cover
Contact Name
Malalina
Contact Email
malalina@unitaspalembang.ac.id
Phone
+6281279882224
Journal Mail Official
nabladewantara@unitaspalembang.ac.id
Editorial Address
Jalan Tamansiswa No. 261 Palembang
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 25283901     EISSN : 26570335     DOI : 10.51517
Core Subject : Education,
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali pertahun, yaitu Mei dan November. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tamansiswa Palembang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika" : 7 Documents clear
ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN RATIONAL DAN GUARDIAN Novitasari Novitasari; Rizki Wahyu Yunian Putra
Nabla Dewantara Vol 2 No 2 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan proses berpikir kritis siswa hasil temuan penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses berpikir kritis dari tipe kepribadian Rational. subjek dapat mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal tersebut, subjek mampu menguhubungkan informasi penting dari soal dan mampu menentukan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan soal, subjek dapat membuat model matematika, subjek dapat menentukan metode penyelesaian dari metode matematika yang telah dipelajari dapat menyimpulkan serta dapat mengevaluasi jawaban yang telah didapatkan. (2) Proses berpikir kritis dari tipe Guardian. subjek dapat mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal tersebut, subjek mampu menguhubungkan informasi penting dari soal dan mampu menentukan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan soal, namun tidak dapat membuat model matematika, tidak dapat menentukan metode penyelesaian dari metode matematika yang telah dipelajari serta tidak dapat menyimpulkan dan mengevaluasi jawabannya.
PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI MODEL ALBERTA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP Muhammad Rizal Usman; St. Nur Humairah Halim
Nabla Dewantara Vol 2 No 2 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan suatu hal yang sangat penting pada masa sekarang, karena dampak yang diperoleh membuat manusia menjadi lebih terbuka, fleksibel dan dalam beradaptasi manusia mudah menghadapi berbagai situasi dan masalah kehidupannya. Perkembangan teknologi dan informasi yang lebih maju menuntut masyarakat harus lebih cerdas, kreatif dan mampu menyaring informasi yang diperolehnya. Untuk mewujudkan siswa menjadi aktif dan memiliki kemampuan dan disposisi berpikir kreatif matematis yang baik, tentu dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengeksplorasi dan melibatkan siswa secara aktif dan kreatif. Salah satu model pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Belajar dengan pembelajaran inkuiri dapat melibatkan siswa dan memberikan pengalaman-pengalaman yang nyata. Siswa diharapkan dapat mengambil inisiatif sendiri, melatih dirinya mengaitkan materi-materi dalam matematika, memecahkan masalah, membuat keputusan dan memperoleh berbagai keterampilan atau kemampuan. Dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri Model Alberta, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan disposisi berpikir siswa juga semakin baik.
IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR Ikramuddin Ikramuddin
Nabla Dewantara Vol 2 No 2 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Struktur Aljabar merupakan salah satu mata kuliah yang sebagian besar di dalamnya memuat definisi-definisi aksiomatik beserta teorema-teorema. Sebagai mata kuliah aksiomatik, diharapkan dapat membentuk mahasiswa yang mempunyai tata nalar yang logis, berpikir terstruktur, taat asas, kreatif dan inovatif. Namun pada kenyataannya mahasiswa mengalami kesulitan saat mempelajari teori-teori terkait Struktur Aljabar sehingga berdampak pada kurangnya minat dan daya tarik mahasiswa pada mata kuliahini. Olehnya itu dilakukan kajian teori tentang faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada mata kuliah struktur aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intrinsik yang terdiri dari fisik dan psikis masuk dalam kategori cukup sebagai faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar di Program Studi Pendidikan Matematika universitas Muhammadiyah Makassar. Sedangkan faktor ekstrinsik diantaranya berupa faktor dosen, muatan materi perkuliahan, alat dan fasilitas, serta pengaruh lingkungan baik itu di kampus maupun dilingkungan masyarakat masuk dalam kategori tinggi.Faktor ekstrinsik lainnya yakni peran orang tua dan lingkungan keluarga masuk dalam kategori cukup.
KEMAMPUAN MAHASISWA MEMAHAMI LOGIKA PEMROGRAMAN KOMPUTER MELALUI ALGORITMA Asnurul Isroqmi
Nabla Dewantara Vol 2 No 2 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Para pembuat program komputer khususnya mahasiswa masih mengabaikan algoritma dalam menyelesaikan soal-soal pemrograman komputer. Sebagai akibat pengabaian pembuatan algoritma menyebabkan mahasiswa kesulitan memahami konsep logika pemrograman, sehingga seringkali melakukan kesalahan dan banyak kembali melakukan perombakan kode atau susunan program komputer. Hal ini seringkali juga dilakukan oleh para mahasiswa Program studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang. Berlatar belakang hal ini, peneliti memberikan pengetahuan algoritma secara mendalam dan menerapkan pembuatan algoritma pada setiap persoalan program komputer yang harus dipecahkan oleh mahasiswa, kemudian meneliti bagaimana hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap penerapan pembuatan algoritma pada setiap persoalan yang dipecahkan sebelum program-program komputer dibuat. Penelitian dilakukan di Laboratorium Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang selama lebih kurang 4 bulan. Dengan metode deskriptif dan menggunakan instrumen soal tes pembuatan program komputer dan angket, maka dari sampel 90 orang mahasiswa yang diteliti diperoleh tes akhir mahasiswa 82,1 yang dikategorikan baik dan respon mahasiswa yang positif.
MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (MPG) BERBANTUAN BLENDED LEARNING PADA TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PGRI Jayanti Jayanti; Rahmawati Rahmawati
Nabla Dewantara Vol 2 No 2 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauhmana hasil pembelajaran generatif (MPG) berbantuan Blended Learning yang diterapkan di matakuliah trigonometri pada universitas PGRI Palembang, dan bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) mahasiswa melalui model pembelajaran ini. ModelPembelajaran Generatif (MPG) memiliki empat tahap yaitu tahap persiapan, memfokuskan, tantangan dan aplikasi pada pembelajaran tatap muka dikuliah trigonometri, berbantuan blended learning yaitu dengan menggunakan internet secara online. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes dan postes nonekuivalen. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa matematika pada Universitas PGRI Palembang. yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran Generatif berbantuan blended learning (PGBBL) dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional (PK). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan trigonometri dan kemampuan penalaran matematis mahasiswa semester dua pendidikan matematika universitas PGRI adalah cukup baik.(2). Disarankan kepada tenaga pengajar/Dosen untuk dapat mengujicobakan model pembelajaran ini pada kemampuan matematis lainnya.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TABA DENGAN STRATEGI CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA Tumirah Tumirah; Mujib Mujib; Rizki Wahyu Yunian Putra
Nabla Dewantara Vol 2 No 2 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran matematika model Taba dengan strategi Concept Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Bandar Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Bandar Lampung. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, terpilih siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran matematika model Taba dengan strategi Concept Mapping dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Experimental Research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen sebesar 0,814457, sedangkan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol sebesar 0,6987. Selanjutnya hasil analisis dan pengolahan data menggunakan uji–t dengan taraf signifikan 5%. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan Model Taba dengan strategi Concept Mapping dengan model pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan Model Taba dengan strategi Concept Mapping lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL KARTU ALJABAR DI SMP NEGERI 52 PALEMBANG Malalina Malalina
Nabla Dewantara Vol 2 No 2 (2017): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan model kartu aljabar di SMP Negeri 52 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Teknik pengambilan data adalah hasil tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan n-gain score ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata dengan rata-rata pretest 63,64 dan postetst 84,24 sehingga terdapat peningkatan skor rata-rata sebesar 20,61 dengan rata-rat nilai n-gain ternormalisasi adalah 0,59.

Page 1 of 1 | Total Record : 7