cover
Contact Name
Otto Fajarianto
Contact Email
ofajarianto@gmail.com
Phone
+6281320770360
Journal Mail Official
pascaunswagati16@gmail.com
Editorial Address
Kampus 3 Universitas Swadaya Gunung Jati Jl. Terusan Pemuda No. 1A Cirebon, 45132, Jawa Barat-Indonesia
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Tuturan
ISSN : 20892616     EISSN : 26153572     DOI : https://doi.org/10.33603/jt.v9i1.3635
Core Subject : Education,
JURNAL TUTURAN diterbitkan oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Swadaya Gunung Jati. JURNAL TUTURAN tujuannya merupakan kumpulan karya tulis ilmiah hasil riset maupun konseptual bidang pendidikan dengan ruang lingkup Pendidikan, Bahasa, Budaya dan Teknologi Pembelajaran. JURNAL TUTURAN menerima tulisan dari para akademisi maupun praktisi dengan proses blind review, sehingga dapat diterima disetiap kalangan dengan penerbitan jurnal ilmiah berkala terbit setiap dua kali dalam setahun periode Mei dan November dengan nomor p-ISSN 2089-2616 serta e-ISSN 2615-3572.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2019): TUTURAN JURNAL PENDIDIKAN, BAHASA DAN SASTRA" : 6 Documents clear
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS SURAT BERDASARKAN SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SMP Panji Setyo Wiguno; Jaja Jaja
Jurnal Tuturan Vol 8, No 2 (2019): TUTURAN JURNAL PENDIDIKAN, BAHASA DAN SASTRA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UGJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.996 KB) | DOI: 10.33603/jt.v8i2.2868

Abstract

This study aims to develop teaching materials for letter texts based on personal letters and letters from agencies in Brebes Regency. This research was carried out because there were still limited effective letter text textbooks that were developed and used in learning for VII graders in junior high school. The purpose of this research is to produce teaching material designs, obtain information about the feasibility of textbooks, and the effectiveness of the use of teaching materials in class VII SMP, and produce the final product of textbooks. To achieve this goal, the Research and Development (R&D) research method is used by using the ADDIE research model. Based on the results of the research that has been carried out it can be seen that the textbooks developed are very feasible and can be effectively used in learning for VII grade students in junior high schools.
Analisis Struktur Cerita Anak Yang Terbit Tahun 2014 Serta Pemanfaatan Hasilnya Sebagai Bahan Ajar Membaca Cerita Anak Siswa SMP Christian Christian
Jurnal Tuturan Vol 8, No 2 (2019): TUTURAN JURNAL PENDIDIKAN, BAHASA DAN SASTRA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UGJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.393 KB) | DOI: 10.33603/jt.v8i2.2869

Abstract

Tesis ini berjudul “Analisis Struktur Cerita Anak Yang Terbit Tahun 2014 Serta Pemanfaatan Hasilnya Sebagai Bahan Ajar Membaca Cerita Anak Siswa SMP”. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui struktur pembangun cerita anak yang diterbitkan tahun 2014, mendeskripsikan struktur pembangun cerita anak, memanfaatkan cerita anak sebagai bahan ajar membaca cerita anak, dan mengetahui respon peserta didik setelah membaca cerita anak yang disediakan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik kepustakaan untuk mendapatkan data. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai pemegang peranan penting dalam menggali data. Populasi dalam penelitian ini adalah cerita anak yang terbit tahun 2014. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Insidental.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan cerita anak yang diteliti terbitan tahun 2014 terbentuk atas beberapa struktur di antaranya ialah tokoh, latar, tema, alur, amanat, dan sudut pandang. Kesemuanya terbentuk dan terjalin sempurna sehingga menghasilkan makna yang padu. Terdapat tema tentang kesabaran, keikhlasan, pentingnya berbuat baik, kerja keras, dan persahabatan.Pemahaman latar tempat tidak semuanya tertulis dari teks yang tersedia. Ada beberapa pemahaman latar tempat yang dapat dipahamai melalui gambar ilustrasi yang tersedia pada halaman-halaman buku cerita anak berbentuk komik dan cerita bergambar, ada juga pemahaman tentang penggunaan latar tempat yang dapat dipahami melalui teks yang tersedia seperti yang terdapat pada novel dan cerpen. Penggunaan sudut pandang pun cenderung menggunakan sudut pandang orang ketiga, karena pada penceritaannya si pencerita maha tahu apa yang terjadi di dalam cerita.Cerita anak yang penulis pilih ternyata dapat dijadikan bahan ajar membaca cerita anak siswa SMP. Terdapat hasil pekerjaan siswa pada lembaran lampiran yang membuktikan bahwa cerita anak yang disajikan peneliti dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar membaca cerita anak siswa SMP. Terdapat juga beberapa pendapat/respon peserta didik setelah membaca beberapa cerita anak yang dibuktikan dengan adanya hasil kerja siswa.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 3 CIREBON TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Ety Suhaety
Jurnal Tuturan Vol 8, No 2 (2019): TUTURAN JURNAL PENDIDIKAN, BAHASA DAN SASTRA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UGJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.46 KB) | DOI: 10.33603/jt.v8i2.2959

Abstract

Metode pembelajaran di kelas merupakan suatu metode pembelajaran yang dilakukan di kelas yang dapat digunakan untuk mengajak peserta didik memperoleh kesan yang lebih mendalam dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan cerpen. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran di kelas terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Cirebon tahun 2019/2020, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis teks cerpen dengan metode pembelajaran kelas dengan pendekatan mixing methods (metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif), mendeskripsikan hasil kerja siswa kelas XI IPS 3 SMAN 3 Cirebon tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menulis cerpen meningkat setelah guru menerapkan metode EGP (Emosional, Gerak cepat, Perevisian).
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA SEJARAH MENGGUNAKAN STRATEGI GENIUS LEARNING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS XII MIPA 1 DI SMAN 8 CIREBON : PENILAIAN TINDAKAN KELAS Dewi Sundayani
Jurnal Tuturan Vol 8, No 2 (2019): TUTURAN JURNAL PENDIDIKAN, BAHASA DAN SASTRA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UGJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.971 KB) | DOI: 10.33603/jt.v8i2.2866

Abstract

The purpose of this research is to improve the skills of composing historical narrative texts of XII MIPA 1 students of SMAN 8 Cirebon school by applying genius learning strategy. Through genius learning model, the improvement can be seen through the process or product.The research subject is 25 students of XII MIPA 1 of SMAN 8 Cirebon. The model which used is Classroom Action Research. Action and implementation procedure at research site divided into two cycles. Three meeting took place in each cycle. This research focused on problems related to the skills improvement in composing historical narrative text by applying genius learning strategy. Qualitative description and qualitative are the techniques which used in analysing the data.The successful criteria achieved by students in this research are seen from the better changes and the improvement in studying activity also the result in practice composing historical narrative text.The research findings show as follows. First, the application of genius learning strategy can improve the quality of learning process in composing historical narrative texts. There is an improvement in some aspects, such learning situation, students focus, and activeness which makes better improvement and makes learning how to compose historical narrative text more interesting and fun. Second, learning how to compose historical narrative texts by applying genius learning strategy can improve the result of composing historical narrative texts ability.It is seen from the average score of composing historical narrative text ability of cycle one an action is 64.53, while after given an action in cycle two the average become 85.00. It shows that there have been increased 20.47 points. At the end of cycle two, every aspects and criteria for composing historical narrative text shows significant improvement. Based on the result above, it is known that the application of genius learning strategy is successful and can improve the ability of composing historical narrative text of XII MIPA 1 students of SMAN 8 Cirebon.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DRAMA BERDASARKAN PENGALAMAN PENGARANG Didin Khaerudin; Suherli Kusmana; Iyay Robia Khaerudin
Jurnal Tuturan Vol 8, No 2 (2019): TUTURAN JURNAL PENDIDIKAN, BAHASA DAN SASTRA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UGJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.386 KB) | DOI: 10.33603/jt.v8i2.2867

Abstract

Research conducted to develop drama text teaching materials based on the experience of the author of the drama script aims to make it easier for students to understand drama text material. In addition, based on the author's experience students are expected to emulate the author's creative process in writing a paper. The research method used in this research is the research and development method. Based on the results of the interview it can be concluded that the ability to write drama is determined based on mastery of the elements of drama and the ability to develop stories based on the author's experience. The process of writing drama is done in several steps: (1) searching for ideas based on personal experience, other people, or the surrounding environment; (2) processing ideas to find plots (characters), characters or characters that vary with their inner conflicts, settings and dialogues, interesting conflicts, and messages to be conveyed; (3) starts the process of writing drama with stages and elements of drama; (4) revision of drama products. Teaching material developed is presented from basic competencies of knowledge and basic competencies of learning skills. Based on experiments on developed teaching materials it is known that the average value of the ability to write plays gets a score exceeding the minimum criteria, so that the teaching materials used are effective. Based on observations it is known that teaching materials can help students in learning and student activities become more independent, and active.
Penerapan Metode Pembelajaran di Luar Kelas dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Cirebon Tahun Pelajaran 2016-2017 Yuni Kristyati
Jurnal Tuturan Vol 8, No 2 (2019): TUTURAN JURNAL PENDIDIKAN, BAHASA DAN SASTRA
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UGJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.351 KB) | DOI: 10.33603/jt.v8i2.2856

Abstract

Metode  Pembelajaran di Luar Kelas merupakan suatu metode  pembelajaran yang dilakukan di Luar Kelas yang dapat digunakan untuk mengajak siswa secara langsung mengamati objek dengan menggunakan panca indranya sehingga memperoleh kesan yang lebih mendalam dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan deskripsi.Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penerapan metode  pembelajaran di luar kelas terhadap  kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas X SMAN 8 Cirebon tahun pelajaran 2016-2017, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam  pembelajaran menulis teks  deskripsi dengan metode   pembelajaran di luar kelas, mendeskripsikan  karakteristik  teks deskripsi hasil kerja siswa kelas X SMAN 8 Cirebon tahun pelajaran 2016-2017Desain penelitian ini menggunakan control group pre-test-post-test. Artinya, di dalam penelitian ini subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan  kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang menggunakan  metode  pembelajaran di luar kelas dalam menulis karangan deskripsi sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan metode pembelajaran di luar kelas dalam menulis karangan deskripsiDari hasil perhitungan menggunakan uji t memperlihatkan bahwa thitung 5,620 dan ttabel taraf signifikan 5% adalah 1,92. Hal ini menunjukkan bahwa hasil H1 diterima dan H0 ditolak.

Page 1 of 1 | Total Record : 6