cover
Contact Name
Riyan Maulana
Contact Email
riyanspersonal@gmail.com
Phone
+6285260386296
Journal Mail Official
jiemstmik@gmail.com
Editorial Address
Jeulingke, Syiah Kuala, Banda Aceh City, Aceh
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Journal Informatic, Education and Management (JIEM)
ISSN : -     EISSN : 27160696     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Perkembangan ilmu pengetahuan terkait dengan teknologi, informasi dan komunikasi baik secara teoritis maupun empiris terbukti sudah memberikan dampak positif bagi berbagai sisi kehidupan masyarakat. Perkembangan ilmu Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi sudah banyak memberikan manfaat bagi peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam berbagai kegiatan berbagai bidang ilmu. Kategori Jurnal TIK menghasilkan berbagai produk seperti; Produk Hardware (Perangkat Keras), Produk Software (Perangkat Lunak), IT Security (Keamanan TIK), Mobile, Storage (Penyimpanan), dan Networking(Jaringan). Demikian pula halnya dengan ilmu Teknologi Informasi Dan Komunikasi dapat memberikan kontribusi bagi kemudahan pelaksanaan tugas-tugas administasi baik dilembaga pemerintah maupun non pemerintah. Hingga saat ini, penelitian terkait dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi sudah banyak dilakukan oleh akademisi, praktisi maupun peneliti yang konsen terhadap bidang ilmu tersebut. Namun tidak semua hasil penelitian dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Kehadiran Journal Informatic, Education And Management (JIEM) tidak hanya bermaksud untuk mempublikasikan hasil kajian empiris dan teoritis terkait dengan system informasi, system komputer, pendidikan, dan manajemen. Tetapi lebih dari itu, JIEM menjadi salah satu sarana diseminasi hasil penelitian yang berkaitan dengan ketiga bidang ilmu tersebut.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY" : 11 Documents clear
SISTEM INFORMASI REKAM MEDIK PASIEN (STUDI KASUS KLINIK SEULANGA TAPAK TUAN ACEH SELATAN) Adi Ahmad; M. Zawil Aqli
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (887.93 KB)

Abstract

Klinik Seulanga bergerak sebagai salah satu instansi kesehatan di daerah Tapak Tuan Aceh Selatan ini memiliki banyak pasien yang berobat setiap harinya. Tidak dapat dipungkiri, bahwa pelayanan kesehatan pada Klinik Seulanga pun harus ditingkatkan, mulai dari pelayanan pada saat pasien akan melakukan pendaftaran, kemudian selanjutnya dilakukan pemeriksaan sampai memberikan resep serta mengambil obat yang harus digunakan oleh pasien. Masalah yang terdapat di Klinik ini adalah pada sistem rekam medik atau pendataan pasiennya, dimana data-data yang dibutuhkan saat pelayanan pasien berlangsung masih dicatat dan disimpan secara manual yang mengakibatkan sering terjadinya kesalahan dalam pencatatan data pasien yang disimpan masih berupa buku, sehingga terjadi penumpukan data dan keamanan dari datanya kurang terjamin, selain itu pembuatan laporan harian dan laporan bulanan membutuhkan waktu yang lama dan sering terjadinya kesalahan dalam penulisan dan perhitungan jumlah kasus di Klinik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membantu proses pelayanan kesehatan terhadap rekam medik pasien yang membutuhkan data-data di setiap prosesnya, sehingga memberikan pelayanan yang lebih cepat dan efektif serta efesien dan juga dukungan untuk pengolahan data dan menginput data rekam medik yang baik. Melihat permasalahan yang ada maka metode penelitian yang digunakan dalam perancangan sistem informasi rekam medik pasien ini adalah metode observasi, wawancara dan diteratur. Perancangan perangkat lunak sistem aplikasi rekam medik pasien yang penulis rancang terdiri dari beberapa tahapan yaitu rancangan masukan, rancangan keluar, rancangan data base, rancangan proses, rancangan proses, rancangan kontrol, rancangan waktu,rancangan tenaga kerja dan rancangan biaya. Dengan menggunakan sistem yang baru ini diharapkan dapat menghasilkan sistem informasi yang baik dan teratur, dapat mempercepat proses pengolahan data pasien, dapat mencegah terjadinya kerangkapan data, serta memudahkan dalam pembuatan laporan. Kata Kunci :Rekam Medik,Pasien, Klinik
KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MIN MESJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH Rika Dewi
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.09 KB)

Abstract

Kinerja guru dalam proses pembelajaran adalah hasil kerja seorang guru, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab dan wewenangnya berdasarkan standar kinerja yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: kemampuan dan ketepatan, kualitas, inisiatif, dan kendala guru dalam meningkatkan proses pembelajaran pada MIN Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan guru-guru dalam membuat RPP di sekolah sudah ada, sebagaimana terlihat saat melakukan proses pembelajaran guru merasa tidak bingung dan kesulitan lagi, karena semua bahan ajar sudah disiapkan, sesuai dengan kompetensi yang dirumuskan secara jelas dan konkrit. Namun demikian, proses pembelajaran belum sepenuhnya sukses, karena masih ada sebahagian guru yang belum tepat menggunakan RPP pada saat proses pembelajaran berlangsung; (2) Kualitas dan inisiatif guru dalam proses pembelajaran terlihat masih masih belum baik, seperti Rencana Pelaksanaa Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru belum semuanya berkualitas, kemudian guru kurang memiliki keterampilan bertanya dengan pertanyaan terbuka terhadap siswa, dimana pertanyaan yang sering diberikan guru adalah pertanyaan tertutup, karena kurangnya menguasai bahan ajar yang lebih luas. Kondisi ini membuat sebahagian siswa kurang dapat mengembangkan daya pikir, imajinasi dan analisis yang tinggi dalam belajar, sehingga dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa belum mengalami peningkatan yang signifikan, karena guru hanya mempersiapkan semua tuntutan proses pembelajaran; dan (3) Kendala yang ditemui kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru antara lain: kurang tersedianya dana untuk pelatihan guru di luar jam dinas, masih ada sebagian kecil guru kurang aktif dan hasil penataran belum mampu mengimbas kepada temannya, guru juga masih kurang dalam penguasaan landasan kependidikan, sehingga hal ini berdampak terhadap peningkatan kinerja dalam melaksanakan pembelajaran. Kata Kunci: Kinerja Guru, Proses Pembelajaran, dan MIN Mesjid Raya
MENGAJAR LISTENING MENGGUNAKAN VIDEO KARTUN DAN TPR UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Riyan Maulana; Rahmad Muliana
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.178 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan Kartun Video Bahasa inggris yang diombinasikan dengan teknik Total Physical Response (TPR) dalam mengajar listening. Total Physical Response adalah metode pengajaran bahasa yang pratekkan berkonsep koordinasi ucapan dan tindakan. Penelitian ini difokuskan pada beberapa hal berikut sperti: a. bagaimana penggunaan bahasa inggris kartun video melalui Total Physical Response dapat meningkatkan prestasi siswa dalam Listenning bahasa inggris. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas VIIB dengan total sampel sebanyak 26 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan pada taggal 4 November, 2019 dan selesai pada 8 November 2019. Instrumen yang digunakan adalah tes. Data dari tes dianalisis menggunakan Uji -T untuk mengetahui nilai T nya. Skor dari pre-test dan post-test dapat menjadi bukti apakah ada peningkatan terhadap nilai mereka setelah melakukan penelitian. Pada percobaan ini, penulis menggunakan tingkat nilai level signifikansi 5% (0.05) alpha seperti yang biasanya digunakan dalam psikologis dan pada penelitian pendidikan pada umumnya. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 34. Derajat kebebasan (df) sebagai berikut n-1= 26-1=25. Nilai T-tabel untuk 25 adalah 2.05954. Diperoleh nilai t= 7.15, sehingga t-value lebih tinggi dari nilai kritis pada tabel (t=7.15> t tabel = 2.05954). Kata kunci: TPR Metode Mengajar Listening dan Video Kartun.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS E-COMMERCE PADA CV. CITRA BERSAMA BANDA ACEH Siti Saleha; Adi Ahmad
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.384 KB)

Abstract

CV. Citra Bersama adalah sebuah tataran usaha yang bergerak pada bidang penjulan produk bahan makanan yang berlokasi di Banda Aceh. Sistem Informasi di CV. Citra Bersama saat ini sudah menggunakan komputer, namun aplikasi yang digunakan masih sangat sederhana dan terbatas. Mengingat perkembangan teknologi informasi sekarang ini telah berkembang dengan sangat pesat khususnya dalam proses kegiatan jual beli, sangat tidak memungkinkan lagi jika hanya sebatas mengandalkan aplikasi Microsoft Office Word dan Microsoft Office Excel sebagai pengelola datanya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancangSistem Informasi Penjualan Barang Sembako Berbasis E-Commerce pada CV. Citra Bersama. Adapun metodologi yang digunakan dalam penulisan ini yaitu dengan menggunakan metode studi lapangan dan studi kepustakaan. Dari hasil perancangan sistem informasi tersebut maka dapat menghasilkan output berupa laporan data barang, laporan barang masuk, laporan stok barang serta laporan penjualan keseluruhan. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat menjawab segala kelemahan yang selama ini ada.Kata Kunci : Sistem, Penjualan, E-Commerce
MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR Emil Biyansyahna; Riyan Maulana
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (990.276 KB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan tentang peningkatan Kosakata Bahasa Inggris siswa dengan menggunakan gambar (Sebuah Experimental Study di SMP Negeri 1 Salang, Simeulue). Gambar digunakan sebagai media dalam proses pengajaran. Penelitian ini difokuskan pada hal- hal berikut: 1).Bagaimana guru meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris siswa dengan menggunakan gambar? dan 2) apa tanggapan siswa terhadap penggunaan gambar dalam meningkatkan kosa kata mereka? Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B dengan total sampel 27 siswa baik untuk sampel pre-Test dan sampel pada kelas post testnya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan sejak 4 November, 2019 dan selesai pada tanggal 8 November 2019. Instrumen yang digunakan adalah tes. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus-T untuk mengetahui Skor-t. Skor pre-Test dan post-test dapat menjadi bukti adanya peningkatan setelah melakukan penelitian ini. Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan 5% (0,05) level Alfa (α) signifikansi. Jumlah siswa dalam studi ini adalah 27. Level kebebasan (DF) adalah n-1 = 27-1 = 26. Untuk 5% level Alfa dan 27 level kebebasan, tidak ada nilai yang tepat pada tabel distribusi, namun kita dapat mencari untuk mendapatkan nilai yang paling dekat dari Skor kritis di tabel distrtibusi. Peneliti mendapat nilai t-Scorenya 16,15, sehingga nilai t lebih tinggi dari Skor kritis di tabel distribusi (t = 16.15 > t tabel = 2,035) sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan gambar untuk kelas eksperimental terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajarkan tanpa gambar dalam mengajar Kosakata Bahasa Inggris. Ini berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.Keyword: mengajar reading, gambar, kosa kata
PENDEKATAN “COLLA-COOP” UNTUK MENYUSUN ADMINISTRASI PBM GURU SDLB BINAAN DI KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2019 Syarifah Nurmasyithah
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.394 KB)

Abstract

Pembinaan guru oleh pengawas sekolah merupakan upaya meningkatkan kompetensi guru di dalam menyusun administrasi proses pembelajaran. Pengembangan profesional guru dituntut untuk mampu menghasilkan out put pendidikan yang unggul, dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang unggul dan kondusif. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan “Colla-Coop” untuk mengatasi masalah pembinaan Guru dalam menyusun administrasi PBM guru di SDLB Kabupaten Aceh Besar pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penulisan Best Practices ini menggunakan metode deskriftif kualitatif. Subjek dalam penulisan ini adalah semua guru yang ada di SDLB Negeri Kota Jantho berjumlah 8 orang dan guru SDLB Pembina yang berjumlah 8 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil menunjukkan: Kemampuan guru dalam menyusun administrasi perencanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan “Colla-Coop”. Pada temu awal guru belum menusun administrasi proses belajar mengajar dengan baik, setelah pembimbingan dan kerjasama dalam kelompok, nilai awal 1,52 (50 %) yang tergolong belum baik. Setelah pendampingan dan kerja sama dalam kelompok terjadi peningkatan ke arah yang lebih baik lagi yaitu yang tergolong cukup baik. Pada minggu ke II sudah mencapai 75% dan bimbingan minggu ke III mencapai 100%. Hasil Kemampuan guru dalam menyusun administrasi PBM dengan pendekatan “Colla-Coop” signifikan lebih meningkat pada guru binaan SDLB wilayah Kabuapaten Aceh Besar.
PENERAPAN PROBLEM BASED INSTRUCTION SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK LURUS PADA SISWA KELAS X-MIA SEMESTER GANJIL SMAN 1 LHOKNGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Ety Erawati
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.328 KB)

Abstract

Penerapan Problem Based Instruction pada pelajaran fisika merupakan usaha guru dalam memperbaiki nilai belajar siswa dan meningkatkan nilai belajar siswa. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui penerapan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan nilai siswa dalam mempelajari materi kinematika GLB kelas X-MIA di SMAN 1 Lhoknga Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas X--MIA berjumlah 23 orang siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas ini yaitu menerapkan sistim II siklus yaitu di awali dengan perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada siklus I, hasil belajar kognitif (postes siklus I) meningkat menjadi 69,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 70%. Pada siklus II, hasil belajar kognitif (postes siklus II) juga mengalami peningkatan menjadi 76,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Ini berarti pada siklus II, 87,5% siswa mendapat nilai tes minimal 65, sehingga secara klasikal hasil belajar kognitif telah tuntas. Pada siklus II, hasil belajar afektif mengalami peningkatan menjadi 77,66 dengan ketuntasan belajar klasikal 100%.
PENERAPAN MODEL THINK PAIR AND SHARE DAPAT MENINGKATKAN NILAI PELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS XI-A MATERI ELASTISITAS KELAS XI-A SEMESTER GANJIL DI SMAS ABULYATAMA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Rizwan
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.393 KB)

Abstract

Model pembelajaran Think Pair And Share merupakan usaha guru dalam memperbaiki nilai prestasi belajar siswa dan meningkatkan nilai belajar siswa. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui penerapan model Think Pair And Share dapat meningkatkan nilai siswa dalam mempelajari meteri elastisitas kelas XI-a pada bulan September sampai dengan November di SMAS Abulyatama tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-a berjumlah 21 orang siswa Pada semester ganjil. Prosedur penelitian tindakan kelas ini yaitu menerapkan sitim siklus yaitu di awali dengan perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keadaan awal menunjukkan bahwa aspek afektif nilai 19,04 % aspek kognetif nilai 25,00 % dan psikomotor nilai 25, 00%, 2) Siklus I pertemuan 1, nilai Afektif 56,55 nilai kognetif 56,32 dan nilai psikomotor 56,38. Nilai ketuntasan secara kalsikal mencapai 56,38 % dan pertemuan 2 afektif 60,05, kognetif mencapai 60,11 psikomotor 60,02. Hasil persentase ketuntasan secara klasikal mencapai nilai 72, 88 % dan 3) Siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata aspek afektif 72,88 aspek kognetif 72,94 dan aspek psikomotorik 82,67 nilai ketuntasan mencapai 72 % sedangkan pertemuan ke 2 nilai rata-rata pada aspek afektif 80,23 kognetif mencapai 82,23 dan aspek psikomotor 80,67. nilai ketuntasan secara klasikal telah mencapai 90,44%.Berdasarkan interprestasi nilai siklus I dan II maka model Think Pair And Share dapat meningkatkan nilai fisika pada siswa kelas XI-a.
PENINGKATAN NILAI SISWA PADA MATERI OVOLUSI BIOLOGI DENGAN PENERAPAN MODEL PROBING-PROMPTING PADA SISWA KELAS XII-MIPA.2 SEMESTER GANJIL DI SMAN 1 MESJID RAYA TAHUN 2019/2020 Masridar
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.808 KB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran Prombing-Promting sebagai usaha guru dalam memperbaiki prestasi belajar siswa dan meningkatkan nilai belajar siswa. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui penerapan model Prombing-Promting dapat meningkatkan nilai siswa dalam mempelajari Ovolusi Biologi di kelas XII-MIPA SMAN 1 Mesjid Raya tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-MIPA berjumlah 23 orang siswa Pada semester ganjil. Prosedur penelitian tindakan kelas ini yaitu menerapkan sitim siklus yaitu di awali dengan perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keadaan awal menunjukkan bahwa aspek afektif nilai D aspek kognetif nilai 3,33% dan psikomotor nilai 3,33%, 2) Siklus I pertemuan 1, nilai Afektif C nilai kognetif 62,5 dan nilai psikomotor 61,5 .Nilai ketuntasan secara kalsikal mencapai 54,79 % dan pertemuan 2 afektif 61,47, kognetif mencapai 60,17 psikomotor 60,35. Hasil persentase ketuntasan secara klasikal mencapai nilai 60, 66 % dan 3) Siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata aspek afektif 71,44 aspek kognetif 72,82 dan aspek psikomotorik 78,50 nilai ketuntasan mencapai 88,84 % sedangkan pertemuan ke 2 nilai rata-rata pada aspek afektif B kognetif mencapai 80 dan aspek psikomotor 88,94. nilai ketuntasan secara klasikal telah mencapai 86,95 %.
PENERAPAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASIKAN SUDUT KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL DI SMAN 1 MESJID RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Nurjannah
Journal Informatic, Education and Management (JIEM) Vol 2 No 1 (2020): FEBRUARY
Publisher : STMIK Indonesia Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.486 KB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran cooperative script merupakan strategi yang digunakan guru dalam menigkatkan motivasi belajar dalam memperbaiki prestasi belajar siswa dan meningkatkan nilai belajar siswa. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan model cooperative script dapat meningkatkan nilai matematik pada materi mengindentifikasikan sudut pada siswa kelas XI-IPS SMAN 1 Mesjid Raya tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPS. berjumlah 21 orang siswa dan menerapkan kopetensi dasar 10.1 mengidentifikasikan sudut di semester genap. Prosedur penelitian tindakan kelas ini yaitu menerapkan II siklus yaitu di awali dengan perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keadaan awal menunjukkan bahwa aspek afektif nilai 20,00 % aspek kognetif nilai 20,00 % dan psikomotor nilai 20,00%, 2) Siklus I pertemuan 1, nilai Afektif 58,94 nilai kognetif 58,11 dan nilai psikomotor 58,44 Nilai ketuntasan secara kalsikal mencapai 58,49 % dan pertemuan 2 afektif 61,27, kognetif mencapai 64,08 psikomotor 64,50. Hasil persentase ketuntasan secara klasikal mencapai nilai 63, 28 % dan 3) Siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata aspek afektif 70,55 aspek kognetif 70,61 dan aspek psikomotorik 72,63 nilai ketuntasan mencapai 72,63% sedangkan pertemuan ke 2 nilai rata-rata pada aspek afektif 72,64 kognetif mencapai 79,38 dan aspek psikomotor 79,55. nilai ketuntasan secara klasikal telah mencapai 88,94%.

Page 1 of 2 | Total Record : 11