cover
Contact Name
Setria Utama Rizal
Contact Email
setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id
Phone
+6285714177754
Journal Mail Official
jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id
Editorial Address
Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
ISSN : 26221993     EISSN : 26221586     DOI : https://doi.org/10.23971/mdr
Core Subject : Religion, Education,
Al-Mudarris is a scientific journal of Islamic education managed and published by Tarbiyah Department, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palangka Raya. This journal publishes research articles about Islamic education and education in general. This journal is formally published twice annually. It covers articles in the fields of Islamic Education, Islamic Education Management, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Education and Teacher Training, Outside School Education, Curriculum Development, Science Education, Social Studies Education, Basic Education, Educational Management, Counseling Guidance, Learning Evaluation, Learning Strategies, Learning Models and Methods, Educational Psychology, and Learning Media.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2018): Al-Mudarris" : 7 Documents clear
Analisis Nilai Pendidikan Karakter pada Film “Sang Pemimpi” Waluyo Satrio Adji; Rahmad Rahmad
Al-Mudarris Vol 1, No 2 (2018): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.957 KB) | DOI: 10.23971/mdr.v1i2.1100

Abstract

Tujuan pendidikan nasional adalah untuk membentuk manusia yang karakter, salah satu metode yang digunakan adalah melalui media film. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Nilai-nilai karakter yang ada pada film “Sang Pemimpi”; (2) Metode Pembentukan karakter pada film “Sang Pemimpi”Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotik, jenis penelitian dokumen (documentary research). Data primer dalam penelitian ini adalah film Sang Pemimpi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari surat kabar, internet, video daring, juga pada referensi lain yang berkorelasi dengan tema karakter pada film ini. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah metode dokumentasi karena objek penelitian adalah film. Teknik Analisis menggunakan. Penafsiran prospektif (prospective) dan kategorisasi (mengelompokkan) nilai-nilaiHasil penelitian ini menunjukkan bahwa film Sang Pemimpi (1) mengandung nilai-nilai karakter yaitu Religius, Jujur, Disiplin, Toleransi, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, dan Peduli Sosial (2) Metode pembentukan karakter pada film “sang pemimpi” melalui empat metode yaitu keteladanan, kedisiplinan, pembiasaan, penciptaan suasana kondusif.Kata Kunci: Analisis, Pendidikan Karakter, Sang Pemimpi
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS TAUHID (STUDI KASUS PAUD ABABIL KOTA PANGKALPINANG) Ria Astuti; Erni Munastiwi
Al-Mudarris Vol 1, No 2 (2018): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.801 KB) | DOI: 10.23971/mdr.v1i2.1011

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenakalan remaja di Kota Pangkalpinang yang semakin semarak, sehingga dibutuhkan penanaman nilai-nilai tauhid kepada anak didik sejak dini. Pembelajaran tauhid sangat penting untuk diajarkan kepada anak usia dini sebagai antisipasi dampak negatif dari arus globalisasi dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di PAUD Ababil Kota Pangkalpinang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang: (1) konsep pendidikan anak usia dini berbasis tauhid, (2) implementasi konsep pendidikan anak usia dini berbasis tauhid, (3) hasil dan dampak impementasi konsep pendidikan anak usia dini berbasis tauhid di PAUD Ababil Kota Pangkalpinang. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pembelajaran tauhid yang diajarkan di PAUD Ababil merupakan pemahaman tentang Keesaan Allah SWT dengan memberikan pembiasaan-pembiasaan ibadah seperti sholat, do’a harian, hadits-hadits, surat pendek, dan kegiatan ikhsan lainnya. Pembelajaran tauhid sudah diajarkan dari usia 6 bulan sampai 6 tahun. Penyampaian materi pembelajaran tauhid yang dilakukan guru tergantung tingkatan umur dan kelasnya. Dampak implementasi pembelajaran tauhid ini adalah anak didik mampu melakukan praktek ibadah berdasarkan panduan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Diklat Berjenjang Mengembangkan Kompetensi Profesional Maharani Maharani
Al-Mudarris Vol 1, No 2 (2018): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.539 KB) | DOI: 10.23971/mdr.v1i2.1018

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia memerlukan banyak perbaikan di berbagai bidang, khususnya guru yang bertindak secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar. Guru PAUD non formal Kecamatan Manisrenggo mengikuti Diklat Berjenjang tingkat lanjut yang diselenggarakan oleh Himpaudi Kabupaten Klaten dalam upaya mengembangkan kompetensi profesionalnya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rumusan masalah (1) pelaksanaan Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut (2) peningkatan kompetensi profesional guru PAUD non formal kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten melalui Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tugas mandiri, pada indikator kemampuan menentukan tema pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak, kemampuan menentukan kegiatan belajar berdasarkan materi/ tema pembelajaran, dan kemampuan menyusun laporan evaluasi perkembangan menunjukan adanya peningkatan. Selain itu juga dikuatkan dengan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara berdasarkan indikator Permendikbud No. 137 yaitu 1. Memahami tahapan perkembangan anak, dengan sub indikator; a) memahami kesinambungan tingkat perkembangan anak usia lahir sampai 6 tahun, b) memahami standar tingkat pencapaian perkembangan anak, c) memahami bahwa setiap anak mempunyai tingkat kecepatan pencapaian perkembangan berbeda, d) memahami faktor penghambat dan pendukung tingkat pencapaian perkembangan & 6 aspek pengembangan; 2. Memahami pertumbuhan dan perkembangan anak dengan sub indikator: a) memahami aspek perkembangan fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, moral agama dan seni, b) memahami tanda-tanda kelainan pada tiap aspek pertumbuhan dan perkembangan anak, c) mengenal kebutuhan gizi anak dan makanan yang aman sesuai usia anak, d) memahami cara memantau status gizi, kesehatan, dan keselamatan anak, e) mengenal keunikan anak; 3. Memahami dan memiliki ketrampilan dalam pemberian rangsangan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan dengan sub indikator yaitu memahami dan memiliki ketrampilan dalam pemberian rangsangan pendidikan; 4. Membangun kerjasama dengan orang tua dalam pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak, dengan sub indikator: a) mengenal faktor-faktor pengasuhan anak, sosial ekonomi keluarga, dan sosial kemasyarakatan yang mendukung dan menghambat perkembangan anak, b) mengkomunikaskan program PAUD kepada orang tua, 5. Berkomunikasi secara efektif, dengan sub indikator: a). Berkomunikasi efektif dan empatik dengan orang tua dan anak didik, baik secara fisik, verbal, maupun non verbal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada indikator-indikator diatas kompetensi profesional guru PAUD Kecamatan Manisrenggo sebanyak 22 orang mmeningkat setelah mengikuti Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut.Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, PAUD Non Formal, Guru Pendamping PAUD, Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut
PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SDN KOTA PADANG Adri antoni Adriantoni; Altika Syafitri
Al-Mudarris Vol 1, No 2 (2018): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/mdr.v1i2.1013

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan  onstruktivisme terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD Kota Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Kota Padang dengan teknik penentuan sampel secara jenuh, yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, kelas A sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan konstruktivisme, dan kelas B sebagai kelas control menggunakan pembelajaran  konvensional, dengan rancangan penelitian posttest only control design. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 16 butir soal, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa  dan  dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian  maka hipotesis atau H1 diterima.  Dari hasil penelitian terbukti bahwa  penggunaan pendekatan konstruktivisme memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA  di kelas V SD Kota Padang  Tahun ajaran 2017/2018.Kata Kunci: Pengaruh, Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar IPA Abstrac: This study aims to determine the effect of using constructivism approach to science learning outcomes in class V SDN 33 Kalumbuk Padang City. The population of this research is the students of grade V SDN 33 Kalumbuk Padang with sample determination technique is saturated sample, that is taking of sample member from the population is done randomly without  considering  the strata that exist in population, class A as experiment class using constructivism approach and class B as control using conventional learning, with a post-test only control design study design. Data collection in this research is using test result of learning in the form of objective matter as much as 16 items, the data obtained is analyzed by using test. Based on the result of this research show that and and significant level 5%. Based on the  then hypothesis  or H1 accepted. From the result of research proved that the use of contructivism approach gives effect to science learning outcomes in class V SDN 33 Kalumbuk City of Padang academic year 2017/2018Keywords: Influence, Contructivism Approach, Learning Result of Science .
The Achievement of the quality standard of education in MAN Palangka Raya Jasiah Jasiah; Masriah Masriah
Al-Mudarris Vol 1, No 2 (2018): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.957 KB) | DOI: 10.23971/mdr.v1i2.1031

Abstract

MAN Palangkaraya is the partner schools of the ministries of Religious Affairs and the status is very proud achievement, and graduation reach 100% of the National level (UAMMN) and pass the National Exam (UN), and is accredited A.Based on the explanation above, the writer was interested in and choose the title of Education Quality Assurance in MAN Model Palangka Raya. The purpose of this study was to answer the problem of this research  How does the achievement of quality standards of education in MAN Palangka Raya.The place of this research is MAN Palangkaraya at Jl.Tjilik Riwut km. 4,5 Palangka Raya. This study used qualitative methods. The data collection did by observation, interview and documentation. The subjects of this research were headmaster and wakamad as an informant, teachers and educators, and alumni. The validity of the data by using trasferbilitas, accountability, reliability, credibility.The results of the research showed that: Implementation of quality assurance in MAN Palangka Raya includes the standard process such as; teachers and educators and competency standards. Achievement of quality assurance in MAN  Palangka Raya have been achieved such as monitoring, evaluation, certification, accreditation and national exams both internally and externally is carried out by the relevant agencies such as the Ministry of Religious Affairs and The Central Kalimantan Provincial Education Office. Keywords:  Achievement, Quality Standard, Education,  
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI RAUDHOTUL ATHFAL AL-MUSLIMUN KOTA PALANGKA RAYA Sri Hidayati; Muzakki Muzakki; Asmail Azmy
Al-Mudarris Vol 1, No 2 (2018): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.897 KB) | DOI: 10.23971/mdr.v1i2.1020

Abstract

Kurikulum 2013 PAUD dalam proses pelaksanaannya menggunakan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik dipandang sesuai dengan pola kerja otak karena membahas satu tema dari berbagai konsep dan aspek perkembangan. Tujuan dari penelitian ini (1) mendiskripsikan perencanaan pembelajaran tematik di RA Al-Muslimun kota Palangka Raya. (2) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik di RA Al-Muslimun kota Palangka Raya. (3) mendiskripsikan penilaian pembelajaran tematik di RA Al-Muslimun kota Palangka Raya.
MULTIPLE INTELLIGENCE BASED-EDUCATION Mewujudkan Indonesia sebagai Bangsa Para Juara Ziadatul Husnah
Al-Mudarris Vol 1, No 2 (2018): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.237 KB) | DOI: 10.23971/mdr.v1i2.1030

Abstract

This article discusses on the urgence of multiple intelligences-based education.  In education, the multiple intelligences approach is very relevant to the spirit of education as a process of humanizing human being. Everyone should be served individually because he/she has different potential. Therefore, indicator of achievement is depended on the individual uniqueness. There is no single indicator on achievement. The multiple intelligences highlightes there are nine kinds of intelligence, namely linguistic intelligence, logical-mathematical intelligence, rythmic-musical intelligence, visual-spatial intelligence, bodily-kinesthetic intelligence, intrapersonal intelligence, interpersonal intelligence, natural intelligence, and existential intelligence. Through this approach, the educational process should be able to produce many champions suitable of each potential

Page 1 of 1 | Total Record : 7