cover
Contact Name
Arnold Christian Hendrik
Contact Email
arnold_hendrik@yahoo.cp.id
Phone
+6281339185757
Journal Mail Official
indigenousbiologiukaw@gmail.com
Editorial Address
Jalan adi sutjipto, Oesapa, Kupang
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Indigenous Biologi
ISSN : 26144816     EISSN : 26569787     DOI : https://doi.org/10.33323/indigenous
Core Subject : Agriculture,
Jurnal Indigenous Biologi (JIB) adalah jurnal menggunakan double blind peer review dan akses terbuka yang menerbitkan penelitian penting dan penting dari semua bidang bidang biosciences seperti keanekaragaman hayati, biosistematik, ekologi, fisiologi, perilaku, genetika dan bioteknologi. Meliputi semua bentuk kehidupan, mulai dari mikroba, jamur, tumbuhan, hewan, dan manusia, termasuk virus.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2019): Indigenous Biologi" : 5 Documents clear
HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PPL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI SMPNEGERI 10 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2018/2019 JuniSari corlianda yonarti Adoe; Agus Maramba Meha; Yonathan Foeh
Indigenous Biologi : Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi Vol 2 No 3 (2019): Indigenous Biologi
Publisher : Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Kristen Artha Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33323/indigenous.v2i3.36

Abstract

Pembelajaran di dalam kelas yang dilakukan oleh mahasiswa PPL ditemukan banyak siswa yang kurang paham dengan materi yang diajarkan, hal ini terjadi karena banyak mahasiswa PPL yang belum memiliki kompetensi pedagogik yang baik, Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik mahasiswa PPL dengan hasil belajar siswa, Populasi dan sampel adalah siswa yang berjumlah 21 orang, Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa untuk menilai hasil belajar siswa, dan angket diberikan kepada siswa untuk mengumpulkan kemampuan mahasiswa PPL saat mengajar, Data hasil belajar dan data angket dianalisis menggunakan Uji korelasi produk momen, dengan bantuan SPSS For Windows versi 18. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikan 0,954>005 ,uji linearitas 0,506>0,05 serta hasil uji hipotesis diperoleh taraf signifikan 0,110>0,05 hal ini menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara kompetensi pedagogik mahasiswa PPL dengan hasil belajar siswa,RHitung 0,359 menunjukan bahwa korelasi antara kompetensi pedagogik dengan hasil belajar siswa sangat lemah hasil belajar siswa yang memuaskan tidak bergantung pada kompetensi pedagogik mahasiswa PPL tetapi karena adanya faktor lain dalam penelitian ini, yaitu faktor internal siswa seperti kesiapan belajar dari siswa, psikologi, dan kematangan siswa,sumbangan faktor internal dalam penelitian ini sebesar 88%,hal ini menunjukan bahwa hasil belajar tidak bergantung dari kompetensi pedagogik guru melainkan dari siswa itu sendiri.
PENGARUH MODEL PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 10 KUPANG TAHUN AJARAN 2019/2020 Novi Rosina Lingu; Fransina Th Nomleni; Theodora S.N Manu
Indigenous Biologi : Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi Vol 2 No 3 (2019): Indigenous Biologi
Publisher : Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Kristen Artha Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33323/indigenous.v2i3.39

Abstract

ABSTRACT The main problem in this research was the lack of creative thinking ability of students class VIII SMP Negeri 10 Kupang. The purpose of the study was to determine the effect of thinking empowerment models through questions on student’s creative thinking abilities. The method used was an experimental method with a posttest-only control design. The population of all class VIII students wass 327 and the sample of class VIII H and class VIII J was 64 students. The sampling technique used was purposive sampling. Data collection was done by creative thinking tests. The data analysis techniques using t test with the help of SPSS version 19. The results showed that the ability to think creatively in the experimental class was higher, namely fluency of 89,45%, authenticity of 89,06%, detailing 82,03% and flexibility of 77,34% compared to creative thinking in the control class. Based on the results of the hypothesis test, the value of t count>t table / 12,597>1,99897 at the 5% significance level. It showed that there were differences in student’s creative thinking abilities between the experimental using PBMP learning models while the control class used lecture methods so that it can be concluded that there was a significant influence in the use of PBMP learning models on student’s thinking abilities.
Pengaruh Jenis Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kelor (Moringa oliefera L.) Viktor Janjer Dami; arnold christian hendrik; Hartini R.L Solle
Indigenous Biologi : Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi Vol 2 No 3 (2019): Indigenous Biologi
Publisher : Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Kristen Artha Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33323/indigenous.v2i3.51

Abstract

Kelor merupakan tanaman yang bergizi dan memiliki berbagai manfaat potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik pada pertumbuhan tanaman kelor. Penelitian dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Parameter yang diukur adalah tinggi tanaman, jumlah daun, dan diameter batang.Analisa data menggunakan analisis of varians (Anova). Jika perlakuan memberikan pengaruh signifikan maka dilanjutkan dengan uji lanjutan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Berdasarkan hasil uji anova pada taraf 5% pemberian pupuk organik pada kelor berpengaruh signifikan pada pertumbuhan tinggi tanaman karena nilai sig (0,048)<0,05 dan nilai sig. pada diameter batang 0,005<0,05 tetapi tidak berpengaruh pada jumlah daun karena nilai sig. 0,276>0,05. Berdasarkan uji lanjut Duncan Multiple Range Test pada tinggi tanaman perlakuan A (Kontrol) memberikan pengaruh paling tinggi tetapi tidak berbeda secara signifikan dengan perlakuan C (pupuk kotoran kambing) sedangkan berbeda secara signifikan dengan perlakuan B (pupuk kotoran sapi) dan perlakuan D (pupuk kompos sufmuti). Pada diameter batang perlakuan C (pupuk kotoran kambing) memberikan pengaruh paling tinggi tetapi tidak berbeda secara signifikan dengan perlakuan A (kontrol) dan perlakuan B (pupuk kotoran sapi) tetapi berbeda secara signifikan dengan perlakuan D (pupuk kompos sufmuti). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian pupuk organik berpengaruh pada pertumbuhan tanaman kelor, terutama pada pertumbuhan tinggi dan diameter batang tanaman kelor dan jenis pupuk organik yang memberikan pengaruh terbaik yaitu pupuk kotoran kambing terhadap tinggi tanaman, serta pupuk kotoran sapi dan pupuk kotoran kambing memberikan pengaruh terbaik terhadap diameter batang tanaman kelor.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK POKOK BAHASAN INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN neri beama; Paulus Tnunay; Theodora S.N Manu
Indigenous Biologi : Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi Vol 2 No 3 (2019): Indigenous Biologi
Publisher : Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Kristen Artha Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33323/indigenous.v2i3.55

Abstract

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan kendala yang dihadapi yakni desain pembelajaran yang kurang menarik, sehingga siswa menjadi jenuh dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa booklet berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungan yang layak digunakam dakam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Assure, model ini terdiri dari kina langkah yaitu (a) Analisis siswa (b) Merumuskan tujuan pembelajaran khusus, (c) Memilih media atau paket pembelajaran, (d) Memanfaatkan materi pembelajaran (e) Meminta Respon siswa. Tenik pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknkk analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian uji vakidasi ahli materi diperoleh 87,5%, Uji ahki desain diperoleh 94,56%, uji ahli media diperoleh 94, 64%, uji kelompok kecil diperoleh 90,51% dan uji kelompok besar diperoleh 90,91%. Sesuai dengan hasil penelitian, jumlah keseluruhan hasi persentase adakah 91,62% dengan kualifikasisangat baik. Persentase penwlitian menunjukan adanya respon positif. Dengan demikian disimpulkan bahwa booklet berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungan layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 20 Kota Kulang
JENIS-JENIS DAN PEMANFAATAN ROTAN OLEH MASYARAKAT DI TAMAN HUTAN RAYA PROF. IR. HERMAN JOHANNES KECAMATAN AMARASI KABUPATEN KUPANG indan karipalai; Arnold Ch Hendrik; Apriliana Ballo
Indigenous Biologi : Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi Vol 2 No 3 (2019): Indigenous Biologi
Publisher : Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Kristen Artha Wacana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33323/indigenous.v2i3.74

Abstract

Taman Hutan Raya (Tahura) Prof. Ir. Herman Johannes merupakan kawasan hutan yang dilindungi oleh pemerintah yang terletak di wilayah administrasi Pemerintahan Kabupaten Kupang tepatnya berada diantara 2 (dua) wilayah Kecamatan yakni Kecamatan Amarasi dan Kecamatan Amarasi Selatan. Rotan merupakan jenis palem memanjat yang termasuk dalam family Palmae yang memiliki nilai komersial yang tinggi. Rotan digunakan oleh masyarakat sebagai bahan anyaman, pembuatan kursi, tali sebagai bahan pengikat dan lain sebagainya. Mengingat pengetahuan akan jenis rotan yang ada di Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Prof. Ir Herman Johannes tidak maksimal atau belum teridentifikasi jenis-jenisnya untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis rotan apa saja dan bagaimana pemanfaatannya oleh masyarakat di Taman Hutan Raya (Tahura) Prof. Ir. Herman Johannes. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kombinasi teknik garis transek (line transect) dengan teknik sampling kuadran. Analisis data meliputi jenis rotan dimana data yang diperoleh dianalisis untuk menetukan kerapatan, frekuensi dan dominasi. Sedangkan analisis pemanfaatan rotan dilakukan dengan Index of Cultural Significance (ICS) atau indeks kepentingan budaya. Dari hasil penelitian didapatkan dua spesies rotan yaitu Rotan Balukbuk (Calamus burkianus Becc) dengan nilai kerapatan 0,008 Ind/Ha, frekuensi 0,18, dominasi 0,034 mm/Ha, dan nilai ICS 7, sedangkan Rotan Samare (Plectocomiopsis mira J.Dransf) memiliki nilai kerapatan 0,024 Ind/Ha, frekuensi 0,68, dominasi 0,002 mm/Ha, dan nilai ICS 8,5.

Page 1 of 1 | Total Record : 5