cover
Contact Name
Muhammad Shohibul Ihsan
Contact Email
jips@unwmataram.ac.id
Phone
+6281805745584
Journal Mail Official
ihsan@unwmataram.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaktus Nomor 1-3 Mataram-Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains
ISSN : -     EISSN : 27219119     DOI : https://doi.org/10.51673/jips
Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains (JIPS) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa dan peneliti dalam bidang Sains dan di bidang pendidikan Kimia, Fisika dan Biologi. Semua manuskrip yang dikirimkan akan dikenakan proses review setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh editor. Focus and Scope Ilmu Lingkungan Sains Pendidikan Kimia Pendidikan Fisika Pendidikan Biologi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): April" : 24 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN NOICED-INDUCED HEARING LOSS (NIHL) PADA NELAYAN KEPULAUAN Ratna Tanzilla C. Hipi; I Gusti Ayu Trisna Aryani
JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 4 No 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51673/jips.v4i1.1306

Abstract

Indonesia memiliki julukan sebagai Negara maritime. Julukan tersebut diberikan karena 2/3 bagian Negara Indonesia merupakan perairan. Sumber daya alam laut yang melimpah memungkinkan masyarakat khusunya di daerah pesisir untuk bekerja sebagai nelayan. Hampir sepanjang hari nelayan melakukan penangkapan ikan menggunakan kapal mesin untuk mempercepat nelayan menuju lokasi penangkapan ikan. Tidak menutup kemungkinan dengan hadirnya mesin kapal ini menimbulkan dampak negatif akibat suara bising yang ditimbulkan oleh mesin kapal. Apabila kondisi ini terus menerus terjadi, maka dapat menimbulkan masalah pendengaran pada nelayan yakni tuli akibat bising atau yang disebut juga Noiced-Induced Hearing Loss (NIHL). Karena gangguan ini tidak dapat disembuhkan, langkah yang dapat diambil berupa pencegahan dan rehabilitasi. Sebagai pencegahan, perlu diketahui oleh para nelayan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi terjadinya gangguan pendengaran tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi NIHL diklasifikasikan menjadi faktor internal (usia) dan faktor eksternal (intensitas kebisingan, masa kerja dan penggunaan Alat Pelindung Pendengaran(APP)). Tujuan dari penulisan artikel ini diharapkan mampu membantu dalam pengenalan faktor-faktor yang berhubungan akan terjadinya NIHL pada nelayan kepulauan.
Development of Problem-Based Learning Devices to Improve Critical Thinking Skills Alfiani Syarifatul Ajri; Riki Perdana
JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 4 No 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51673/jips.v4i1.1338

Abstract

Perangkat pembelajaran dapat membantu guru dalam proses pembelajaran yang terarah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang layak pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen penilaian hasil belajar berupa pilihan ganda. Instrumen yang digunakan dalam tahap develop berupa lembar validasi. Validasi perangkat pembelajaran dilakukan oleh dosen ahli dan tiga mahasiswa. Hasil pengisian lembar validasi tersebut dianalisis menghitung persentase lalu dikategorikan dalam rentang skor kumulatif. Hasil penelitian yang diperoleh melalui uji kelayakan RPP, LKPD, dan instrumen penilaian hasil belajar secara keseluruhan menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning memiliki kategori sangat layak dengan nilai diatas 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis layak digunakan dalam proses pembelajaran.
The PEARSON CORRELATION ANALYSIS OF PRODUCTION COSTS ON THE LAND AREA OF SALT FARMERS IN BOLO SUB-DISTRICT, BIMA DISTRICT Anna Apriana Hidayanti; Eka Nurminda Dewi Mandalika
JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 4 No 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51673/jips.v4i1.1444

Abstract

Salt is broadly divided into 3 (three) groups, namely salt for human consumption, salt for salting and various foods and, salt for industry. In Indonesia, salt is widely produced by evaporating seawater on a piece of coastal land with the help of wind and sunlight as a source of evaporation energy. The situation above is supported by the condition of the waters of Indonesia, one of which is Bolo District, Sanolo village ranks first in terms of salt production in Bima Regency so that many residents work as salt farmers, production costs in salt farmers in Bolo kecamata include elements of labor wages, depreciation costs of production equipment such as (pump machines, crowbars, sacks, windmills) gasoline costs in activating production aids then tax costs per year. Based on the above explanation, the researcher aims to determine the level of closeness of the relationship between variables in the production cost factor terhadapa land area with the Pearson Correlation Test method. There are 60 samples of salt farmers obtained by purposive sampling obtained the results of the Person Correlation Analysis Test results in the table above it is known that labor costs on the land area of salt farmers have a significant value of 0.000. The significant value between labor costs and the area of paddy rice farming land is 0.000 <0.05, so that the significant value is less than 0.05, it can be concluded that Ho is rejected and H1 is accepted, meaning that there is a significant relationship between labor costs and the land area of salt farmers. From the results of the analysis that has been done, it can be concluded that for variable gasoline costs, variable depreciation of tools, land tax costs and labor costs have a unidirectional and significant relationship, and variable tax costs have the highest correlation with the area of land owned by salt farmers, the more land owned by salt farmers in Bolo District, Bima Regency, the higher the cost of gasoline, variable depreciation of tools, land tax costs and labor costs.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FIPPED CLASSROM MELALUI METODE KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V111 SMP YP-PGRI MAKASSAR Thomas Helmon; Andi Taskirah; Muhammad Anas
JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 4 No 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51673/jips.v4i1.1450

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes akhir siklus. Data yang dikumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dengan dilengakapi tabel frekuensi, hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus satu berada pada kategori sedang yaitu 13 orang atau 43,3% dan pada siklus dua berada pada kategori tinggi yaitu 17 orang siswa atau 56,7%. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus satu yaitu 68,1% daan pada siklus dua meningkat menjadi 95% serta terjadi peningkatan ketuntatasan hasil belajar pada siklus satu yaitu 13 orang siswa atau 43,34% dan meningkat pada siklus dua yaitu 30 orang siswa atau 84,83 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Flipped Classroom Melalui Metode Kontekstual Uuntk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V111 SMP YP-PGRI Makassar dapat meningkat
DETEKSI JAMUR DERMATOFIT DAN NON DERMATOFIT PADA TINEA UNGUIUM MENGGUNAKAN MEDIA ALTERNATIF SUKUN DEKSTROSA AGAR Erpi Nurdin; Mukhtasyam Zuchrullah; Nurul Izza M Achiruddin
JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 4 No 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51673/jips.v4i1.1451

Abstract

Abstrak: Indonesia merupakan negara dengan cuaca lembab dan panas, menggambarkan daerah ideal untuk perkembangan aneka mikroorganisme antara lain jamur. Jamur merupakan tumbuhan yang memerlukan kondisi habitat dan kelembaban yang tinggi. Sehingga merupakan salah satu penyebab masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Kelompok yang berisiko tinggi terkena infeksi jamur yaitu para petani karena selalu berkontak langsung dengan daerah yang hangat dan lembab saat bekerja. Onikomikosis merupakan penyakit kuku yang paling umum dan menyebabkan hampir 50% dari seluruh kelainan kuku. Onikomikosis hanya digunakan untuk infeksi nondermatofita, sedangkan yang disebabkan jamur dermatofita disebut tinea ungunium. Untuk melihat pertumbuhan jamur pada infeksi kuku dengan menggunakan media alternatif sukun dekstrosa agar. Jenis penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Identifikasi sampel menggunakan Metode KOH 10% dengan jumlah sampel 20 kuku kaki petani. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa dari 20 sampel kuku pada petani ditemukan jamur non dermatofit sebanyak 9 sampel (45%) Candida albicans, 4 sampel (20%) Aspergillus niger , dan jamur dermatofit 7 sampel (35%) Trichophyton rubrum. Berdasarkan hasil penelitian deteksi jamur dermatofit dan non dermatofit pada tinea unguium menggunakan media alternatif sukun dekstrosa agar ditemukan spesies jamur non dermatofit berupa Candida albicans dan Aspergillus niger , serta jamur dermatofit Trichophyton rubrum. Kata Kunci : Tinea unguium, jamur, media alternatif
Sintesis Keterampilan Guru Mengajar Literasi Sains Melalui Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Rabiudin Rabiudin
JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 4 No 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51673/jips.v4i1.1463

Abstract

The objective of this study is to measure teachers' skills in teaching scientific literacy based on High Order Thinking Skills (HOTS). These teaching skills are seen from the planning of learning, preparation of learning media, teaching skills, mastery of teaching materials, and skills for conducting evaluations according to the level of literacy students need intervention, basic, capable, skilled, and need creative space. This study uses an explorative descriptive qualitative method with data collection techniques using observation and in-depth interviews. The sample for this study consisted of 25 teachers at Islamic elementary schools (MI) in Sorong City and Sorong Regency, West Papua. Important research findings show that most teachers are skilled in teaching HOTS-based science literacy at the literacy level need intervention and at the basic level or cognitive level of remembering and understanding but have difficulty teaching at the skillful literacy level and need space for the creation or difficulty teaching at the evaluation and creation level on cognitive review.
DAMPAK AKIBAT AKTIFITAS PENAMBANGAN PASIR DI KOTA SORONG Asriadi Asriadi; Irwan Ridwan Rahim; Abdul Rahman Djamaluddin
JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 4 No 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51673/jips.v4i1.1472

Abstract

Pasir merupakan salah satu kebutuhan pokok konstruksi, kebutuhannya pun sangat tinggi permintaannya dalam kegiatan pembangunan Kota Sorong antara lain pekerjaan struktur dan infrastruktur, salah satu material yang pokok adalah pasir. penelitian ini bertujuan menganalisis seberapa besar dampak ekonomi terhadap masyarakat akibat kegiatan penambang pasir dan memberikan usulan pengelolaan penanggulangan dampak banjir terhadap kegiatan penambangan pasir di Kota Sorong khususnya wilayah km 10 Kampung Bugis. rancangan penelitian ini dalam bentuk program kerja yang disusun untuk memudahkan dalam melaksakan penelitian secara efektif dan efisien. dalam tahapan ini akan dilakukan aerialgraphy dan overlay peta wilayah daerah tambang sehingga dapat teridentifikasi seberapa besar luasan tambang dari tahun ke tahun, tahapan dalam penelitian dikelompok dari studi peRpustakaan, pengumpulan data, survey dan observasi lapangan. serta teknik analisis data menggunakan metode eclac dan metode ahp. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan luas galian menjadi 60% sehingga area genangan banjir meluas menjadi 88%, terjadi kenaikan biaya setiap tahun, kenaikan tertinggi pada tahun 2016, dimana besar biaya kerusakan dan kerugian sebesar Rp 12,6 milyar dengan total komulatif yang dicapai sampai dengan tahun 2016 adalah sebesar Rp. 77,14 milyar. dalam upaya pengelolaan penanggulangan banjir didapat 5 kriteria upaya pengelolaan antara lain biaya,ketersediaan,pelaksanaan,waktu dan ramah lingkungan. dengan 3 alternatif yaitu perkuatan hukum, pembangunan fisik dan rekayasa sosial.
PRODUKSI BAHAN BAKAR NABATI DARI MINYAK JARAK DENGAN BANTUAN ULTRASONIK Umar Rusli Marasabessy; Andy Suryanto; La Ifa
JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 4 No 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51673/jips.v4i1.1474

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui pengaruh gelombang suara pada pembuatan bahan bakar alternatif biodiesel dari minyak jarak, disamping itu juga untuk mengetahui pengaruh waktu reaksi dan konsentrasi katalis heterogen dalam memperoleh produk biodiesel sebagai bahan bakar nabati. Penelitian dilaksanakan yang diawali dengan reaksi esterifikasi untuk menurunkan kadar free fatty acid dan dilanjutkan dengan reaksi transesterifikasi dengan pemanasan ultrasonik. Parameter kualitas produk yang dihasilkan antara lain ; bilangan asam. Densitas, viskositas, kadar air dan analisa gas chromatography.
STRUKTUR KOMUNITAS PLANKTON KERAMBA JARING APUNG DI TELUK LAMPUNG Gres Maretta; Desri Yohanna Christiani Nainggolan; Andy Darmawan
JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 4 No 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51673/jips.v4i1.1477

Abstract

Plankton adalah komponen paling penting dalam kehidupan akuatik yang berperan penting sebagai mata rantai paling awal dalam rantai makanan. Plankton menjadi dua yaitu plankton hewani disebut sebagai zooplankton dan plankton tumbuhan disebut sebagai fitoplankton. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui struktur komunitas plankton diperairan keramba jaring apung (KJA). Penelitian dilakukan pada bulan Februari- April 2022 di perairan Teluk Lampung. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan stasiun, yaitu stasiun 1 (terletak di lokasi yang mempunyai jumlah KJA lebih banyak), stasiun ke 2 (terletak di lokasi jumlah KJA yang lebih sedikit), stasiun ke 3 (terletak di lokasi sedang tidak ada KJA). Data yang diperoleh dianalisis Keanekaragaman dan Dominansi. Indeks Keanekargaman yang paling tinggi ditemukan di stasiun 3 yang mencapai 3,26 pada stasiun 3, sedangkan Nilai Indeks Dominansi yang paling tinggi mencapai 0,047 pada stasiun 2. Jumlah spesies yang ditemukan pada keramba jaring apung sebanyak 29 genus, 17 fitoplankton dan zooplankton sebanyak 12 genus. Fitoplankton yang mendominansi adalah Skeletonema dan zooplankton yang mendominasi adalah Naupilus.
Meningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas XI Melalui Model Pembelajaran Drill Agnes Djunijati
JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 4 No 1 (2023): April
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51673/jips.v4i1.1485

Abstract

This study aims to determine the application of the Drill learning model is able to improve Mathematics learning outcomes for students of grade XI KPR 1 SMK Negeri 1 Banyudono semester gasal academic year 2022/2023. This research was conducted at SMK Negeri 1 Banyudono for six months. The subjects of this study were 3.6 students of class XI KPR 1 SMK Negeri 1 Banyudono . This study was designed for classroom action research. Research is conducted in two cycles and each cycle consists of four stages, namely action planning, action implementation, observation and evaluation, and analysis and reflection. Each cycle is carried out with three meetings and each meeting is 2 x 45 minutes. The data collection techniques used are observation, test and documentation techniques. The data analysis technique used is comparative descriptive. This research was carried out in collaborationwith researchers, students, and teachers who teach other mathematics subjects. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the Drill learning model is able toimprove thematic learning outcomes for students of grade XI KPR 1 SMK Negeri 1 Banyudono in the first semester of the academic year 20, 22/20, 23. From the data on the implementation of research that has been carried out, the results of increasing student mathematics learning achievement from 18 students (5 0%) who were completed in the pre-cycle to 2.7 students (7.5%) who were completed in the first cycle and increased to 36 students (100 %) that reaches the limit of learning completeness. The average score of Mathematics learning achievement increased from 69.86 in the pre-cycle to 77.50 or an increase of 11% in the first cycle and to 87.78 or an increase of 2.6% in the second cycle.

Page 1 of 3 | Total Record : 24