cover
Contact Name
Nurwulan Kusuma Devi
Contact Email
aliansijournalimmi@gmail.com
Phone
+6282125337746
Journal Mail Official
aliansijournalimmi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Tanjung Barat No.11 Jakarta Selatan 12530, Indonesia
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 19073666     EISSN : 2541545X     DOI : 10.46975/aliansi
Core Subject : Social,
Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis is dedicated to publishing scientific information, communication resources and perspectives by academics in Management and Business Economy. This journal published research article, reflection, and actual critical study with respect to the themes of intradisciplinary studies on management and business.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 2 (2021): ALIANSI : Jurnal Manajemen Dan Bisnis" : 18 Documents clear
PENGARUH LABEL HALAL, CITRA MEREK DAN LABEL HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU FORMULA SGM Yohanes Ferry Cahaya; Siti Soimaturrohmah
Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): ALIANSI : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46975/aliansi.v16i2.110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal, citra merek dan label harga terhadap keputusan pembelian susu formula SGM. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada masyarakat yang sudah mempunyai anak di wilayah kabupaten bogor. Data yang dihimpun sebanyak 100 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi, regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis serta didukung oleh aplikasi IBM SPSS Statistic versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Label halal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian susu formula SGM dan mempunyai pengaruh paling kecil, (2) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian susu formula SGM dan dan mempunyai pengaruh lebih besar daripada label halal, (3) Label harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian susu formula SGM dan dan mempunyai pengaruh paling tinggi. Uji F menunjukan jika model regresi dianggap layak untuk meramalkan variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji R menunjukan bahwa variabel bebas mampu menjelaskan variabel terikat keputusan pembelian sebesar 47,7%.
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN PENDIDIKAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KECAMATAN TAPOS KOTA DEPOK Deni Indra Purnama Koto
Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): ALIANSI : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46975/aliansi.v16i2.101

Abstract

 Aset organisasi paling penting yang harus dimiliki oleh suatu organisasi dan sangat diperhatikan oleh manajemen adalah asset manusia dari organisasi tersebut.Organisasi dikelola dan terdiri atas orang-orang,para karyawannya, tanpa orang-orang maka organisasi tidak bakal ada.Kinerja pegawai sampai saat ini belum sesuai harapan, karena masih terjadi kesenjangan antara yang berkinerja sangat baik dengan yang berkinerja hanya sebatas standar minimal yang ditentukan.Disiplin kerja yang belum optimal demikian pula pendidikan pelatihan yang belum efektif.Banyak variabel yang mempengaruhi kinerja pegawai, sesuai hipotesa ada pengaruh antara disiplinkerja dan pendidikan pelatihan terhadap kinerja pegawai secara parsial maupun simultan.Sesuai penelitian ternyata teruji ada Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai dan Pendidikan Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai di , Kecamatan TAPOS , KOTA DEPOK secara parsial maupun simultan dengan persamaan regresi berganda, Yaitu : Y = 27,158 + 0,351X1 + 0,644X2 dan koefisien determinasi berganda sebesar 75,10% dengan rincian, sebagai berikut:1.       Disiplin kerja pegawai mempengaruhi kinerja pegawai, sebesar 35,10%.2.       Pendidikan pelatihan pegawai mempengaruhi kinerja pegawai sebesar 64,40%.3.       Disiplin kerja pegawai dan pendidikan pelatihan pegawai secara simultan (bersama) mempengaruhi kinerja pegawai sebesar 75,10%.Pengaruh pendidikan pelatihan lebih dominan dibandingkan dengan disiplin kerja pegawai namun apabila dikerjakan secara simultan akan bersinergi karena pengaruhnya meningkat terhadap kinerja pegawai menjadi sebesar 75,10%.Untuk meningkatkan kinerja pegawai maka manajemen harus memperhatikan dan meningkatkan, antara lain sebagai berikut:1.       Disiplin pegawai harus ditingkatkan dengan cara memberikan sangsi tegas bagi pegawai yang melanggar.2.         Manajemen harus melaksanakan kegiatan pendidikan pelatihan secara rutin dan terencana sesuai kebutuhan organisasi dan pegawai.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN PADA PT. ASKOTAMA INTI NUSANTARA Bambang Ermansyah Saragih
Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): ALIANSI : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46975/aliansi.v16i2.106

Abstract

The  development  of  the  business  world  in  Indonesia  iscurrently  growing  rapidly,  considering  that  it  has entered  the  era  of  globalization  so  that  the  business  world  isrequired to develop rapidly. Consumers prioritize product quality, affordable prices and the company's advertisementsare not excessive. Creating purchase satisfaction is a challenge for entrepreneurs because a buyer is now increasinglycritical in choosing the type of product and must match his expectations. The purpose of this study is to determine:Analysis  of  the  Effect  of  Product  Quality, Price  and  Advertising  on  Purchase  Satisfaction  at  PT.  Askotama  IntiNusantara.“The sampling technique used in this study the author uses the Random Sampling technique (Randomlyon All  Consumers) where  each member of the  population has the  same opportunity  to be  selected as  the overallsample, but the sample in this study is the  entire population that is sampled .“The results obtained that partially andsimultaneously there is a positive and significant influence between Product Quality, Price, Advertising on Purchase Satisfaction.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA FBM WORLDWIDE Munir Azhari
Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): ALIANSI : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46975/aliansi.v16i2.97

Abstract

The effect of service quality on customer satisfaction in FBM WORLDWIDE. The study aims to determine service quality to customer satisfaction correlation and influence score at FBM WORLDWIDE. The method used is a survey method by using questionnaires to respondents as many as 75 respondents from customers/users of FBM WORLDWIDE delivery services. The data used are descriptive analysis, simple linear regression analysis, R test, T-test, and hypothesis testing. The results show that the service quality variable simultaneously had a positive and significant effect on customer satisfaction. The type of research is the quantitative method. Furthermore, Data collection techniques use carried out through survey methods. The number of samples is 75 people. The results of this study use statistical data methods with the SPSS (Statistical Package For Social Science) version 21 program. The results of the analysis state that the relationship between variable X (service quality) and variable Y (customer satisfaction) is forceful. It can be seen from the R-value of 0.903 so that it is close to 1. The influence of service quality variable (X) to customer satisfaction variable (Y) score is 0.813 or 81,3%. Furthermore,  the rest is influenced by other factors. The T-count value is 17.980 and T-table is 1.993 (based on the table), so T-count is greater than T-table which means Ha is accepted and Ho is rejected, meaning that the X variable (quality of service) is very related and has a significant effect on the Y variable (customer satisfaction).
PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PENYULUH KELUARGA BERENCANA (PLKB) PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN KARAWANG Enjang Sudarman
Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): ALIANSI : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46975/aliansi.v16i2.114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perilaku Kepemimpinan dan Kompetensi terhadap Kinerja Penyuluh KB. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling (n = 46 ), dan teknik analisis data menggunakan Korelasi dan Regresi  dengan  program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Penyuluh KB (t hitung = 10.215, p 0.00). Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Penyuluh KB (t hitung = 2.532, p 0.015). Perilaku Kepemimpinan dan Kompetensi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Penyuluh KB (F hitung = 94.706, p 0.00). Kontribusi Komitmen dan Kompetensi terhadap Kinerja Penyuluh KB ditunjukan oleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,701 atau (70,1%). Sisanya sebanyak 29,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Implikasi  penelitian ini adalah  harus ada kebijakan kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Karawang dalam peningkatan Kinerja Penyuluh KB.
PENGARUH AUDIT MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BEKASI Ilham Rachdiansyah; Joni Tesmanto
Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): ALIANSI : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46975/aliansi.v16i2.102

Abstract

This study aims to analyze the effect of Human Resources Management Audit on Employee Performance in General Hospital Bekasi.This study is a causal-comparative research. This study population is the entire General Hospital Bekasi employees totaling 158 respondents. The selection of the sample using Cluster Random Sampling method. The number of samples was 80 respondents, derived from four divisions: medical division (8 respondents), paramedic (32 respondents), medical support (10 respondents), and general (30 respondents). The data used are primary data in the form of a questionnaire. Prior to the study, first conducted trials-test with the instrument validity-test and reliability-test involving 20 employees of a General Hospital Bekasi were not involved back at the time of the study. Analysis prerequisite- test including normality-test, linearity-test, multicolinearity-test, and heteroscedasticity-test. The hypothesis-test in this study using simple-regression analysis.The results of this study indicate the Human Resources Management Audit have a significant and positive influence on Employee Performance in General Hospital Bekasi indicated by r2 value of 0.518, the significant value smaller than level of significant (0.000 0.050) and the regression line equation is Y = 0.813 + 0.766X.
PENGARUH PENGAWASAN KERJA DAN KEDISIPLINAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. KHONG GUAN BISKUIT FACTORY INDONESIA LTD. Nurwulan Kusuma Devi; Alex Prilhanthara Harefa
Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): ALIANSI : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46975/aliansi.v16i2.107

Abstract

Kinerja karyawan merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam mencapai tujuan perusahaan maupun tujuan individu.  Kinerja adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dari atasan supaya diselesaikan dengan kemampuan, kesediaan dan keterampilan yang dimiliki seseorang. Tinggi dan rendahnya kinerja seorang karyawan ditentukan oleh faktor yang mempengaruhinya secara langsung ataupun tidak langsung. Karyawan merupakan aset utama perusahaan dan mempunyai peran penting di dalam perusahaan, yaitu sebagai pemikir, perencana dan pengendali aktivitas perusahaan. Dalam hal ini dibutuhkan peran pimpinan dalam pengawasan kerja untuk menegakkan disiplin kerja para bawahan agar kinerja karyawan meningkat, dan meningkatkan kuantitas, kualitas yang dihasilkan, ketepatan waktu, kehadiran, kemampuan bekerja sama.   Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik, yaitu peneliti melakukan pengamatan langsung kepada responden dengan melakukan penyebaran kuisioner untuk dianalisis menggunakan metode peneltian kuantitatif dengan jumlah sampel lima puluh tujuh karyawan yang dipilih secara acak dengan menggunakan  systematic random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda  dengan pengujian hipotesis uji statistik t.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengawasan Kerja dan kedisiplinan keeja secara signifikan positif mempengaruhi kinerja karyawan.
MANFAAT KEBERADAAN SUMUR BOR TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) IMPLIKASINYA PADA PEMBANGUNAN EKONOMI DI DUSUN SURUH Widodo Widodo; Dede Mulyana
Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): ALIANSI : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46975/aliansi.v16i2.98

Abstract

Melalui penelitian ini, penulis mempunyai tujuan umum dan tujuan khusus, yaitu sebagai berikut : Secara Umum, berkenaan dengan masalah yang diuraikan di atas, tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana manfaat keberadaan sumur bor terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Implikasinya terhadap Pembangunan Ekonomi di Dusun Suruh, Desa Hargomulyo, Kepanewonan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Secara Khusus, penelitian ini untuk memperoleh informasi mengenai kesejahteraan rakyat setelah terdapat Sumur Bor di  Dusun Suruh, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Jenis dan rancangan penelitian dapat dikelompokkan sesuai tujuan penelitian, Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bersifat menjelaskan ssuatu yang terjadi pada objek. Berdasarkan hasil analisis tersebut ditemukan bahwa, dengan adanya Sumur Bor di Dusun Suruh sangat bermanfaat bagi UMKM serta  implikasinya pada pembangunan ekonomi karena Dusun Suruh merupakan dusun yang tandus dengan mengandalkan air hujan dan sering terjadi kekuarangan air ketika musim kemarau, sehingga baik tanah pertanian, perkebunan dan budidaya alam lainnya memerlukan pangairan yang dihasilkan dari Sumur Bor sebagai pangairan pengganti air hujan pada saat jatuhnya musim kemarau. Saran-saran yang dapat Penulis sampaikan terkait dengan hasil penelitian pada UMKM serta Implikasinya terhadap Ekonomi, yaitu: Dengan adanya Sumur Bor tersebut maka para pelaku UMKM dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga Sumur Bor yang telah disediakan oleh para investor dan donatur betul-betul dapat mengembangkan UMKM di Dusun Suruh maka ekonomi akan berkembang lebih bagus. Mudah-mudahan di Dusun Suruh semakin banyak Sumur Bor yang dibuat oleh investor atau pemrakarsa-pemrakarsa sehingga Dusun Suruh dapat terpenuhi pengairan dengan menggunakan Sumur Bor sehingga UMKM di dusun tersebut dapat meningkat dan maju maka Pembangunan Ekonomi akan lebih cepat tercapai.
ANALISIS PENGARUH PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK BESERTA PERAMALAN PENJUALANNYA Sendianto Sendianto
Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): ALIANSI : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46975/aliansi.v16i2.103

Abstract

Promosi mempunyai peranan penting dalam manajemen pemasaran guna meningkatkan hasil penjualan karena tanpa adanya promosi sangatlah sulit untuk dapat meyakinkan pembeli. Penjualan adalah penyajian secara lisan oleh perusahaan kepada satu atau beberapa calon pembeli dengan tujuan agar barang atau jasa yang ditawarkan dapat terjual. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah Analisis Pengaruh Peomoasi terhadap Tingkat Penjualan Produk Beserta Peramalan Penjualannya Pada PT. Askotama Inti Nusantara.Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Random Sampling (Secara Acak pada Seluruh Konsumen) Dimana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel menggunakan rumus Slovin yang dikutip Sevilla dalam Husein Umar (2012)Hasil penelitian diperoleh bahwa secara parsial dan simultan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk Beserta Peramalan Penjualannya.
KOMUNIKASI BISNIS, DAN MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN Imam Santoso; Witler Slamat Halomoan Silitonga
Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): ALIANSI : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46975/aliansi.v16i2.94

Abstract

The objective of this research to obtain information relating  to the influence business communication , achievement motivation on performance of Perumnas marketing employees. This Research has been carried out  using  regretion analysis.in this study, 320 employees of the third level housing company in jabotabek as population   were randomly selected as analysis unit of  along with 78 samples along with the thirfd caracteritics study. The results showed that (1) communication business has significant effect  on the employees work performance (2) achiement motivation has sigficant effect on employee work performance  (3)   communication business and achiement motivation has significant effect on the employees work performance. The result  of the  studies  show that business communication, achievement motivation is an important determinant of the employee work performance.Based on these findings it can be concluded that any change or variantions that occur in the work  performance of perumnas employees have been influenced by business communication and achievement motivation Therefore business comunication, and achievement motivation must be included in the strategic planning of human resource development  in increasing the work performance of perumnas employees, but need  to consider  other varables needed to work performance is influenced by variation in business communication , and achievement motivation Keywords: .  

Page 1 of 2 | Total Record : 18