cover
Contact Name
Indra
Contact Email
indra@budiluhur.ac.id
Phone
+628568287734
Journal Mail Official
skanika@budiluhur.ac.id
Editorial Address
Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12260
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika
ISSN : -     EISSN : 27214788     DOI : 10.36080
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika adalah media publikasi online hasil penelitian yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem komputer dan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur. Scope atau Topik Jurnal: Kriptografi, Steganografi, Sistem Pakar / Artificial Intelligence , Sistem Penunjang Keputusan, Bioinformatika, Kecerdasan Komputasional, Semantics Web dan Ontologies, Data Mining,Text Mining,Natural Language Processing, Pengelolaan Citra Digital, Otomasi Berbasis Sensor, Wireless Sensor Network, Network Management dan Maintenance, Sistem Operasi, Sosial Network Analysis, Security, Augmented Reality, Game Development, Virtual Reality, Webservice / API, Internet of Things (IoT)
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 4 (2020): Jurnal SKANIKA Juli 2020" : 11 Documents clear
IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI ALGORITMA RC4 DAN 3DES DAN STEGANOGRAFI DENGAN ALGORITMA EOF UNTUK KEAMANAN DATA BERBASIS DESKTOP PADA SMK AS-SU’UDIYYAH Zahrul Basim; Painem Painem
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 3 No 4 (2020): Jurnal SKANIKA Juli 2020
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (968.413 KB)

Abstract

Informasi adalah suatu hal yang penting sejak jaman dahulu kala. Baik itu berupa gambar, suara, dokumen ataupun teks. Informasi bisa sangat berguna bagi orang yang berhak mendapatkannya. Namun juga bisa berakibat fatal jika diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dan informasi pada saat ini yang berkembang dengan pesat membuat informasi kita semakin rawan untuk dicuri. Oleh karena itu, demi menjaga kerahasiaan informasi tersebut maka pada penelitian ini dibuatlah sistem pengaman data dengan menerapkan algoritme kriptografi RC4 (Ron’s Code 4) dan 3DES (Triple Data Encryption Standard) dan dilanjutkan dengan steganografi EOF (End Of File) yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java berbasis desktop. Aplikasi ini dapat mengamankan dan menjaga kerahasiaan data atau informasi pada SMK AS-SU’UDIYYAH dari terjadinya pencurian dan manipulasi data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Data atau informasi yang dapat dienkripsi dan disisipkan berupa soal-soal ujian dan dokumen penting lainnya, sedangkan untuk file penampung data rahasia berupa file video yang berjenis .mp4. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, sistem pengaman data ini cukup membantu dalam menjaga kerahasiaan data atau informasi yang disimpan pada SMK AS-SU’UDIYYAH. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan pengguna dapat mengenkripsi pesan dan data yang sifatnya rahasia tanpa takut akan ada orang lain yang dapat membaca isi pesan dan data tersebut
PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULES DENGAN ALGORITME APRIORI UNTUK MENCARI POLA KETERKAITAN SETIAP ITEM LEWAT PERILAKU PELANGGAN PADA GAVIO BOUTIQUE COLLECTION JAKARTA PUSAT Muhammad Hasanul Huda; Muhammad Syafrullah
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 3 No 4 (2020): Jurnal SKANIKA Juli 2020
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Susunan atau pemetaan produk pada butik GAVIO tidak tersusun rapi dan hanya sekadar di tampilkan pada pelataran toko tanpa mempelajari perilaku pelanggan yang dapat menguntungkan dalam sisi jangkauan pelanggan yang memiliki keterkaitan antara produk satu dan lainnya, juga dalam pengadaan barang pemilik melakukan pembelian barang dengan jumlah yang sama (setiap produk) tiap melakukan pengadaan, hal itu berimbas pada banyaknya barang yang hanya sedikit diminati pelanggan hanya akan menumpuk dan mengurangi nilai keuntungan. Demi mengoptimalkan pemanfaatan data tersebut maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengolah data menjadi suatu informasi yang bermanfaat. Salah satunya adalah menggunakan teknik data mining. Pada penulisan tugas akhir ini, penulis membangun suatu sistem yang dapat mencari pola keterkaitan (Association rules) antara item satu dengan item lainnya dengan menggunakan data transaksi penjualan menggunakan algoritma apriori, sehingga diharapkan dapat lebih efisien dalam proses bisnis. Dengan menggunakan item yang berjumlah 42. Dataset yang digunakan adalah dataset penjualan (transaksi penjualan) selama periode bulan September 2018 hingga Maret 2019 yang berjumlah 1.493 transaksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menghasilkan informasi yang disebut aturan (rules) dengan jumlah beragam yaitu, jika nilai minimum support 50 dengan minimum confidence 80% maka rules yang terbuat berjumlah 14, jika minimum support 50 dengan minimum confidence 90% aturan yang terbuat berjumlah 11, dan jika minimum support 50 dengan minimum confidence 100% maka aturan yang terbuat hanya berjumlah 9.
SISTEM PENDETEKSI SUHU DAN ASAP UNTUK PENCEGAHAN KEBAKARAN BERBASIS ARDUINO UNO PADA RUANGAN FABRIKASI CV. READY TECHNIC Taufan Tanjung; Sejati Waluyo
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 3 No 4 (2020): Jurnal SKANIKA Juli 2020
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (864.588 KB)

Abstract

CV Ready Technic merupakan perusahaan bisnis yang memberikan jasa dalam bidang pembangunan. Pekerjaan-pekerjaan yang dilakukannya pun menggunakan bahan-bahan yang beragam dan tidak dapat terhindar dari bahan-bahan yang mudah terbakar. Dikarenakan masih minimnya pengetahuan dalam bidang teknologi, maka dalam mencegah maupun menanggulangi terjadinya kebakaran hanya mengandalkan insting atau prakiraan dari pekerja saja. Menyadari permasalahan yang dihadapi oleh CV Ready Technic, maka dibuatlah sistem pendeteksi suhu dan asap pada ruangan fabrikasi menggunakan teknologi mikrokontroler. Tujuan penelitian ini yaitu membuat sistem pendeteksi suhu dan asap berbasis mikrokontroler arduino uno yang dapat dikontrol melalui smartphone android. Pembuatan sistem pendeteksi ini merupakan salah satu upaya pencegahan terjadinya kebakaran pada ruangan fabrikasi CV Ready Technic. Metode pengembangan yang diterapkan merujuk pada model waterfall, dimana terdapat lima tahapan yaitu metode kepustakaan, mengumpulkan data, analisa data, perancangan sistem, implementasi sistem dan pengujian sistem. Pada proses pengujian pada sistem ini, didapatkan hasil LED yang segera menyala setelah terdeteksinya suhu dan asap lebih dari atau sama dengan batas suhu dan asap yang telah ditentukan. Selain itu, SIM800L segera memberikan notifikasi peringatan berupa sms ke nomor pengguna yang telah didaftarkan. Dan terdapat pompa air yang menyala otomatis yang akan berhenti saat suhu dan asap sudah dibawah batas yang telah ditentukan.
IMPLEMENTASI ALGORITMA VIGENERE CIPHER DAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB) DALAM PERANCANGAN APLIKASI STEGANOGRAPHY UNTUK MENYISIPKAN PESAN TEKS PADA GAMBAR Riki Sugiarto; Mufti Mufti
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 3 No 4 (2020): Jurnal SKANIKA Juli 2020
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengamanan kerahasiaan citra digital pada Sekolah Dasar Negeri Pengasinan IX Kota Bekasi masih memberikan celah untuk adanya kebocoran informasi. Saat ini perkembangan teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat, maka taraf pengamanan informasi harus disesuakan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat menjaga kerahasiaan informasi citra tersebut. Aplikasi yang dapat menjaga kerahasiaan informasi citra adalah kriptografi dan steganografi. Dengan penggabungan algoritma kriptogorafi dan steganografi, sistem pengamanan informasi citra digital akan menjadi lebih aman. Algoritma kriptografi yang digunakan adalah algoritma Vigenere Cipher. Algoritma Vigenere Cipher ini menghasilkan setiap karakter pesan pada plainteks berkorespondensi dengan lebih dari satu karakter pada cipherteks. Algoritma steganografi yang digunakan adalah algoritma LSB yang menggunakan gambar sebagai media penampungnya. Algoritma LSB ini Algoritma steganografi Least Signifikan Bit (LSB) mengubah nilai pixel pada citra dalam representasi biner. Perubahan dapat dilakukan dengan berbagai cara dan algoritma, misalnya mengubah nilai biner 0 menjadi 1 atau sebaliknya. Teknik ini memanfaatkan karakteristik penglihatan manusia yang tidak dapat melihat perubahan pola biner yang terjadi pada gambar. Pada penelitian ini data image yang digunakan adalah citra dengan format JPG(Joint Photographic Group). Dengan adanya teknik kriptografi pada media teks dan steganografi pada media gambar, maka pengiriman suatu pesan yang bersifat rahasia akan memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi karena citra sudah terenkripsi dan perubahan pola biner tidak dapat dideteksi langsung oleh indera penglihatan manusia. Hasil riset ini membuktikan bahwa implementasi kriptografi dan steganografi teks kedalam gambar menggunakan metode Vigenere Cipher dan LSB berbasis desktop pada SDN Pengasinan IX Kota Bekasi dapat dengan sukses diimplementasikan sebagai solusi bagi kebutuhan keamanan data. Kata kunci: Steganografi, Kriptografi, Metode LSB, dan Vigenere Cipher
IMPLEMENTASI ALGORITMA TOPSIS UNTUK MENENTUKAN SISWA TERBAIK PADA SMK MAKARYA TANGERANG Arief Novianto; Purwanto Purwanto; Dwi Achadiani
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 3 No 4 (2020): Jurnal SKANIKA Juli 2020
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1406.952 KB)

Abstract

Perkembangannya teknologi akan selalu hadir dalam membantu pekerjaan dan kegiatan manusia, tidak terkecuali untuk mengambil sebuah keputusan. Mengambil sebuah keputusan bukanlah suatu hal yang sulit tetapi pasti ada tanggung jawab dari suatu keputusan yang di pilih. Sistem pendukung keputusan adalah sistem yang dimaksudkan untuk memudahkan para pengambil keputusan manajerial dalam situasi keputusan semiterstruktur. Dengan sistem pendukung keputusan pemilihan siswa terbaik ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam proses pemilihan siswa terbaik dalam setiap semester di SMK Makarya Tangerang. Proses ini dilakukan dengan berbagai tujuan, yaitu meningkatkan semangat siswa dalam belajar dan memotivasi siswa untuk terus berlomba supaya menjadi siswa terbaik di sekolah. Sistem pendukung keputusan untuk memilih siswa terbaik dilakukan berdasarkan pada penilaian empat kriteria yaitu, nilai rapor, nilai akademik, nilai ekstrakulikuler dan nilai kehadiran. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Technique For Order Preference By Similiarity To Ideal Solution (TOPSIS) karena konsepnya sederhana dan mudah dipahami, komputasinya efisien dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana. Aplikasi dibangun dengan berbasis web yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database MYSQL. Aplikasi sistem pendukung keputusan ini dapat berjalan dengan skema yang telah di rancang sedemikian rupa dan dapat membantu proses pemilihan siswa terbaik di SMK Makarya Tangerang secara tepat.
PENERAPAN SISTEM PENGAMAN PINTU RUANG OTOMATIS MENGGUNAKAN RFID DAN ULTRASONIC PADA PT MULTI ARTHA PRATAMA firda firda; dolly virgian Shaka Yudha Sakti
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 3 No 4 (2020): Jurnal SKANIKA Juli 2020
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (936.541 KB)

Abstract

Multi Artha Pratama merupakan salah satu properti developer terkemuka di Indonesia. Kepercayaan para pembeli terhadap pelayanan yang diberikan selama lebih dari 30 tahun, telah menjadikan PT. Multi Artha Pratama sebagai developer terpercaya dan menjadi inspirasi bagi developer lainnya. Dalam hal ini PT. Multi Artha Pratama memiliki beberapa ruang khusus seperti ruang direktur ataupun ruang yang bersifat private. Melihat keadaan tersebut, dengan memanfaatkan teknologi yang ada sekarang, perlu adanya suatu penyelesaian. Salah satu cara membangun sistem keamanan pada pintu ruangan yang baik yaitu mengganti jenis pintu pengamanan sistem kunci manual menjadi kunci elektronik yang menggunakan smart card. Maka dari itu di butuhkan sistem pengontrolan pintu secara otomatis sehingga mengurangi karyawan yang keluar masuk ruangan. Sering kali terdapat karyawan yang tidak mempunyai kepentingan khusus masuk keruangan tertentu. Untuk itu dibutuhkan sistem pengontrolan pintu secara otomatis. sistem ini dibangun dengan menggunakan sistem pintu otomatis (RFID) dengan Arduino Uno R3. Sistem ini secara otomatis mengontrol (buka atau tutup) pintu berdasarkan card pengguna yang telah didaftarkan dalam basis data di mikrokontroler Arduino. Sistem utamanya terdiri dari mikrokontroler Arduino, RFID, sensor ultrasonik dan door lock system. Berdasarkan hasil pengujian dan penelitian dari alat yang dibuat menghasilkan sistem pengaman pintu yang dapat beroperasi dengan baik, sesuai dengan rancangan yang dibuat. Ketika RFID tag maka sistem akan aktif dan jika RFID tag yang digunakan tidak sesuai, maka sistem tidak akan beroperasi. Kisaran jarak tag dari 0cm – 5cm dan kisaran jarak dari pintu 40cm sampai 200cm. Servo dapat membuka pengunci pintu apabila data ID e-KTP yang berupa bilangan unik sesuai dengan data yang tersimpan di database.
Penerapan Metode Marker Based Tracking Untuk Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Ahmad Albi Aldriyan; Safrina Amini
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 3 No 4 (2020): Jurnal SKANIKA Juli 2020
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.753 KB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini teknologi sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi manusia termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Namun anak-anak berkebutuhan khusus kurang mendapatkan pengetahuan tentang teknologi baik dirumah ataupun sekolah. Padahal penggunaan teknologi dapat membantu proses belajar dan mengajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Proses belajar dan mengajar yang menyenangkan dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Teknologi dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang mudah dan menyenangkan yang dapat membantu dalam proses belajar dan mengajar di Sekolah Khusus Nurasih Tangerang Selatan. Penerapan Augmented Reality dengan menggunakan metode Marker Based Tracking berbasis android diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan yang ada karena cara kerja metode Marker Based Tracking pada Augmented Rreality cukup sederhana namun dapat menghasilkan objek virtual 3D yang menarik bagi anak berkebutuhan khusus. Hasilnya penerapan Augmented Reality berbasis android ini menjadi lebih mudah digunakan dan dipahami oleh guru-guru dan juga anak-anak berkebutuhan khusus berdasarkan hasil kuesioner 20 responden yang ada di lingkungan Sekolah Khusus Nurasih Tangerang Selatan.
Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor dalam Menentukan Jurusan Menggunakan Metode Euclidean Distance Berbasis Web Pada SMP Setia Gama Aditya Maulana Habibi; Reva Ragam Santika
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 3 No 4 (2020): Jurnal SKANIKA Juli 2020
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1873.398 KB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama merupakan langkah awal para siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Keberhasilan dari suatu sekolah diukur dengan nilai – nilai yang didapatkan dari seorang siswa selama mereka masih belajar disekolah tersebut sampai mereka lulus nanti. Pihak sekolah pasti ingin membantu para siswa nya mendapatkan sekolah yang bagus ketika mereka lulus dari sekolah yang sekarang. Dengan menggunakan sistem yang dibuat ini, para guru bisa memberi masukan kepada siswa nya yang ingin masuk ke sekolah yang lebih bagus dengan nilai yang mereka punya. Algoritma K-Nearest Neighbor ini digunakan untuk mengklasifikasikan nilai – nilai siswa dengan kelas yang ingin mereka dapatkan di SMA kedepan. Berdasarkan akurasi yang didapatkan berbeda berdasarkan nilai K yang sudah ditentukan. Semakin tinggi nilai K nya maka data yang digunakan untuk memprediksi semakin banyak dan bisa semakin mengurangi akurasi yang ada.
PROTOTIPE PENERAPAN IOT PADA PEMBERIAN PAKAN IKAN OTOMATIS MENGGUNAKAN MEDIA ESP8266 BERBASIS ANDROID MOBILE Hariadi Nugroho; Ferdiansyah Ferdiansyah
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 3 No 4 (2020): Jurnal SKANIKA Juli 2020
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1473.326 KB)

Abstract

Membudidayakan ikan pada kolam selalu berkembang dan serta memiliki peluang yang tinggi seiring peningkatan hasil budidaya ikan dari tahun ke tahun. Pakan mempunyai peranan sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangbiakan budidaya ikan, namun terkendala pada pemberian pakan ikan masih menggunakan cara manual dengan datang ke kolam dan memberikan pakan langsung, adapun proses otomatisasi yang ada, dilakukan dengan memasang timer/waktu dalam pemberian pakan. Aplikasi android yang digabung dengan Media ESP8266 dengan konsep IoT dirasa dapat mengatasi masalah yang ada. Cara kerja dari Aplikasi ini yaitu dengan merangkai device Arduino dan servo, yang realtime membaca data melalui jaringan internet yang terdapat pada basis data sesuai dengan data yang dijadwalkan pada aplikasi android. Hasil perncangan dan implementasi menunjukan bahwa prototype dapat melakukan pemberian pakan ikan secara otomatis dengan antarmuka berbasis mobile android, selain pakan ikan dapat secara otomatis berdasarkan jadwal tertentu, prototype ini juga dapat melakukan pemberian pakan ikan secara manual dengan antar muka aplikasi tanpa harus datang langsung ke kolam
PERANCANGAN OTOMATISASI BEL SEKOLAH DENGAN AUTOPOWER MENGGUNAKAN INTERFACE BERBASIS ANDROID Tgk. Moch. Cadafi Fahlefi Sani; Ferdiansyah Ferdiansyah
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 3 No 4 (2020): Jurnal SKANIKA Juli 2020
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1084.407 KB)

Abstract

Perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak dewasa ini sangat mempengaruhi pola pemakaian komputer di segala bidang. Komputer yang pada awalnya hanya digunakan oleh para akademis dan militer kini telah digunakan secara luas di berbagai bidang. Bel adalah suatu alat yang bisa mengeluarkan bunyi dan mempunyai fungsi sebagai kode, alat pengingat dan alat komunikasi. Bel sekolah merupakan tanda bagi sekolah untuk memulai pelajaran sampai pulang sekolah. SMK Generasi Madani memerlukan bel sekolah dilakukan secara otomatis menggunakan NodeMCU ESP8266 dilengkapi dengan RTC untuk memberi kode kepada guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Bel sekolah otomatis ini akan berbunyi pada waktu yang telah ditentukan atau dijadwalkan sebelumnya, serta pada saat yang dikehendakai berbasis Android. Dengan adanya alat otomatisasi bel sekolah ini, keterlambatan membunyikan bel sekolah tidak lagi terjadi, dan bel sekolah akan berbunyi sesuai dengan jadwal atau jam yang telah ditentukan

Page 1 of 2 | Total Record : 11