cover
Contact Name
Ujang Syahrul Mubarrok
Contact Email
ujang@uniska-kediri.ac.id
Phone
+6281235247660
Journal Mail Official
redaksijmk@uniska-kediri.ac.id
Editorial Address
Jln. Sersan Suharmaji Nomor. 38, Manisrenggo, Kecamatan, Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64128
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
JMK Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan
ISSN : 24773166     EISSN : 26560771     DOI : https://doi.org/10.32503/jmk.v5i2
Core Subject : Economy,
Aims JMK (Jurnal Manajemen & Kewirausahaan) covers in details a large variety of topics in management. The aim of the journal is disseminate knowledge derived from the results of empirical research on organizations, people, systems, and events in the field of management and entrepreneurship. The journal provides a forum for scholarly exchanges for academics, practitioners, and independent researchers by publishing quality empirical research. Scope JMK (Jurnal Manajemen & Kewirausahaan) promotes the ideas and information among researchers that have been achieved in the area of financial economics, marketing management, human-resource management, behavior organizational, good governance, strategic management, public policy, entrepreneurship, management, financial, business ethics.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2021): Mei" : 7 Documents clear
Analisis Pengambilan Keputusan Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Langgang Appin Purisky Redaputri; Dion Alfarizi
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32503/jmk.v6i2.1475

Abstract

Abstract Kemplang Tunu (panggang) is one of the typical snack products from South Sumatra that is very popular by the community. Langgang's business is a new roast camper business established in June 2020.This research on business actors is a first step strategy in business development do that it can last in the long term, this triggers researchers to find out what alternative strategies are in accordance with Langgang's efforts in increasing sales. This research uses descriptive qualitative with Soft Systems Methodology (SSM) and Analytical Hierarchy Process (AHP) method and Expert Choice application as a tool in processing data supporting system decision making. The results of this study showed that internal factors four sub-criteria and external factors four sub-criteria. The results of the decision-making model using Analytical Hierarchy Process (AHP) stated that the alternative business strategy in Langgang business is the development of a new type of taste with an assessment of (0.387), sales via e-commerce with an assessment of (0.290), opening oulet with an assessment of (0.192) and selection of suppliers with an assessment of (0.131). Keywords: Kemplang Panggang, Decision Making, Business Strategy, Analytical Hierarchy Process (AHP), Expert Choice Abstrak Kempang Tunu (Panggang) ialah produk olahan istimewa dari Sumatera Selatan dan sangat digemari oleh masyarakat. Usaha Langgang ialah usaha kemplang panggang yang baru didirikan pada bulan Juni 2020. Penelitian pelaku usaha ini merupakan strategi langkah awal pada pengembangan usaha hingga mencapai bertahan sampai jangka panjang, hal ini memicu peneliti untuk mencari tahu alternatif strategi apa yang sesuai dengan usaha Langgang dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan kualitatif dekriptif dengan Soft Systems Methodology (SSM) dan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) serta aplikasi Expert Choice sebagai alat dalam mengolah data sistem penunjang pengambilan keputusan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal terdapat empat sub-kriteria dan faktor eksternal terdapat empat sub-kriteria. Hasil model pengambilan keputusan dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) menyatakan bahwa alternatif strategi bisnis pada usaha Langgang yaitu pengembangan jenis rasa baru dengan penilaian sebesar (0,387), penjualan via e-commerce dengan penilaian sebesar (0,290), membuka oulet dengan penilaian sebesar (0,192) dan pemilihan supplier dengan penilaian sebesar (0,131). Kata kunci: Kemplang Panggang, Pengambilan Keputusan, Strategi Bisnis, Analytical Hierarchy Process (AHP), Expert Choice
Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Perusahaan: Studi Kasus UMKM Pendukung Wisata Kuliner di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kania Ratnasari; Levyda Levyda
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32503/jmk.v6i2.1267

Abstract

Analisis ini bertujuan untuk mengetahui orientasi kewirausahaan dan keberhasilan UMKM di Belitung, Bangka, dan untuk mengetahui apakah orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja UMKM tersebut. Asal mula penelitian ini adalah peserta UMKM dari Provinsi Bangka Belitung dan dipilih secara acak 32 peserta UMKM. Pendekatan yang digunakan adalah pengolahan data kuantitatif deskriptif. Faktor studi memberikan 2 (dua) metrik, yaitu jalur kewirausahaan dan efisiensi pasar. Indikator yang berorientasi pada kewirausahaan adalah kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif, inovatif, bermusuhan, dan otonomi, sedangkan indikator keberhasilan adalah peningkatan pendapatan, daya saing, dan loyalitas konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator orientasi perusahaan berada pada peringkat kuat dengan nilai rata-rata maksimum pada indeks kepentingan strategis dan nilai rata-rata terendah pada indeks pengambilan risiko. Kemudian keberhasilan pasar vektor masuk dalam pita positif, dengan skor rata-rata tertinggi pada indikator "kebahagiaan pelanggan" dan skor rata-rata terendah pada indikator "kenaikan penjualan". Kata Kunci: Orientasi kewirausahaan, Kinerja usaha, UMKM, Provinsi Bangka Belitung
Pengaruh Pelatihan Kerja dan Penilaian Kinerja Terhadap Kinerja Karyawan Direktorat Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Pusat Gita Maharani; Syarif Ali; Zackharia Rialmi
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32503/jmk.v6i2.1516

Abstract

This research is a quantitative study that aims to determine and prove the effect of job training and performance appraisals on employee performance. The sample used in this study were all employees of the Direktorat Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Pusat amounting to 100 employees. Data collection by questionnaire via google form. The analysis technique used was inferential analysis and data processing was carried out through SPSS Statistics 23 with a significant level of 5% (0,05). The results of the test obtained (1) job training has an effect on employee performance, (2) performance appraisal has an effect on employee performance, (3) job training and performance appraisal simultaneously have an effect on employee performance. Keywords: job training, performance appraisal, and employee performance.
Pengaruh Biaya Diklat, Jumlah Kantor, dan Jumlah Tenaga Kerja pada Laba Perbankan Syariah Ratih Hastasari; Suharini Suharini
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32503/jmk.v6i2.1343

Abstract

This paper analyzes how significant the internal company factors affecting the profit of the sharia banking industry. There are so many variables that can affecting profit, and profit is an important part of shariah banking for its business sustainability, so in this research, profit was selected as the dependent variable, its data was taken from monthly reports of sharia banking profit/Loss, the independent variables that were selected are the cost of education and training, the number of sharia banking offices, and the amount of the sharia banking labor. This research using 25 data starting from January 2018 to January 2020 with the results of the regression analysis indicates the difference of significance, the cost of training and education significantly affecting the profit of sharia banking, while the results of regression for the number of the office and the amount of labor indicates that both variables were not significantly affecting the profit of sharia banking.
Pengaruh Pemilihan Lokasi, Daya Beli Konsumen dan Suasana terhadap Keputusan Pedagang Kaki lima Berjualan di Jalan H.O.S Cokroaminoto Kota Kediri Bayu Pramutoko
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32503/jmk.v6i2.1585

Abstract

Dalam penelitian ini rumusan masalahnyaa adalah Apakah terdapat hubungan, pengauruh dan mana variabel yang dominan berpengaruh antara Lokasi berjualan, Daya Beli Konsumen dan Suasana Terhadap Keputusan Pedagang Kaki lima berjualan di Jalan H.O.S Cokroaminoto Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan selama 3,5 bulan, mulai awal bulan Januari sampai Pertengahan bulan April 2021. Penelitian ini menggunaklanP populasi seluruh pedagang kaki lima/PK5 yang berjualan pada pagi, siang, sore dan malam hari di Jalan H.O.S Cokroaminoto. yang berjumlah sekitar 500 pedagang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah (X1) Lokasi Berjualan, (X2) Daya Beli Konsumen, (X3) Suasana dengan Variabel Terikat (Y) Keputusan pedagang PK5 memilih berjualan di Jl. HOS Cokroaminoto. Teknik Analisi Data dalam penelitian ini adalah a) Uji Validitas, b) Uji Reabilitas, c) Uji Korelasi bergandaa, dan c) Uji Rregresi linier dberganda. Kemudian penelitian setelah diuji. Dari hasil pengujian menggunakan statistik diketahui koefisien akorelasi berganda sebesar 0,8089. Ini menunjukkan bahwa faktor-faktor internal prilaku konsumen yang terdiri dari Lokasi Berjualan (X1), Daya Beli Konsumen (X2), dan Suasana Tempat Berjualan (X3) mempunyai hubungan terhadap keputusan PK5 memilih berjualan di Jalan HOS Cokroaminoto Kediri. Hasil pengujian dengan regresi linier berganda diketahui persamaan regresi berpengaruh antara Lokasi Berjualan (X1), Daya Beli Konsumen (X2), dan Suasana Tempat Berjualan (X3) adalah Y = 4,193 + 0,314 X1 + 0,362 X2 + 0,117X3. Dan dapat disimpukan bahwa variabel X2, Daya beli konsumen berpengaruh paling dominan terhadap keputusan PK5 memilih berjualan di Jalan HOS Cokroaminoto Kediri
Evaluasi Efisiensi Sektor Ekonomi Kreatif pada Wirausaha Muda di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Anggraita Primatami; Yuridistya Primadhita
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32503/jmk.v6i2.1346

Abstract

The creative economy is an economic sector that results from the development of creativity and ideas. Young entrepreneurs contribute to the improvement of the creative economy sector because they are considered easier to adapt technology, respond to market changes, and think creatively and innovatively. This study aims to evaluate the efficiency of the creative economy sector in entrepreneur students of the College of Economics (STIE). This study used the primary data of 50 entrepreneur students. The research was conducted using the Data Envelopment Analysis (DEA) method by analyzing the input to the output factors. The results showed that 7 out of 50 businesses run by STIE students reached 100% efficiency in January and February. Meanwhile, in March there were 9 businesses that achieved 100% efficiency. As many as 41 businesses have never reached 100% efficiency during January to March 2020. Efficiency improvements for inefficient businesses are carried out by referring to businesses that have been efficient by reducing production costs which include reducing the total cost of labor or raw materials.
Bagaimana Meningkatkan Kinerja Karyawan Perusahaan Logistik? Studi pada PT. JNE Cabang Kota Malang Ahmad Nizar Yogatama; Mutiara Erwiningtyas
JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan) Vol 6 No 2 (2021): Mei
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32503/jmk.v6i2.1446

Abstract

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan logistik dalam negeri terutama di Kota Malang, kinerja perusahaan logistik menjadi penting, terutama PT. JNE Cabang Kota Malang. Sebagai perusahaan jasa, maka pelayanan terbaik terhadap konsumen menjadi kunci kinerja karyawan yang juga bagian dari kinerja perusahaan. Kinerja karyawan dapat ditingkatkan melalui kompensasi dan motivasi kerja. Penelitian ini menggunakan teknik sampel proporsional di seluruh divisi perusahaan dengan total sebanyak 81 karyawan yang diuji menggunakan teknik analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kompensasi dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7