cover
Contact Name
Gesit Thabrani
Contact Email
gesitthabrani@gmail.com
Phone
+6285220311955
Journal Mail Official
jkmw@fe.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Jl. Prof. Hamka Air Tawar, Padang Utara, Sumatera Barat.
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha
ISSN : -     EISSN : 26556499     DOI : https://doi.org/10.24036/jkmw
Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha bertujuan untuk menjadi sarana penyembarluasan ilmu dan pengetahuan di bidang manajemen dan wirausaha. Jurnal ini fokus menerima tulisan yang berkaitan dengan kajian manajemen dan wirausaha.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha" : 6 Documents clear
The nexus of knowledge sharing on job satisfaction: dual mediation of individual adaptability and learning commitment Bimmo Dwi Baskoro; Iriana Wihardja; Bernard Tirto Widjaja
Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jkmw02121210

Abstract

This research aimed to test and analyse the effects of knowledge sharing practices towards job satisfaction mediated by individual adaptability and  learning commitment. The subjects of this research were all employees at a Telecommunication Company, domicilied in Batam and the total employees were 116. This was a causal associations research and used quantitative approarch. The data collection of this research was saturation sampling. The data was collected with tested questionnaire and it used SEM-PLS. The result showed that knowledge sharing practices, individual adaptability, and learning commitment affected to job satisfcation. Learning commitment and individual adaptability mediated the effects of knowledge sharing practice towards job satisfaction. This is the first study to discuss the effects of organization knowledge sharing practices towards employees’ individual adaptability, learning commitment, and job satisfaction, in the context of telecommunication sector in Batam.
Dampak Covid-19 pada sektor perdagangan usaha kecil dan menengah Hendri Andi Mesta; Yesa Syafriyanti
Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jkmw02124170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Covid-19 pada UMKM sektor Perdagangan di Kota Solok serta strategi yang digunakan UMKM untuk mempertahankan usaha karena pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan formula slovin yaitu para UMKM sektor perdagangan di Kota Solok sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kelapangan (kuesioner dan wawancara). Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh mengenai dampak covid-19 pada UMKM sektor perdagangan di Kota Solok memiliki empat item indikator yaitu, non-keuangan, keuangan, pendapatan usaha dan psikologis. Penulis dapat menyimpulkan bahwa skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,16 dengan Tingkat Capaian Responden (TCR) 83% yang berarti bahwa dampak covid-19 pada UMKM sektor perdagangan di Kota Solok dikategorikan sangat tinggi.
Overreaction pasar terhadap harga saham setelah pengumuman pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat (Studi Pada Perusahaan Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia) Linda Rambu Kuba Yowi
Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jkmw02125350

Abstract

The Covid-19 pandemic has had a major impact on the Indonesian economy, including the Indonesian capital market, so that it can cause an overreaction for investors to invest because the Covid-19 pandemic is considered bad news for investors. This study aims to determine whether there is an overreaction to stock prices after the announcement of the emergency PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) on July 1, 2021, which was carried out by the President of the Republic of Indonesia, Joko Widodo. This study takes 14 samples of manufacturing companies that are members of the LQ45 Index during the period February-July 2021. This test uses a one sample t test. The results of this test also show that the loser's portfolio does not outperform the winner's portfolio. Based on the tests that have been carried out, it can be concluded that there is no overreaction in manufacturing companies after the announcement of the emergency PPKM.
Peluang waralaba sebagai strategi peningkatan distribusi produk (studi pada Kopi Anjis) Marissa Elsa Safiera; Cecep Safa’atul Barkah; Tetty Herawaty; Lina Auliana
Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jkmw02115340

Abstract

AbstractThis study aims to determine how the right strategy in maximizing the distribution of Kopi Anjis' products. By using descriptive qualitative methods, conducting interviews and observations of Kopi Anjis and some of its competitors. The data obtained were processed using the Sustainable Competitive Advantage (SCA) analysis method, the Valuable, Rare, Inimitable, Non-Substitutable (VRIN) framework and the Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) analysis. The results of the data processing obtained then became the basis for researchers to conduct content analysis to propose a total distribution optimization strategy. The recommended proposal is to open a franchise opportunity. Keyword : Total Distribution, Marketing Strategies, Franchise.Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang tepat dalam memaksimalkan distribusi produk milik Kopi Anjis. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, melakukan wawancara serta observasi terhadap Kopi Anjis serta beberapa pesaingnya. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode analisis Sustainable Competitive Advantage (SCA), framework Valuable, Rare, Inimitable, Non-Substitutable (VRIN) serta analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT). Hasil olah data yang didapat kemudian menjadi dasar peneliti melakukan analisis konten untuk mengusulkan strategi optimalisasi total distribution. Usulan yang dianjurkan adalah dengan membuka peluang waralaba. Kata kunci : Total Distribusi, Strategi Pemasaran, Waralaba.
Continuance intention pengguna aplikasi belanja online: peran trust sebagai variabel mediasi Astra Prima Budiarti; Awisal Fasyni; Rizki Sri Lasmini
Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jkmw02127730

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor persepsi pengguna aplikasi e-commerce (perceived system quality, perceived radicalness, dan expectation fulfilment), dan faktor social pengguna terhadap continuance intention dalam menggunakan aplikasi e-commerce. Disamping itu, dianalisis pengaruh mediasi variabel trust. Penelitian ini dilakukan melalui penyebaran engket kepada 121 orang pengguna aplikasi e-commerce secara accidental sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan analisis Structural Equation Model, diketahui bahwa terdapat pengaruh langsung antara variabel persepsi pengguna dan faktor social terhadap continuance intention. Pengaruh tidak langsung dengan adanya mediasi variabel trust juga menunjukkan pengaruh yang signifikan.
Pengaruh imbalan finansial, imbalan interpersonal dan promosi terhadap kinerja karyawan Firman Fauzi; Inka May Dorry
Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jkmw02116980

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh imbalan finansial, imbalan interpersonal dan promosi  terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di perusahaan industry tekstil. Sampel yang dipergunakan adalah 30 responden. Metode penarikan sampel responden yang di gunakan dalam penelitian ini adalah melalui Sampling Jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, dengan instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis statistik dalam bentuk uji regresi linear berganda. Alat bantu analisis menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini meniunjukkan bahwa variabel imbalan finansial, imbalan interpersonal dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja karyawan

Page 1 of 1 | Total Record : 6