cover
Contact Name
Khairuddin
Contact Email
khairuddin@staff.uma.ac.id
Phone
+6281377116720
Journal Mail Official
jurnalp3@gmail.com
Editorial Address
Jalan H.M. Yamin SH No 225 Medan, Sumatera Utara
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K)
Published by Mata Pena Madani
ISSN : 27215393     EISSN : 27215385     DOI : -
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan manuskrip penelitian di bidang pendidikan, psikologi dan kesehatan. Fokus dan ruang lingkup jurnal adalah untuk: 1) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional di seluruh konteks pendidikan 2) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional dalam bidang psikologi 3) Menyediakan jurnal yang melaporkan penelitian tentang topik-topik yang memiliki signifikansi lokal, nasional dan internasional dalam bidang kesehatan. Mengutamakan hasil-hasil penelitian lintas disiplin ilmu dan temuan-temuan terbaru dalam bidang ilmu pengetahuan. J-P3K terbit tiga kali dalam setahun yaitu April, Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL" : 9 Documents clear
Penggunaan Metode Silabel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Harahap, Dinda Permatasari
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1044.793 KB) | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i1.14

Abstract

Kemampuan literasi menjadi komponen penting dalam perkembangan anak. Kemampuan literasi merupakan kemampuan individu untuk membaca dan menulis. Tingkat literasi siswa Sekolah Dasar di Indonesia masih tergolong dalam kategori kurang. Hal ini ditunjukkan oleh masih ditemukannya siswa Sekolah Dasar yang belum bisa membaca dan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dampak metode silabel dalam meningkatkan kemampuan literasi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 Sekolah Dasar yang berusia 9 tahun. Partisipan mengalami kesulitan belajar terutama kesulitan membaca. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca partisipan yakni metode silabel. Metode silabel merupakan metode yang menggunakan suku kata untuk mengajarkan siswa belajar membaca. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama tiga bulan. Peneliti memberikan pelatihan membaca dengan metode silabel yang dilakukan selama 11 sesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode silabel dapat meningkatkan kemampuan membaca pastisipan. Partisipan mampu mengenali huruf, melafalkan huruf, menulis huruf, serta membaca kata dengan baik.
Dukungan Sosial dan Subjective Well Being Siswa Sekolah Singosari Delitua Nugraha, M. Fadli
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.485 KB) | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i1.5

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran dukungan sosial dan subjective well being siswa yang ada di sekolah Singosari Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Populasi seluruh siswa kelas 12 dan sampelnya sebanyak 100 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala jenis likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hail penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan dukungan sosial siswa rendah. Terlihat dari hasil empiris dari dukungan emosional hanya 2 siswa yang tinggi dan 30 siswa sedang dan 68 siswa rendah. Dukungan penghargaan tidak memiliki siswa yang tinggi dan sendang ada 24 siswa, rendah ada 76 siswa. Dukungan instrumental ada 6 siswa tinggi, 19 siswa sedang dan 75 rendah. Kemudian dukungan informatif ada 4 siswa tinggi, 31 sedang dan 65 rendah. Kemudian siswa yang indikator kebahagiaannya tinggi ada 3, sedang 26 dan rendah 71 siswa. Indikator kepuasan hidup ada 2, sedang 32 dan rendah 66 siswa.
Gambaran Psychological Capital dan Work Engagement Fachrian, Arif
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.272 KB) | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiric gambaran Psychological Capital dan Work Engagement pada karyawan Yayasan Medan Plus Medan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling dan didapatkan sebanyak 48 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu skala Psychological Capital dan skala Work Engagement. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan dari 48 orang. Hasil penelitian menunjukan dari 48 orang yang memiliki self efficacy dalam kategori tinggi sebanyak 31 orang, sedang 16 orang dan rendah 1 orang. Optimism dalam kategori tinggi sebanyak 30 orang, sedang 18 orang dan rendah 0 orang. Hope dalam kategori tinngi sebanyak 25 orang, sedang 20 orang dan rendah 3 orang. Resiliency dalam kategori tinggi sebanyak 35 orang, sedang 11 orang dan rendah 2 orang. Work Engagement dari 48 orang yang memiliki Vigor dalam kategori tinggi sebanyak 40 orang, sedang 8 orang dan rendah 0 orang. Absorption yang memiliki kategori tinggi sebanyak 38 orang, sedang7 orang dan rendah 3 orang. Dedication dalam kategori tinggi sebanyak 40 orang, sedang 5 orang dan rendah 3 orang.
Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Oktariani, Oktariani; Ekadiansyah, Evri
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (820.264 KB) | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i1.11

Abstract

Literasi merupakan kemampuan seseorang menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca dan menulis. Melalui kemampuan literasi, seseorang tidak saja memperoleh ilmu pengetahuan tetapi juga bisa menggunakan ilmu pengetahuaan dan pengalamannya untuk dijadikan rujukan di masa yang akan datang. Berpikir kritis merupakan proses berpikir intelektual di mana pemikir dengan sengaja menilai kualitas membuat keputusan ketika menggunakan semua keterampilan tersebut secara efektif dalam konteks dan tipe yang tepat.pemikirannya, pemikir menggunakan pemikiran yang reflektif, independen, jernih, dan rasional. Dengan kemampuan literasi yang baik, maka diharapkan kemampuan berpikir kritispun akan meningkat. Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir yang dapat diterima akal reflektif yang diarahkan untuk memutuskan apa yang dikerjakan atau diyakini, dalam hal ini tidak sembarangan, tidak membawa ke sembarang kesimpulan tetapi kepada ke kekesimpulan yang terbaik. . Dan hal ini berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam literasi, dengan literasi yang dilakukan individu seperti dengan membaca atau menyimak informasi atau cerita, maka individu dapat menemukan cara dalam menyelesaikan masalah, sehingga individu akan melakukan analisis dari permasalahannya tersebut, sehingga pada akhirnya akan membentuk karakter atau pribadi yang kritis.
Pengaruh Pemberian Reward dengan Model Tabungan Kepingan Terhadap Kepatuhan Anak Usia Dini Syah, Muhammad Erwan
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.574 KB) | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i1.17

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dengan model tabungan kepingan terhadap kepatuhan anak usia dini. Subjek terdiri empat siswa. Analisis data menggunakan statistika non parametrik uji Friedman dan dilakukan analisis tambahan dengan Uji peringkat bertanda Wilcoxon. Alat ukur menggunakan behavioral check list kepatuhan anak. Metode penelitian menggunakan eksperimental small N design dengan format ABA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji Friedman didapat (X²) = 6,500 dengan p= 0,039 (p< 0,05). Uji peringkat bertanda Wilcoxon menunjukkan ada perbedaan kepatuhan yang signifikan antara fase baseline (A1) dengan fase perlakuan (B) nilai Z = -1,826 dengan p = 0,034, p< 0,05 . Selain itu antara fase baseline (A1) dengan fase baseline (A2) ada perbedaan kepatuhan yang signifikan nilai Z = -1,826 dengan p = 0,034, p< 0,05. Tidak ada perbedaan kepatuhan antara fase baseline (A2) dengan fase perlakuan (B) nilai Z = -1,461 dengan p= 0,072, p> 0,05. Kesimpulannya ada pengaruh pemberian reward dengan model tabungan kepingan terhadap kepatuhan anak usia dini. Ada peningkatan kepatuhan anak usia dini ketika diberikan reward dengan model tabungan kepingan.
Pengaruh Kompres Serei Hangat Terhadap Pengurangan Rasa Nyeri pada Penderita Rematik Di Panti Jompo Babussalam Nurul Hikma Kecamatan Batang Kuis Anwar, Syahferi; Barus, Rizka Ramadana
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (31.38 KB) | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i1.18

Abstract

Rematik adalah penyakit yang menyerang sendi, penyakit ini menyebabkan inflamasi, kekakuan, pembengkakan, dan rasa sakit pada sendi, otot, ligamen, dan tulang, hingga menyebabkan kelumpuhan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompres serei hangat terhadap pengurangan rasa nyeri pada penderita rematik. Penelitian ini menggunakan desain quasi exprimen one group pre and posttest. Populasi yaitu seluruh lanjut usia yang mengalami nyeri rematik yaitu 15 orang, teknik pengambilan sampel total sampling dengan jumlah 15 orang. Pengumpulan data di lakukan dengan lembar observasi. Analisa data dilakukan dengan univariat dan bivariat menggunakan Uji paired t-test. Hasil penelitian intensitas nyeri rematik sebelum kompres serei hangat 5,87 dan setelah kompres serei hangat 3,33. Hasil perbedaan intensitas nyeri rematik sebelum dan sesudah kompres serei hangat yaitu 2,533. Kesimpulan dari penelitian ini adanya pengaruh kompres serei hangat terhadap pengurangan rasa nyeri pada penderita rematik di Panti Jompo Babussalam Nurul Hikmah Kecamatan Batang Kuis. Saran untuk penelitian ini bagi institusi pendidikan diharapkan dapat menjadi bahan bacaan kepustakaan, untuk tempat penelitian diharapkan pimpinan Panti Jompo menambahkan program pengobatan nyeri dengan cara nonfarmakologi.
Hubungan antara Work Life Balance dengan Employee Engagement Pada Bank Sinarmas KC Medan Rebecca, Rebecca; Sarinah, Sarinah; Putra, Achmad Irvan Dwi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.866 KB) | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i1.16

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara work life balance dengan keterikatan karyawan. Untuk penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah karyawan pada PT Bank Sinarmas KC Medan, meliputi karyawan bagian Operasional maupun Non operasional yaitu sebanyak 111 orang karyawan dengan menerapkan teknik total sampling. Alat yang digunakan dalam metode pengumpulan data adalah dengan metode skala likert. Perhitungan dilaksanakan dengan menggunakan metode uji asumsi untuk mengetahui analisis korelasi dan regresi linear serta menentukan data yang telah dikumpulkan berdistribusi normal atau tidak. Untuk melakukan analisis data maka digunakan analisa Product Moment dengan menggunakan SPSS 21 for Windows. Diperoleh nilai r = 0.493, dan p = 0.000 (p
Hubungan Pengetahuan dan Tindakan Ibu dengan Peningkatan Status Gizi Balita yang Mengalami Gizi Kurang di Puskesmas Bromo Medan Tahun 2018 Yusridawati, Yusridawati; Kawati, Yuvi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.249 KB) | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i1.20

Abstract

Status gizi balita memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dimasa yang akan datang. Status gizi berhubungan dengan kecerdasan anak.Semakin rendah asupan zat gizi yang diterima, semakin rendah pula status gizi dan tingkat kecerdasan anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan tindakan ibu tentang peningkatan status gizi balita yang mengalami gizi kurang di Puskesmas Bromo Medan Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampelnya adalah Ibu yang mempunyai balita gizi kurang di wilayah kerja Puskesmas Bromo Medan, sebanyak 23 orang, dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah melalui proses editing, coding, data entry, tabulating/processing. Analisa data dilakukan dengan uji Chi Square. Dari 23 responden, yang mempunyai pengetahuan cukup 12 responden (52,2%) dengan pengetahuan kurang 7 responden (30,4%), dan tindakan ibu dengan baik 6 responden (26,1%) dengan tindakan buruk 17 responden (73,9%). Serta peningkatan status gizi baik 10 responden (43,5%) dan dengan peningkatan status gizi buruk 13 responden (56,5%). Hasil penelitian diperoleh analisis p value sebesar 0,002, nilai batas kemaknaan < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan pengetahuan dan tindakan ibu tentang peningkatan status gizi balita yang mengalami gizi kurang di Puskesmas Bromo Medan tahun 2018.Disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat memperluas dan mengembangkan judul ini menjadi lebih baik.
Model Creative Art Dalam Konseling Untuk Meningkatkan Empati dan Hubungan Interpersonal Pada Mahasiswa Politeknik Lp3i Medan Kampus Medan Baru Dewi, Ira Kesuma
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K) Vol 1, No 1 (2020): J-P3K APRIL
Publisher : Mata Pena Madani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9461.76 KB) | DOI: 10.51849/j-p3k.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model creative art dalam konseling untuk meningkatkan empati dan hubungan interpersonal pada mahasiswa di Politeknik LP3I Medan Kampus Medan Baru. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) Borg and Gall. Pengembangan model creative art dalam konseling ini divalidasi oleh ahli konseling, ahli bahasa, dan di uji kepraktisannya oleh SCC sebagai pengguna model. Untuk mengetahui keberhasilan model creative art dalam konseling digunakan skala empati dan hubungan interpersonal. Data dianalisis dengan menggunakan t-test pada program SPSS Versi 16.0 for windows. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik LP3i Medan terdiri dari 43 Orang. Selanjutnya, mahasiswa yang dijadikan subjek penelitian dipilih secara purposive dengan karakter memiliki skor rendah yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan model creative art dalam konseling efektif digunakan untuk meningkatkan empati dan hubungan interpersonal pada mahasiswa. Nilai t = 0.043 dengan p

Page 1 of 1 | Total Record : 9