cover
Contact Name
Mustakim Sagita
Contact Email
mustakim_sagita@unigha.ac.id
Phone
+6281360046356
Journal Mail Official
lppm@unigha.ac.id
Editorial Address
Biro Rektor Lt. 1, Ruang LPPM Universitas Jabal Ghafur Jalan Sigli-Lamlo, Glee Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh Kode Pos 24171
Location
Kab. pidie,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Real Riset
ISSN : 26851024     EISSN : 27747263     DOI : -
Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta lainnya di Indonesia.Jurnal Real riset memuat laporan hasil-hasil penelitian di laboratorium, hasil penelitian/survey lapangan, tulisan ilmiah populer, makalah suntingan dan review buku teks/ bahagian dari buku dalam berbagai disiplin ilmu (multi disiplin)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2020): Oktober 2020" : 6 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN TATA NAMA SENYAWA KARBON MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS XI-TSM SMKN 1 NAGAN RAYA Rahmadani S. Pd
Jurnal Real Riset Vol 2, No 4 (2020): Oktober 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i4.281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan tata nama senyawa karbon yang diajarkan melalui model pembelajaran problem based instruction di kelas XI-TSM SMKN 1 Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data adalah peserta didik kelas XI-TSM SMKN 1 Nagan Raya tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 peserta didik. Kriteria untuk masing-masing tindakan terdiri dari kriteria proses dan kriteria hasil. Kriteria proses tercapai jika skor hasil observasi tindakan peserta didik ? 80% dan kriteria hasil tercapai jika 85% peserta didik mendapat skor ? 80 pada tes akhir tindakan. Dari hasil pengolahan, hasil belajar peserta didik secara klasikal mengalami peningkatan masing-masing sebesar 52,18% dan 17,39% dengan persentase ketuntasan dari 21,73% pada tes awal, 73,91% pada siklus I, dan menjadi 91,30% pada siklus II. Keaktifan guru dan peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model problem based instruction mengalami peningkatan. Keaktifan guru meningkat sebesar 16% dari 77,33% menjadi 93,33%, sementara keaktifan peserta didik terjadi peningkatan sebesar 13,34% dari 73,33% menjadi 86,67%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan penerapan pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan tatanama senyawa karbon  di Kelas XI-TSM SMKN 1 Nagan Raya, serta juga dapat meningkatkan keaktifan guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Kata kunci: Hasil belajar, Peserta didik, Model Pembelajaran Problem Based Instruction
UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN ALAT UKUR OTOMOTIF MELALUI PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS X-TKRO SMK NEGERI 1 NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Hamdanis Sukhri
Jurnal Real Riset Vol 2, No 4 (2020): Oktober 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i4.284

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter kreatif siswa dalam pembelajaran alat ukur otomotif  melalui model pembelajaran Contextual teaching Learning pada siswa kelas X-TKRO di SMK Negeri 1 Nagan raya tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilaksanakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawat (guru produktif). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-TKRO SMK Negeri 1 Nagan Raya tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar observasi, dokumentasi dan lembaran tes. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis kualitatif dengan model interaktif. Model analisis interaktif mempunyai 3 komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil analisis data, selama pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan, yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,6 dan persentase ketuntasan 80% sedangkan pada siklus II rata-rata karakter kreatif siswa adalah 80,8 dan persentase ketuntasan adalah 96%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan karakter kreatif setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning pada siswa kelas X-TKRO di SMK Negeri 1 Nagan raya.
IMPROVING THE ABILITY OF STUDENTS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT BY USING MIND MAPPING Cut Indah Putri
Jurnal Real Riset Vol 2, No 4 (2020): Oktober 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i4.318

Abstract

The objective of this research was to find out is there any differences between the students who are tought by using mind mapping technique and the students who  are tought by using conventional technique to improve the ability in writing descriptive text. The sample of this research ware the second year students of SMA 2 Indrajaya class XI IPA as experimental class and XI IPS as control class. Each classes consist of 23 students. to collect the data in this quantitative researcher, the researcher used a set of written test. The reaearcher used an analytic scoring to score the students’ writing on the pre-test and post-test to attain the reliability of the instrument. The result of students’ pre-test mean score in the experimental class was 58,86 while the students’ post-test mean score was 68, and the different mean score with t-test is 16,90. The students pre-test mean score in the controlled class was 61,73 and the students post-test mean score was 61,56, and the different mean score with t-test is 8,68. the significant effect was shown by students’ post-test mean score of experimental class which was treated by Mind Mapping Technique, it was greater than the students’ post-test  mean score of the controlled class which was not treated by Mind Mapping. This  indicate that the students score in experimental class is better and higher than controlled class. This research can be concluded that the Mind Mapping technique will give better result on students’ writing descriptive text. The Mind Mapping have positive influences and very effective in mastering writing skill especially writing descriptive text.Key Words      : Mind Mapping Technique, Writing, Descriptive Text.
DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PLN ULP BIREUEN Mulyadi Mulyadi
Jurnal Real Riset Vol 2, No 4 (2020): Oktober 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i4.286

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh dimensi kualitas layanan (Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy) terhadap kepuasan pelanggan.Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalahTangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathydan kepuasan pelanggan PT. PLN ULP Bireuen. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan motode regresi linear berganda, dengan jumlah responden sebanyak 100 pelanggan PT. PLN ULP Bireuen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel Tangibility (X1), Assurance (X4) dan Empathy (X5) yang berpengaruh positif dan signifikan. terhadap kepuasan pelanggan PT. PLN ULP Bireuen. Sedangkan Reliability(X2) dan Responsiveness (X3) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. PLN ULP Bireuen.Kata kunci: Dimensi Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan
PENGARUH MOTIVASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA STAF PENGAJAR YAYASAN UMMI GAMPONG MESJID AREE KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE Herizal, Mutia
Jurnal Real Riset Vol 2, No 4 (2020): Oktober 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i4.282

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi dan pengalaman kerja terhadapkinerja staf pengajar pada Yayasan Ummi Gampong Mesjid Aree Kecamatan DelimaKabupaten Pidie. Jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh staf pengajar atau semua populasi yang ada pada Yayasan Ummi Gampong Mesjid Aree Kecamatan Delima Kabupaten Pidie sebanyak 33 orang responden. Sedangkan Pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian angket atau kuesioner kepada seluruh responden dengan menggunakan peralatan statistik regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS 21.0. Berdasarkan persamaan regresi linier berganda, maka dapat ambil kesimpulan denganpersamaan regresi sebagai berikut Y = 1.560+ 0,379 X1 + 0,563 X2. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa variabel motivasi (X1), dan pengalaman kerja (X2), mempunyai hubungan yang relatif kuat dengan nilai Koefisien korelasi ( R ) sebesar 0,824 atau 82,4 persen dan sedangkan nilai Koefisien determinasi (R2) bernilai 0,678 atau sebesar 67,8 persen yang artinya variabel motivasi dan variabel pengalaman kerja sangat signifikan pengaruhnya terhadap kinerja staf pengajar pada Yayasan Ummi Gampong Mesjid Aree Kecamatan Delima Kabupaten Pidie. Hasil uji-t (secara parsial) menunjukkan bahwa variabel motivasi (X1) dan variabel pengalaman keraj (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja staf pengajar pada Yayasan Ummi Gampong Mesjid Aree Kecamatan Delima Kabupaten Pidie dengan thitung > ttabel yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji-F secara simultan menjelaskan bahwa variabel motivasi dan variabel pengalaman kerja berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja staf pengajar pada Yayasan Ummi Gampong Mesjid Aree Kecamatan Delima Kabupaten Pidie, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung 31,625 lebih besar dari Ftabel 3,3158 pada tingkat signifikansi ? = 5%.
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DALAM PENERAPAN INTERNASIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARS (IFRS) DI INDONESIA Evi Maulida Yanti; Zulfikar Zulfikar; Muliana Muliana; Achma Mutacha
Jurnal Real Riset Vol 2, No 4 (2020): Oktober 2020
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47647/jrr.v2i4.903

Abstract

The objective of the establishment of the International Accounting Standards Committee (IASC) and the International Accounting Standards Board (IASB) is to develop high quality international financial reporting standards. This is in line with the mandate of the G-20 meeting in London to have a set of high-quality global accounting standards in order to provide quality financial information on international capital markets. To achieve this goal, the IASC and IASB have issued principles-based standards called International Financial Reporting Standards (IFRS) and previously International Accounting Standards (IAS). IFRS has been implemented in Indonesia since 2012. In practice, the government requires several institutions to use this IFRS system. Institutions that are required to use the IFRS system according to government regulations are banking, insurance, public companies, and BUMN. The research uses a descriptive method with the aim of gathering information about IFRS. The conclusions that can be drawn are the positive things from the application of IFRS in Indonesia, namely opening opportunities for entrepreneurs to spread their wings in the international world and the negative impact that occurs is that entrepreneurs who are less creative in developing their business will be increasingly left behind because foreign entrepreneurs are starting to enter Indonesia.Keywords : IASC, IASB, IFRS, Financial Reporting Standards

Page 1 of 1 | Total Record : 6