cover
Contact Name
Ahmad Sulaiman
Contact Email
sulaiman_ahmad@umm.ac.id
Phone
+6281805389797
Journal Mail Official
altruis@umm.ac.id
Editorial Address
Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang. Jl. Tlogomas No. 246, Kota Malang. Gedung Kuliah Bersama IV Lantai 5, Ruang 508.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Altruis: Journal of Community Services
ISSN : 27214168     EISSN : 2721415X     DOI : 10.22219/altruis.v1i3.
The scope of Altruis is community service reports dealing with social issues in our community, ranging from educational, political, economical and cultural issues.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2021): Altruis" : 5 Documents clear
Program Bimbingan Belajar bagi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Paling Serumpun Iin Saltifa; Eline Yanty Putri Nasution
Altruis: Journal of Community Services Vol. 2 No. 3 (2021): Altruis
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/altruis.v2i3.17476

Abstract

Bimbingan belajar dari rumah sangat diperlukan pada saat ini terlebih di masa pandemi covid-19, dimana semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Kemendikbud menerbitkan peraturan agar semua kegiatan pembelajaran dilakukan di sekolah diganti dengan pembelajaran dari rumah masing-masing siswa. Pada proses pembelajaran dari rumah siswa membutuhkan bimbingan dari orang tua maupun walinya untuk mendampingi siswa dalam belajar. Bimbingan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa KKN DR-BPM di tahun 2021 ini adalah bentuk pengabdian masyarakat dalam membantu siswa yang kesulitan dan memiliki kendala dalam proses belajar dari rumah pada masa pandemi covid-19 ini. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan belajar ini yaitu metode ceramah dan diskusi secara face to face dengan menggunakan pendekatan pendampingan dan pendidikan berkelanjutan. Program bimbingan belajar yang dilaksanakan memberikan peningkatan pengetahuan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam proses belajar secara daring. ABSTRACT Tutoring learning from home is very necessary at this time, especially during the covid-19 pandemic, where all learning activities are carried out online. The Ministry of Education and Culture issues regulations so that all learning activities carried out in schools are replaced with learning from each student's home. In the learning process from home, students need guidance from their parents and guardians to assist students in learning. Through the "Smart House" tutoring conducted by DR-BPM KKN students in 2021 as a form of community service, they can help students who have difficulties and have obstacles in the learning process from home during this covid-19 pandemic. The method used in the implementation of this tutoring is the face to face method and uses a mentoring and continuing education approach. The tutoring program implemented provides increased knowledge for students who have difficulty in the online learning process. KEYWORDS Tutoring, Elementary School Students, Covid-19 Pandemic
Pemanfaatan Aromatherapy Sebagai Alternatif Untuk Menurunkan Tingkat Stress Menghadapi Ujian pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Desita Dyah Damayanti; Dian Putriana; Citra Mutiara Dewi; Almadian Septiana Putri
Altruis: Journal of Community Services Vol. 2 No. 3 (2021): Altruis
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/altruis.v2i3.17872

Abstract

Stres merupakan salah satu penyakit mental yang kini sulit dihindari oleh manusia. Stres bisa berasal dari individu, lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal, lingkungan kerja bahkan lingkungan pendidikan. Stres di lingkungan pendidikan yang tidak dapat dikelola dengan baik tentu akan memberikan dampak negatif, misalnya menurunnya motivasi belajar, dan menurunnya hasil prestasi akademik. Penelitian terapan ini bertujuan untuk melihat efek intervensi pemberian aromaterapi mampu menurunkan tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa di lingkungan pendidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yang akan memberikan perlakuan atau intervensi terhadap satu kelompok dari dua kelompok penelitian yang ada. Sebelum dan sesudah diberikan perlakuan responden akan diukur tingkat stresnya menggunakan alat tes psikologi Depression Anxiety Stress Scale (DASS) yang diadaptasi oleh peneliti. Hasil diperoleh bahwa intervensi aromaterapi memberikan efek penurunan tingkat stres namun tidak signifikan. Dari Sembilan orang terdapat lima orang yang mengalami penurunan sedangkan empat lainnya tidak ada perubahan. Data pra test dan post test dianalisis dengan cara menjumlahkan total skor aitem DASS dan menggeneralisasikan dengan norma kategori alat tes tersebut.
Memahami Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Petugas Kebersihan di RSUD dr. Zubir Mahmud, Kabupaten Aceh Timur Khairil Fauzan; Salianto Salianto
Altruis: Journal of Community Services Vol. 2 No. 3 (2021): Altruis
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/altruis.v2i3.17932

Abstract

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan hal penting yang harus diterapkan di semua tempat kerja, baik pada sektor formal maupun sektor informal. Salah satu yang dapat dilakukan untuk meningkatkan K3 adalah dengan menggunakan Alat Pelindung Diri. Sayangnya, sering kita temui banyak petugas yang jarang menggunakan APD. Hipotesis yang diajukan adalah penggunaan APD akan meningkat jika petugas memiliki pengetahuan dan sikap positif terhadap penggunaan APD. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dalam bentuk distribusi frekuensi. Populasi subjek adalah seluruh petugas cleaning service yang ada di RSUD dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur sebanyak 47 responden. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan ada pengaruh dari sikap dan pengetahuan petugas cleaning service terhadap perilaku Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tentang penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) (p<0,05). Saran bagi Rumah Sakit untuk memperbaharui wawasan semua petugas cleaning service Rumah Sakit dengan mengadakan sosialisasi serta kedepannya diharapkan dapat merekrut tenaga kerja non-medis khususnya cleaning service dengan standar tertentu misalnya membatasi usia produktif dengan standar pendidikan minimal SMA. Dengan demikian tenaga kerja cleaning service akan lebih mudah mencerna materi sosialisasi yang disampaikan dan bisa menjalankan perilaku K3 tentang penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dengan baik dan benar di setiap pekerjaannya.
Pelatihan Goal setting Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo Ika Wulan Ramadhani; Zaki Nur Fahmawati; Ghozali Rusyid Affandi
Altruis: Journal of Community Services Vol. 2 No. 3 (2021): Altruis
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/altruis.v2i3.18044

Abstract

Motivasi belajar merupakan seluruh aktivitas daya penggerak pada diri siswa yang menimbulkan aktivitas belajar dan menjamin kelangsungan kegiatan belajar serta memberikan arahan pada kegiatan belajar. Motivasi belajar menjadi daya penggerak yang dapat mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan atau sasaran yang ditetapkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah tujuan (goal setting). pembuatan tujuan menjadi suatu upaya penting dalam memaksimalkan motivasi , adanya pemahaman tentang tujuan sebagai suatu untuk digapai dapat menimbulkan minat yang lebih untuk belajar. Psikoedukasi yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara sebelum dan setelah diberikan psikoedukais terkait goal setting dengan perbedaan reratanya adalah -16.000 (mean difference), t score = -8.263 dan p = 0.001 < 0.05. Berdasarkan perhitungan deskriptif didapatkan hasil bahwa nilai mean pretest sebesar 99.433 dan posttest sebesar 115.433 yang berarti bahwa motivasi belajar siswa memiliki nilai lebih tinggi setelah mendapatkan psikoedukasi terkait goal setting. KATA KUNCI: Motivasi belajar, Goal setting, Siswa
Validasi Modul Peduli: Pelatihan Asertivitas Anti-Bullying Udi Rosida Hijrianti
Altruis: Journal of Community Services Vol. 2 No. 3 (2021): Altruis
Publisher : University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/altruis.v2i3.18130

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memvalidasi modul Pelatihan Asertivitas Anti-Bullying (PEDULI). Modul PEDULI bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman pada remaja tentang bullying dan melatihkan cara bersikap asertif dalam kehidupan. Penelitian ini dilakukan untuk memvalidasi modul Pelatihan Asertivitas Anti-Bullying (PEDULI). Modul PEDULI bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman pada remaja tentang bullying dan melatihkan cara bersikap asertif dalam kehidupan sehari-hari agar menghindari perilaku bullying. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini ada dua, yaitu pertama, modul PEDULI memiliki validitas isi yang baik. Hasil dari evaluasi tiga expert judgment menunjukkan nilai koefisien validitas isi sebesar 86% - 93%. Hipotesis kedua yaitu, terdapat perubahan peningkatan asertivitas yang signifikan pada subjek kelompok eksperimen dibandingkan dengan subjek kelompok kontrol. Hasil uji statistik menggunakan analisis Mixed ANOVA menunjukkan skor asertivitas pada kelompok eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelompok kontrol (F = 11,699 dan p = 0,002; p < 0,05) dan skor asertivitas sesudah pelatihan pada kelompok eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan sebelum pelatihan (F = 4,182 dan p = 0,021; p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul Pelatihan Asertivitas Anti-Bullying (PEDULI) dinyatakan valid secara isi dan valid secara empirik pada penerapan terhadap 14 siswa di kelompok eksperimen.

Page 1 of 1 | Total Record : 5