cover
Contact Name
Ni Putu Yuliana Ria Sawitri
Contact Email
equilibrium.feb@unr.ac.id
Phone
+62895801000213
Journal Mail Official
equilibrium.feb@unr.ac.id
Editorial Address
Jalan Kampus Ngurah Rai No. 30, Desa penatih, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EQUILIBRIUM
Published by Universitas Ngurah Rai
ISSN : 24433934     EISSN : 27231704     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium (MBE) adalah jurnal ilmiah elektronik yang menerbitkan hasil studi manajemen dan bisnis. MBE diterbitkan secara berkala setiap 6 bulan sekali dengan format online. Editor MBE menerima hasil studi tertulis di bidang ekonomi, manajemen, bisnis dan kewirausahaan, baik studi empiris dan teoritis yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dan belum pernah dan tidak akan dipublikasikan di media lain. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan diedit untuk keseragaman format, istilah, dan prosedur lainnya sesuai dengan gaya lingkungan yang berlaku untuk Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium (MBE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai Denpasar. Selanjutnya naskah akan di lakukan review dan analisis kelayakan oleh Dewan Mitra Bestari yang terdiri dari 6 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, dan terdiri dari 1 orang Professor dan 9 orang Dosen bergelar Doktor dan telah memiliki Scopus ID. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium (MBE) diterbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai Denpasar.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium" : 11 Documents clear
Pengaruh Himbauan Gubernur Bali Tentang Penggunaan Baju Endek Terhadap Peningkatan Produksi, Penjualan Dan Trend Fashion Endek Bali Pada Prabu Kreasi Tabanan Ni Wayan Ari Sudiartini; Ni Luh Indiani; Ni Luh Dewi Sriwidani
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v8i1.753

Abstract

In accordance with the results of the research and discussion above regarding the problem of the relationship between the independent and dependent variables, it can be explained as follows: obtained from a significant F value of 0.000 and a significance value of 0.000 <0.05 indicating that Ho is rejected and H1 is accepted. The influence of the Bali Governor's appeal variable on the production variable obtained a significance value of 0.000 less than 0.05 (0.000 <0.05) with a regression coefficient value of 0.511 which is positive, in other words the Bali Governor's appeal has a positive and partially significant effect on Bali endek production. to Prabhu Kreasi Tabanan. The influence of the Bali Governor's appeal variable on the sales variable obtained a significance value of 0.004 less than 0.05 (0.004 <0.05) with a regression coefficient value of 0.849 which is positive, in other words the Bali Governor's appeal has a positive and partially significant effect on Bali endek sales. to Prabhu Kreasi Tabanan. The influence of the Governor of Bali's appeal variable on the fashion trend variable obtained a significance value of 0.012 less than 0.05 (0.012 <0.05) with a regression coefficient of 0.682 which is positive, in other words the Governor of Bali's appeal has a positive and partially significant effect on fashion trends endek of Bali on Prabhu Kreasi Tabanan.
Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Jasa Marga Bali Tol Ni Putu Yuli Tresna Dewi; Dewa Nyoman Usadha; Dhia Kamala
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v8i1.773

Abstract

Abstrak: Ketidakpuasan konsumen dalam bentuk komplain dapat menjadi catatan negatif yang jika tidak segera diatasi akan dapat berakibat pada menurunnya jumlah konsumen. Penelitian ini dilakukan pada konsumen PT Jasa Marga Bali Tol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, dan kinerja karyawan secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasan konsumen PT Jasa Marga Bali Tol. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 98 responden dengan teknik purpossive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi Uji Statistik Deskriptif, Uji Instrumen Data (Uji Validitas, dan Uji Reliabilitas), Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas), Analisis Regresi Linear Berganda, Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, dan kinerja karyawan, semuanya berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Dari uji t diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan, dan kinerja karyawan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji F diperoleh hasil kualitas pelayanan, dan kinerja karyawan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen.
Strategi Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Mengoptimalkan Potensi Human Capital Cindy Febrianti; Nur Aziz Muslim
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v8i1.776

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui strategi yang diterapkan oleh PT. Putra Jaya Nanas dalam memberdayakan sumber daya manusia yang dimiliki dalam upaya meningkatkan potensi human capital yang ada. Variabel penelitian difokuskan pada strategi yang diterapkan oleh perusahaan dalam memberdayakan sumber daya manusia yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan juga dokumentasi. Hasil analisis menunjukan bahwa dari beberapa strategi pemberdayaan yang sudah diimplementasikan oleh PT. Putra jaya nanas masih belum maksimal dalam mengoptimalkan potensi human capital karyawanya. Dari strategi yang sudah diimplementasikan keterbukaan komunikasi dan juga penciptaan ruang kompetisi dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik, namun pada pelatihan karyawan masih memerlukan banyak perbaikan. Sedangkan dimensi yang sangat diperlukan namun belum dimiliki perusahaan adalah administrator sebagai fungsi HRD. Kata Kunci: Strategi, Pemberdayaan SDM, Human Capital
Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja: Stress Kerja Sebagai Mediasi Ni Nyoman Sudiyani; Ni Putu Yuliana Ria Sawitri; Mahayanti Fitriandari
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v8i1.807

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran stress kerja dalam memediasi pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Pendekatan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini untuk meneliti data yang bersifat statistik serta menguji suatu hipotesis. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan kepada calon responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada PT. Yuda Pratama Sejati yang berjumlah 36orang. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, dimana semua populasi dijadikan sampel. Teknik analisis yang digunakan yaitu model persamaan structural (Structural Equation Modeling-SEM) berbasis variance yang dikenal dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, lingkungan kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap stress kerja, stress kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja. Stress kerja tidak mampu memediasi pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja.
Pengaruh Kredit Bermasalah, Kecukupan Modal dan Loan To Deposit Ratio terhadap Profitabilitas Pada Pt Bank Pembangunan Daerah Bali Di Bali Putu Gede Denny Herlambang; Ni Ketut Sukanti; Made Ayu Desy Geriadi; I Dewa Ayu Alit Juliantar
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v8i1.840

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan agar bisa mengamati Pengaruh kredit bermasalah, kecukupan modal dan loan to deposit ratio terhadap Profitabilitas di PT Bank Pembangunan Daerah Bali. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Data yang dipakai ialah laporan keuangan PT Bank Pembangunan Daerah Bali periode triwulan dari tahun 2013-2020, teknik penentuan sampel dilakukan melalui metode sampling jenuh hingga diperoleh sampel sebanyak 32. Data yang diperoleh akan dianalisis melalui pengujian asumsi klasik, analisis determinasi, analisis linear berganda, pengujian parsial (t-test) serta pengujian simultan (F-test). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Non Performing Loan memberi pengaruh negatif yang signifikan pada Profitabilitas. Capital Adequancy Ratio memberi pengaruh positif yang signifikan pada profitabilitas, dan Loan to deposit ratio memberi pengaruh positif yang signifikan pada Profitabilitas. Secara simultan Non Performing Loan, Capital Adequancy Ratio dan Loan to Deposit Ratio memberi pengaruh yang signifikan pada Profitabilitas di PT Bank Pembangunan Daerah Bali.
Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Sampah Tegeh Sari Lestari Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja; Ni Wayan Semiati; Anak Agung Putu Agung
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v8i1.841

Abstract

Dalam memenangkan persaingan didunia bisnis, perusahaan perlu meningkatkan kualitas produk atau jasa dengan harga yang bersaing. Usaha ini akan mampu mempengaruhi harapan konsumen serta menciptakan nilai yang maksimal dan akhirnya menciptakan kepuasan bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali pengaruh variabel kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini dilakukan pada nasabah Bank Sampah Tegeh Sari Lestari yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto I No. 38 Tonja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Sampah Tegeh Sari Lestari sejumlah 400 orang. Jumlah sampel 80 orang dengan metode slovin. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan uji asumsi klasik,analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t menggunakan SPSS version 25.0 for Windows. Berdasarkan hasil pengujian dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah yang dapat dilihat dari nilai thitung sebesar 7,930 serta nilai signifikan uji t sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Persepsi harga berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah yang dapat dilihat dari nilai thitung sebesar 7,027 serta nilai signifikan uji t sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan H2 diterima.
Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Anggota Pada Ksp Sari Sedana Nadi Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Tjokorda Gde Agung Wijaya Kesuma Suryawan; Nyoman Andika Triadhi; Cokorda Istri Agung Vera Nindia Putri
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v8i1.842

Abstract

Loyalitas anggota merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dari pencapaian tujuan perusahaan. Keberhasilan mencapai tujuan tersebut di tentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi loyalitas anggota antara lain kepercayaan dan kualitas pelayanan. Begitu juga pada KSP Sari Sedana Nadi Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar, kepercayaan dan kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas anggota. Adanya perhatian dan temuan mengenai permasalahan mengenai kepercayaan dan kualitas pelayanan dalam upaya untuk meningkatkan loyalitas anggota sesuai dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota pada KSP Sari Sedana Nadi Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar. Pengambilan sampel, dilakukan dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 86 orang responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, analisis statistik uji F (F-test) dan analisis statistik uji t (t-tes). Hasil penelitian menunjukkan hasil ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial antara kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota pada KSP Sari Sedana Nadi Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar.
Faktor Penentu Keputusan Pembelian Tas Anyaman Rotan pada Outlet Pasar Seni Sukawati Gianyar I Wayan Meryawan; I Gusti Agung Prabandari Tri Putri; I Made Kartika; Anak Agung Istri Indah Lestari
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v8i1.843

Abstract

Pemenuhan kebutuhan tidak terlepas dari adanya proses pengambilan keputusan, konsumen memiliki berbagai pertimbangan sebagai pilihan dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa. Pertimbangan yang sering dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan salah satunya harga dan kualitas dari produk atau jasa yang di tawarkan. Keputusan pembelian dalam penelitian ini muncul dari faktor harga dan kualitas produk. Lokasi penelitian bertempat di pasar seni sukawati sebagai tempat penjualan pusat kerajinan tas anyaman. Sampel penelitian dipilih berdasarkan metode nonprobability sampling, data dikumpulkan dengan melakukan penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan software SPSS 23.0 berfokus pada analisis regresi linear berganda, uji t, uji F. Secara parsial harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tas anyaman rotan pada outlet pasar seni Sukawati Gianyar. Hasil penelitian secara simultan harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tas anyaman rotan di Pasar Seni Sukawati.
Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Konsumen terhadap Repurchase Intention Di Tokopedia Ni Putu Putri Ayu Wijayanthi; I Gusti Putu Agung Widya Goca
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v8i1.844

Abstract

Repurchase intention oleh konsumen merupakan salah satu sasaran dari sebuah perusahaan untuk aktivitas bisnis yang berkelanjutan. Faktor intenal dan eksternal perusahaan akan mempengaruhi konsumen dalam menentukan keputusan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan dari kepercayaan, kualitas produk dan kepuasan konsumen terhadap repurchase intention di Tokopedia. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik pengumpulan non probability sampling dan metode purposive sampling. Pengukuran sampel yang akan digunakan ditentukan menggunakan estimated parameter dan memperoleh 80 responden. Data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis determinasi, uji parsial (Uji t) dan uji simultan (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention tetapi kualitas produk dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signfikan terhadap repurchase intention. Kemudian kepercayaan, kualitas produk dan kepuasan konsumen secara bersama-sama berpengaruh terhadap repurchase intention pada e-commerce Tokopedia. Responden memberikan skor tertinggi pada atribut kemudahan bertransaksi online menggunakan Tokopedia dan pembelian produk didasari atas keinginan dari konsumen sendiri. Skor terendah yang harus menjadi dasar evaluasi oleh Tokopedia adalah adanya ketidaksesuaian antara keterangan produk pada aplikasi dengan produk yang diterima konsumen.
Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Akses Permodalan Terhadap Keberlanjutan UMKM Pada Bidang Fashion Di Kota Denpasar I Kadek Diki Nugraha Sugita; Ni Nengah Seri Ekayani
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v8i1.845

Abstract

Keberadaan UMKM memiliki peran penting pembangunan ekonomi suatu negara dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. Hal ini menimbulkan ketertarikan untuk menganalisis faktor-faktor dari keberlanjutan UMKM. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan akses permodalan terhadap keberlanjutan UMKM di Kota Denpasar khususnya pada bidang fashion. Populasi penelitian ini adalah para UMKM di bidang fashion yang terdaftar di Dinas Koperasi UMKM di Kota Denpasar. Sampel yang digunakan adalah sebesar 99 responden. Metode pengumpulan data adalah metode survey dengan kuesioner. Teknik analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menemukan bahwa literasi keuangan, inklusi keuangan dan akses permodalan berpengaruh positif terhadap keberlanjutan UMKM di Kota Denpasar khususnya pada bidang fashion. Untuk meningkatkan literasi keuangan, UMKM di Kota Denpasar khususnya pada bidang fashion perlu meningkatkan pengetahuan akuntansi dasar, memahami manfaat pengelolaan keuangan, memahami pengelolaan keuangan yang efektif, mengetahui syarat agar mendapatkan pinjaman bank, mengetahui manfaat fasilitas bank, meningkatkan analisis kinerja secara berkala, membuat pembukuan kas per-hari, aktif melakukan bimbingan dan pembinaan, melakukan bugeting, menyusun anggaran belanja per-bulan, tetap berhati-hati dalam melakukan kredit ataupun pinjaman, berani mengambil resiko, dapat mengatur strategi resiko keuangan dan menetapkan planning kedepan. Untuk meningkatkan inklusi keuangan, UMKM perlu mengetahui Lembaga keuangan yang berlokasi strategis, mengetahui layanan yang diberikan bank, mampu menggunakan fasilitas Lembaga keuangan untuk mengelola keuangan, meningkatkan penggunaan internet dalam mengakses layanan keuangan, Lembaga keuanggan perlu membuat panduan tata cara dalam mengakses layanan, layanan jasa keuangan sangat membantu para UMKM, mengoptimalkan biaya pemeliharaan serta Lembaga keuangan menyediakan produk dan layanan untuk meningkatkan pendapatan. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan akses permodalan adalah memudahkan memperoleh informasi terkait pinjaman dari berbagai pihak, mampu mendapat tawaran dari Lembaga keuangan untuk meningkatkan usaha, mengantisipasi hambatan dalam mengakses modal eksternal, dan tidak mempersulit pinjaman kerdit usaha rakyat.

Page 1 of 2 | Total Record : 11