cover
Contact Name
Setria Utama Rizal
Contact Email
setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id
Phone
+6285714177754
Journal Mail Official
jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id
Editorial Address
Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
ISSN : 26221993     EISSN : 26221586     DOI : https://doi.org/10.23971/mdr
Core Subject : Religion, Education,
Al-Mudarris is a scientific journal of Islamic education managed and published by Tarbiyah Department, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palangka Raya. This journal publishes research articles about Islamic education and education in general. This journal is formally published twice annually. It covers articles in the fields of Islamic Education, Islamic Education Management, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Education and Teacher Training, Outside School Education, Curriculum Development, Science Education, Social Studies Education, Basic Education, Educational Management, Counseling Guidance, Learning Evaluation, Learning Strategies, Learning Models and Methods, Educational Psychology, and Learning Media.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022): Al-Mudarris" : 7 Documents clear
Implementation Program Evaluation Early Childhood Education Standards Ade Tursina; Veryawan Veryawan
Al-Mudarris Vol 5, No 1 (2022): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/mdr.v5i1.4522

Abstract

AbstrakPenelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penyelenggaraan standar pendidikan anak usia dini di RA Fadnur Aisyah. Penelitian evaluasi program ini menggunakan model CIPP yang mencakup konteks, input, proses, produk dan masukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif atau yang sering disebut dengan penelitian kombinasi (Mixed Methods). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, studi dokumen dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalm penelitian evaluatif ini adalah menggunakan model Miles and Huberman, yang terdiri dari alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verfikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyelenggaraan standar pendidikan anak usia dini belum berjalan efektif, dimana (1) aspek konteks menunjukkan bahwa penyelenggaraan standar pendidikan anak usia dini di RA Fadnur Aisyah dikategorikan baik, (2) aspek input menunjukkan bahwa penyelenggaraan standar pendidikan anak usia dini di RA Fadnur Aisyah belum sepenuhnya berjalan dengan baik, (3) aspek proses menunjukkan bahwa penyelenggaraan standar pendidikan anak usia dini di RA Fadnur Aisyah sebahagian dikategorikan baik, (4) aspek produk menunjukkan bahwa penyelenggaraan standar pendidikan anak usia dini di RA Fadnur Aisyah sebahagian dikategorikan baik.
Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Ekosistem Pada Peserta Didik Kelas V SDN 15 Teluk Batang Suryadi Wahyudinata; Saumi Setyaningrum; Hermansyah Hermansyah
Al-Mudarris Vol 5, No 1 (2022): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/mdr.v5i1.5110

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan hasil belajar pretest IPA materi ekosistem pada siswa kelas V SDN 15 Teluk Batang tahun pelajaran 2021/2022 sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Make A Match, dan untuk memaparkan pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPA materi ekosistem pada siswa kelas V SDN 15 Teluk Batang tahun pelajaran 2021/2022. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode pra experiment dengan desain one group pretest posttest design. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 15 Teluk Batang yang terdiri dari 14 peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh berdasarkan dari nilai pretest dan posttest. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil pretest siswa pada materi ekosistem belum mencapai ketuntasan KKM dengan nilai rata-rata sebesar 26,35, hasil belajar posttest siswa pada materi ekosistem sudah melebihi ketuntasan KKM dengan nilai rata-rata sebesar 80,63, dan berdasarkan hasil uji t dari nilai pretest dan posttest makadiperoleh probabilitas dari t hitung sebesar 0,000 lebih kecil () dari t tabel yaitu 0,05, maka Ho ditolak dan HÉ‘ diterima. Hal ini dapat diartikan ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 15 Teluk Batang tahun pelajaran 2021/2022 sebesar 7,17 sesuai dengan perhitungan effect size.
Implementasi Pendidikan Berbasis Fitrah Di Sekolah Karakter Imam Syafi’i Semarang Rizqi Will Ramadlan; Syamsul Hidayat; Muthoifin Muthoifin
Al-Mudarris Vol 5, No 1 (2022): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/mdr.v5i1.4023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan juga menjelaskan implementasi pendidikan berbasis fitrah di Sekolah Karakter Imam Syafi’ Semarang dengan fokus kajian mencakup : (1) bentuk proses perencanaan pendidikan berbasis fitrah, (2) bentuk proses pelaksanaan pendidikan berbasis fitrah, dan (3) bentuk evaluasi dalam pelaksanaan pendidikan berbasis fitrah di Sekolah Karakter Imam Syafi’i Semarang. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan yaitu studi kasus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini dengan teknik yang digunakan adalah berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Latarbelakang dari adanya penelitian ini dikarenkan sekolah dianggap sebagai sebuah media untuk mencetak anak-anak hebat dan cerdas yang kemudian para orangtua pun abai dari mendidik anak saat berada di rumah. Kenyataan yang ada sekarang ini bahwa proses pendidikan cenderung kurang memperhatikan perihal keimanan, kurang memberikan stimulus bernalar dengan baik, potensi dan bakat tidak digali sebagaimana mestinya, padahal setiap anak itu unik dan hebat sesuai dengan potensi dan bakatnya masing-masing, dan pemberian materi pelajaran tidak sesuai dengan tahap perkembangan anak. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dimulai dari proses perencanaan dengan memilih komunitas yang satu visi dan misi, memahami framework yang menjadi acuan, memetakan anak sesuai usia dan bakatnya dan membuat program yang menunjang fitrah tersebut, sedangkan dalam tataran penerapanya maka fokus untuk tercapainya 4 fitrah menurut teori Hary Santosa  yaitu fitrah iman,fitrah belajar, fitrah bakat yang diselaraskan dengan fitrah perkembangan dan bentuk evaluasi dalam sekolah ini adalah menggunakan alat bantu berupa indeks karakter dan pemetaan potensi anak yang yang dilakukan minimal setiap semester sekali. Kata kunci : Pendidikan Berbasis Fitrah, Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam
Manajemen Konflik Perspektif Qur’ani, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi Ajahari Ajahari; Slamet Abadi; Ujang Nurjaman; Faiz Karim Fatkhullah
Al-Mudarris Vol 5, No 1 (2022): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/mdr.v5i1.4126

Abstract

Konflik dalam kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi sering sekali terjadi. Ada nya perbedaan dari setiap individu, organisasi atau lembaga menjadi penyebab terjadinya konflik.  Apa bila konflik yang terjadi tidak diselesaikan maka akan menyebabkan perpecahan. Oleh sebab itu ketika terjadi konflik maka perlu untuk dimanajemeni dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen konflik berbasis  nilai-nilai Qur’an,  filsafat, psikologi maupun sosiologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didalam Al-Qur’an paling tidak ada 2 konsep yang dapat diterapkan dalam manajemen konfliks yakni 1). konsep  Musyawarah dan metode taḥkīm (arbitrase). Manajemen konflik berbasis filsafat artinya berusaha mencari faktor penyebab konflik, menentukan metode penyelesaian dan dalam menentukan penyelesaian mempertimbangkan nilai maslahat dan mudharat dari solusi yang dilakukan. Manajemen konflik berbasis psikologi artimya dalam penyelesaian konflik berusaha untuk mempertimbangan asfek kejiwaan secara utuh. Manajemen konfliks berbasis sosiologi artinya dalam menyelesaikan konflik dilakukan melalui paradigm ilmu sosial, dimana dalam pandangan ilmu sosial bahwa pada dasarnya masyarakat tidak lepas dari ketergantungan satu sama lain.
AKTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN WASATHIYAH DALAM MENANGKAL INTOLERANSI DI MADRASAH Salim salim
Al-Mudarris Vol 5, No 1 (2022): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/mdr.v5i1.5068

Abstract

Berangkat dari beberapa hasil penelitian tentang intoleransi di Indonesia yang masih terbilang tinggi yang dilakukan oleh pelajar dan guru yang ada di lembaga pendidikan. Untuk itu, tulisan ini ingin mengungkap tentang konsep pendidikan wasathiyah, nilai-nilai pendidikan wasathiyah, dan model pendidikan wasathiyah yang diaktualisasikan di Madrasah. Tulisan ini menggunakan metode library research yaitu dengan menggali kekayaan data dari berbagai literatur, baik primer maupun sekunder yang berasal dari buku, jurnal, dan literatur lain sesuai dengan fokus kajian. Dari beberapa literatur dalam hasil dan pembahasan, pendidikan wasatiyyah merupakan pendidikan yang mengedepankan sikap toleransi, keadilan, dan keseimbangan disemua lini kehidupan. Nilai-nilai   wasatiyyah yang harus diaktualisasikan di Madrasah seperti tawassut (jalan tengah), tawazun (seimbang), i'tidal (keadilan), tasamuh (toleransi), musawah (egaliter), syura (konsultasi), ishlah (reformasi), alawiyat (prioritas), tahaddhur (berperadaban), wathaniyah wa muwathani (nation-state), dan wudwatiyah (inovatif). Model pengembangan pendidikan wasatiyyah yang perlu diaktualisasikan madrasah yaitu; pertama, madrasah harus membuat visi dan misi yang mengarah pada nilai-nilai wasatiyyah. Kedua, madrasah harus mampu mengembangkan kurikulum berbasis nilai-nilai wasatiyyah. Ketiga, penguatan habituasi dan budaya madrasah sebagai strategi internalisasi nilai-nilai wasatiyyah. Keempat, madrasah harus mampu mengembangkan penguatan moderasi Islam lewat program-program yang terintegrasi dan mengarah pada nilai-nilai wasatiyyah.
Konsep Merdeka Belajar bagi Anak Usia Dini Menurut Ki Hajar Dewantara Novan Ardy Wiyani
Al-Mudarris Vol 5, No 1 (2022): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/mdr.v5i1.5252

Abstract

Merdeka belajar dalam kurikulum merdeka bukanlah hal baru. Gagasan merdeka belajar sejak lama didiseminasikan oleh Ki Hajar Dewantara. Hal itulah yang menjadikan penulis tertarik untuk mengkaji konsep merdeka belajar bagi anak usia dini menurut Ki Hajar Dewantara. Tulisan ini ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep merdeka belajar bagi anak usia dini menurut Ki Hajar Dewantara. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Merdeka belajar bagi Ki Hajar Dewantara bukanlah memberikan kebebasan tanpa batas pada anak usia dini dalam bermain. Merdeka belajar merupakan upaya memberikan kebebasan kepada anak untuk bermain dengan tetap dituntun oleh guru. Merdeka belajar bagi Ki Hajar Dewantara dijadikan sebagai dasar dan tujuan dalam mendidik anak usia dini serta menjadi salah satu dari lima dasar Panca Dharma, yaitu kebebasan atau kemerdekaan, kebudayaan, kodrat alam, kebangsaan dan kemanusiaan. Pemikiran Ki Hajar Dewantara terkait dengan konsep merdeka belajar pada tulisan ini telah menunjukkan bahwa ada sumbangsih ideologis dari Ki Hajar Dewantara dalam pengembangan kurikulum merdeka yang sedang diimplementasikan secara gradual sejak tahun 2022 di lembaga-lembaga pendidikan seperti lembaga PAUD.
Dampak Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Siswa Berkebutuhan Khusus Tunarungu Sri Hidayati; Cindy Safitri; Muslimah Muslimah; Istiyati Mahmudah
Al-Mudarris Vol 5, No 1 (2022): Al-Mudarris
Publisher : Jurusan Tarbiyah,IAIN PALANGKARAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/mdr.v5i1.5900

Abstract

Children with Special Needs (ABK) is a term used to describe children who have difficulties with the sight, hearing, or mental skills. Because they are motivated by their limitations, lots of them have poor self. There are some who say that ABK's lack of self-confidence has hurt his ability to achieve his goals. The purpose of this study is to assess how self-confidence impacts the achievement of students with special needs for the deaf. 6 deaf class students served as subjects, with just principal, 2-class teachers, and 6 parents of deaf class students participating as informants. The results reveal as many deaf students at SLBN 1 Palangka Raya had achieved academic and non-academic achievement at the provincial and national levels. They already have self-confidence in term, but different sorts of self-confidence. The findings also show that their level of confidence has an impact on their results. On the other side, their efforts have a good effect on self. This shows that ABK can succeed on a provincial and even national level, just like other regular students.

Page 1 of 1 | Total Record : 7