cover
Contact Name
Muhammad Jamil
Contact Email
unilib@uii.ac.id
Phone
+62274898444
Journal Mail Official
unilib@uii.ac.id
Editorial Address
Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844 Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Unilib: Jurnal Perpustakaan
ISSN : 19799527     EISSN : 2715274X     DOI : http://dx.doi.org/10.20885/unilib
Core Subject : Science,
Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi atau praktik yang akan memajukan pemikiran di bidang tersebut. Cakupan topik secara rinci meliputi: • Aspek teoretis dan umum dari perpustakaan dan informasi; • Pelayanan teknis di perpustakaan; • Teknologi, penggunaan dan sosiologi informasi di perpustakaan; • Literasi informasi; • Koleksi perpustakaan; • Penerbitan dan masalah hukum; • Manajemen Perpustakaan; • Sumber informasi. Jurnal berusaha untuk menerbitkan artikel-artikel bidang tersebut dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip yang mendukung penciptaan, organisasi, penyimpanan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi dan sumber pengetahuan yang efektif. Juga pemahaman bagaimana kebijakan dan praktik di bidang tersebut dapat dibangun di atas landasan teoritis yang kuat yang diharapkan memberikan dampak yang lebih besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Diterbitkan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Setiap korespondensi, pertanyaan atau permintaan informasi dapat dikirim ke Kantor Editorial melalui email: unilib@uii.ac.id . Semua terbitan Unilib: Jurnal Perpustakaan tersedia untuk dijelajahi secara online.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 2020" : 9 Documents clear
Pengembangan Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas Di Perpustakaan Sekolah Faradhilla Ayu Ghaissani
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 2 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss2.art8

Abstract

Pendahuluan. Artikel ini bermaksud untuk memberikan deskripsi mengenai proses pengembangan pelayanan bagi penyandang disabilitas di Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis Bantul.Metode Pengumpulan Data.  Menggunakan wawancara dan observasi denganHasil dan Diskusi. Hasil artikel ini ini adalah Perpustakaan Ganesha telah melakukan pengembangan pelayanan publik berupa membuka layanan bagi pemustaka luar sekolah SMA N 1 Jetis Bantul. Pelayanan tersebut yaitu pendampingan belajar bagi siswa disabilitas tunanetra yang sudah bekerja sama dengan pihak sekolah. Dalam penelitian ini pengembangan pelayanan perpustakaan dilihat dengan menggunakan teori inovasi, sehingga dapat dilihat bahwa Perpustakaan Ganesha telah melakukan usaha inovasi pelayanan dalam aspeks sebagai berikut: inovasi pelayanan karena telah melaksanakan sesuai tipoloi inovasi yaitu melakukan inovasi pada produk layanan, proses pelayanan, metode pelayanan, inovasi kebijakan, dan inovasi sistem pelaksanaan. Faktor yang mempengaruhi pengembangan pelayanan yaitu kepemimpinan, budaya inovasi, pengembangan keahlian, kemitraan, kinerja inovasi dan jaringan.Kesimpulan. Perpustakaan sekolah umumnya memberikan pelayanan untuk pemustaka yang berada pada sekolah saja, namun Perpustakaan Ganesha melakukan pengembangan dan inovasi pelayanan perpustakaan yaitu dengan pendampingan belajar pada pemustaka tunanetra dari Yaketunis Yogyakarta. Kata Kunci: 
Optimalisasi Koleksi Perpustakaan Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Di Perpustakaan SMA Negeri 4 Kota Magelang Jamilatu Rohmah
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 2 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss2.art10

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan suatu institusi sumber belajar yang melakukan kegiatan mengelola dan menyimpan berbagai hasil karya tertulis yang tercetak maupun yang terekam yang dikelola oleh sekolah berdasarkan ketentuan – ketentuan tertentu yang telah ditetapkan guna mendukung kegiatan penelitian, pelestarian, pencarian informasi, maupun untuk memenuhi kebutuhan akan hiburan yang dilakukan oleh para pemustaka. Pelayanan yang dilakukan secara prima dan bahan pustaka yang dikelola secara optimal oleh pustakawan, baik yang dikelola dengan sistem manual maupun yang sudah terotomatisasi secara langsung akan memberikan kepuasan bagi pemustaka, sehingga tujuan perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan pemustaka dapat tercapai dengan baik. Kegiatan penelitian yang penulis lakukan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas layanan yang berupa pemanfaatan  fasilitas pelayanan yang dilakukan di Perpustakaan SMA Negeri 4 Kota Magelang dengan peningkatan kesadaran akan minat baca di kalangan siswa maupun pemustaka lainnya. Penulis dalam proses penelitian menggunakan metode penelitian kulitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik  melihat langsung, wawancara dengan nara sumber atau observasi. Secara umum dengan penelitian ini dapat diketahui bahwa pelayanan dan fasilitas koleksi bahan pustaka selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal dan optimal oleh pengguna perpustakaan di SMA Negeri 4 Magelang. Untuk itu, berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan sebaiknya pemanfaatan fasilitas pelayanan diperpustakaan lebih ditingkatkan agar dapat termanfaatkan oleh pemustaka dengan maksimal.
Evaluasi Pengunjung Terhadap Layanan Di Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis Bantul Safutri Surniawati
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 2 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss2.art7

Abstract

Layanan adalah suatu hal pokok yang harus ada di perpustakaan. Perpustakaan sekolah tentunya mempunyai karakter yang berbeda dari perpustakaan yang lain, yang tentunya juga konsep layanannya disesuaikan dengan katakter peserta didik. Tolok ukur keberhasilan perpustakaan adalah seberapa puas pustakawan akan layanan yang diberikan guna memenuhi kebutuhan baik untuk mencari informasi maupun pemanfaatan perpustakaan sebagai sarana rekreasi dan penelitian. Perpustakaan Ganesha memiliki beberapa jenis layanan diantaranya; Layanan Informasi, Layanan Referensi, Layanan Sirkulasi, Layanan Serial, Layanan Baca Ditempat, Layanan Fotokopi, Layanan Bebas Pustaka, Layanan Bercerita, Layanan Anak, Layanan Pojok Baca, dan  Layanan Pemutaran Film. Layanan yang disediakan sudah terjadwal dengan berkala, sehingga perpustakaan Ganesha melaksanakan program layanan tersebut dengan tertib dan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1)Mendiskripsikan jenis layanan yang terdapat pada perpustakaan Ganesha. (2) Untuk mengevaluasi pengunjung dalam layanan perpustakaan.Dalam penelitian ini pengumpulan data yang digunakan ialah metode observasi.Subjek penelitian ini adalah petugas perpustakaan SMA N 1 Jetis Bantul.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada kecenderungan penurunan jumlah pengunjung dari bulan febuari 54,49% ke bulan april 16,77% . Hal ini disebabkan oleh persiapan ujian kelas XII serta  kurang beragamnya jumlah dan jenis sumber informasi yang dimiliki oleh perpustakaan SMA N 1 Jetis Bantul. Adanya sifat proaktif dari pustakawan terhadap mutu layanan yang diberikan kepada pemustaka juga turut andil dalam membuat daya Tarik untuk pemustaka agar berkunjung ke perpustakaan.
Kebijakan Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) Yogyakarta Septevan Nanda Yudisman; Lailatur Rahmi
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 2 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss2.art3

Abstract

Kebijakan Pengembangan koleksi merupakan prosedur yang mengatur dalam mengalokasikan sumber daya informasi di perpustakaan, bertujuan untuk menentukan apa yang harus dikembangkan dan menentukan peningkatakan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan kepada perpustakaan terhadap kebijakan pengembagan koleksi di Perpustakaan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa Yogyakarta. Tulisan ini akan mencoba menghasilkan suatu pedoman Kebijakan Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Kebijakan Pengembangan koleksi yang disusun menjadi usulan penulis sebagai masukan bagi perpustakaan untuk ditinjak lanjuti penerapannya. Sebagai masukan dalam membuat kebijakan ataupun ketika merevisi kebijakan yang telah ada. Kata Kunci: Pengembangan Koleksi, Seleksi, Evaluasi Koleksi, Perpustakaan Perguruan Tinggi
Turnitin Sebagai Alat Deteksi Plagiarisme Anton Risparyanto
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 2 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss2.art5

Abstract

Plagiarisme dapat diminimalisir dengan menggunakan software aplikasi Turnitin. Software ini berfungsi untuk mendeteksi persamaan kata dan kalimat yang terdapat pada karya tulis mahasiswa, sehingga kelihatan keaslihanya (originil) atau tidak. Masalah ini perlu dilakukan penelitian dengan tujuan  untuk mengetahui peran software Turnitin dalam melakukan deteksi plagiarisme karya tulis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan junlah sampel  yang diambi sebanyak empat puluh paper tugas akhir mahasiswa. Data dianalisa secara diskritif kuantitatif dan menggunakan uji t sehingga diperoleh kesimpulan (1) Pemahaman plagiarisme terjadi peningkatan setelah karya tulis mahasiswa dilakukan deteksi dengan menggunakan sodtware Turnitin; (2) peran software Turnitin signifikan dalam meminimalisir plagiarisme mahasiswaa dengan nilai p-value=0.000 lebih kecil dari pada 0.05 (pvalue=0.000<0.05) dengan kontribusi sebesar 67.8% karena dipengaruhi oleh faktor persamaan kata atau kalimat yang diambil dari repositori, jurnal online, web dan blog yang beredar di dunia maya.
Hubungan Penggunaan Perpustakaan Dengan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mangunrejo Sih Rinanti
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 2 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss2.art6

Abstract

Keberadaan Perpustakaan sekolah pada saat ini sangat penting, terutama untuk sekolah yang terletak jauh dari pusat kota dan sulit mendapatkan jaringan internet. Hal ini menyebabkan perpustakaan sekolah dapat difungsikan dengan baik. Perpustakaan yang berfungsi sebagai pusat pembelajaran dan sumber rujukan/referensi menyebabkan layanan dan koleksi perpustakaan harus selalu ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan Penelitian dan kepuasan penggunanya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan teknik megumpulkan data yang terdiri atas : Observasi, Peneliti mengadakan pengamatan langsung di SD Negeri Mangunrejo; interview, Peneliti mewawancarai narasumber, dalam hal ini guru KL IV SD Negeri Mangunrejo, dan Studi Pustaka. Selain Observasi dan interview peneliti juga menggunakan beberapa sumber relevan sebagai referensi pengumpulan informasi baik berupa buku cetak maupun artikel ilmiah elektronik. Penulis menggunakan metode penelitian ini karena, penelitian ini mudah dilakukan dan dengan teknik ini peneliti mendapatkan data yang valid dan akuntabel. Hasil dari penelitian ini adalah siswa yang aktif menggunakan perpustakaan sekolah sebagai sarana belajar dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Hal ini memotivasi siswa yang kurang aktif menggunakan perpustakaan untuk memanfaatkan layanan-layanan yang ada.
Fresh Informasi Keagamaan Melalui Media Instagram Dalam Menanggapi Covid-19 Di Indonesia Aras Satria Agusta; Nurdin Laugu
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 2 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss2.art1

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melihat fresh informasi keagamaan melalui media Instagram bagi masyarakat virtual dalam menanggapi fenomena Covid-19 di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penulisan ialah kualitatif dengan analasis data menggunakan pendekatan fenomenologi, pengumpulan data melalui observasi media dan dokumentasi. Hasil analisis yang didapatkan ialah terjadi interaksi positif dan negatif pada penggunaan “instagram” sebagai fresh informasi keagamaan dalam menghadapi Covid-19, dan reaksi tersebut terimplementasi pada upaya pencegahan yang dilakukan masyarakat dalam menanggulangi Covid-19 dengan kembali mencari nilai dan fatwa-fatwa keagamaan sebagai tempat bertumpu dari peristiwa tersebut. Sementara beberapa informasi yang ada dimedia juga tidak terlepas dari hoax yang menimbulkan reaksi kecemasan dan ketakutan yang over terhadap masyarakat, maka perlu adanya filter terhadap suatu informasi yang disebar luaskan melalui media instagram.
Pentingnya Pendidikan Pemakai (User Education) Di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik Kabupaten Magelang Nurjito A.S
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 2 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss2.art2

Abstract

Dalam sekolah posisi perpustakaan sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan karena banyaknya bahan pustaka yang disediakan. Untuk meningkatkan minat siswa-siswi agar gemar membaca, sebagai pustakawan harus bisa mendorong siswa untuk  belajar mencari ilmu pengetahuan, ketrampilan dan kecakapan yang disediakan di perpustakaan. Dalam penelitian ini, akan dibahas tentang cara melaksanakan pendidikan pemustaka di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik Kab. Magelang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana setelah dilaksanakan pendidikan pemakai siswa siswi maupun guru dalam menggunakan perpustakaan apakah sudah baik dan benar sesuai dengan apa yang diberikan dalam materi pendidikan pemakai di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik. Sehingga sebagai tolak ukur apakah pendidikan pemakai khususnya di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik perlu diadakan dalam satu tahun itu cukup sekali ataupun harus lebih, dikarenakan di kalangan siswa perpustakaan itu hanya sebagai tempat yang membosankan, sepi dan sebagai tempat hukuman dari guru bagi yang tidak mengerjakan tugas. Hasil riset membuktikan, bahwa ternyata masih banyak pemustaka yang masih awam dalam memanfaatkan perpustakaan dengan baik dan benar. Untuk itu pustakawan sebaiknya melaksanakan pendidikan pemustaka secara rutin, apalagi sekarang dengan beredarnya sumber informasi dan teknologi yang pegitu melesat sehingga pemustaka dan pustakawan tidak boleh ketinggalan dalam mendapatkan informasi yang terbaru atau mutakhir. Peneliti merekomendasikan selain adanya dukungan anggaran yang cukup, diperlukan juga dukungan moral bagi pustakawan dalam bentuk pengakuan antara lain dalam bentuk : (a) Pendidikan formal pustakawan ke jenjang yang lebih tinggi; (b) Pendidikan pengguna selalu diadakan, supaya pemustaka betul-betul memahami cara mencari informasi di perpustakaan dengan tepat dan efisien.
Analisis Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Ngablak 1 Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Istiqomah Istiqomah
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No. 2 2020
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol11.iss2.art4

Abstract

Prestasi belajar adalah output dari proses belajar siswa di Sekolah. Proses belajar dapat dilakukan juga di Perpustakaan Sekolah. Siswa dapat memanfaatkan perpustakaan dengan berkunjung dan membaca buku di Perpustakaan ataupun sekedar meminjam buku. Penelitian mengenai pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa perlu dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan menggunakan analisis kualitatif. Metode observasi digunakan untuk mengetahui siswa dalam mengunjungi dan meminjam buku dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil dari prestasi belajar siswa. Sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ngablak 1 Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang tahun 2019. Hasil penelitian meunjukan, jumlah kunjungan ke perpustakaan siswa kelas V pada semester 2 tahun 2019 sebanyak 1946 kali dan peminjaman sebanyak 717 kali. Pemanfaatan frekuensi berkunjung dan peminjaman terbanyak adalah GN, AN, GE dan US dengan rangking prestasi berurutan yaitu rangking 1, 2, 3 dan 4.

Page 1 of 1 | Total Record : 9