cover
Contact Name
Tohir Zuhdi
Contact Email
tohirz@iainpurwokerto.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rahmini@iainpurwokerto.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani No. 40 A Purwokerto
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Mabsya : Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
ISSN : 27145565     EISSN : 27147797     DOI : https://doi.org/10.24090/mabsya
Core Subject : Economy,
The journal is published twice a year in June and December. Contains scientific articles in the form of research, analysis study, theoretical study, and review of studies in the field of Islamic business, accounting, and management. Publishing this journal aims to increase the quantity and quality to spread knowledge and also as a means of communication between scientists, practitioners, students, and observers of Islamic business and management studies. The journal intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on Islamic business and management.
Articles 49 Documents
MEMBANGUN KARAKTER ENTREPRENEUR MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN Apsari, Alivia Sekar; Pamungkas, Fauzan Budi
Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah Vol 1 No 1 (2019): Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/mabsya.v1i1.3148

Abstract

Seorang entrepreneur memiliki karakter yang membuat dirinya mampu untuk menjalankan wirausaha. Karakter tersebut tentu sangat baik untuk dapat dipahami secara bersama-sama. Dengan memahami karakter seorang entrepreneur, maka bisa menjadikan anak didik agar bisa membentuk karakternya sejak dini. Penulisan ini dimaksudkan untuk dapat memberikan penjelasan lebih jelas mengenai karakter seorang entrepreneur. Kemudian, bagaimana cara dalam membangun seseorang agar bisa memiliki karakter entrepreneur. Saat ini, sudah seharusnya masyarakat bisa menjadi pengusaha dan menciptakan peluang kerja baru bagi masyarakat lainnya. Diharapkan, dengan penulisan ini dapat memberikan manfaat untuk semua pembaca. Terutama agar bisa bersama-sama membangun karakter seorang entrepreneur melalui pendidikan. Utamanya, dapat membantu menciptakan generasi baru yang lebih bersemangat dalam berwirausaha dan mampu bersaing dengan produk luar yang selama ini beredar.
OPTIMALISASI EKONOMI KREATIF SABUT KELAPA MENJADI KERAJINAN TANGAN DI DESA PUCUNG LOR, KECAMATAN KROYA, KABUPATEN CILACAP Kusuma, Anton Thista; Siswanto, Siswanto
Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah Vol 1 No 1 (2019): Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/mabsya.v1i1.3149

Abstract

Kerajianan tangan merupakan kegiatan seni yang menitikberatkan pada ketrampilan tangan untuk mengelola bahan baku yang ada pada lingkungan setempat menjadi benda-benda yang bernilai pakai dan bernilai estetis. Kerajinan sabut kelapa dijadikan kerajinan tangan dalam pendongkrakan perekonomian masyarakat desa guna mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi dan mengurangi kemiskinan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam pengambilan data, yang menggambarkan bagaimana sabut kelapa menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomi tinggi di desa pucung lor sehingga dapat mensejahterakan masyarakat dengan menggunakan metode observasi dan wawancara kepada para pengrajin sabut kelapa di desa pucung lor. Masyarakat desa pucung lor memanfaatkan perkebunan kelapa dengan mengambil “sabut kelapa” atau kulit kelap yang dijadikan sebuah kerajinan tangan seperti sapu ijuk, sapu lidi, kesed, cocomesh, cocofiber dan lain sebagainya yang terbuat dari sabut kelapa.
BISNIS DAN WIRAUSAHA DESA MENUJU KEMANDIRIAN EKONOMI KERAKYATAN DI DESA PENGALUSAN, KECAMATAN MREBET, PURBALINGGA Wahyuni, Tri
Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah Vol 1 No 1 (2019): Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/mabsya.v1i1.3150

Abstract

Ekonomi kerakyatan merupakan suatu bentuk kemerdekaan masyarakat dalam semua proses ekonomi. Bukan lagi negara atau kapitalis yang berkuasa, tetapi ada kuasa jenis baru yang diciptakan agar mampu mencapai kesejahteraan. Desa Pengalusan, Kecamatan Mrebet, Purbalingga memiliki potensi wirausaha desa yang hingga sekarang banyak menjadi sumber pendapatan masyarakat. Penelitian ini merupakan hasil pengamatan dan pendalaman yang cukup lama. Pendalaman data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada beberapa keluarga yang fokus mengolah gula jawa. Pengolahan gula jawa dikenal dengan nderes. Seluruh proses pengolahan gula jawa dikerjakan pribadi, tidak ada campur tangan elit lokal atau “tangan” pemodal besar. Masyarakat menjadi tidak terlalu bertumpu pada negara atau perusahaan. Dengan rantai perdagangan yang mandiri, mereka dapat menentukan kuasa pasar. Meskipun beberapa juragan yang sedikit bermain, tetapi bagi masyarakat desa itu tidak mengeksplotisai seperti kebijakan perusahaan kapital. Alat produksi, tenaga dan wilayah pertanian menjadi hak dan kuasa penuh yang dikendalikan oleh masing-masing petani. Bentuk bisnis desa ini yang sedikit banyak mampu menyumbang kemandirian ekonomi kerakyatan.
ANALISIS EKUITAS MEREK PADA PERUSAHAAN ONLINE Raharja, Mahardhika Cipta
Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah Vol 1 No 1 (2019): Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/mabsya.v1i1.3151

Abstract

This study is an empirical study, entitled "Ekuitas Merek pada Perusahaan Online". The purpose of this study was to analyze the measurement model of brand equity in a online company, that if the traditional measurement model that has been used in the offline company applied to the online company.Subjects in this study were users of social networking site Facebook. The object of this study is brand awareness, brand value, brand trust, brand loyalty, and brand equity. Based on the results of research and data analysis with Structural Equation Modeling (SEM) showed that: (1) The level of consumer awareness no positive effect on brand equity from online business brand, (2) The value of the brand is not a positive influence on brand equity from online business brand, (3) Levels consumer trust is not a positive influence on brand equity from online business brand, (4) Positive impact of consumer loyalty to the brand equity of the business brand online, (5) Brand awareness has a positive effect on the value of the brand online business associations, (6) Brand awareness have a positive effect on the association of brand trust in online businesses, (7) The perceived value is not affected positively the trust level of brand in online business; (8) Trust has a positive effect on the level of brand loyalty in business online, and (9) The perceived value has a positive effect on the level of brand loyalty in business online.The implications of the above conclusion that in order to achieve the highest power of a brand, brand equity is measured in the form of an online business, an effort that can be done is to consider each of the dimensions of brand equity, including brand awareness, brand association (in the form of brand value and brand trust), and brand loyalty.
APAKAH PENERAPAN TATA KELOLA YANG BAIK MAMPU MENDORONG KINERJA PENGELOLAAN ZAKAT : TELAAH SISTEMATIS HASIL STUDI-STUDI EMPIRIS DI INDONESIA Kusumastuti, Dani
Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah Vol 1 No 1 (2019): Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/mabsya.v1i1.3152

Abstract

Kinerja pengelolaan zakat di Indonesia masih jauh dari memuaskan. Penerapan tata kelola yang baik dapat menjadi jalan untuk mendorong peningkatan kinerja zakat. Studi ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi elemen-elemen tata kelola yang penting bagi peningkatan kinerja zakat. Melalui metode telaah sistematis diperoleh 17 artikel hasil studi empiris kuantitatif dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dipublikasikan di jurnal dan prosiding. Berdasarkan telaah sistematis disimpulkan bahwa penerapan tata kelola yang baik dapat mendorong peningkatan kinerja zakat di Indonesia. Tata kelola yang baik tersebut diwujudkan dalam pengelolaan zakat yang memenuhi prinsip-prinsip Transparan, Akuntabel, Profesional, Adil serta Responsibel. Studi mendatang perlu mengkaitkan tata kelola dengan kinerja zakat dari sisi mustahik, guna memahami efektivitas tata kelola terhadap peningkatan kehidupan mustahik secara ekonomi, sosial dan spiritual.
PEMANFAATAN MEDIA BARU SEBAGAI MEDIA BISNIS Annas, Wahid Fahrur; Rizal, Derry Ahmad
Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah Vol 1 No 1 (2019): Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/mabsya.v1i1.3153

Abstract

Perkembangan teknologi informasi sangat mendukung masyarakat mendapatkan informasi. Informasi pada media baru dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Adanya kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya informasi dalam berbagai aktivitas kehidupan. Masyarakat informasi menghadapkan kita pada tantangan baru dan perkembangan menuju masyarakat berkomunikasi dengan saling bertukar informasi. Dalam perkembangan teknologi informasi yang pesat dapat mempengaruhi perekonomian bisnis masyarakat. Perkembangan budaya masyarakat memunculkan aktivitas ekonomi media yang makin lama makin besar pengaruhnya pada kehidupan sehari-hari masyarakat. Informasi dikelola dengan baik, disajikan tepat waktu dan dikemas semenarik mungkin dengan teknologi dapat dikembangkan sebagai suatu komoditi yang bernilai ekonomis. Ekonomi dan bisnis media adalah bagian dari ekonomi secara keseluruhan, khususnya yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan informasi sera kebutuhan eksistensi diri, serta kebutuhan komunikasi dan kebutuhan nonfisik lainnya dari sebagian masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan studi literatur dengan teknik pengumpulan data kepustakaan dengan mengambil di pustaka, membaca, mencatat dan mengolah bahan penelitian. Zaman teknologi yang semakin berkembang dan sumber informasi yang cepat sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pada era media baru ini, masyarakat tidak lagi kesulitan dalam mencari berita yang fakta dan aktual, namun masyarakat juga perlu menyikapi stimulus yang datang dengan pengetahuan serta wawasan untuk mengambil langkah. Dengan peningkatan dan meluasnya pemahaman mengenai ekonomi dan bisnis media serta informasi media diharapkan akan menghasilkan tambahan wawasan ke masyarakat.
PENGARUH DOW JONES ISLAMIC MARKET INDEKS (DJIM) DAN HARGA EMAS DUNIA TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEKS (JII) PRIODE 2014-2018 Salihin, Agus
Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah Vol 2 No 2 (2020): Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/mabsya.v2i2.3222

Abstract

Abstract The purpose of this study was to determine the effect of the Dow Jones Islamic Market Index (DJIM) and World Gold Prices on the Jakarta Islamic Index (JII) for the 2014-2018 Period. This type of research uses descriptive quantitative research. The data used is secondary data in the form of a time series with a period of 5 (five) years namely 2014 to 2018. The analysis technique uses multiple linear regression with the help of the SPSS persi program 16.0. Based on the results of the analysis it can be concluded that partially and simultaneously the Dow Jones Islamic Market Index (DJIM) and World Gold Prices have a significant positive effect on the Jakarta Islamic Index (JII) for the 2014-2018 Period. From the results of the analysis of the coefficient of determination (Adjusted R Square) the Dow Jones Islamic Market Index (DJIM) variable, and the World Gold Price can affect the Jakarta Islamic Index for the 2014-2018 period by 34.8% while the remaining 65.2% is influenced by other variables Keywords: Dow Jones Islamic Market Index, World Gold Prices, and Jakarta Islamic Index Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Dow Jones Islamic Market Indeks (DJIM) dan Harga Emas Dunia Terhadap Jakarta Islamic Indeks (JII) Priode 2014-2018. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa rangkai waktu (time series) dengan priode 5 (lima) tahun yakni tahun 2014 sampai dengan tahun 2018. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS persi 16.0. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa secara parsial dan simultan Dow Jones Islamic Market Indeks (DJIM) dan Harga Emas Dunia berpengaruh positif signifikan terhadap Jakarta Islamic Indeks (JII) Priode 2014-2018. Dari hasil analisis koefisien determinasi (Adjusted R Square) variabel Dow Jones Islamic Market Indeks (DJIM), dan Harga Emas Dunia dapat mempengaruhi Jakarta Islamic Indeks priode 2014-2018 sebesar 34,8% sedangkan sisanya 65.2% dipengaruhi oleh variabel lain Kata Kunci : Dow Jones Islamic Market Indeks, Harga Emas Dunia, dan Jakarta Islamic Indeks
Model Pengembangan Zakat Produktif di Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember sebagai Pemberdayaan Ekonomi Umat Supandi, Achmad Faqih
Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah Vol 1 No 2 (2019): Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/mabsya.v1i2.3458

Abstract

This research focuses on models, concepts, practices and the role of the Mosque-Based Economy in the perspective of Islamic economics in the Masjid Jamik Al Baitul Amien in improving Community Welfare. The purpose of this study is to describe the models, concepts, practices and roles of mosque-based economics in the perspective of Islamic economics in the Masjid Al-Baitul Amin Jember. This research method uses a qualitative approach with a descriptive type, this is because researchers want to describe the Model of Mosque-Based Economic Development in the Islamic Economic Perspective at the Jamik Al-Baitul Amien Mosque in Jember Regency 2015. The results of the study show that the economic economic model of the Ummah uses financing or the provision of facilities by providing funds in accordance with sharia principles. To support investments that have been planned based on an agreement between the institution and other parties, financed by the concept of optimizing productive Zakat or better known as micro business loans without interest that can burden small communities, so that people can meet their economic needs. Then the capabilities possessed by the Jami Mosque 'Al-Baitul Amin Jember are professional human resources, strategic location, adequate infrastructure and sufficient facilities for the economic empowerment of the Ummah.
Peran Bank Syariah: Menuju Perekonomian Masyarakat Madani Lestari, Dini Maulana; Muntaha, M Roif; BA, Immawan Azhar
Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah Vol 1 No 2 (2019): Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/mabsya.v1i2.3461

Abstract

Islamic banks are present in the community as financial institutions whose activities are based on the principles of Islamic law for the benefit of the people. This study aims to determine the strategic role of Islamic Banks as financial service institutions, the importance of the existence of Islamic Banks and Islamic-based markets and financial instruments in them. In its development, Islamic banks have a role as institutions that turn on public funds, channel funds to the public, transfer assets, liquidity, reallocation of income and transactions. In the Indonesian economic system, the existence of Islamic Banks is important as an alternative solution to the problem of conflict between bank interest and usury. Islamic financial markets and instruments provide a free society of interest and follow a different set of principles. Distribution of profit/ loss according to evidence of participation in the management fund. The division of rental income in the form of musharaka.
Analisis Zakat Produktif Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat di Lazismu Banyumas Hadi, Rahmini; Allah, A'yuni Thuba Hamba
Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah Vol 1 No 2 (2019): Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/mabsya.v1i2.3462

Abstract

Zakat is maliyah ijtima’iyyah activity. As the third pillar of Islam, zakat has strategic social purpose regarding to increas such economic welfare of society. through potentiality of national zakat that reach at 217 billion rupiahs in a year, it is able to support and solve some economic problems. However, only 0.2% or around 6 billion of zakat had been collected in every year. This is clearly shown that there is lack of attention toward mechanism and distribution of that fund. Economic empowerment of umat program is one of alternative choices in order to manage fund of zakat which had funded from society intensively. This program relates with the efficient use of zakat in the terms of financial resources regarding to obtain such human welfare. This research is kind of field research with qualitative descriptive approach in order to analyse a productive zakat in terms of economic empowerment of umat in Lazismu Banyumas. In addition, the author uses observation, interview, and document research in order to collect data regarding to make such an academic interpretation which consist of data reduction, data presentation, creating conclusion and verification. Based on analysis and interpretation that had been done, this research delineates that Lazismu Banyumas is utilize the productive zakat program in order to support mustahik through some method such as financing scheme, hibah in the terms of trading tools, also giving such a capital in order to develope their sectors (agriculture, fishery and farm). Therefore, through those programmes there are some mustahik who are succeed which can improve their economic level.