akuntansi. Topik darikegiatan ini adalah mengenalkan akuntansi dan transaksi perusahaan jasa, yang mencakup dari segi prosesakuntansi, daftar perkiraan (daftar akun), dan perusahaan jasa. Mitra kami adalah suatu sekolah SMA di JakartaBarat yaitu SMA Bunda Hati Kudus. Pihak sekolah meminta kami untuk mengajarkan topik akuntansi kepada parasiswanya agar para siswa bisa mempunyai pengetahuan yang baik terutama ilmu akuntansi. Kami menyediakanmodul akuntansi untuk para siswa yang berisikan teori dan latihan-latihan soal beserta jawaban. Kegiatan inidilakukan secara luring. Kami memberikan penjelasan teori dan pembahasan soal latihan. Kegiatan ini sangatbermanfaat untuk para siswa SMA untuk lebih mengenal akuntansi dan jurusan akuntansi di UniversitasTarumanagara sebagai salah satu pilihan studi lanjut.
IMPLEMENTASI SISTEM DAN PROSEDUR AKUNTANSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN KEUANGAN PADA CV CAHAYA MAJU PRATAMA Susanto Salim; Berlianty; Shella Angelia
Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jbmi.v6i2.23806

Abstract

The core problem with the company is that company does not have a standard and adequate accounting procedure tocarry out financial planning and control. As the Community Service Team (PKM), lecturers and students of theFaculty of Economics and Business, University of Tarumanagara, provide solutions for companies to startimplementing simple but adequate accounting systems and procedures for company levels such as partnercompanies. The target to be achieved from this activity is to impact the company positively. Namely, all companyassets and liabilities procedures can be controlled, and the company can carry out better financial planning. Ourimplementation method is to conduct a preliminary survey to get an in-depth picture of the core problems and whatsolutions we can provide to help partners. We also conduct interviews, field surveys and help develop financial andaccounting systems and procedures for partners. After that, we provide training three times during March 2023 forpartners.. The training went well and was acceptable to all participants. After that, we monitored theimplementation of standardized accounting systems and procedures. All of these activities have resulted in partnersstarting to be able to run accounting systems and procedures that have been prepared since April 2023. ABSTRAK Inti permasalahan yang ada pada mitra adalah belum adanya suatu prosedur akuntansi yang baku dan memadai yangdapat digunakan oleh pemilik untuk melakukan perencanaan dan pengendalian keuangan. Kami sebagai TimPengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UniversitasTarumanagara memberikan usulan solusi agar perusahaan mulai menerapkan sistem dan prosedur akuntansi yangsederhana tetapi memadai untuk level perusahaan seperti perusahaan mitra. Target yang akan dicapai dari kegiatanini adalah memberikan dampak positif bagi perusahaan yaitu semua prosedur yang terkait dengan aset dan liabilitasperusahaan dapat terkendali dan perusahaan dapat melakukan perencanaan keuangan yang lebih baik. Metodepelaksanaan yang kami lakukan adalah melakukan survei pendahuluan untuk mendapatkan gambaran yangmendalam mengenai inti permasalahan dan solusi apa yang tepat yang dapat kami berikan untuk membantu mitra.Kami juga melakukan wawancara, survey lapangan dan membantu menyusunkan sistem dan prosedur keuangan danakuntansi untuk mitra. Setelah itu kami memberikan pelatihan sebanyak tiga kali selama bulan maret 2023 untukmitra. Pelatihan berjalan degan baik dan dapat diterima oleh seluruh peserta. Setelah itu, kami melakukanpemantauan terhadap implementasi dari sistem dan prosedur akuntansi yang telah dibakukan.Semua kegiatan inimemberikan hasil mitra telah mulai dapat menjalankan sistem dan prosedur akuntansi yang disusun sejak BulanApril 2023.
PELATIHAN PEMBUATAN BUKU BESAR DAN NERACA SALDO DI SMA KATOLIK RICCI I JAKARTA Henny Wirianata; Catherine Carissa Tanaya; Felicia Ivana
Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jbmi.v6i2.23814

Abstract

Accounting is important to understand early on because it is directly related to the daily financial management ofindividuals and companies. Ricci I Catholic High School is one of the schools that has given accounting lessons toits students. However, the school is constrained by limited time to be able to provide all accounting materials to theirstudents, so that their students do not yet have an adequate basic understanding of accounting. The CommunityService team from Untar provided training on making Ledgers and Trial Balance of Trading Companies as part ofthe Accounting Cycle. This topic is one of the solutions we of er to schools because the process of making ledgersand trial balances is one of the important stages of the accounting cycle for high school students to understand. Thetraining is conducted online using zoom media. The training was held on Tuesday, 21 March 2023 with a duration of1 hour from 08.00 – 09.00. Based on the results of the questionnaire and quiz, it can be concluded that this trainingactivity has gone well. Training materials can also be followed and understood by training participants. Theaverage score of all questionnaires before and after training showed an average score increased from 2.64 out of 5before training and to 4.28 out of 5 after training. These results indicate that the training participants benefited andincreased knowledge about making Ledgers and Trial Balances in the Accounting Cycle. ABSTRAK Akuntansi penting untuk dipahami sejak dini karena berkaitan langsung dengan pengelolaan keuangan sehari-haridari orang pribadi dan juga perusahaan. SMA Katolik Ricci I termasuk salah satu sekolah yang telah memberikanpembekalan pelajaran akuntansi kepada siswa/inya. Namun, pihak sekolah terkendala keterbatasan waktu untukdapat membekali seluruh materi akuntansi kepada murid-muridnya, sehingga siswa/i SMA Katolik Ricci I kurangmemiliki pemahaman yang memadai terhadap ilmu akuntansi dasar. Tim PKM Untar memberikan pelatihanmengenai pembuatan Buku Besar dan Neraca Saldo Perusahaan Dagang sebagai bagian dari Siklus Akuntansi.Topik ini menjadi salah satu solusi yang kami tawarkan kepada pihak sekolah karena proses pembuatan Buku Besardan Neraca Saldo merupakan salah satu tahapan siklus akuntansi yang penting dipahami oleh siswa/i SMA.Pelatihan dilakukan secara daring (online) dengan menggunakan media zoom. Pelatihan diadakan pada hari Selasa,21 Maret 2023 dengan durasi pelatihan adalah selama 1 jam dari pukul 08.00 – 09.00. Berdasarkan hasil kuesionerdan hasil kuis, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini telah berjalan dengan baik. Materi pelatihan jugadapat diikuti dan dipahami oleh peserta pelatihan. Nilai rata-rata keseluruhan kuesioner sebelum dan sesudahpelatihan memperlihatkan skor rata-rata mengalami peningkatan dari 2,64 dari 5 sebelum pelatihan dan menjadi4,28 dari 5 setelah pelatihan. Hasil ini mengindikasikan bahwa peserta pelatihan mendapatkan manfaat danpeningkatan pengetahuan tentang pembuatan Buku Besar dan Neraca Saldo dalam Siklus Akuntansi.
PELAYANAN STIMULASI DETEKSI INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG PADA SISWA BUNDA MULIA SCHOOL JAKARTA UTARA Wiyarni Pambudi; Fitri Aqila; Desi Natalia
Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jbmi.v6i2.24082

Abstract

Successful indicators of fostering child growth and development are not only improving children's health andnutritional status but also developing children's mental, emotional, social and independence optimally. Earlydetection of growth and development deviations needs to be carried out in order to find out the possibility ofdeviations including following up on any parents' complaints about child development problems. The service ofStimulation, Detection, Early Intervention for Growth and Development (SDIDTK) was provided to 65 (87.8%)students of Bunda Mulia School, involving clerkship students of the Resident Program for anthropometricexaminations in the form of measuring body weight and height. Parents of students were asked to cooperate in fillingg-form questions with the Developmental Pre Screening Questionnaire (KPSP) and the Emotional Behavior ProblemQuestionnaire (KMPE). Assessment of examination data shows the status of individual growth and development,which needs to be followed by stimulation or intervention ef orts according to the needs of each child. Growthscreening showed 58 ( 89.2%) of students had good nutritional status, although there were still students withoverweight status, obesity, and short stature. Developmental screening found 55 (93.2%) students withage-appropriate KPSP assessments and 50 (84.7%) results KMPE is normal. Clean and healthy living habitsinclude feeding rules, dental and oral health care, prevention of Influenza Like Illness-Severe Acute RespiratoryInfection (ILI-SARI), hearing, vision and daily sleep patterns are not yet fully can be applied well by Playgroup,Pre-Kindergarten, Kindergarten-1, and Kindergarten-2 students. ABSTRAK Indikator keberhasilan pembinaan tumbuh kembang anak tidak hanya meningkatnya status kesehatan dan gizi anaktetapi juga mental, emosional, sosial dan kemandirian anak berkembang secara optimal. Deteksi dini penyimpangantumbuh kembang perlu dilakukan guna mengetahui adanya kemungkinan penyimpangan termasuk menindaklanjutisetiap keluhan orang tua terhadap masalah tumbuh kembang anak. Pelayanan Stimulasi, Deteksi, Intervensi DiniTumbuh Kembang (SDIDTK) diberikan kepada 65 (87,8%) siswa Bunda Mulia School, melibatkan mahasiswakepaniteraan Program Studi Profesi Dokter untuk pemeriksaan antropometri berupa pengukuran berat badan dantinggi badan. Orangtua siswa diminta kerjasamanya mengisi g-form pertanyaan Kuesioner Pra SkriningPerkembangan (KPSP) dan Kuesioner Masalah Perilaku Emosional (KMPE). Asesmen data pemeriksaanmenunjukkan status pertumbuhan dan perkembangan secara individual, yang perlu diikuti upaya stimulasi atauintervensi sesuai kebutuhan masing-masing anak. Skrining pertumbuhan menunjukkan 58 (89,2%) siswa berstatusgizi baik, walaupun masih dijumpai siswa dengan status gizi lebih, obesitas, dan perawakan pendek. Skriningperkembangan mendapati 55 (93,2%) siswa dengan asesmen KPSP sesuai usia dam 50 (84,7%) hasil KMPE normal.Kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat antara lain aturan makan (feeding rules), perawatan kesehatan gigi danmulut, pencegahan Influenza Like Illness-Severe Acute Respiratory Infection (ILI-SARI), daya dengar, daya lihat danpola tidur harian belum sepenuhnya dapat diterapkan dengan baik oleh siswa Playgroup, Pre-Kindergarten,Kindergarten-1, dan Kindergarten-2.
PEMBENTUKAN DAN PELATIHAN KADER TANGGAP PENYAKIT PADA MASYARAKAT DI DEPOK Serri Hutahaean; Nourmayansa Vidya Anggraini; Prasetyo Hadi; Vionita Apriliana; Bonieta Dwi Lestari; Zhafirah Zhafarina
Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jbmi.v6i2.25139

Abstract

Public health problems in Indonesia are very diverse, which still need to be of concern to the public, including thegovernment. Improving public health requires the existence of health cadres in the community who assist in healthpromotion in the community. This activity aims to form new cadres who are recruited from residents, then giventraining on the cadre's duties in improving public health in RT 005/RW 005 Pasir Putih Village, Depok-West Java.This PKM was carried out on June 10, 2023. The results of the activity were the formation of 10 health cadres whobecame health cadres. The cadres were then given training on the cadre's duties in helping improve public health.Before and after the cadre training, an evaluation is carried out in the form of a questionnaire to assess the cadre'sknowledge and in the form of a checklist sheet to assess the cadre's ability to carry out public health examinations.The results of the evaluation illustrate that there is a change in the knowledge of cadres, that is, the knowledge ofgood cadres has increased from 75% to 100% after being given training on the role of cadres in improving publichealth. Evaluation of the ability of cadres showed that cadres had good abilities in accordance with procedures inconducting health checks as much as 100% after training. The implementation of PKM can be concluded that healthcadres have been formed to respond to diseases in the community. The cadres that have been formed haveundergone training on the roles and functions of cadres in the community in improving public health. Thus thecadres are ready to carry out their duties in the community. This PKM suggested that the puskesmas should continueto support and assist cadres in carrying out their duties to improve public health by involving cadres in puskesmasactivities in the community, especially in the Pasir Putih Village. ABSTRAK Masalah kesehatan masyarakat di Indonesia sangat beragam yang masih perlu menjadi perhatian masyarakat hinggasaat ini termasuk pemerintah. Peningkatan kesehatan masyarakat perlu adanya kader kesehatan di masyarakat yangmembantu dalam promosi kesehatan di masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kader baru yangdirekrut dari warga, kemudian diberikan pelatihan tentang tugas kader dalam peningkatan kesehatan Masyarakat diRT 005/RW 005 Kelurahan Pasir Putih, Depok-Jawa Barat. PKM ini dilakukan pada tanggal 10 Juni Tahun 2023.Hasil kegiatan didapatkan terbentuknya Kader kesehatan sebanyak 10 warga yang menjadi kader kesehatan. Kaderkemudian diberikan pelatihan tentang tugas kader dalam membantu meningkatkan kesehatan masyarakat. Sebelumdan sesudah pelatihan kader dilakukan evaluasi berupa kuesioner untuk menilai pengetahuan kader dan berupalembar checklist untuk menilai kemampuan kader dalam melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat. Hasilevaluasi menggambarkan adanya perubahan pada pengetahuan kader yaitu pengetahuan kader yang baik memilikipeningkatan dari 75% menjadi 100% setelah diberikan pelatihan peran kader dalam peningkatan kesehatanmasyarakat. Evaluasi kemampuan kader didapatkan hasil bahwa kader memiliki kemampuan yang baik sesuaidengan prosedur dalam melakukan pemeriksaan kesehatan sebanyak 100% setelah dilakukan pelatihan. PelaksanaanPKM dapat disimpulkan bahwa telah terbentuknya kader kesehatan tanggap penyakit di masyarakat. Kader yangterbentuk sudah dilakukan pelatihan tentang peran dan fungsi kader di masyarakat dalam meningkatkan kesehatanmasyarakat. Dengan demikian kader sudah siap untuk melakukan tugasnya di Masyarakat. PKM ini menyarankansupaya puskesmas tetap mendukung dan membantu kader dalam melakukan tugasnya untuk peningkatan kesehatanmasyarakat melalui pelibatan kader dalam kegiatan-kegiatan puskesmas di masyarakat khususnya di KelurahanPasir Putih.
APLIKASI TEKNOLOGI ULTRA HIGH PERFORMANCE CONCRETE (UHPC) DALAM PERKERASAN JALAN KAKU SEBAGAI UPAYA MEMPERBAIKI JALAN LINGKUNGAN PERUMAHAN Widodo Kushartomo
Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jbmi.v6i2.25775

Abstract

In this Community Service (PkM) activity, Tarumanagara University PkM team carried out PkM activities forPerumahan Banjar Wijaya RW 07 kelurahan Cipete, kecamatan Pinang, kota Tangerang. Housing residents haveproblems in the form of dif iculties in repairing their neighborhood roads which are often damaged. The PkM teamof ers partners a solution to make rigid pavement using Ultra High Performance Concrete (UHPC) Technology torepair damaged roads. Residents and the PkM team work together in repairing road damage with contributionsaccording to their abilities. The contribution of RW 07 residents in the implementation of PkM provided labor whilethe repair work was in progress, while the Untar PkM team contributed in preparing the mixed UHPC plan. ThePKM implementation method was carried out in several stages including coordination with residents, site surveys,coordination with the PkM team, preparation of a UHPC mix plan, determining the location of the road to be usedas a pilot, determining the day of casting, material preparation, casting, maintenance and handover. The repairedroad is a prototype or pilot with a size of 6.0 m x 6.0 m x 0.06 m. UHPC was made with a design quality of 50 MPa,15 cm slump and treatment method by watering for 3 days in the morning and evening. The results of road castingcan be completed within 5 hours using a manual mixer and the road can be passed by 4-wheeled vehicles after 3days.   ABSTRAK: Pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini, tim PkM Universitas Tarumanagara melaksanakankegiatan PkM Perumahan Banjar Wijaya RW 07 kelurahan Cipete kecamatan Pinang kota Tangerang. Wargaperumahan mempunyai persoalan berupa kesulitan dalam memperbaiki jalan lingkungannya yang sering mengalamikerusakan. Tim PkM menawarkan solusi kepada mitra untuk membuat perkerasan jalan kaku menggunakanTeknologi Ultra High Performance Concrete (UHPC) guna memperbaiki jalan yang rusak. Warga dan tim PkMbekerjasama dalam memperbaiki kerusakan jalan dengan kontribusi sesuai dengan kemampuannya. Kontribusiwarga RW 07 dalam pelaksanaan PkM menyediakan tenaga kerja selama pekerjaan perbaikan berlangsung,sedangkan tim PkM Untar berkontribusi dalam mempersiapkan rencana campuran UHPC. Metode pelaksanaanPKM dilakukan dalam beberapa tahapan meliputi koordinasi dengan warga, survey lokasi, koordinasi dengan timPkM, persiapan rencana campuran UHPC, penentuan lokasi jalan yang akan digunakan sebagai percontohan,penentuan hari pelaksanaan pengecoran, persiapan material, pelaksanaan pengecoran, perawatan dan serah terima.Jalan yang diperbaiki merupakan prototipe atau percontohan dengan ukuran 6,0 m x 6,0 m x 0,06 m. UHPC dibuatdengan mutu rencana 50 MPa, slump 15 cm dan metode perawatan dengan penyiraman selama 3 hari pagi dan sore.Hasil pengecoran jalan dapat diselesaikan dalam waktu 5 jam menggunakan molen manual dan jalan sudah dapatdilewati kendaraan roda 4 setelah berumur 3 hari.  
PELATIHAN DAN PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) SENTRUM PENGEMBANGAN PERTANIAN TERPADU (SP2T) BOLU-TORAJA UTARA Nataniel Papalangi; Viktor Amos
Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jbmi.v6i2.25834

Abstract

Sentrum Pengembangan Pertanian Terpadu (SP2T) that oversees a considerable land area with an integratedagricultural development program is expected to thrive ef ectively. For this purpose, a Strategic Plan needs to beformulated. In the development of the Center for Integrated Agricultural Development (SP2T) for Socio-EconomicEmpowerment of the Archdiocese of Makassar (PSE KAMS), it is highly desirable that SP2T evolves into aself-sustaining learning institution in terms of financing, thereby reducing dependency on future proposal funding.The confidence in the outcomes of integrated agricultural processing should be substantiated, as consistentlyemphasized during the conducted training sessions. SP2T should not merely serve as a learning platform but also becapable of sustaining itself. Meanwhile, based on business analysis, this could feasibly be achieved throughagricultural and livestock enterprises. The Integrated Agricultural Development Center of Bolu (SP2T Bolu) islocated in Bolu, North Toraja Regency. This organization operates as a non-profit organization (NPO) with the aimof becoming a hub for developing local crop agriculture and managing livestock. Crop agriculture includes cropslike cof ee, fruit-bearing plants, and vegetables, while livestock includes broiler chickens, meat chickens, pigs, andgoats. In the context of agricultural development, ef orts are made to render the land productive, transforming it intoa laboratory and a model for agriculture by managing funds from KAMS and sponsors. In the context of livestock,ef orts are directed toward livestock development. ABSTRAK: Pengelolaan Sentrum Pengembangan Pertanian Terpadu (SP2T) yang mengelola lahan yang cukup luas denganprogram pengembangan pertanian terpadu diharapkan dapat berkembang dengan baik. Untuk Maksud tersebut perludisusun rencana Strategis. Dalam pengembangan Sentrum Pengembangan Pertanian Terpadu (SP2T) PemberdayaanSosial Ekonomi Keuskupan Agung Makassar (PSE KAMS), sangat diharapkan SP2T bergerak menjadi tempatpembelajaran yang mandiri dalam pembiayaan sehingga tidak tergantung pada dana proposal di kemudian hari.Keyakinan akan hasil dari pengolahan pertanian terpadu seharusnya bisa dibuktikan sebagaimana selalu diajarkandalam pelatihan – pelatihan yang dilakukan sehingga SP2T tidak menjadi lembaga yang semata jadi mediapembelajaran tapi tidak mampu menghidupi dirinya sendiri. Sementara dari analisa usaha hal ini sangat mungkindilakukan melalui usaha pertanian dan peternakan. Sentrum Pengembangan Petanian Terpadu Bolu (SP2T Bolu)terletak di Bolu, Kabupaten Toraja Utara. Lembaga ini merupakan non profit organization (NFO) yang berupayamenjadi pusat pengembangan pertanian tanaman rakyat dan mengelola peternakan. Pertanian tanaman seperti kopi,tanaman buah dan sayuran sedangkan untuk peternakan seperti ayam potong, ayam pedaging, babi dan kambing.Dalam konteks pengembangan pertanian berupaya menjadikan lahan menjadi produktif dengn menjadi salah satulaboratorium dan percontohan pertanian dengan mengelola dana dari pihak KAMS dan sponsor. Dalam kontekspeternakan berupaya melakukan pengembangan peternakan.

Page 1 of 2 | Total Record : 16