cover
Contact Name
Tohir Solehudin
Contact Email
jpg@uika-bogor.ac.id
Phone
+6282110975474
Journal Mail Official
jpg@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
ISSN : 27221504     EISSN : 27211002     DOI : 10.32832/jpg
Core Subject : Education,
Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru" : 9 Documents clear
ANALISIS PROBLEMATIKA DAN PENCAPAIAN SISWA DALAM PELAKSANAAN AKM PADA PTM TERBATAS Fany Lindra Lestari
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i1.6193

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan asesmen yang mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan siswa untuk dapat belajar dan merupakan bentuk penyederhanaan dari Ujian Nasional yang begitu kompleks. Adapun materinya hanya terdiri atas tiga yaitu bahasa (literasi), matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter. Didukung pada hasil studi PISA menggatakan  kemampuan  numerasi  peserta  didik  dindonesia masih tergolong rendah. Kemampuan numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan   seseorang   untuk   merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika berbagai konteks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika dan pencapaian siswa dalam pelaksanaan AKM pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas mata pelajaran matematika kelas V SDN 4 Sukajadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pencapaian hasil belajar siswa kelas V dalam menyelesaikan soal berbasis AKM Numerasi pada PTM terbatas berada dalam kategori rendah karena ada di bawah interval nilai ≤ 40% yaitu sebesar 18.45%. Dengan demikian, berdasarkan paparan hasil tes dan wawancara yang dilakukan kepada siswa dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa dalam pelaksanaan AKM pada PTM terbatas masih tergolong rendah.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG JARAK MELALUI METODE INQUIRY DI KELAS XII IPA 1 SMAN 2 BOGOR Rahayu Verry
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i1.6603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika tentang Jarak melalui metode pembelajaran Inquiry di kelas XII Ipa 1 semester 1 SMA Negeri 2 Kota Bogor Tahun Pembelajaran 2017-2018.  (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika  tentang Jarak di kelas XII Ips 1 semester 1 SMA Negeri 2 Kota Bogor tahun pembelajaran 2017-2018, (3) mengukur besamya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang Jarak melalui metode pembelajaran Inquiry di kelas XII IPA 1 semester 1 SMA Negeri 2 Kota Bogor tahun pembelajaran 2017-2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Inquiry dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XII IPA 1 semester 1 tahun pembelajaran 2017-2018 semester 1 SMA Negeri 2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan metode pembelajaran Inquiry hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 65,00.  Kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan metodel Inquiry menjadi 80,18  pada siklus 1 dan 91,91 pada siklus 2. Penggunaan metode pembelajaran Inquiry yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajur peserta didik.
KINERJA GURU PROFESIONAL SEKOLAH DASAR Munawir Munawir; Yuyun Fitrianti; Eka Nur Anisa
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i1.6251

Abstract

Dunia pendidikan Indonesia mempunyai banyak guru atau tenanga pengajar, namun tidak banyak guru yang mengetahui bagaimana kinerja guru profesional. Terutama dijenjang sekolah dasar. Mengingat jenjang dasar atau awalan dari penerus bangsa dalam menimbah ilmu, maka dibutuhkannya guru atau tenaga pengajar yang profesional. Guru yang paham mengenai kinerja guru profesional guna meningkatkan kualitas pendidikan dijenjang sekolah dasar. Tujuan penulisan artikel ini yakni guna mengetahui gambaran mengenai kinerja guru profesional, kinerja guru sekolah dasar, dan juga mengenai faktor-faktor yang menjadi pengaruh dari kinerja guru profesional. Penulisan artikel ini menggunakan metode kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru yakni kemampuan yang ditunjukkan guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja guru profesional dapat dilihat dari bagaimana seorang guru dalam menjalankan tugasnya, seperti merancang perencanaan, pelaksanaan, serta pengevaluasian pembelajaran dengan baik. Ada faktor internal dan juga faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja guru profesional disekolah dasar.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TENTANG KINGDOM PROTISTA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS X MIPA 3 SMAN 2 BOGOR RR Sri Eko Hariah A.
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i1.6617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran Biologi tentang sKingdom Protista melalui Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw, (2) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dan (3) meningkatkan ketuntasan belajar. Hasil pelaksanaan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw siklus 2 dibandingkan dengan siklus 1 pada penelitian tindakan ini menunjukan hasil yang meningkat. Nilai rata rata siswa meningkat dari 77  menjadi 83 sedangkan persentase ketuntasan belajar peserta didik  meningkat sebesar 17 % dari 78 % menjadi 95 % dimana sebanyak  34  anak dari 36 peserta didik nilainya sudah tuntas.  Dalam  pembelajaran keaktifan  dan keterlibatan peserta didik menunjukan peningkatan dibandinkan dari kondisi awal ,  siklus I mengalami skor keaktifan peserta didik meningkat dari 78% menjadi 90% Dilihat dari kompetensi pedagogik guru menunjukan peningkatan ketrampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran peserta didik yang lebih efektif dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Dari hasil uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar  pada  setiap siklus.
Modifikasi Strategi dan Metode Pembelajaran Matematika Guna Menarik Minat Belajar Siswa SD/MI Nina Indriani; Yuyun Fitrianti; Chasnah Nailah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i1.6355

Abstract

Di Indonesia, stigma bahwa “Matematika susah dan membosankan” sudah mendarah daging sejak dulu hingga sekarang. Hal tersebut terbukti dari adanya PISA yang dilakukan dengan bertanya pada pelajar Indonesia mengenai pembelajaran matematika, hal ini menjadikan salah satu pengaruh mengapa dalam 10-15 tahun terakhir Indonesia selalu menempati peringkat 74 dari 79 negara yang turut berpartisipasi dalam penilaian PISA. Maka dari itu, untuk meningkatkan penilaian PISA serta menghilangkan stigma “Matematika susah dan membosankan” perlu adanya modifikasi strategi dan metode belajar. Dengan demikian peneliti menggunakan metode penelitian dengan jenis observasi dan studi literatur. Kegiatan observasi dilakukan di kelas 1 SD Yapita Surabaya pada tanggal 3 November dan 22 November 2021.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ONLINE PAI DI SDN CIJAYANTI 06 Mahpudin Sahuri; Oking Setia Priyatna; Salati Asmahasanah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i1.6653

Abstract

Abstrak Keberhasilan dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar siswa yaitu dipengaruhi oleh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran.. Media pembelajaran audio visual membantu dalam pembelajaran secara serentak dapat menampilkan gambar dan suara dalam waktu yang bersamaan, yang berisi pesan-pesan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar online Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen quasi dengan sampel yang diambil berjumlah 64 orang siswa di SDN Cijayanti 06. Hasil penelitian menunjukan bahwa ;1) Pelaksanaan pembelajaran online di SDN Cijayanti 06 pada pelajaran PAI dengan menggunakan media audio visual dalam kategori baik 2) Hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah melakukan perlakuan dengan rata-rata kelas kontrol 67,12 dan kelas eksperimen 84,3. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh dari koofesian nilai dari uji t sebesar 4,221>1,670. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media audio visual maka seharusnya pendidik lebih kreatif dan inovatif dalam mengaplikasikannya sehingga dapat menarik minat belajar peserta didik dan tidak bosan dalam pembelajaran. Selain itu juga diharapkan bagi pendidik agar membuat media pembelajaran audio visual sendiri sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai dengan baik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI TIA SMKN 2 BOGOR Supardi Supardi
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i1.6600

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas XI TIA SMK  Negeri 2  Kota Bogor. (2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas XI TIA SMK  Negeri 2  Kota Bogor.(3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Persamaan dan Fungsi Kuadrat di kelas XI TIA SMK  Negeri 2  Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas XI TIA SMK  Negeri 2 Kota Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 58,71 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menjadi 79,57 pada siklus 1 dan 84,86 pada siklus 2, sehingga Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.
PELATIHAN PENDAMPINGAN LITERASI MATEMATIKA UNTUK GURU SD DI SDN 60 KOTA BENGKULU Irfan Supriatna; Herman Lusa
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i1.6654

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembentukan/Pembinaan guru melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dapat dijadikan sebagai komunitas guru dalam mengimplementasikan literasi matematika, menambah pengetahuan para guru tentang literasi matematika, menambah wawasan para guru terkait dengan literasi matematika kepada guru-guru SDN 60 Kota Bengkulu terkait literasi matematika. Bentuk kegiatan ini berupa pendampingan/ pelatihan. Dari hasil pengabdian respon guru melalui hasil angket ini hampir seluruh guru yang mengikuti kegiatan ini antusias dan dapat menyerap materi yang diberikan dengan baik, dan pada kegiatan pelatihan/workshop mendapatkan hasil yang positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan dapat ditindakanjuti untuk program pengabdian berikutnya.
PENERAPAN METODE TUGAS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM REM TENTANG CARA KERJA SISTEM REM CAKRAM PADA MOBIL DI KELAS XI OB SMKN 2 BOGOR Agus Suherman
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 3, No 1 (2022): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v3i1.6601

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui Metode Tugas Proyek  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Cara Kerja Sistem Rem Cakram Pada Mobil di kelas XI OB semester 3 Tahun Pelajaran 2021-2022 SMK Negeri 2 Kota Bogor, 2) Untuk menggambarkan  proses peningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Cara Kerja Sistem Rem Cakram Pada Mobil sebelum dan sesudah menggunakan Metode Tugas Proyek  di kelas XI OB semester 3 Tahun Pelajaran 2021-2022 SMK Negeri 2 Kota Bogor, 3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Cara Kerja Sistem Rem Cakram Pada Mobil setelah menggunakan menggunakan Metode Tugas Proyek  di kelas XI OB Semester 3 Tahun Pelajaran 2021-2022 SMK Negeri 2 Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan Metode Tugas Proyek membuat peserta didik tidak bosan dan jenuh sebaliknya merasa senang sehingga aktivitas belajar mereka meningkat. Hal ini terbukti pada siklus I ada 55,55% atau 20 peserta didik yang aktif, 22,22% atau 8 peserta didik yang cukup aktif dan 22,22% atau 8 peserta didik yang kurang aktif pada saat pembelajaran. Setelah guru memperbaiki hasil refleksi pada siklus I maka pada siklus II didapat 77,77% atau 28 peserta didik aktif pada saat pembelajaran dan 22,22% atau 8 peserta tidak yang cukup aktif pada saat pembelajaran serta 0,00% atau tidak ada peserta didik yang tidak aktif pada saat pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai peserta didik. Pembelajaran ini  dapat meningkatan hasil belajar pesertsa didik pada tentang Cara Kerja Sistem Rem Cakram Pada Mobil di kelas XI OB SMK Negeri 2 Bogor dengan menggunakan metode Tugas Proyek.

Page 1 of 1 | Total Record : 9