cover
Contact Name
FEBI KURNIAWAN
Contact Email
febi.kurniawan@fkip.unsika.ac.id
Phone
+6282112130751
Journal Mail Official
pjkr@fkip.unsika.ac.id
Editorial Address
Jl.H.S.Ronggo Waluyo, Puseurjaya, Kec. Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL LITERASI OLAHRAGA
ISSN : -     EISSN : 27455394     DOI : https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2
Fokus dari JLO (Jurnal Literasi Olahraga) adalah pada domain Pendidikan Jasmani dan Olahraga Cakupan: 1. Pendidikan Jasmani 2. Pendidikan Kepelatihan Olahraga 3. Ilmu Keolahragaan, dan 4. Pengembangan dalam Olahraga Mungkin juga ada inisiatif lintas disiplin atau antar disiplin ilmu dari berbagai perspektif ilmiah di luar domain Ilmu Olahraga
Articles 60 Documents
Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam Lantai Sman 1 Cikampek Mardi Maulana; Bambang Ismaya; Abdul Salam Hidayat
Jurnal Literasi Olahraga Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Literasi Olahraga
Publisher : Universitas Singaperbangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jlo.v1i1.3766

Abstract

Tujuan dari pembuatan skripsi ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mengidentifikasi Minat Siswi Dengan Pembelajaran Pendidikan JasmaniSenam Lantai SMAN 1 Cikampek. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif (non-eksperiment) dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Cikampek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswi kelas X SMAN 1 Cikampek yang berumur 15-18 tahun berjumlah 104 siswi. Pengambilan data penelitian menggunakan Sampling Jenuh yaitu penentuan sampel bila populasi lebih dari 100 orang, maka bisa diambil 10-15% atau 20-25% dari jumlah populasinya. Maka sampel yang diteliti hanya 25% dari populasi yaitu berjumlah 26 orang siswi.Peneliti menentukan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi. Instrumen penelitian adalah angket. Analisis data penelitianmenggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase.Dari hasil penelitian tersebut diketahui Tingkat Minat Siswi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam lantai SMAN 1 Cikampek yang menyatakan pada kategori “sangat baik” dengan persentase 23,1%, pada kategori “baik” dengan persentase 42,3%, pada kategori “cukup baik” dengan persentase 30,0%, pada kategori “kurang baik” dengan persentase 0%, dan pada kategori “sangat kurang baik” dengan persentase 3,8%. Jadi dapat disimpulkan Tingkat Minat Siswi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam lantai SMAN 1 Cikampek adalah baik. Kata Kunci : Minat Siswi, Pembelajaran Penjas Senam Lantai
Implementasi Evaluasi Partisipatif Dalam Mengetahui Hasil Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan pada Siswa SMP Negeri 2 Pebayuran mohamad yakub; Resty Gustiawati; Muhammad Arif Setiawan
Jurnal Literasi Olahraga Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Literasi Olahraga
Publisher : Universitas Singaperbangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jlo.v1i1.3828

Abstract

ABSTRACTThe purpose of making this thesis is to know the Participatory Evaluation Implemensi in Knowing the Learning Results of Front Roll Floor Gymnastics in Students of SMP Negeri 2 Pebayuran, which emphasizes Cognitive, Affective, Psychomotor behavior. To answer the formulation of research problems that have been formulated. By researchers using qualitative methods. With obervasi study techniques, interviews, and documentation to obtain the data sought by researchers. By using the interview sheet as a data processing tool that contains questions about what changes are felt in the implementation of participatory evaluation activities in knowing the results of the front roll floor gymnastics learning in SMP Negeri 2 Pebayuran. After the interview data is obtained then an analysis is performed. Qualitative data obtained from the field needs to be recorded carefully and in detail by reducing the data. The purpose of data reduction is to provide a clear picture of the data obtained. After the qualitative data reduction is presented in the form of narrative text.Based on the results of an interview on "Implementing Participatory Evaluation in Knowing Learning Outcomes of Front Roll Floor Gymnastics in Junior High School Students 2 Pebayuran" by emphasizing cognitive, affective, psychomotor behavior and student interest in learning activities Participatory Evalusi Implementation Implemtation can improve the basic competence of learning the front roll gymnastics, social, cognitive, affective, psychomotor and student interest in physical education. This can be seen from how the students were so enthusiastic in participating in the front roll floor gymnastics activities at SMP Negeri 2 Pebayuran.
Implementasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kurikulum 2013 di SMAN 1 Jasinga Agung Esa Fitriana; Rahmat Iqbal; Rekha Ratri Julianti
Jurnal Literasi Olahraga Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Literasi Olahraga
Publisher : Universitas Singaperbangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jlo.v1i2.3884

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan manusia yang berlangsung seumur hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan implementasi strategi pembelajaran Pendidikan jasmani berdasar kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diintepretasikan dengan cara deskripsi, yang menyajikan data hasil penelitian berupa rangkaian kata-kata. Subjek dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes dan  kepala sekolah. Objek  dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran  penjas. Pengambilan data dilakukan secara interaktif, analisis pada model ini menggunakan model analisa Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Instrumen utama dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi. Dan instrumen  pendukungnya adalah wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi  Satrategi Pembelajaran Penjas Berdasarkan Kurikulum 2013 adalah baik, implementasi tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian dari rencana pembelajaran adalah baik, pelaksanaan pembelajaran baik dan proses penilaianya juga baik. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan Implementasi Strategi Pembelajaran Penjas Berdasarkan Kurikulum 2013 adalah baik.
Hubungan Learning Contract dengan Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas 8 SMP Negeri 1 Purwasari: Using contract learning methods for student discipline Cut Irawati; Resty Gustiawati; Ruslan Abdul Gani
Jurnal Literasi Olahraga Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Literasi Olahraga
Publisher : Universitas Singaperbangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jlo.v1i1.3885

Abstract

This study aimed to determine the relationship between learning contracts with students’ discipline in Physical Education learning at class VIII of SMP Negeri 1 Purwasari. The background of this problem was the lack of students discipline in physical education learning so that the author tried to use a learning contract to see how students’ discipline in Physical Education learning. This research method was correlational. The population of this study was all the students at class VIII of SMP Negeri 1 Purwasari, with a sample number of 102 students. The data collection techniques used were observation and questionnaire. The data analyses used were descriptive data analysis techniques and inferential analysis techniques (by using Pearson product-moment correlation analysis techniques). The results of this study indicated that the r count was greater than r table then it can be concluded that there was a significant positive correlation between learning contracts with student discipline showing a positive correlation of 37.45%. With the t distribution table, with a significant level of 0.05 and dk = 102 so that the r table = 0.195 was obtained. Because r count was greater than the r table (0.612> 0.195).
Tingkat Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Penjas Di SMP Asrama Al Fath Kota Bekasi Krisno Krisno; Resty Gustiawati; Rahmat Iqbal
Jurnal Literasi Olahraga Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Literasi Olahraga
Publisher : Universitas Singaperbangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jlo.v1i2.3893

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pembelajaran teori dikelas yang dikhususkan untuk penjas, dan waktu pembelajaran yang sangat minim sehingga siswa sulit memahami aktivitas pembelajaran penjas yang dilakukan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran penjas pada siswa kelas VII di SMP Asrama Al Fath Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah survey. Tehnik pengumpulan data berupa angket menggunakan tes soal yang disebar. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII di SMP Asrama Al Fath Kota Bekasi yang berjumlah 37 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 37 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Data pada penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan presentase.Hasil penelitian menunjukan tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran penjas pada siswa kelas VII di SMP Asrama Al Fath Kota Bekasi secara keseluruhan berada pada kategori Cukup Baik dengan jumlah 19 siswa dan presentase sebesar 51%.
Survei Penerapan Metode Pembelajaran Value Clarification Technique untuk Membentuk Sikap Sosial Siswa pada Guru Pembelajaran Penjasorkes Siti Uswatun Hasanah; Resty gustiawati; Rahmat Iqbal
Jurnal Literasi Olahraga Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Literasi Olahraga
Publisher : Universitas Singaperbangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jlo.v1i1.3895

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui penerapan metode pembelajaran value clarification technique untuk membentuk sikap sosial siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada guru smp dikecamatan kutawaluya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei, teknik pengambilan datanya dengan menggunakan angket. Penelitian ini pengambilan teknik Probability sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru sekolah menengah pertama se-kecamatan kutawaluya yang berjumlah 91 orang dari seluruh populasi guru PJOK di kecamatan kutawaluya berjumlah 12 orang. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dengan persentase. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan hasil butir soal yang valid berjumlah 22 butir dari 25 pernyataan. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 0,956 sehingga instrumen tersebut reliabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran value clarification technique untuk membentuk sikap sosial siswa dalam pembelajaran penjas pada guru smp di kecamatan kutawaluya adalah rata-rata 51,1667 memiliki kategori “Cukup baik” hasil data sebanyak 5 responden dengan presentase (41,7%). Dengan demikian penerapan metode pembelajaran value clarification technique masih belum di implementasikan oleh beberapa guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang ada di kecamatan kutawaluya. Kata kunci : Metode Pembelajaran Value Clarification Technique,Sikap Sosial, Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Guru
Survei Penerapan Olahraga Tradisional dalam Pembelajaran Penjas pada SMA Negeri di Kecamatan Cikarang Utara Faris Halin Savara; Resty Gustiawati; Rekha Ratri Julianti
Jurnal Literasi Olahraga Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Literasi Olahraga
Publisher : Universitas Singaperbangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jlo.v1i2.3897

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan olahraga tradisional dalam pembelajaran penjas pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Cikarang Utara. Permasalahan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan olahraga tradisional dalam pembelajaran penjas pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Cikarang Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket. Sampel dalam penelitian ini adalah guru penjas yang berjumlah 7 guru. Pada sekolah menengah atas negeri di kecamatan cikarang utara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian mengenai survei penerapan olahraga tradisional dalam pembelajaran penjas pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Cikarang Utara, yaitu menyatakan telah di terapkan 98% di SMAN 1 Cikarang Utara, 98% di SMAN 2 Cikarang Utara, 97% di SMAN 3 Cikarang Utara. Secara keseluruhan telah di terapkan olahraga tradisional pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Cikarang Utara.
Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Madrasah Tsanawiyah Persis 96 Garut Syahrul Ardiyansyah; Abduloh Abduloh; Nana Suryana Nasution
Jurnal Literasi Olahraga Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Literasi Olahraga
Publisher : Universitas Singaperbangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jlo.v1i2.3903

Abstract

Abstract This studi aims to determine the Effectiviness implementation proses of physical education and sport education in Madrasah Tsanawiyah Persis 96 sub district of Garut district. The problem of this research is to find out how the process of implementing physical education and sport education that takes in Madrasah Tsanawiyah Persis 96 Garut. This research is a qualitive descriptive study, which illustrates how implementation of physical education and sport education in Madrasah Tsanawiyah Persis 96 Garut, the subjects in this study were four students, one physical teacher. Data collection techniques used ini this study were observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used in this study are reduction and data display techniques. The results showed that the implementation of physical education and health ini Madrasah Tsanawiyah Persis 96 Garut in terms of prepation was quitegood. While in the school facilites and infrastructure ti meet the learning process of physical education, because the physical education teacher who is not a graduate of the physical education profession teacher must further develop his knowledgein physical education learning. Keywords : Effectiviness Implementation of Physical Education Learning.
Minat Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Negeri 20 Kabupaten Tangerang Nurmawati Nurmawati; Citra Resita; Rolly Afrinaldi
Jurnal Literasi Olahraga Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Literasi Olahraga
Publisher : Universitas Singaperbangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jlo.v1i2.3910

Abstract

This research aims to know how interested students are in following an extracurricular sport in SMA Negeri 20 Tangerang Regency. The instrument used is a poll using the Alpha Crobach 0.946 formula in SPSS 22.0 for Windows program. The results of the study are likely to be in a medium category with a low category of 13.75%, Medium category 58.75%, and category height 27.5%.
Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi Aprillia Krissanthy; Febi Kurniawan; Citra Resita
Jurnal Literasi Olahraga Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Literasi Olahraga
Publisher : Universitas Singaperbangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/jlo.v1i1.3923

Abstract

This study aimed to determine whether there is a correlation between physical fitness and student concentration levels in physical education has. This research uses a quantitative approach with a survey method. The subject or research population used is class X of SMA Negeri 9 Bekasi City, amounting to 355 people. The research sample consisted of 23 students with a simple random sampling technique. The instrument used in this study was the level of physical fitness of students measured using the Indonesian Physical Fitness Test (TKJI) consisting of several test series, such as a: a) running 60 meters, b) pull -up60 seconds, c) 60 seconds of sit-ups, d) jumping upright, and e) running 1200 meters. Then the concentration of student learning is measured using the Grid Concentration Exercises test instrument. Retrieval of data in this study through the provision of tests and measurements through surveys. The results showed rhitung = 0.578 ≥ rtabel = 0.433, which means that that there was a significant relationship between the level of physical fitness and the concentration level of class X students of SMA Negeri 9 Bekasi City. The result of the determinant coefficient (r2) is 33.4% and the rest of the calculation result is 66.6%, the concentration level is determined by other factors.