cover
Contact Name
Mustakim Sagita
Contact Email
mustakim_sagita@unigha.ac.id
Phone
+6281360046356
Journal Mail Official
lppm@unigha.ac.id
Editorial Address
Biro Rektor Lt. 1, Ruang LPPM Universitas Jabal Ghafur Jalan Sigli-Lamlo, Glee Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh Kode Pos 24171
Location
Kab. pidie,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Real Riset
ISSN : 26851024     EISSN : 27747263     DOI : -
Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta lainnya di Indonesia.Jurnal Real riset memuat laporan hasil-hasil penelitian di laboratorium, hasil penelitian/survey lapangan, tulisan ilmiah populer, makalah suntingan dan review buku teks/ bahagian dari buku dalam berbagai disiplin ilmu (multi disiplin)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021" : 9 Documents clear
PENGARUH JOB DESCRIPTION DAN ANALISA JABATAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) KABUPATEN PIDIE Nyak Umar; Cut Yusniar; Abdullah Abdullah
Jurnal Real Riset Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Real Riset

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh. Dimana variabel independen yaitu Job Description  (X1), Analisa Jabatan (X2) dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pidie yang berjumlah 30Pegawai.Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi:Y =  2,978 + 0,411 X1  + 0,532 X2. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dari kedua variabel yang diteliti, ternyata variabel Analisa Jabatan (X2) mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 53,2% terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pidie. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Job Description  (X1) dan Analisa Jabatan (X2) terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pidie dengan indeks korelasi sebesar 92,1% Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat. Kemudian indeks determinasi masing-masing variabel Job Description (X1) dan Analisa Jabatan (X2) sebesar 84,9 %, ini berarti berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pidie dan sebesar 15,1 % yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata kunci : Job Description, Analisa Jabatan, Kinerja 
PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKANINSTITUSIONAL TERHADAP KEBIJAKAN UTANG PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019 Nazariah Nazariah; Ramzijah Ramzijah; Al Humairah Al Humairah
Jurnal Real Riset Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Real Riset

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kebijakan utang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 178 perusahaan.Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel diperoleh sebanyak 21 perusahaan.Kepemilikan manajerial (X1) tidak berpengaruh terhadap kebijakan utang.Sedangkan kepemilikan institusional (X2) berpengaruh signifikan terhadap kebijakan utang.Dan kepemilikan manajerial (X1) dan kepemilikan institusional (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan utang.Kata Kunci: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Kebijakan Utang. 
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENYEBARAN KERAJINAN TANGAN KHAS KABUPATEN PIDIE BERBASIS WEBGIS Laila Qadriah; Maryanti Maryanti
Jurnal Real Riset Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Real Riset

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi webgis untuk penyebaran kerajinan tangan khas Kabupaten Pidie merupakan alat bantu untuk menyampaikan informasi mengenai persebaran pengrajin kerajinan tangan di Kabupaten Pidie. Kehadiran sistem informasi geografis ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai pengrajin kerajinan tangan. Metode dalam penelitian ini adalah metode pengembangan sistem.  Aplikasi ini memanfaatkan bahasa PHP sebagai bahasa pemrogramannya, dan MySQL sebagaidatabasenya dan Peta leaflet untuk fasilitas pelayanan petanya. Sistem ini dapat memberikan gambaran penyebaran pengrajin kerajinan tangan dengan mengutamakan tata letak lokasi pengrajin kerajinan tangan sertakerajinan tangannya.Kata kunci: Aplikasi Webgis, Kerajinan Tangan, Penyebaran Lokasi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PERSEBARAN FAUNA DI SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK TAHUN AJARAN 2019-2020 Henni Mahera Siregar
Jurnal Real Riset Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Real Riset

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu permasalahan dalam pembelajaran adalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran Peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar geografi pada materi Persebaran Fauna Indonesia dengan menggunakan media gambar peserta didik kelas XI IS.1 SMA Negeri 1 Idi. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Idi pada semester ganjil. Subyek pada penelitian ini adalah Peserta didik kelas XI IS.1, jumlah peserta didik didalam kelas adalah 26 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Tes tertulis pada akhir siklus I dan II, teknik non tes meliputi observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran geografi memiliki peran yang sangat penting, hal ini terkait dengan karakteristik pembelajaran geografi mengenai kondisi di permukaan bumi, peran media menjadi sesuatu yang diperlukan sebagai perantara penyampai pesan yang abstrak ke dunia nyata, 2. Penggunaan media gambar dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar, peranan guru yang selama ini dominan di dalam kelas dapat dikurangi. Hal ini ditunjukkan darihasil penelitian bahwa aktivitas peserta didik yang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sebelum dan setelah menggunakan media gambar meningkat dari siklus I (66%) dan pada siklus II (90,4%), 3. Pada saat pembelajaran geografi menggunakan media gambar peserta didik menjadi lebih semangat dalam pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar pesertadidik. Hal ini ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kondisi awal adalah 58,6 menjadi 68 pada siklus I dan 78,13 pada siklus II dengan jumlah peserta didik yang tuntas pada kondisi awal sebanyak 3 (11,5%) orang menjadi 8 (30,76) pada siklus I hasil ini belum mencapai indikator ketercapaian yang ditentukan peneliti sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada akhir siklus II menjadi 20 (76,92%). Dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatan hasil belajar geografi pada materi Persebaran Fauna Indonesia pada peserta didik kelas XI IS.1 SMA Negeri 1 Idi.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ALQUR`AN DAN HADITS PEDOMAN HIDUPKU PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIGLI Sofyan Sofyan
Jurnal Real Riset Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Real Riset

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islammerupakan permasalahan besar karena di dalam pendidikan agamalah awalterbentuknya akhlak seorang anak. Permasalahan ini dapat saja disebabkan karena pengunaan metode belajar yang kurang tepat. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sigli selama tiga bulan sejak bulan Agustus sampai Oktober 2021 bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi Alqur`an dan Hadits pedoman hidupku dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sigli Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sigli tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 28 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam materi Alqur`an dan Hadits pedoman hidupku bagi siswa kelas X Akuntansi pada SMK Negeri 1 Sigli diperoleh hasil tes pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 67,9%, nilai rata-rata kelas sebesar 77,7 dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 92,9% dengan nilai rata-rata kelas 84,3. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktifitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 50% dan nilai rata-rata adalah 69,1. Dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam materi Alqur`an dan Hadits pedoman hidupku pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sigli. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Alqur`an dan Hadits Pedoman Hidupku
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMPN 2 SAKTI KABUPATEN PIDIE Ervina Dewi; Rahmi Agustina; Khaira Karnika
Jurnal Real Riset Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Real Riset

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan model contextual teaching and learning terhadap keterampilan berfikir kritis pada materi sistem peredaran darah manusia di SMPN 2 Sakti Kabupaten Pidie. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap tahun akademik 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Post-test Control Group Design. Penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas control (ceramah) dan kelas eksperimen (contextual teaching and learning). Soal test yang digunakan dalam bentuk soal uraian dengan jumlah 10 butir soal. Soal Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah Kemampuan berpikir kritis siswa, dianalisis secara deskriptif kualitatif, Ketuntasan Hasil Belajar, Perbedaan hasil belajar diukur untuk melihat perbedaan antara kelas control dan kelas eksperimen, dianalisis menggunan ujit statistic T dan peningkatan hasil belajar yang dianalisis menggunakan N-Gain. Pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model contextual teaching and learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa (thitung ttabel, yaitu 5,071,73 pada taraf signifikan 5%). dan meningkatkan rata-rata ketuntasan klasikal pada materi system peredaran darah pada menusia di di SMPN 2 Sakti Kabupaten Pidie. Kata kunci : Model Contextual Teaching and Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Sistem Peredaran Darah Manusia.
CLASSROOM MANAGEMENT STRATEGY OF TEACHING ENGLISH PRONUNCIATION TO YOUNG LEARNERS AT INTENSIVE ENGLISH COURSE BANDA ACEH Sariakin Sariakin
Jurnal Real Riset Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Real Riset

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims: (1) to find out how the teachers of Intensive English Course prepares classroom management strategy of teaching and learning process of pronunciation instruction, (2) to find out how the teachers of Intensive English Course conduct classroom management in teaching and learning process of pronunciation instruction, and (3) to find out how the teachers of Intensive English Course evaluates the result on classroom management in teaching and learning process of pronunciation instruction. This study belongs to qualitative research because only describes the situation and condition of applying pronunciation instruction at the course. Since the number of subjects of this researcher is only two teachers thus it should be taken as a sample and it is named data source. The instruments that are used to collect data are observation, interview, and documentation. The data gotten is analyzed by narration procedure and discussed. The result shows that in preparing classroom management strategy, the teachers prepare the program of year, syllabus, and program package. Next, in conducting classroom management strategy, the teachersapply student-centered approach. Besides, the teachers use three strategies in teaching and learning process namely: group discussion, role play, and drills. Next, in evaluating the result of teaching and learning process, the teachers evaluate students by using two kinds of tests namely on going process test and final test. The tests are written tests and conducted individually. Key Words: Classroom Management Strategy, Pronunciation, Teaching Learning Process
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMPENSASI LANGSUNG DAN KOMPENSASI TIDAK LANGSUNG TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PLN RAYON BEUREUNUN KABUPATEN PIDIE Husaini Abdullah; Arjuniadi Arjuniadi
Jurnal Real Riset Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Real Riset

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, kompensasi langsung, kompensasi tidak langsung dan variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap terhadap produktivitas karyawan PLN Rayon Beureunun Kabupaten Pidie. Penelitian dilaksanakan pada Kantor PLN Rayon Beureunun Kabupaten Pidie yang beralamat di Jalan Raya Medan Banda Aceh, Beureunuen. Populasi penelitian seluruh karyawan PLN Rayon Beureunun Kabupaten Pidie sebanyak 42 orang dan seluruhnya dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Hubungan antara variabel independen dengan dependen digunakan model regresi linear berganda. Berdasarkan output SPSS diperoleh model regresi berganda dalam bentuk persamaan sebagai berikut: Y =  4.657 + 0.253X1 + 0.335X2 + 0.440X3, variabel Kompensasi Tidak Langsung (X3) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap Produktivitas Karyawan PLN Rayon Beureunuen Kabupaten Pidie. Indeks determinasi diperoleh sebesar 57.0% yang berarti bahwa variasi variabel bebas dapat menjelaskan variabel tidak bebas sebesar 57.0% sedangkan selebihnya yaitu 43.0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil pengujian secara simultan diperoleh nilai Fhitung16.806 Ftabel2.845, menunjukkan bahwa variabel Komitmen Organisasi (X1), Kompensasi Langsung (X2) dan Kompensasi Tidak Langsung (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Karyawan PLN Rayon Beureunuen Kabupaten Pidie. Variabel Komitmen Organisasi (X1) diperoleh nilai thitung 2.658 ttabel 2.023, menunjukkan bahwa variabel Komitmen Organisasi (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Karyawan PLN Rayon Beureunuen Kabupaten Pidie. Variabel Kompensasi Langsung (X2) diperoleh nilai thitung 3.609 ttabel 2.023, menunjukkan bahwa variabel Kompensasi Langsung secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Karyawan PLN Rayon Beureunuen Kabupaten Pidie. Variabel Kompensasi Tidak Langsung (X3) diperoleh nilai thitung 4.218 ttabel 2.023, menunjukkan bahwa variabel Kompensasi Tidak Langsung secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Karyawan PLN Rayon Beureunuen Kabupaten Pidie.Kata Kunci : Komitmen, Kompensasi, Produktivitas
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI MEDIA LAGU SISWA KELAS XII IPA4 SMA NEGERI 1 MUTIARA Rahmiyanti Rahmiyanti
Jurnal Real Riset Vol 3, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Real Riset

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen melalui metode sugesti-imajinasi media lagu. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan menulis cerpen dan metode sugesti-imajinasi media lagu.  Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis cerpen. Dan untuk teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal, angket check list, wawancara, dan dokumentasi foto. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui metode sugesti-imajinasi media lagu, kemampuan menulis cerpen siswa kelas XII IPA4 SMA Negeri 1 Mutiara menunjukkan adanya peningkatan. Nilai rata-rata tes menulis cerpen prasiklus sebesar 63,36 mengalami peningkatan sebesar 1,8 poin menjadi 65,16. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,4. Setelah menggunakan metode sugesti-imajinasi media lagu juga terjadi perubahan perilaku siswa. Siswa yang sebelumnya kurang bersemangat terhadap pembelajaran menulis menjadi lebih bersemangat, setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen melalui metode sugesti-imajinasi media lagu. Selanjutnya, dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan metode sugesti-imajinasi media lagu pada pembelajaran menulis cerpen. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian yang sama dengan metode pembelajaran yang berbeda.Kata kunci: keterampilan menulis cerpen, metode sugesti-imajinasi, media lagu

Page 1 of 1 | Total Record : 9