cover
Contact Name
Brian Alvin Hananto
Contact Email
brian.hananto@uph.edu
Phone
+6221-5460901
Journal Mail Official
jsdis@uph.edu
Editorial Address
School of Design (Fakultas Desain) Universitas Pelita Harapan Gedung B Lantai 2 School of Design Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci, Tangerang - 15811 Jl. MH. Thamrin Boulevard 1100 Lippo Village, Tangerang, Indonesia jsdis@uph.edu
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial
ISSN : 27152898     EISSN : 27155129     DOI : http://dx.doi.org/10.37312/jsdis.v2i1
Journal of Design Strategy and Social Innovation is a peer reviewed journal that discusses cutting edge design advancement, strategically and innovatively, in specific areas that drive social change in society. On a greater scale, the journal aims to produce design knowledge that is empowering, liberating, and humanizing, both theoretically and practically. The journal also hopes to influence the national policy on sustainable development that promotes social justice for all of its citizen and on human socio-capital capacity building as the forefront of Indonesia’s strategic development plan.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2021): Adaptabilitas " : 8 Documents clear
Perancangan Video Tutorial untuk SDN Panongan 3 Sebagai Solusi Edukasi Pelestarian Lingkungan di Masa Pandemi Alfiansyah Zulkarnain; Gwyneth Vannia; Eunike Florencia
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 3, No 1 (2021): Adaptabilitas & Strategi Inovasi Desain Sosial (Di Masa Pandemi)
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v3i1.4331

Abstract

SD Negeri Panongan 3 merupakan sekolah dasar negeri yang terletak di Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten. Kegiatan edukasi pelestarian lingkungan  yang merupakan bagian dari program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) SDN Panongan 3, kini tidak dapat diimplementasikan dikarenakan oleh pandemi COVID-19.Solusi dari permasalahan yang didapatkan bersama-sama dengan mitra adalah melalui perancangan video tutorial tugas interaktif mengenai pengolahan sampah plastik. Perancangan ini menggunakan metode Design Thinkingsebagai panduan tahapan desain untuk menemukan masalah desain dan solusi desain. Dalam proses desainnya, digunakan metode Participatory Action Research yang mana melibatkan pihak stakeholder seperti pimpinan sekolah, guru-guru, dan para orangtua murid, dan para siswa-siswi dalam menentukan masalah desain, perancangan desain, dan implementasi solusi desain. Selain itu, digunakan metode Piramida Freytag untuk merancang tahapan video tutorial. Hasil pengukuran efektifitas solusi desain menunjukkan hasil yang positif dan membuktikan bahwa proyek ini telah berjalan dan diterima para murid SDN Panongan 3 dengan baik. Proyek ini berhasil meningkatkan pemahaman dan kepedulian siswa/i terhadap isu lingkungan.
Adaptabilitas & Strategi Inovasi Desain Sosial (Di Masa Pandemi) Martin Luqman Katoppo
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 3, No 1 (2021): Adaptabilitas & Strategi Inovasi Desain Sosial (Di Masa Pandemi)
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v3i1.4741

Abstract

Ujicoba Buklet Aktivitas Museum Bank Indonesia untuk Siswa Sekolah Menengah Nadia Mahatmi; Prima Murti Rane Singgih
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 3, No 1 (2021): Adaptabilitas & Strategi Inovasi Desain Sosial (Di Masa Pandemi)
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v3i1.4343

Abstract

Museum Bank Indonesia merupakan salah satu museum yang berada di Kawasan Kota Tua Jakarta. Museum Bank Indonesia dibangun dengan tujuan sebagai pusat sejarah dari kehidupan keuangan di Indonesia. Walaupun menjadi salah satu museum yang populer untuk dikunjungi di Kawasan Kota Tua, namun Museum Bank Indonesia belum memiliki alat bantu panduan belajar di tempat untuk para pengunjung siswa. Padahal penggunaan alat bantu dalam mengunjungi museum dapat meningkatkan nilai kunjungan museum terhadap pengunjungnya. Apabila Museum Bank Indonesia mau mendidik pengunjungnya mengenai sejarah fiskal di Indonesia, maka dibutuhkan sebuah alat bantu panduan belajar untuk pengunjung SMP-SMA. Dalam penelitian ini, buklet belajar untuk siswa SMP-SMA akan disebarkan di Museum Bank Indonesia lalu responden akan diminta data mengenai efektivitas dan engagement dari buklet tersebut. Di akhir penelitian, diharapkan akan ada sebuah desain buklet belajar Museum Bank Indonesia yang dapat membantu siswa SMP-SMA.
Desain Sebagai Pendorong Inovasi Sosial di Masa Pandemik (Studi Kasus: Membangun Community Action Plan untuk RW Kumuh Jakarta Utara) Bagian 1 Martin Luqman Katoppo
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 3, No 1 (2021): Adaptabilitas & Strategi Inovasi Desain Sosial (Di Masa Pandemi)
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v3i1.4742

Abstract

Meningkatkan Sisi Pemasaran Kerajinan Produk Anyaman Desa Jambe Robertus Malvin Nico Mahatamtama; Prayogo Jatiadi; Stefani Liem; Muhammad Fachrurozi; Devanny Gumulya
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 3, No 1 (2021): Adaptabilitas & Strategi Inovasi Desain Sosial (Di Masa Pandemi)
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v3i1.4665

Abstract

Sebagai luaran dari mata kuliah desain untuk komunitas dalam berupaya dalam membenahi dan memberi usul dalam sisi marketing bagi komunitas pengrajin dan pengurus organisasi di desa Jambe kecamatan Rancabuaya, berkolaborasi dengan NGO untuk mengembangkan usaha kerajinan rotan dan bambu mereka. Usaha yang mereka lakukan selama ini masih memiliki kendala yaitu sepinya dalam penjualan pada masa - masa non hari raya, karena tidak ada pesanan wadah parcel. Maka dari itu, kelompok kami mengusulkan untuk membuat skema pemasaran baru yang dapat menguntungkan bagi mereka sepanjang tahun dengan cara mengembangkan penjualan B2C (business to customer).
Halaman Depan JSDIS Volume 3 Edisi 1 Brian Alvin Hananto
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 3, No 1 (2021): Adaptabilitas & Strategi Inovasi Desain Sosial (Di Masa Pandemi)
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v3i1.4749

Abstract

Analisa Visual Storytelling dalam Video Kampanye Sosial Cyberbullying “MLC Singapore – Do What‘s Right Online” Evan Apta Febriansyah
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 3, No 1 (2021): Adaptabilitas & Strategi Inovasi Desain Sosial (Di Masa Pandemi)
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v3i1.4666

Abstract

Cyberbullying merupakan tindakan yang dilakukan oleh pelaku untuk mengintimidasi, melecehkan korban dengan menggunakan perangkat elektronik atau jaringan seperti menggunakan Smartphone dan Internet. Perkembangan teknologi memiliki dampak positif dan negatif, dan sering kali dampak negatif dari perkembangan Internet tidak dapat dikendalikan karena kurangnya edukasi serta regulasi. Diperlukan media seperti video iklan layanan masyarakat, video/audio visual dipilih karena dapat menyampaikan informasi lewat gambar, audio, dan teks. Analisa pada video iklan layanan masyarakat produksi MLC Singapore “Do What’s Right Online”, pada penelitian kali ini penulis ingin menganalisa pembentukan Visual Storytelling, baik pada teknik sinematografi atau elemen visual.
Eksplorasi Desain Fin Surfboard Dengan Menggunakan 3D Printing FDM Rio Ferdinand; Phebe Valencia
Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial Vol 3, No 1 (2021): Adaptabilitas & Strategi Inovasi Desain Sosial (Di Masa Pandemi)
Publisher : School of Design Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/jsdis.v3i1.4667

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan 3D printer dalam memproduksi produk. Metode 3D printing mempunyai kelabihan, yaitu dapat di produksi dengan jumlah sedikit, presisi serta memiliki bentuk yang lebih bermain. Dalam artian tidak dibatasi oleh arah bukaan cetakan dan lainnya. Objek yang di pilih adalah sirip papan selancar (fin surfboard), karena produk tersebut berdimensi kecil, dan umunya dibuat dengan material plastik sehingga ideal untuk di jadikan objek penelitian. Diharapkan penelitian ini dapat menghasilkan desain fin surfboard yang memiliki nilai kebaruan , baik dalam sisi desain bentuk maupun metode produksi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8