cover
Contact Name
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad
Contact Email
jurnalalawlad@gmail.com
Phone
+6282389506600
Journal Mail Official
jurnalalawlad@gmail.com
Editorial Address
Prodi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidauyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Jl. Prof Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Kuranji Kota Padang Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad
ISSN : 20868065     EISSN : 2723004X     DOI : https://doi.org/10.xxx/xxxx
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ibtidaiyah
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2017)" : 10 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV MIN GUNUNG PANGILUN KOTA PADANG Prideswita Prideswita
Tarbiyah al-Awlad Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v7i1.409

Abstract

Hasil Belajar PPKN siswa kelas IV MIN Gunung Pangilun Kota Padang masihrendah. Menyikapi kenyataan tersebut, dilakukan pembelajaran menggunakan metodebermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Metode penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanyapeningkatan aktivitas dan hasil belajar PPKN siswa dengan menggunakan metode bermainperan. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I ditunjukkan dengan nilai rata-ratasebesar 75 dan siklus II 85. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajarPPKN siswa, dimana nilai ketuntasan belajar yang diperoleh sudah mencapai 95 %.
PENERAPAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 136 PEKANBARU Febianto, Debi
Tarbiyah al-Awlad Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.511 KB) | DOI: 10.15548/alawlad.v7i1.419

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru kemungkinan disebabkan metode mengajar yangdigunakan guru kurang efisien. Dari pengamatan terdapat 17,9% dari jumlah siswa kelas IIyang ada di Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru tidak tuntas dalam membaca. Penelitianini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SekolahDasar Negeri 136 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelaskolaboratif. Dikatakan sebagai penelitian kolaboratif karena dalam PTK ini melibatkanpeneliti sebagai observer yang akan memperhatikan segala tindakan peneliti dan dampaknyadalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswadalam kemampuan membaca permulaan mengalami peningkatan. Di mana diketahui daridata awal adalah 62,7 (kategori kompeten) dengan ketuntasan 17,9% siswa atau 5 orang.Siklus pertama pertemuan pertama diperoleh rata-rata 67,0 (cukup kompeten) denganketuntasan 39,3% siswa atau 11 orang, siklus pertama pertemuan kedua diperoleh rata-rata70,1 (kompeten) dengan ketuntasan 53,6% siswa atau 15 orang, siklus kedua pertemuanpertama diperoleh rata-rata 76,3 (kompeten) dengan ketuntasan 67,9% siswa atau 19 orang,dan siklus kedua pertemuan kedua diperoleh rata-rata 85,5 (kompeten) dengan ketuntasan100% siswa atau 28 orang. Dengan demikian, penelitian ini dikatakan berhasil
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS DI MIN GUNUNG PANGILUN KOTA PADANG Yakub Yakub
Tarbiyah al-Awlad Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v7i1.411

Abstract

Jumlah guru yang lengkap administrasi kelas masih rendah. Menyikapi kenyataantersebut, dilakukan supervisi klinis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensiguru dalam pengelolaan administrasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanyapeningkatan jumlah guru yang lengkap administrasi kelas melalui supervisi klinis yangdilakukan Kepala MIN Gunung Pangilun Kota Padang. Jumlah guru yang lengkapadministrasi kelas pada siklus I sebanyak 16 orang dan meningkat pada siklus menjadi 23orang. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru dalampengelolaan administrasi kelas, dimana jumlah guru yang lengkap administrasi kelas sudahmencapai 92 %.
STUDI KUALITAS DAN PEMAHAMAN HADIS-HADIS IBADAH PADA MATERI AJAR KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN DASAR KOTA PADANG Marhamah Marhamah
Tarbiyah al-Awlad Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.425 KB) | DOI: 10.15548/alawlad.v7i1.420

Abstract

Hadis memiliki peranan dalam menetapkan hukum dan tata cara pelaksanaan ibadahdalam Islam. Hal ini sesuai dengan fungsi hadis dalam syariat Islam yaitu menetapkan hukumyang belum ada dalam al-Quran, dan sebagai dasar bagi pengamalan syariat Islam. Apabiladikaitkan dengan keilmuan Pendidikan Islam, hadis dan ibadah merupakan salah satu kajianyang menjadi bagian materi Pendidikan Islam. Sebagai manusia yang diciptakan oleh Allah danhidup di muka bumi ini mempunyai banyak tugas dan kewajiban yang harus dikerjakan. Tetapidiantara tugas-tugas dan kewajiban-kewajiban yang pokok yang harus dikerjakan, tidak dapat ditinggalkan dan tidak dapat diwakilkan adalah ibadah kepada Allah. Supaya manusia memahamibahwa adanya Allah mewajibkan manusia dan jin untuk beribadah kepada Allah adalah sebabketika di alam ruh Allah telah menawarkan amanah agama kepada semua hamba-Nya yang telahdiciptakan pada waktu itu. Dan manusialah yang sanggup melaksanakan amanah agama tersebut.Petunjuk-petunjuk untuk pelaksanaan ibadah ada terdapat dalam al-Qur’an dan juga terdapatdalam hadis Nabi. Oleh sebab itu kedua sumber ajaran Islam itu harus dipahami dengan baikbagaimana melaksanakan ibadah tersebut. Berkenaan dengan hadis tersebut, maka yang kamimaksud dengan hadis ibadah adalah hadis-hadis nabi yang menjelaskan tentang tatacaraberibadah dalam Islam. Namun yang penulis maksud dalam pengertian hadis ibadah tersebutadalah hadis-hadis yang berkenaan dengan ibadah khusus atau mahdah yang mempunyaiketentuan-ketentuan dalam pelaksanaannya.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS MOODLE DAN PHP DI PRODI PGMI FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA Sigit Prasetyo
Tarbiyah al-Awlad Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.623 KB) | DOI: 10.15548/alawlad.v7i1.413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran onlineberbasis moodle dan PHP di Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SunanKalijaga Yogyakarta, 2) memperoleh media pembelajaran online berbasis moodle dan PHPyang layak digunakan di Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SunanKalijaga Yogyakarta, dan 3) mengetahui respon mahasiswa terhadap media pembelajaranonline berbasis moodle dan PHP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanganResearch and Development (R & D). Prosedur pengembangan meliputi enam langkah,yaitu: analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain,revisi desain, dan uji coba produk. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar angketuntuk uji kualitas produk media pembelajaran online berbasis moodle dan PHP. Penilaiankualitas produk media online berbasis moodle dan PHP dilakukan oleh reviewer (Ahlimedia, ahli materi, peer reviewer, dosen Prodi PGMI) dan respon mahasiswa Prodi PGMI(Semester I, III, V, VII). Hasil penelitian pengembangan ini adalah: 1) telahdikembangkan produk media pembelajaran online berbasis moodle dan PHP di Prodi PGMIFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2) mediapembelajaran online berbasis moodle dan PHP di Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah danKeguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan kelayakan sesuai hasil penilaianreviewer, yaitu kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase penilaian 86,61%, 3) responatau tanggapan mahasiswa terhadap media pembelajaran online berbasis moodle dan PHPmempunyai kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase 85,15%. Sesuai batas-batas hasilreview dan respon mahasiswa dalam penelitian ini, maka produk media pembelajaran onlineberbasis moodle dan PHP dianggap layak dan dapat digunakan di Prodi PGMI FakultasIlmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH Zulvia Trinova
Tarbiyah al-Awlad Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.837 KB) | DOI: 10.15548/alawlad.v7i1.414

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru terhadap strategidan teknik pembelajaran.Guru tidak menyampaikan pembelajaran sesuai dengan langkahlangkahstrategi yang digunakan dalam proses belajar.Guru terlalu cepat menyampaikanmateri.Kurangnya ke aktifan siswa dalam belajar.Siswa kurang fokus memperhatikan materiyang di sampaikan guru. Kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta kendala-kendala dalam penggunaanstrategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) pada mata pelajaran Fiqih di kelas IVMIN Kota Solok. Penelitian ini adalah field researchdengan metode kualitatif jenis deskriptif. Sumberdata dalam penelitian ini adalah yang pertama data primer dari guru kelas IV dan siswa kelas IV MIN Kota Solok, selanjutnya data sekunder Kepala MIN Kota Solok. Teknikpengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian adalah: (1) pada perencanaan Strategi Catatan Terbimbing (GuidedNote Taking), guru kelas IV telah nenyiapkan RPP, namun tidak sesuai dengan langkahlangkahStrategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking), (2) Pelaksanaan pembelajarandalam pelaksanaan Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) pada mata pelajaranFiqih sudah dilaksanakan, namun pelaksanaannya belum sesuai dengan langkah-langkahnya.(3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan Strategi Catatan Terbimbing (GuidedNote Taking), yaitu guru kesulitan dalam membuat bahan ajar, guru mengalami kesulitanbiaya dalam membuat bahan ajar, alokasi waktu yang tidak cukup.Penulis menyimpulkanbahwa penerapan Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) tidak sesuai denganlangkah-langkah Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) dan penulismenyarankan agar guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang disesuaikan denganlangkah-langkah strategi yang di gunakan saat pembelajaran serta menyesuaikan dengantujuan pembelajaran, guru juga harus mengetahui karakteristik siswa dan kondisipembelajaran.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA Media Roza
Tarbiyah al-Awlad Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v7i1.408

Abstract

Telah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-ListenCreate(FSLC) dengan menggunakan mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk melihataktivitas dan peningkatan keterampilan berfikir kritis mahasiswa pada Mata Kuliah KonsepDasar IPA 1 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-ListenCreate(FSLC) dengan menggunakan mind mapping. Metode penelitian ini menggunakanpre-eksperimental dengan desain penelitiannya one group pretest anda posttest design.Penelitian dilaksanakan di Jurusan PGMI FTK IAIN Imam Bonjol Padang. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Konsep Dasar IPA 1.Sampel penelitian diambil satu kelas yaitu mahasiswa semester I lokal B yang berjumlah 38mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan hasil dari gain pretest dan postest kemudian dilihatgain ternormalisasinya. Hasil yang diperoleh lebih kepada makna generalisasi untuk melihatpeningkatan keterampilan berfikir kritis mahasiswa. Dimana terdapat peningkatan aktivitasmahasiswa di setiap pertemuan. Pada aspek keterampilan berfikir kritis juga terdapatpeningkatan, dimana gain ternormalisasinya 0,33 berada pada kategori sedang. Dapatdisimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-ListenCreate(FSLC) dengan menggunakan mind mapping dapat meningkatkan keterampilanberfikir kritis mahasiswa.
INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARANBUDAYA ALAM MINANGKABAU DI SEKOLAH DASAR Aziza meria
Tarbiyah al-Awlad Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.567 KB) | DOI: 10.15548/alawlad.v7i1.416

Abstract

The general objective of this research is to find out the general picture of integration of Islamicreligious education in the learning of Minangkabau Nature Culture (BAM) in Elementary School(SD). While the specific purpose of this research is to know the integration of the value of faitheducation, sharia education, and moral education in BAM learning in elementary school. Thetype of research method used is field research (field research) that is by going directly to thefield to know the integration of values of Islamic education in learning BAM in elementary. Theapproach taken in data collection using qualitative methods, with techniques, observation,interviews and documentation. The data were obtained from several sources including PAIteachers, BAM teachers, students, principals, and parties related to the theme of this research.Further analyzed by descriptive and narrative analysis. The results of this research are: first, theintegration of PAI value in BAM learning in SD is the value of faith education. The value of faitheducation consisting of faith in God, to the Prophet, to the holy book of the Qur'an, and the finalday. Secondly, the value of sharia education is that of birth, marriage, and marriage ceremonies.Thirdly, the value of moral education is, about the matter of high upright raises the meaning ofmanners are the courtesy, the praiseworthy, the humble, the shyness and the lazy attitude whichcontradicts hard work.
PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Fauzan Fauzan
Tarbiyah al-Awlad Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/alawlad.v7i1.406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dalamdelapan kali pertemuan. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperolehmelalui wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian yang di dapat yaitu meningkatnyahasil belajar siswa yang meliputi tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.Peningkatan hasil belajar kognitif siswa naik sebanyak 22,92% dengan perolehan presentaseketuntasan 55,56% (siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa) pada posttes siklus Imenjadi 81,48% pada posttes siklus II (siswa yang mencapai KKM sebanyak 22 siswa).Peningkatan Hasil belajar afektif siswa pada siklus I yaitu 59,26% kemudian mengalamipeningkatan pada siklus II menjadi 88,89%. Sedangkan hasil belajar psikomotorik siswamemperoleh rara-rata presentase ketuntasan 68,52% dan meningkat menjadi 90,74% padasikulus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pendekatanpembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran IPS.
RESEARCH ON YOUNG LEARNERS: ADVANCING UNDERGRADUATE STUDENTS’ RESEARCH EXPERIENCE Martin Kustati
Tarbiyah al-Awlad Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.374 KB) | DOI: 10.15548/alawlad.v7i1.417

Abstract

Research for young learners has been receiving considerable attention from the respective worldeducation institutions due to its increasing importance for teaching demands. As a result, theresearch has taken enormous strides over the past few decades, which has had its significanceimplications for the teaching of young learners. This article thus far discusses the nature ofresearch in the area of young learners and then goes on to discuss its characterists, currenttrends, and process of research in the area of young learners. Next, it concludes with theresearch method that most commonly carried out by undergraduate students in their field ofstudy. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10