cover
Contact Name
Sentra Cendekia
Contact Email
info@ivet.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
info@ivet.ac.id
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur I, Bendan Duwur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50235, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Sentra Cendekia
Published by Universitas IVET
ISSN : -     EISSN : 27223094     DOI : https://doi.org/10.31331/sc
Core Subject : Education,
The focus of Sentra Cendekia is research, study, and analysis that related to early childhood include.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021)" : 5 Documents clear
Keluarga: Pendekatan Teoritis Terhadap Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Dwi Hardiyanti
Sentra Cendekia Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v2i1.1618

Abstract

Pendidikan harus dianggap sebagai program komprehensif yang mencakup siswa, orang tua, guru, personel pendukung, dan anggota masyarakat. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan merupakan komponen penting untuk keberhasilan semua anak. Keterlibatan orang tua selama prasekolah telah dikaitkan dengan keterampilan literasi yang lebih kuat, keterampilan matematika, keterampilan sosial yang berkembang dengan baik, dan sikap positif terhadap sekolah (Arnold, Zeljo, Doctoroff, & Ortiff, 2008; Powell, Son, File, & San Juan, 2010). Dimensi keterlibatan orangtua dapat dibedakan menjadi enam dimensi yaitu mengasuh anak, berkomunikasi, menjadi sukarelawan atau mendukung sekolah, belajar dukungan orang tua di rumah, pengambilan keputusan, dan bekerja sama komunitas. Hal lain yang perlu ditekankan adalah keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) tidak akan optimal tanpa adanya dukungan dari guru atau sekolah
Efektivitas Dana Desa Terhadap Pembangunan Sumber Daya Manusia Pedesaan Melalui Pendidikan Anak Usia Dini Nurtanggono Pamungkas
Sentra Cendekia Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v2i1.1619

Abstract

Desa memiliki peran strategis sebagai lokus pembangunan terkecil, atau dengan kata lain pembangunan nasional dimulai dari desa. Desa diindentikan sebagai ibu kandung suatu negara, yang berarti nuansa kehidupan masyarakat desa mencerminkan gambaran nyata kehidupan masyarakat pada suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan efektivitas Dana Desa terutama dalam bidang pembangunan sumber daya manusia pedesaan terutama bidang pendidikan melalui Program Pendidikan Anak Usia Dini sebagai salah satu aspek untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan sebagaimana konsep SDGs Desa yang dicanangkan saat ini
Penerapan Permainan Tradisional Boy-Boyan Untuk Mengembangkan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Ichsan Kenjeran Kota Surabaya Ida Rachmayanti; Sunanto Sunanto; Nanang Rachman Saleh; Mahmudah Mahmudah
Sentra Cendekia Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v2i1.1615

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran tematik terintegrasi kurikulum 2013 (kurtilas) dengan menggunakan tema dan model permainan tradisional sebagai salah satu pembelajaran yang menyenangkan, aktif, efektif, dan bermakna bagi anak didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model permainan tradisional boy-boyan dalam pembelajaran tematik terintegrasi terhadap hasil belajar tema “diriku”. Peneliti memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif mengenai masalah yang diteliti. Hasil penelitian diperoleh anak-anak mampu mengasah kemampuannya untuk membuat strategi di dalam bermain boy-boyan.Kesimpulannya adalah terdapat keefektifan model permainan tradisional boy-boyan dalam mengembangkan motorik kasar anak didik kelompok B di TK Al-Ichsan Kenjeran kota Surabaya.
Manajemen Teknomedia PAUD era Pandemi Covid 19 Luluk Elyana; Radiana Fitriati
Sentra Cendekia Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v2i1.1616

Abstract

Era pandemi covid 19 mengharuskan semua lembaga pendidikan melaksanakan Strategi – strategi pembelajaran khususnya Pendidikan Anak Usia Dini memerlukan spesifikasi khusus pada proses pembelajaran. Stimulasi penting anak pada lingkungannya salah satunya melalui penggunaan teknomedia sebagai media pembelajaran daring atau online. Teknomedia merupakan media pembelajaran berkonsep teknologi informasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi salah satu komponen yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas pendidikan dan pengajaran. Dalam situasi Pandemi Covid-19 sangat berdampak ke segala aspek tidak terlepas kepada aspek proses belajar mengajar, sehingga memaksa peserta didik untuk mengikuti proses belajar dari Rumah. Dunia teknologi terus berkembang dengan pesat. Prosesnya memperhatikan tumbuh kembang anak menyesuaikan tahapan usianya. Pengelolaan teknomedia AUD terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi
Mengenal Geometri Melalui Permainan Lompat Geometri Di Kelompok Bermain Miftahul Hidayah Demak Siti Solichah; Marini Marini; Muhammad Sukiram; Maria Denok
Sentra Cendekia Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Ivet

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31331/sencenivet.v2i1.1617

Abstract

Peningkatan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun bergantung pada pembelajaran dan pembiasaan, cara mengajar di sekolah dan ragam alat pembelajaran yang digunakan juga sangat berpengaruh untuk keberhasilan peningkatan kognitif anak. Fakta yang tejadi di Kelompok Belajar Miftahul Hidayah Demak permasalahannya adalah kurangnya stimulasi perkembangan kognitif anak khususnya dalam mengenal bentuk geometri inilah yang di angkat pada penelitian ini. Maka metode PTK yang digunakan sebagai cara untuk mengurangi permasalahan yang ada. Subjek penelitian adalah 15 anak usia 3-4 tahun yang belajar di Kelompok Bermain Miftahul Hidayah Demak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan kemampuan mengenal geometri mampu terstimulasi dengan baik dari proses belajar dengan menggunakan permainan lompat geometri. Hasil ini terlihat setelah proses PTK terlaksana mulai dari proses pra siklus, siklus I sampai siklus II

Page 1 of 1 | Total Record : 5