cover
Contact Name
Sri Rahmadhani Siregar
Contact Email
englishjournaltbi@gmail.com
Phone
+6281361183515
Journal Mail Official
englishjournaltbi@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Core Subject : Education,
English Education: English Journal for Teaching and Learning which is later called EEJ is a journal published by Tarbiyah and Teacher Training Faculty IAIN Padangsidimpuan every June and December. EEJ focuses on teaching and learning of English as a foreign language. English Education : English Journal for Teaching and Learning related into some scopes on English Teaching Methodology, Structure and Grammar, Speaking Skill, Listening Skill, Reading Comprehension, Writing Skill, Morphology, Semantic Pragmatic, Discourse Analysis, Syntax, Translation, Phonology, Pronounciation, Language Acquisition, Vocabulary, Linguistics, Psycholinguistics, Sociolinguistics and Literature.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017)" : 10 Documents clear
INTERPERSONAL FUNCTION IN MAHER ZAIN''S SONG LYRICS “PALESTINE WILL BE FREE” Lubis, Rayendriani; Hamka, Hamka; Mukarromah, Mukarromah
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v5i1.1172

Abstract

Penelitian ini membahas tentang fungsi interpersonal dalam lirik lagu Maher Zain "Palestina akan bebas". Akan lebih mudah dan lebih menarik untuk menganalisa fungsi interpersonal melalui karya sastra yang orang dengar setiap hari seperti lirik lagu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi interpersonal, untuk mengetahui jenis mood, untuk menjelaskan jenis mood yang digunakan dalam lirik lagu "Palestine akan bebas". Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif, menggunakan analisis isi. Sumber utama data dalam penelitian ini adalah lirik lagu "Palestine will be free". Analisis data menggunakan langkah-langkah berikut: pertama, mengumpulkan data dalam bentuk klausa. Kedua, mengklasifikasi. Ketiga, analisis mood dan residu. Keempat, menganalisa tipe mood. Yang terakhir, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, struktur fungsi interpersonal memberikan pemahaman yang lebih lengkap. Tipe mood bersifat deklaratif, interogatif, imperatif. Suasana deklaratif lebih banyak digunakan dalam lagu ini. klausa deklaratif dalam lirik lagu "Palestina akan bebas" berfungsi sebagai pernyataan untuk memberi sebanyak mungkin informasi kepada pembaca atau pendengar. Hal ini didukung oleh lagu yang mengandung makna.
IMPROVING STUDENTS’ WRITING ABILITY IN REPORT TEXT THROUGH CLUSTERING TECHNIQUE AT GRADE XI SMAN 1 SIABU Lubis, Rayendriani; Siregar, Fitri Rayani; Riska, Yeni
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v5i1.1167

Abstract

Penelitian ini berbicara tentang peningkatan kemampuan menulis siswa dalam teks laporan melalui teknik clustering pada kelas XI SMAN 1 Siabu, masalah siswa dalam kemampuan menulis adalah siswa tidak memiliki gagasan untuk menulis, siswa tidak dapat mengembangkan gagasan untuk menulis, siswa tidak tertarik untuk menulis bahasa Inggris dan guru bahasa inggris tidak memiliki teknik yang tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa dalam menulis teks laporan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penulisan laporan teks siswa dengan teknik clustering pada kelas XI SMAN 1 Siabu. Metode penelitian adalah tindakan kelas dengan menerapkan Kemmis dan Mc Taggart yang dirancang yang terdiri dari empat tahap. Itu adalah rencana, tindakan, amati, dan renungkan. Selain itu, untuk mengatasi masalah penulisan teks tulisan, peneliti menerapkan teknik clustering. Peserta penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA3 SMAN 1 Siabu yang terdiri 28 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data adalah mean score dan t-test. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan peningkatan kemampuan menulis siswa dalam teks laporan melalui penerapan teknik clustering. Skor rata-rata siswa menunjukkan peningkatan penulisan teks laporan siswa. Hasil uji pertama pada siklus I adalah 58,92 (25%) dan uji kedua pada siklus II adalah 83,28 (89,28%). Skor rata-rata siklus kedua lebih tinggi dari siklus pertama. Penerapan teknik clustering dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks laporan pada kelas XI IPA 3 SMAN 1 Siabu, artinya hipotesis dapat diterima.
Improving Students’ Speaking Ability through Problem Solving Technique at the 1st Group 2nd Semester Students of Ma’had Jami’ah IAIN Padangsidimpuan Zainuddin Zainuddin; Sojuangon Rambe; Safrina Hulu
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v5i1.1173

Abstract

Penelitian ini menggambarkan peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan Teknik Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas II Semester II Ma'had Jami'ah IAIN Padangsidimpuan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan Teknik Pemecahan Masalah pada Kelompok Pertama Siswa Semester II Ma'had Jami'ah IAIN Padangsidimpuan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan desain Kemis dan Robin yang terdiri dari empat tahap. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 dan siklus 2, menunjukkan peningkatan nilai mean siswa dan persentase siswa. Skor siswa pada siklus 1 adalah 64,89 (25,92%) dan nilai siswa pada siklus 2 adalah 79,85 (92,59%). Jadi, peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan Teknik Problem Solving sangat baik kategori (sangat tinggi). Peneliti menggunakan t-test untuk sampel kecil kurang dari 30 siswa. Masalah siswa dalam aksen sulit diucapkan kata. Permasalahan dalam tatabahasa adalah dalam membangun kata-kata dan pola gramatikal mereka tidak akurat. Masalah dalam kosa kata sulit dicari kata-kata yang tepat. Masalah dalam kelancaran siswa menghilangkan kalimat dan dibatasi panjangnya, lebih lambat disebabkan oleh pencarian kata, terputus-putus dan fragmentaris sering terjadi sambil menghasilkan kata-kata sulit untuk pengucapan. Soal dalam pemahamannya adalah peneliti sulit untuk memahami kata-kata bahkan sudah menjadi kata yang biasa. Soal dalam aksen dipecahkan dengan memotivasi mereka untuk rajin melatih pengucapannya. Permasalahan dalam tata bahasa dipecahkan dengan memberikan lebih banyak penjelasan kepada siswa. Masalah dalam kosa kata dipecahkan dengan memberi beberapa kosakata kepada siswa. Masalah dalam kelancaran dipecahkan dengan memotivasi siswa. Masalah dalam pemahaman dipecahkan dengan memperbaiki diri peneliti untuk memahami kembali hasil diskusi hasilnya. 
Improving Students’ Reading Comprehension by Using Think Pair Share (TPS) at Grade VIII SMP N 9 Padangsidimpuan Eka Sustri Harida; Fitri Rayani Siregar; Ismail Zuhri
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v5i1.1168

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah siswa dalam pemahaman bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman bacaan siswa dengan menggunakan Think Pair Share dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pemahaman bacaan siswa dengan menggunakan Think Pair Share di kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan. Berkaitan dengan tujuan penelitian, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan. Ada 24 siswa sebagai peserta dan juga berkolaborasi dengan guru bahasa Inggris. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi catatan, wawancara, dan tes (siklus uji 1 dan siklus uji 2). Peneliti menganalisa mean skor siswa dan menggunakan t-test untuk mengetahui signifikansi peningkatan pemahaman bacaan siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TPS dapat meningkatkan pemahaman bacaan siswa termasuk siswa mampu: (1) mengidentifikasi gagasan utama teks; (2) mengidentifikasi informasi spesifik dari teks; (3) mengidentifikasi kosakata teks; (4) mengidentifikasi referensi teks; dan (5) mengidentifikasi pernyataan yang benar atau salah. Selain itu, peningkatan pemahaman bacaan siswa dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata tes baca pada siklus I yaitu sebesar 63,95 (25%) dan tes baca pada siklus II sebesar 81,45 (79,16%). Berdasarkan catatan observasi, situasi kelas juga membaik. Perbaikan situasi kelas meliputi: Sebagian besar siswa aktif dan komunikatif selama proses belajar mengajar dan siswa mulai lebih antusias dalam membaca kelas.
Effect of Concept Circle Strategy on Students’ Vocabulary Mastery at Grade VII MTs N 2 Padangsidimpuan Fitriadi Lubis; Sojuangon Rambe; Rahmi Fuadi
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v5i1.1174

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pengaruh Strategi Lingkaran Konsep pada penguasaan kosakata siswa pada kelas VII MTs N 2 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel. Mereka adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 24 siswa dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 22 siswa. Itu diambil setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas. Data tersebut berasal dari pre-test dan post-test. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus t-test. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa rata-rata skor kelas eksperimen setelah menggunakan Strategi Lingkaran Konsep lebih tinggi daripada kelas kontrol. Skor rata-rata kelas eksperimen sebelum menggunakan strategi Concept Circle adalah 55,62 dan skor rata-rata setelah menggunakan strategi Concept Circle adalah 82,62. Sedangkan skor rata-rata kelas kontrol pada post test adalah 68,58. Selain itu, nilai t hitung lebih besar dari ttabel (4.205 2.021). Artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari strategi Concept Circle pada Penguasaan Kosakata Siswa pada kelas VII MTs N 2 Padangsidimpuan.
THE ANALYSIS OF STUDENTS’ STRESSED SYLLABLES MASTERY AT SIXTH SEMESTER OF TBI IN IAIN PADANGSIDIMPUAN Erawadi Erawadi; Hamka Hamka; Fitri Juliana
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v5i1.1169

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis penguasaan suku kata siswa yang menekankan pada semester enam TBI di IAIN Padangsidimpuan. Para siswa masih mengalami kesulitan dalam penguasaan suku kata yang tertekan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan suku kata yang menekankan siswa pada semester enam TBI di IAIN Padangsidimpuan, untuk menemukan kesulitan penguasaan suku kata yang menekankan siswa pada semester enam TBI di IAIN Padangsidimpuan, dan menemukan solusi guru untuk mengatasi kesulitan siswa. dalam penguasaan suku kata yang tertekan pada semester enam TBI di IAIN Padangsidimpuan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Penelitian dimulai pada bulan Maret 2017 sampai April 2017 di IAIN Padangsidimpuan. Sumber data untuk penelitian ini adalah siswa semester enam di TBI di IAIN Padangsidimpuan sebagai sumber utama dan dosen Pengucapan sebagai sumber sekunder. Ada 2 instrumen dalam mengumpulkan data, ada tes dan wawancara. Data diolah dan dianalisis dengan proses kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa penguasaan suku kata siswa pada semester enam TBI di IAIN Padangsidimpuan adalah 68,92% dan dapat dikategorikan dengan baik. Kesulitan siswa sulit untuk membedakan onset dan struktur coda, sulit dianalisis kata yang memiliki banyak suku kata, dan sulit di transkrip kata. Alasan masalah siswa dalam penguasaan suku kata yang ditekankan pada semester enam TBI di IAIN Padangsidimpuan adalah bahwa siswa memiliki masalah dalam transkripsi terutama di inti (bunyi vokal), kata-kata tersebut tidak dapat menuliskan sebuah kata karena kurang dalam latihan, motivasi rendah dan Tak peduli kapan guru menjelaskan pokok pembicaraan. Upaya tersebut adalah siswa harus meninjau pelajaran tentang fonem terutama dalam vokal dan konsonan berdasarkan standar bahasa Inggris, sehingga tidak bingung.
THE CORRELATION BETWEEN LEARNING STYLE AND STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN READING COMPREHENSION AT GRADE XI SMA N TAMBANGAN Eka Sustri Harida; Fitri Rayani Siregar; Rina Rina
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v5i1.1175

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan antara gaya belajar dan pemahaman bacaan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dan pemahaman bacaan siswa pada kelas XI SMA N 1 Tambangan. Untuk menganalisis data, penelitian menggunakan t hitung. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian menunjukkan penghitungan product moment dengan mendapatkan koefisien korelasi rxy = 0,467. Tingkat korelasi yang signifikan dilakukan dengan mengunci rtabel (rt) pada tingkat signifikan 5% yaitu 0,361 dan pada tingkat signifikan 1% adalah 0,463. Selanjutnya hasil perhitungan didapat nilai dari t hitung signifikan antara gaya belajar dan pemahaman bacaan siswa yaitu 2.895 hasil penghitungan t hitung dibandingkan dengan ttabel 2.750 yang diterima yaitu t hitung ttabel. Artinya ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan pemahaman bacaan siswa pada garde XI SMA N 1 Tambangan.
IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY THROUGH NUMBERED HEADS TOGETHER STRATEGY AT GRADE XI SMA N 1 BATANG ANGKOLA Zainuddin Zainuddin; Sojuangon Rambe; Maria Maria
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v5i1.1170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batang Angkola pada Tahun Akademik 2017/2018 melalui Strategi. Penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah siswa dalam kemampuan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui strategi nomor urut di kelas XI SMA N 1 Batang Angkola dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara siswa melalui strategi nomor urut bersama pada kelas XI SMA N 1 Batang Angkola. Penelitian ini dikategorikan menjadi penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa kemampuan berbicara siswa meningkat. Hal ini didukung oleh hasil pada siklus 1 yaitu 66,09 (21,74%) dan pada siklus 2 adalah 77,91 (73,91%). Jadi, peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan strategi Numbered Heads Together adalah kategori yang tinggi. Kemudian, beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara melalui strategi bernomor bersama adalah sebagian besar siswa sulit mengucapkan kata-kata, kata-kata siswa sulit untuk membangun kata-kata, siswa sulit untuk mencari kata-kata yang memadai, siswa sulit untuk berbicara bahasa Inggris dengan lancar dan siswa sulit untuk memahami kata-kata.
The Students’ Ability in Differentiating Compound and Complex Sentences at Grade XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan Rayendriani Lubis; Yusni Sinaga; Isma Yanti
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v5i1.1171

Abstract

Peneliti mengeksplorasi kemampuan siswa dalam membedakan kalimat majemuk dan kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan siswa dalam membedakan senyawa dan kalimat kompleks pada kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa kemampuan siswa dalam membedakan kalimat majemuk dan kompleks pada kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan dapat dikategorikan cukup, dengan skor rata-rata 51,33 untuk kemampuan dalam kalimat majemuk dan 59,2 untuk kemampuan dalam kompleks. kalimat. Kemudian, berdasarkan data yang terkumpul, data telah dianalisis untuk membuktikan hipotesis dengan menggunakan rumus Z-Test. Hal ini dapat dilihat Z_ (hitung =) - 0,087 Z_ (tabel =) 0,326 dengan tingkat signifikansi 0,05. Artinya hipotesis ditolak. Jadi, kemampuan siswa dalam membedakan kalimat majemuk dan kompleks adalah kemampuan yang cukup. 
The Effect of Make a Match Technique on Students’ Reading Comprehension at XI Grade of MAN 1 Padangsidimpuan Fitriadi Lubis; Sojuangon Rambe; Annisa Nur Habibi
English Education : English Journal for Teaching and Learning Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24952/ee.v5i1.1166

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pengaruh teknik Make the Match pada pemahaman bacaan siswa pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Masalah siswa dalam pemahaman bacaan adalah: 1) Sebagian besar siswa masih mendapatkan kelas rendah dengan rata-rata adalah 60. 2) Sebagian besar siswa tidak mengerti teks yang dibaca oleh siswa. Mereka hanya membaca teks tanpa memahami teksnya. 3) Sebagian besar siswa mudah merasa bosan saat mereka belajar tentang teks bahasa Inggris. Selain masalah siswa, teknik guru juga menjadi masalah dalam belajar bahasa Inggris. Guru masih menggunakan pengajaran konvensional dan tidak memiliki variasi dalam pengajaran membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari teknik Make the Match pada pemahaman bacaan siswa pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel. Mereka adalah XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 40 siswa dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 40 siswa. Itu diambil setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas. Data tersebut berasal dari pre-test dan post-test. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus t-test. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa rata-rata skor kelas eksperimen setelah menggunakan teknik Make a Match lebih tinggi daripada kelas kontrol. Skor rata-rata kelas eksperimen sebelum menggunakan teknik Make the Match adalah 64,13 dan skor rata-rata setelah menggunakan teknik Make the Match adalah 75,23 dan mengalami kenaikan 11,10. Pengaruh teknik Make the Match pada pemahaman bacaan siswa adalah 3.009 dengan jumlah t hitung lebih tinggi daripada t tabel (3.009 2.000). Itu berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari teknik Make the Match pada pemahaman bacaan siswa pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10