cover
Contact Name
Teguh Arie Sandy
Contact Email
penjualide@gmail.com
Phone
+6285232777747
Journal Mail Official
jira@ahlimedia.com
Editorial Address
Jln. Ki Ageng Gribig, Gang Kaserin MU No.36 Malang 65138
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik
Published by Ahlimedia Press
ISSN : 27456056     EISSN : 27457036     DOI : https://doi.org/10.47387/jira.v1i1
JIRA merupakan Jurnal dengan lingkup Kegiatan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Lesson Study, Pengembangan Media Pendidikan dan Pemanfaatan Teknologi Terkini. Mendapatkan naskah penelitian bidang Pendidikan, terkait dengan: - Penelitian Tindakan Kelas & Lesson Study - Riset Kualitatif dan Kuantitatif - Studi Pendidikan dan Studi Literasi - Pengembangan Media Pembelajaran - Pemanfaatan TIK & Teknologi Terkini
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 7 (2021)" : 20 Documents clear
Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kunjungan Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Mr. Sugiyono
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 7 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i7.189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur optimalisasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) oleh guru SD dengan kunjungan rumah melalui supervisi akademik pengawas sekolah di lingkungan kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Pembelajaran jarak jauh di Kecamatan Brangsong diduga banyak mengalami hambatan. Hambatan tersebut antara lain hambatan kemampuan dan ketaktersediaan perangkat, yaitu hp bagi peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut guru melakukan solusi, yaitu kunjungan rumah. Seberapa jauh keberhasilan kunjungan rumah untuk keberhasilan PJJ di masa pandemi? Pengawas sekolah melaksanakan supervisi akademik untuk melakukan pemantauan dan pemberian motivasi agar guru SD tetap bersemangat melaksanakan PJJ selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alur penelitian tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi melalui dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru di dabin 3 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Pengambilan data dilakukan bulan Agustus–September 2020 melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data tiap siklus dikonsultasikan dalam deskriptif persentase (%) dengan ketercapaian indikator kinerja 85% dan kriteria sangat baik. Perolehan rata-rata hasil penelitian siklus I sebesar 3,1 tingkat ketercapaian 78,21% kategori baik menjadi 3,52 dengan tingkat ketercapaian 88,57% pada siklus II kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepada guru dapat mengoptimalkan pelaksanaan PJJ kunjungan rumah di masa pandemi covid-19. Pengawasan dan motivasi kepada guru sangat menentukan keberhasilan PJJ kunjungan rumah, baik secara individu maupun kelompok kecil.
Pelatihan Daring Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru di Era Pandemi Nelfi Alida; Mr. Jamilus
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 7 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i7.156

Abstract

Pandemic Covid-19 menjadi awal transformasi Pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang sebelumnya berjalan secara luring, harus Beralih ke pembelajaran daring sehingga guru dituntut untuk dapat menyajikan Pembelajaran yang relevan. Tuntutan ini membuat guru harus meningkatkatkan kompetensinya, terutama kompetensi penguasaan teknologi informasi. Berbagai aplikasi online dapat dimanfaatkan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring, mulai dari Whatsapp, zoom meeting, google meet, google classroom, padlet dan aplikasi lainnya. Pemanfaatan aplikasi yang variative akan menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif bagi siswa. Untuk dapat menggunakan berbagai fitur pembelajaran yang menarik dan efektif, seorang guru harus meningkatkan wawasan dan kemampuannya, salah satunya melalui pelatihan secara daring. Dari beberapa penelitian yang dilakukan dan sudah dipublikasikan melalui jurnal ilmiah, maka didapatkan kesimpulan bahwa pelatihan daring cukup efektif dimanfaatkan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru di era pandemic.
Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android pada Siswa SMK Dwi Agustin Irmawati; Ummu Sholihah
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 7 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i7.184

Abstract

Android biasanya digunakan oleh siswa hanya untuk bermain game dan media sosial, dengan aplikasi yang dikembangkan ini android bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, diantaranya untuk mempelajarai materi serta latihan soal secara langsung. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui apakah media berbasis android ini valid dan efektif di gunakan pada materi peluang. Subjek penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Rejotangan, Tulungagung dengan kelas XI KPR 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI KPR 2 sebagai kelas control. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R and D Model ADDIE yaitu yaitu: (1) analisis (analiyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Media ini divalidasi oleh 2 orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android ini di katakan valid, karena sesuai dengan hasil validasi dari ahli media yang mendapatkan nilai 22, sedangkan dari ahli materi yang mendapatkan nilai 18 yang masuk kriteria “valid”, Media pembelajaran berbasis aplikasi android ini di katakan efektif di tinjau dari rata-rata hasil nilai ulangan siswa di kelas eksperimen sebesar 85, yang masuk dalam kriteria efektif.
Optimalisasi Layanan Bimbingan Klasikal dengan Model Problem-Based Learning untuk Mengatasi Perilaku Bullying Siswa SMP Amirotun Solikhah
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 7 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i7.197

Abstract

Tujuan penelitan ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan dengan model Problem-based Learning dapat mengatasi perilaku bullying di sekolah. Responden penelitian ini terdiri dari siswa kelas VIII berjumlah 24 anak yang diperoleh dari hasil penjaringan siswa sebanyak 300 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes prestasi belajar dan dokumentasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan dua siklus, yaitu siklus pertama dan siklus kedua. Masing-masing siklus terdiri dari dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pda setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Karena situasi pandemi covid, siklus kedua dilaksanakan melalui zoom meeting/ layanan jarak jauh. Adapun diskusi kelompok dilaksanakan cukup beranggotakan 2 anak melalui whatsApp /video call. Analisa data statistik penelitian ini menggunakan rumus t-test untuk menguji perbedaan hasil pretest dengan postest. Kesimpulan penelitian ini pelaksanaan layanan bimbingan klasikal melalui metode problem-based learning optimal serta dapat mengatasi perilaku bullying. Hal itu terbukti dari perolehan skor rata-rata post test siklus pertama dengan kedua mengalami penurunan -0,076. Data yang lain, sebelum ada tindakan ada 19 anak hampir sering sekali melakukan pembullyian, 3 anak sering dan 2 hampir sering melakukan pembullyian. Setelah mengikuti layanan bimbingan klasikal melalui model problem-based learning terdapat 12 anak sama sekali tidak melakukan pembullyian, 3 anak pernah dan 9 anak kadang pernah melakukan pembullyian. Selanjutnya rata-rata nilai diskusi kelompok siklus pertama dengan siklus kedua mengalami peningkatan 13,75. Sedangkan rata-rata nilai individu siklus pertama dan siklus kedua juga meningkat 11,46. Makna penurunan berarti perilaku bullying di sekolah teratasi. Sedangkan makna peningkatan diartikan bahwa layanan klasikal dengan model problem-based learning kegiatan siswa lebih optimal. Dengan demikin layanan klasikal melalui model problem-based learning yang dilaksanakan dengan optimal dapat mengatasi perilaku bullying di sekolah.
Efektivitas Moda Luring Teknik Guru Kunjung pada Pembelajaran Matematika Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Reni Resmanawati
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 7 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i7.187

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “Efektivitas Moda Luring Teknik Guru Kunjung Pada Pembelajaran Matematika Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar, Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kelas IX-B SMP NEGERI 1 Cikancung Tahun pelajaran 2020/2021”. Sejak kondisi pandemi COVID-19 terjadi, kegiatan belajar dilaksanakan dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh, dengan moda daring atau luring.  Tujuan dilaksanakan guru kunjung adalah untuk memperoleh gambaran tentang efektivitas pembelajaran pada materi Perpangkatan dan Bentuk Akar di kelas IX-B. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, merujuk pada model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan teknik guru kunjung pada materi Perpangkatan dan Bentuk Akar berlangsung efektif, hal ini dibuktikan dengan indikator efektivitas yang diperoleh mengalami peningkatan dari sebelum diberi tindakana/pra siklus, setelah tindakan siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisa hasil kegiatan yaitu aktivitas pembelajaran sebelum diberi tidakan  semua aspek hanya 40% (katagori kurang), setelah diberi tindakan maka terjadi kenaikan yang sangat signifikan yaitu aktivitas pembelajaran menjadi 70% pada siklus I dan 90% pada siklus II, proses komunikasi dari 40% sebelum tindakan menjadi 75% setelah tindakan siklus I dan naik menjadi 90% setelah tindakan siklus II, demikian pula untuk respon peserta didik dari 40 % sebelum tindakan, menjadi 75% setelah tindakan siklus I dan 90% setelah tindakan siklus II, sehingga hasil belajar yang semula 40 % naik menjadi 64%  dan 86% setelah tindakan siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran moda luring dengan teknik guru kunjung berlangsung efektiv dan dapat meningkatkan prestasi belajar kelas IX-B SMP Negeri 1 Cikancung.
Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Anak Tunagrahita Uyun Siti Syarifah
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 7 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i7.180

Abstract

Kegiatan belajar-mengajar tidak terlepas dari media sebagai sumber belaja, penggunaan media dimaksudkan untuk memudahkan siswa dalam menerima materi pelajaran. Penelitian dilakukan untuk membantu mempermudah siswa dalam menerima materi dan meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (daring) memberikan tantangan yang berbeda, dengan menggunakan media komik pada materi pembelajaran diharapkan dapat diterima dan dipahami dengan baik. Fungsi komik disini sebagai media pembelajaran dibuat lebih menarik, dengan membuat komik berbasis digital dimana tokoh karakter yang ada di dalamnya adalah anak-anak yang menjadi obyek dari penelitian. Penelitian dilakukan pada peserta didik Tunagrahita SDLB kelas V di SKHN 01 Kota Serang. Dalam penelitian ini seluruh kegiatan belajar siswa dalam PJJ didokumentasikan sebagai bahan pembuatan komik. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode ADDIE yang efektif untuk membangun pembiasaan belajar keberlanjutan. Dengan membiasakan anak untuk belajar mandiri, perbaikan materi komik di fokuskan pada tema kegiatan sehari-hari. Komik ini memiliki pesan yang dapat tersampaikan, pada penelitian ini menunjukan hasil yang signifikan sehingga aspek yang diteliti mengenai pemahaman anak pada materi menunjukan peningkatan yang positif, dukungan dan bimbingan orang tua pada anak untuk mengalami proses pembelajarannya sendiri, sangat mempengaruhi peningkatan pemahaman anak. Simpulan dari penelitian ini bahwa pengembangan media komik dalam PJJ dapat meningkatkan pemahaman anak pada materi yang telah disampaikan. Terutama pada anak Tunagrahita, ini dapat menjadi kunci alternatif untuk meningkatkan hasil belajar anak dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.
Pengaruh Pembelajaran Daring dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Nur Fadilah
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 7 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i7.192

Abstract

Pembelajaran dikatakan efektif bila ada titik temu dalam interaksi antara para guru dan siswa-siswa dan materi yang dipelajari. Adanya wabah COVID-19 tentu menyebabkan banyak kendala dan masalah yang dihadapi atau dialami oleh para guru dan para siswa pada proses kegiatan belajar dan mengajar. Kendala tersebut akhirnya mempengaruhi hasil belajar siswa. Tidak hanya itu, cara siswa belajar di rumah yang tidak efektif pun ikut turut ambil bagian dalam kondisi hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Artikel ini ditulis untuk menjadi wujud usaha dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19 ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan prestasi siswa, membangun kesadaran diri siswa, dan menumbuhkan kedisiplinan siswa. Metode yang dipraktikkan oleh peneliti dalam penelitian kali ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tes sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil pembelajaran daring dinilai kurang memuaskan karena berbagai macam kekurangan. Ringkasan penelitian ini pada dasarnya adalah usaha mencari solusi terkait kondisi hasil pembelajaran tersebut.
Komparasi Algoritma Klasifikasi untuk Orientasi Minat Mahasiswa dalam Penuntasan Studi Muhammad Rizki Fahdia; Dwiza Riana; Fachri Amsury; Irwansyah Saputra; Nanang Ruhyana
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 7 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i7.185

Abstract

Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri adalah salah satu perguruan tinggi vokasi yang berada di wilayah Cikampek Kabupaten Karawang yang pada tahun akademik 2017/2018 mempunyai jumlah mahasiswa mencapai 987 orang mahasiswa.Namun sayangnya dari total jumlah mahasiswa tidak seluruhnya mempunyai orientasi minat yang sesungguhnya untuk kuliah, banyak factor yang mempengaruhinya. Tinginya tingkat orientasi minat mahasiswa yang tidak memilih kuliah, inilah yang membuat diadakan penelitian tentang sebab-sebab mengapa mahasiswa berkuliah dikampus ini serta mecari solusi guna mengurangi jumlah mahasiswa yang menjadi non aktif ketika diketahui mempunyai orientasi minat yang bukan untuk kuliah. Dengan melakukan komparasi menggunakan 3 algoritma yang termasuk dalam metode klasifikasi data mining yaitu; Decision Tree C4.5, Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor penelitian ini mencari nilai akurasi dan Area Under Curve (AUC) yang terbaik dari ketiga algoritma yang dikomparasi guna ditentukan model yang digunakan pada penentuan orientasi minat mahasiswa. Hasil dari komparasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah; algoritma Decision Tree C4.5 mempunyai nilai akurasi sebesar 91,75% dan AUC sebesar 0,969, Naïve Bayes mempunyai nilai akurasi sebesar 86,77% dan AUC sebesar 0,930 sedangngkan K-Nearest Neighbor mempunyai nilai akurasi sebesar 88,61% dan AUC sebesar 0,500. Melalui uji beda yang dilakukan menggunakan operator T-test pada Rapid Miner ditemukan hasil bahwa algoritma Decision Tree C4.5 merupakan algoritma terbaik dari 3 buah algoritma yang digunakan, maka dalam penelitian ini digunakan rule Decision Tree C4.5 untuk diterapkan pada deployment yang dilakukan.
Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar Seri H. Kaharuddin
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 7 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i7.196

Abstract

Mencari hasil nilai yang terbaik idaman oleh seorang guru terhadap siswanya Penggunaan gambar seri di kelas dengan langkah ini member kemudahan pemahaman siswa belajar. Penggunaan Gambar Seri merupakan metode yang mengarahkan siswa di lapangan supaya lebih aktif dan kreatif dalam berfikir untuk memecahkan masalah sambil bermain dan riang gembira yang mereka hadapi. Penelitian ini di lakukan di kelas VI semester Genap setiap akhir tahun pelajaran. data yang di peroleh menggunakan Instrumen Evaluasi Belajar akhir, analisis datanya di lakukan secara Kuantitatif dengan memperhatikan hasil nilai yang sudah di peroleh tiga tahun sebelumnya. Dari data itu belum pernah di atas angka 6 (enam). Tahun pelajaran 2016/2017 perolehan nilai rata – rata 5.53, pada tahun 2017/2018 nilai rata-rata 4.96 kemudian tahun 2018/2019 perolehan nilai rata-rata 5.35. Setelah menggunakan tehnik belajar sambil bermain dengan menggunakan media gambar seri hasil nilai pelajaran bertambah menjadi 8.40 jauh melebihi nilai ketuntasan sekolah yang di sepakati 7.50. Pengetahuan sosial yang terjadi di masyarakat, merupakan paduan dari sejumlah pengetahuan luas. Aktivitas dan hasil belajar siswa terbantu dengan Penggunaan Gambar Seri meningkatkan tidak terbatas tetapi juga pada mata pelajaran lainnya.
Meneliti Capaian Ketuntasan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring IPA Melalui Pendekatan TPACK di Masa Pandemi Covid-19 Mr. Kaharudin
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 7 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i7.190

Abstract

Penelitian Tindakan ini didasarkan atas kebutuhan evaluative dan assesmen implementasi pemanfaatan TIK dan Teknologi Terkini dalam Pembelajaran daring IPA di SMP Negeri 2 Moga Kabupaten Pemalang, dengan tujuan untuk mengungkap sejauhmana ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan Sistem BDR (Belajar dari Rumah) pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Moga pada Kelas 9, dalam waktu kurang lebih 4 bulan dengan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun subyek penelitian adalah 28 orang peserta didik Kelas 9H. Teknik observasi, dokumentasi dan questioner digunakan dalam penghimpunan data-data penelitian, dimana Validitas Datanya merupakan Validitas Evidence Trianggulasi dengan Reliabilitas Teoritik. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif melalui teknis reduksi dan generalisasi atas data tabulatif dan Infografis yang menginformasikan hasil pencapaian ketuntasan hasil belajar IPA dan penilaian sikap tanggungjawab belajar. Kesimpulan dari hasil penelitian dengan mendasari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM sekolah = 65) dan Indikator Kinerja di atas 70 % menginformasikan hasil temuan sebagai berikut: 1). Ketercapaian Ketuntasan Hasil Belajar di Siklus-1 atas Tes Luring Penilaian Akhir Tahun (PAT) = 21,43 %, pada Siklus-2 atas Tes Ujian Sekolah (US) Tertulis = 89,29 %, Akhir siklus (Rerata S-1 dan S-2) = 75 %; 2). Proporsi sikap Tanggungjawab Belajar (TB) terhadap pencapaian ketuntasan klasikal hasil belajar pada kategori Tinggi dan Rendah = 3:1 yang berarti anak-anak yang memiliki tanggungjawab tinggi dalam belajar cenderung dapat melampaui KKM yang ditetapkan; 3). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mapel IPA dengan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) dengan mengimplementasikan TIK dan Teknologi Android memberikan dampak positif atas peningkatan kompetensi peserta didik dari segi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Page 1 of 2 | Total Record : 20