cover
Contact Name
Nanda Arista Rizki
Contact Email
nanda.arista@fkip.unmul.ac.id
Phone
+6285246890338
Journal Mail Official
primatika@fkip.unmul.ac.id
Editorial Address
Jl. Muara Pahu Kampus Gunung Kelua, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 23024518     EISSN : 26220911     DOI : https://doi.org/10.30872/primatika
Core Subject : Education,
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles (only for invited contributors) about mathematics education and its instruction. This jurnal invites authors to publish their research in (but not limited to) the following topics (1) Mathematical Ability (Mathematical Problem Solving, Mathematical literacy, Connection, Representation, Higher Order Thinking Skills, etc), (2) Technology in Mathematics Instruction (Media, Tools, Software, etc), (3) Mathematics Teacher Education (Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Teacher Proffesional Development, Pre-Service Mathematics Teacher Education, etc), (4) Instructional Design for Mathematics Classroom (Learning Method, Model, Strategy, Lesson Plan, etc), (5) Research on Mathematics Education (Design Research, Classroom Action Research, Quantitative & Qualitative Research, Research and Development (R&D), Literature Review, etc), (6) Ethnomathematics
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2023)" : 8 Documents clear
Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kaneker di Desa Bitefa Donisius Uskono; Yohanis Ndapa Deda; Stanislaus Amsikan
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v12i1.1312

Abstract

Riset ini bertujuan guna mengeksplorasikan etnomatematika pada game tradisional kelereng di Desa Bitefa. Kategori riset yang digunakan merupakan riset kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber informasi dalam riset ini merupakan salah satu toko adat serta anak-anak yang melaksanakan game tradisional kelereng di Desa Bitefa. Metode pengumpulan informasi memakai observasi, wawancara serta dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam riset ini periset sendiri dengan mengguakan perlengkapan bantu berbentuk pedoman observasi serta pedoman wawancara. Informasi tersebut dianalisis dengan metode analisis domain, analisis taksonomi, analisis komperensial serta analisis tema. Hasil riset ini membuktikan bahwa ada sebagian konsep matematika dalam game tradisional kelereng: 1). Etnomatematika dari permainan kelereng ditinjau dari struktur kelereng terdapat konsep bangun ruang berupa bola. 2). Etnomatematika ditinjau dari arena permainan terdapat konsep bangun datar berupa lingkaran dan segitiga. 3). Etnomatematika ditinjau dari aturan permainan kelereng terdapat konsep jarak. 4). Etnomatematika ditinjau dari pembidikan (kuti) kelereng terdapat operasi aljabar.
Pengaruh strategi PBL dan TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis Dhara Chiltya Simamora; Hikmah Maulida Sari Nst; Dina Aulia Luthfiah; Mas Berlian Nst
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v12i1.1474

Abstract

Metodologi pembelajaran dan bakat siswa adalah dua hal penting yang terus sebagai fokus pengajar. Pemecahan masalah dan komunikasi matematis merupakan dua keterampilan penting yang harus dimiliki peserta didik dalam pendidikan matematika. Problem Based Learning (PBL) dan Think Pairs Share ialah dua metodologi pembelajaran yang bisa dipergunakan untuk mengajar matematika (TPS). Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh metodologi pembelajaran problem Based Learning serta Think Pairs Share terhadap kemampuan pemecahan masalah serta komunikasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IX MTs Negeri dua Medan, dengan populasi sebanyak 178 siswa dan sampel sebanyak 60 siswa yang dipilih dengan memakai teknik cluster sampling. Alat yang digunakan merupakan tes keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Data diuji dengan menggunakan analisis varians dua arah dan uji t. Bila dibandingkan menggunakan teknik pembelajaran Think Pair Share, strategi pembelajaran berbasis masalah mempunyai dampak yang menguntungkan 7,264% lebih besar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Sedangkan hasil tes kemampuan komunikasi matematika menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kedua metode pembelajaran tersebut.
Pengembangan soal literasi numerasi SMP yang terintegrasi Islam Fika Farihatul Ijtahidah; Roisatun Nisa'
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v12i1.1596

Abstract

Berdasarkan hasil PISA capaian indeks Indonesia secara konstan selalu berada pada level bawah dalam indeks PISA. Sehingga pada masa abad 21 Menteri Pendidikan di Indonesia melakukan pemetaan dan mengevaluasi kualitas belajar dan proses pembelajaran melalui Asesmen Nasional yang memiliki 3 instrumen salah satunya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur kompetensi dasar seperti Literasi Numerasi. Nilai keIslaman dipilih untuk diintegrasikan pada soal Literasi Numerasi, hal ini bertujuan agar generasi selanjutnya mampu menyeimbangkan antara pengetahuan umum dan pengetahuan tentang keIslaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal Literasi Numerasi SMP Yang Terintegrasi Islam yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D. Subjek uji coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap MTs. Tarbiyatus Shibyan Sidorejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar validasi dan angket uji keterbacaan. Hasil pengembangan soal Literasi Numerasi materi bilangan kelas VIII diperoleh nilai validitas dari 2 validator ahli sebesar 4,4 yang berarti soal Literasi Numerasi berada pada kriteria sangat valid, dan nilai reliabilitas sebesar 0,63 yang berada pada kriteria tinggi, sehingga soal Literasi Numerasi yang dikembangkan telah memenuhi kategori valid dan reliabel.
Pengembangan e-modul berbasis problem-based learning untuk melatih literasi numerasi siswa Ninin Ernia; Wilda Mahmudah
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v12i1.1612

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal literasi numerasi menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa perlu dilatih. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih literasi numerasi siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas X SMKN 1 Sidayu. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media, angket respon siswa, serta tes hasil belajar. Masing-masing instrumen mendapat perolehan rata-rata sebesar 3,4 dan 3,7 untuk validasi, rata-rata 3,19 untuk angket respon siswa, dan rata-rata 75,83 untuk tes hasil belajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Problem Based Learning yang dihasilkan layak digunakan untuk melatih literasi numerasi siswa.
Teknologi dalam pembelajaran matematika peminatan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Jumiati Jumiati
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v12i1.1795

Abstract

Teknologi dalam pendidikan telah menjadi suatu keharusan, karena pendidikan bersifat dinamis, demikian pula perkembangan peserta didik yang berubah seiring dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknologi berupa perangkat lunak yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika Peminatan tingkat SMA berdasarkan kompetensi pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat library research dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, sedang sampel yang digunakan adalah purpose sampling, sampel penelitian ini adalah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan pada pembelajaran Matematika Peminatan di SMA berdasarkan kompetensi pada kurikulum 2013. Teknik Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah ada beberapa perangkat lunak (software) yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika Peminatan tingkat SMA, diantaranya ialah Geogebra untuk materi terkait Geometri, yaitu lingkaran pada kelas XI dan vektor pada kelas X. Probability Distribution untuk materi statistik pada kelas XII, dan Trigonometry Unit Circle untuk materi persamaan trigonometri pada kelas XI. Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi bagi guru Matematika SMA terkait penggunaan teknologi dalam pembelajaran.
Pembelajaran digital berbasis pendekatan MIKiR pada mata kuliah statistik pendidikan Abdul Razak
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v12i1.2011

Abstract

Pembelajaran berbasis digital yang kreatif, inovatif, dan interaktif diperlukan sejalan mengikuti kemajuan perkembangan teknologi informasi. Beberapa media alternatif yang digunakan dalam menunjang perkuliahan statistik pendidikan materi ukuran pemusatan data, penyebaran data, dan letak data. Tanoto Foundation telah membuat langkah-langkah pembelajaran aktif dengan unsur mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi yang disingkat MIKiR. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran digital berbasis pendekatan MIKiR pada mata kuliah statistik Pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan di program studi Pendidikan Agama Islam semester V kelas khusus internasional FTIK UINSI Samarinda. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh yaitu mahasiswa menyelesaikan masalah yang diberikan melalui halaman web https://covid-19.kaltimprov.go.id terkait kasus penyebaran covid di Kalimantan Timur dengan menggunakan program Excel dan SPSS, kemudian melakukan uji pemahaman dengan mengerjakan tes dengan aplikasi Kahoot, seluruh kegiatan ini bagian dari unsur mengalami. Unsur komunikasi dan interaksi terjadi pada saat mahasiswa bertukar gagasan dan dosen memantau dari satu kelompok ke kelompok lainnya melalui breakout room zoom. Pada unsur refleksi, mahasiswa menuliskan perasaan ketika mengikuti perkuliahan, hal-hal yang telah dipelajari, dan hal-hal yang masih membingungkan melalui aplikasi Jamboard.
Mediasi regulasi diri atas pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa SMP Abdul Basir Abbas; Nanda Arista Rizki
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v12i1.2108

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa, di semester 2 kelas VIII SMP Negeri Samarinda Ulu tahun ajaran 2022, dan juga menyelidiki apakah variabel regulasi diri merupakan mediasi dari pengaruh tersebut. Pengumpulan data dengan kuesioner dan tes hasil belajar diterapkan terhadap 380 Siswa dari 4 lembaga sekolah negeri jenjang SMP, yang diperoleh melalui Proportional Cluster Random Sampling. Pemodelan persamaan struktural diterapkan, yang didahului dengan analisis faktor konfirmasi untuk memantapkan pengukuran bagi tiga variabel yang diteliti. Hasil menunjukan bahwa lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika Siswa, dengan regulasi diri sebagai mediasi parsial.
Permainan Panbilbul meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat Mohamad Ali
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12 No 1 (2023)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/primatika.v12i1.1134

Abstract

Kemampuan kelas VI SDN Munungkerep 2 dalam matapelajaran Matematika tentang Bilangan Bulat sangat rendah. Walaupun Guru telah menggunakan media pembelajaran, namun hanya beberapa peserta didik saja yang terlibat langung untuk memperagakannya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan seluruh peserta didik dalam memahami operasi hitung bilangan bulat agar memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami operasi hitung bilangan bulat secara aktif terlibat seluruh peserta didik. Subyek penelitian peserta didik kelas VI SDN Munungkerep 2 yang berjumlah 28 orang. Sumber data penelitian melalui observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dan setiap siklus dua pertemuan. Sebelum PTK, hanya 38% peserta didik yang memenuhi KKM. Setelah siklus pertama, didapat peningkatan 57% peserta didik yang memenuhi KKM dan pada siklus kedua meningkat menjadi 93%. Ada seorang peserta didik yang tidak memenuhi KKM akan diadakan perlakuan khusus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Permainan Panbilbul pada materi operasi bilangan bulat dapat meningkatkan sehingga peserta didik dapat memenuhi harapan yang ingin dicapai peneliti.

Page 1 of 1 | Total Record : 8