cover
Contact Name
Indra
Contact Email
indra@budiluhur.ac.id
Phone
+628568287734
Journal Mail Official
skanika@budiluhur.ac.id
Editorial Address
Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, 12260
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika
ISSN : -     EISSN : 27214788     DOI : 10.36080
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika adalah media publikasi online hasil penelitian yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem komputer dan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur. Scope atau Topik Jurnal: Kriptografi, Steganografi, Sistem Pakar / Artificial Intelligence , Sistem Penunjang Keputusan, Bioinformatika, Kecerdasan Komputasional, Semantics Web dan Ontologies, Data Mining,Text Mining,Natural Language Processing, Pengelolaan Citra Digital, Otomasi Berbasis Sensor, Wireless Sensor Network, Network Management dan Maintenance, Sistem Operasi, Sosial Network Analysis, Security, Augmented Reality, Game Development, Virtual Reality, Webservice / API, Internet of Things (IoT)
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2022): Jurnal SKANIKA Juli 2022" : 13 Documents clear
IMPLEMENTASI JARINGAN KABEL DAN WIRELESS MENGGUNAKAN ROUTER MIKROTIK PADA SD MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA Ahmad Sakhowi Amin; Kukuh Harsanto; Riza Samsinar
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 2 (2022): Jurnal SKANIKA Juli 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (959.014 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i2.2932

Abstract

The research was conducted at SD Muhammadiyah 1 Jakarta. The purpose of this research is to create and implement a wired and wireless based on a mikrotik router at SD Muhammadiyah 1 Jakarta. In this research, the writer uses Mikrotik RB750r2 and Winbox application. The type of research used in this research is qualitative research. This method was chosen because qualitative research is a type of descriptive research that tends to use the process of analyzing and showing meaning. Qualitative research is research with a survey model where data and statements are obtained from the results of direct interactions between researchers, research subjects, and people at the research location. The result of the research is that the manufacture of wired and wireless using a mikrotik router has been running as it should. So that it can be used by teachers, employees and all students. This certainly provides benefits in supporting learning activities in the school environment. The user authentication to access the internet network is not only protected at the access point network, hotspot also protected by the mikrotik system, so that whenever a user wants to connect, they must login according to the SSID at SD Muhammadiyah 1 Jakarta.
ANALISIS SPEECH-TO-TEXT PADA VIDEO MENGANDUNG KATA KASAR DAN UJARAN KEBENCIAN DALAM CERAMAH AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN INTERPRETASI AUDIENS DAN VISUALISASI WORD CLOUD Tresna Maulana Fahrudin; Allan Ruhui Fatmah Sari; Angela Lisanthoni; Amanda Ayu Dewi Lestari
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 2 (2022): Jurnal SKANIKA Juli 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1170.948 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i2.2942

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 saat ini, penggunaan media sosial sangat berkembang pesat dengan terjadinya interaksi dan komunikasi antarmanusia dalam dunia maya. Namun, terkadang ditemui adanya pengguna media sosial yang menyalahgunakan untuk kepentingan tertentu, salah satunya ceramah agama yang mengandung kata-kata kasar dan ujaran kebencian. Semakin banyak kekeliruan dalam memahami agama dikarenakan apa yang disampaikan oleh penceramah bukanlah tentang agama itu sendiri, tetapi justru menghasut, menghina dan memprovokasi para pendengarnya untuk tujuan tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan analisis speech-to-text pada video yang mengandung kata-kata kasar dan ujaran kebencian dalam ceramah agama islam menggunakan interpretasi audiens dan visualisasi word cloud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 3 penceramah agama dan total terdapat 9 video di mana masing-masing video berdurasi 3 menit mengandung kata-kata kasar dan ujaran kebencian.
IMAGE SEARCHING DATA GAMBAR BERWARNA ALGORITMA K MEANS CLUSTERING PADA DATA PENJUALAN Ariadi Retno Hayati
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 2 (2022): Jurnal SKANIKA Juli 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.049 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i2.2943

Abstract

Pencarian data dengan data gambar berwarna yang diterapkan pada penelitian ini adalah data penjualan dengan dataset gambar berwarna. Terdapat beberapa produk yang akan dideskripsikan yaitu produk makanan, produk bahan pokok, produk rumah tangga yang akan dikelompokkan berdasarkan kategori kelompok dengan kategori produk yang sama. Metode yang diterapkan adalah K Means Clustering pada penelitian ini dengan data pembelajaran dan data uji coba yang berbeda. Sistem pencarian gambar dengan memilih file gambar dari data uji coba dan sistem akan mencari kelompok dari data pembelajaran dan ditampilkan gambar hasil pencarian untuk mempermudah pengguna aplikasi mencari data penjualan jika tidak memiliki atau kesulitan mencari informasi nama produk atau kode produk. Proses pengolahan data warna baik data gambar berwarna pada data pembelajaran dan data uji coba harus melalui proses normalisasi data warna dimana proses ini meliputi pemilihan objek, pemotongan objek, dan menyamakan ukuran gambar objek. Hasil pembelajaran pengelompokan K Means Clustering mendapatkan hasil yang baik, pada penelitian ini mendapatkan prosentase 93,33% pada data pembelajaran dan 60% pada data uji coba.
ANALISA FITUR EKSTRAKSI CIRI DAN WARNA DALAM PROSES KLASIFIKASI KEMATANGAN BUAH RAMBUTAN BERBASIS K-NEAREST NEIGHBOR Heru Pramono Hadi; Eko Hari Rachmawanto
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 2 (2022): Jurnal SKANIKA Juli 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1928.311 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i2.2944

Abstract

Klasifikasi citra buah rambutan leci, lengkeng, pulasan dan rambutan yang merupakan buah dalam stau spesies telah dilakukan. Klasifikasi buah rambutan menggunakan KNN saja atau fitur ekstraksi saja sudah pernah dilakukan. Dalam penelitian ini, proses klasifikasi kematangan buah rambutan dilakukan dengan K-NN berbasis fitur ekstraksi ciri dan warna dengan tujuan untuk meningkatkan akurasi klasifikasi citra. Terpilih ekstraksi ciri GLCM dan ekstraksi ciri warna HSV, dimana masing-maisng mempunyai keunggulan masing-masing. Berdasarkan 100 dataset citra dalam 4 kelas yaitu mentah, setengah matang, matang dan busuk, telah dilakukan percobaan bervariasi menggunakan sudut GLCM dari 00, 450, 900, 1350dan nilai K=1,3,5,7,9,11,13. Akurasi terbaik yang dihasilkan yaitu 97,5% pada K=1 dan 00. Sedangkan yang terendah pada K=13 dan 1350 dengan hasil 62,5%.
CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN) UNTUK KLASIFIKASI CITRA PENYAKIT DIABETES RETINOPATHY Muslih Muslih; Eko Hari Rachmawanto
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 2 (2022): Jurnal SKANIKA Juli 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.666 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i2.2945

Abstract

Diabetic Retinopathy (DR) merupakan suatu komplikasi yang terjadi karena adanya kerusakan pada pembuluh darah retina. DR melalui citra retina mata sudah pernah diteliti menggunakan proses peningkatan kualitas citra maupun teknik filtering. Citra DR, memiliki garis tebal dan tipis pada citra fundus dimana tebal tipisnya digunakan untuk menentukan apakah citra fundus tersebut terkategori sebagai citra DR. Biasanya, teknik filtering diperlukan dalam mempertajam garis pada citra fundus. Pada penelitian ini, optimasi dalam klasifikasi citra retina mata yang terdiagnosa retinopati telah dilakukan menggunakan algoritma Convolutional Neural Network (CNN) dengan tujuan pengenalan pembuluh darah pada retina mata terdiagnosa DR. Urgensi dari penelitian ini yaitu melakukan uji performa CNN dalam proses klasifikasi citra DR pada jumlah data yang cukup besar tanpa menggunakan preprosesing apapun sehingga dapat disimpulkan bahwa CNN saja sudah mampu mengklasfikasi objek dengan baik. Citra berasal dari Kaggle database dengan total 88702 citra yang di sortir menjadi 88000 data. Hasil klasifikasi citra benar yaitu 82445 dengan prosentse 93,68% sedangkan citra salah klasifikasi yaitu 5555 citra dengan prosentase kegagalan yaitu 6,32%.
IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO DALAM MENENTUKAN SUPPLY BBM PADA PERTASHOP Calvin Christopher Citra; Teady Matius Surya Mulyana; Halim Agung; Dionisia Bhisetya Rarasati; Evasaria Magdalena Sipayung
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 2 (2022): Jurnal SKANIKA Juli 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1419.156 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i2.2946

Abstract

Kebutuhan Bahan Bakar Mesin dari masyarakat terus meningkat, hal ini juga terjadi bagi masyarakat pinggir kota.Untuk memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Mesin yang ada dipinggir kota, maka Pertamina memberikan sebuah program bagi masyarakat untuk mendirikan SPBU mini dengan modal yang kecil, program ini dinamakan dengan Pertashop. Pertashop akan melakukan Pasokan satu bulan satu kali ke pihak pertamina. Namun dalam proses seupply proses perhitungan masih sering kurang tepat sehingga membuat pertashop mengalami kekurangan stok. Untuk mengatasi hal tersebut yang dapat dilakukan adalah dengan menentukkan Pasokan yang dibutuhkan pada sebuah SPBU atau Pertashop pada periode selanjutnya. Logika Fuzzy yang dipilih sebagai metode untuk menentukan Pasokan pada Pertashop agar mengurangi terjadinya kehabisan stok. Metode yang dipilih dalam menentukan Pasokan pada pertashop adalah Logika Fuzzy. Logika fuzzy memiliki Sistem Interferensi Fuzzy yang memberikan sebuah aturan dalam logika Fuzzy. Sistem Interferensi Fuzzy terdapat 3 metode yaitu, Tsukamoto, Mamdani, dan Sugeno. Pada penelitian ini menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto Hasil penelitian didapatkan bahwa dengan tingkat akurasi metode fuzzy sebesar 87% menggunakan metode MAPE, dapat dinyatakan bahwa metode fuzzy Tsukamoto berhasil dalam menghitung Pasokan yang harus dilakukan pihak pertashop setiap bulannya agar tidak terjadi kekurangan stok.
DESAIN SISTEM BACKEND BERBASIS REST API MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL 7 Hendrik Fery Herdiyatmoko
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 2 (2022): Jurnal SKANIKA Juli 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1129.159 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i2.2947

Abstract

Bagian backend adalah ruang logis dengan fungsionalitas dan pengoperasian aplikasi perangkat lunak atau sistem informasi. Salah satu implementasinya adalah sistem backend berbasis RESTful. RESTful adalah arsitektur pertukaran data menggunakan protokol HTTP. RESTful atau REST Server menyediakan data untuk diakses oleh REST Client menggunakan pertukaran data dalam format JSON. Masalah dalam penelitian ini bagaimana membangun rest server yang didukung perangkat yang aman, mendukung otomatisasi/artisan, dukungan package yang mudah, dan dukungan MVC. Tidak semua framework PHP mendukung kebutuhan tersebut kecuali Framework Laravel. Framework Laravel menyediakan mekanisme untuk membangun REST Server melalui library Rest Server yang mendukung implementasi RESTful server secara penuh. Pada penelitian ini dibangun REST Server yang dapat menjalankan fungsi dasar CRUD. Hasil dari endpoint yaitu mendapatkan respon dari server berupa JSON. Hasil dari penelitian menghasilkan restful API atau REST Server dengan menggunakan empat http request yaitu GET, POST, PUT dan DELETE yang merupakan metode dasar dari REST Server dan telah diuji responnya menggunakan Postman.
KLASIFIKASI BUNGA MAWAR MENGGUNAKAN KNN DAN EKSTRAKSI FITUR GLCM DAN HSV Wellia Shinta Sari; Christy Atika Sari
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 2 (2022): Jurnal SKANIKA Juli 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2033.71 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i2.2951

Abstract

Bunga mawar biasanya di produksi sebagai bahan kecantikan maupun parfum. Bunga mawar dapat dibudidayakan untuk bunga potong dan bunga hias. Peneltian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan bunga mawar kedalam 5 kategori yaitu bunga mawar doube delight, bunga mawar megawati, bunga awar musk, bunga mawar putri dan bunga mawar thalita yang di dominasi dengan warna merah. Diketahui beberapa jenis mawar mempunyai tampilan kelopak bunga maupun warna yang sama. Kesamaan bentuk dan warna membuat proses klasifikasi berdasarkan mata manusia saja menjadi lebih sulit, sehingga membutuhkan teknik pengolahan citra. Beberapa penelitian bunga mawar hanya menggunakan satu ekstraksi fitur saja sehingga kurang akurat. Dalam penelitian ini telah digunakan algoritma KNN dan ekstraksi fitur GLCM-HSV. Nilai fitur yang digunakan berupa ekstraksi tekstur GLCM dan warna HSV yang nantinya akan dijadikan sebagai parameter perhitungan klasifikasi menggunakan K-NN berdasarkan Euclidean Distance. Data yang digunakan sebanyak 100 data latih dan 25 data uji. Hasil akurasi klasifikasi tertinggi terletak pada K=3 yaitu 96%.
PROTOTYPE SMART HOME BERBASIS IOT DENGAN NODEMCU ESP8266, MOTOR SERVO DAN SENSOR SUHU DHT11 BERBASIS WEB Rian Umbara Maulana Raharja; Ahmad Pudoli; Dewi Kusumaningsih
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 2 (2022): Jurnal SKANIKA Juli 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (821.735 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i2.2952

Abstract

Smart home system (Smart home) is a combination of technology and services that are devoted to the home environment with certain functions aimed at increasing the efficiency, comfort, and safety of its residents. A smart home system usually consists of a control and monitoring device for several home devices or appliances that can be accessed via a smartphone. This study designed a control system prototype that is implemented on a smarthome, which is installed with an ESP8266 NodeMCU V3 CH340 microcontroller control device, a Relay Module, 2 LED lights, a 12v DC fan, and a Servo Motor, so that the lights, fans, and servos can be controlled on/off. remotely. The method used in this research is the prototyping method. By using the prototyping method, a prototype system is produced as an intermediary between developers and users so that they can interact in the process of information system development activities. The test results of this prototype all the tools work optimally with internet speeds in the range of 100kb/sec, temperature value updates change every 1-2 seconds, servo motors and lights respond in 1-3 seconds. The results of the Smart Home Prototype System test are concluded that it can provide efficiency in the use of electricity that is controlled remotely, it is safer because notifications are run if the temperature standard is exceeded.
PERANCANGAN SISTEM CHATBOT SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT PADA PT. EVERBRIGHT JAMBI Andry Almustaqim; Afrizal Nehemia Toscany
SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika Vol 5 No 2 (2022): Jurnal SKANIKA Juli 2022
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.938 KB) | DOI: 10.36080/skanika.v5i2.2953

Abstract

The use of Artificial Intelligence in many businesses in Indonesia has been increased because of the flexibility that the system offers. One of the implementations of AI is a chatbot, which is used as a virtual assistant in a company to provide better quality customer service. In this research, we demonstrate how to create a chatbot that can be used as a virtual assistant in PT. EVERBRIGHT Jambi in order for the company to present better customer care. Moreover, the bot is being built using Natural Language Processing, in which enables the bot to understand human languages. By integrating the chatbot, the company will be able to provide 24-hour-a-day customer service without having the need to spend more cost on this. We are building the chatbot using Python and JSON. Furthermore, the system will be deployed in the Application Programming Interface called Telegram. Based on the result of the test conducted using the Black Box method, the chatbot has the ability to reply within seconds and the answers are about 85 percent accurate. As a result, the chatbot is capable of giving sufficient information to the customer based on the data that has been previously given to train the bot.

Page 1 of 2 | Total Record : 13