cover
Contact Name
nurratri kurnia sari
Contact Email
jurnaldikdasbantara@gmail.com
Phone
+628112635883
Journal Mail Official
jurnaldikdasbantara@gmail.com
Editorial Address
Jl. Letjend. S. Humardani No. 1 Sukoharjo - Jawa Jengah Indonesia
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
jurnal dikdas bantara
ISSN : 26154285     EISSN : 26155508     DOI : -
Core Subject : Education,
Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2018)" : 8 Documents clear
Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Grafis dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dwi Anggraeni Siwi; moefty mahendra
Jurnal Dikdas Bantara Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jdb.v1i2.142

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran grafis dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tengklik Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan korelasi yaitu menghubungkan antara variabel penggunaan media pembelajaran grafis dan variabel hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tengklik Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 siswa dan semua dijadikan sample penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan korelasi product moment. Hasil analisis data diperoleh nilai sebesar 0,708 hasil tersebut lebih besar dari pada N=24 taraf signifikansi 5% adalah 0,404 dan 1% yaitu 0,515 atau 0,708 > 0,404 > 0,515. Maka hipotesis nol (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran grafis dengan hasil belajar matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Tengklik Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : media pembelajaran grafis, hasil belajar, matematika
Kefektifan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Model Learning Cycle 7e Untuk Kelas V Fembriani Fembriani; Nela Rofisian
Jurnal Dikdas Bantara Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jdb.v1i2.136

Abstract

Proses pembelajaran dalam KTSP memerlukan pengembangan bahan ajar. Observasi yang peneliti lakukan di kelas V pada lima sekolah dasar, 80% guru tidak membuat bahan ajar sendiri, 60% SD masih menggunakan bahan ajar teacher center, dan 50% belum mengembangkan bahan ajar active learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp dengan tujuan untuk memperoleh bahan ajar yang efektif. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD Negeri Grujugan sebagai kelas eskperimen, dan SD Negeri Kritig sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda dua rata-rata dan uji N-gain. Hasil Penelitian menunjukan implementasi bahan ajar terbukti efektif karena setelah diberi perlakuan menggunakan model learning cycle 7E terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan ekperimen dengan nilai signifikansi 0,02 < 0,05 dan peningkatan hasil N-gain kelas eksperimen sebesar 0,62 yang menunjukan kriteria sedang. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar IPA model learning cycle 7E adalah efektif. Kata Kunci: Keefektifan, learning cycle 7E, Bahan Ajar IPA
Peningkatan Prestasi Bahasa Jawa Melalui Model Pembelajaran Aktif Course review horay (CRH) suparmi suparmi
Jurnal Dikdas Bantara Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jdb.v1i2.143

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa siswa melalui model pembelajaran aktif CRH pada siswa kelas IX B semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2017 di SMP Negeri 2 Sukoharjo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan   teknik   dokumentasi, observasi, dan  tes tertulis.  Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir  soal tes, dan dokumen  daftar  nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar bahasa Jawa siswa, nilai rata-rata prestasi belajar bahasa Jawa siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 68,3, pada siklus I sebesar 75,9 dan pada siklus II sebesar 82,9. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 34,4%, siklus I sebesar 56,25% dan siklus II sebesar 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran aktif CRH dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas IX B semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018 ”.Kata kunci:   Prestasi Belajar Bahasa Jawa, Model Pembelajaran Aktif CRH  
Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Jawa Melalui Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII Tumiyem Tumiyem
Jurnal Dikdas Bantara Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jdb.v1i2.139

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII I semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai November 2016 di SMP Negeri 2 Sukoharjo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII I sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan   teknik   dokumentasi, observasi, dan  tes tertulis.  Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir  soal tes, dan dokumen  daftar  nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar bahasa Jawa siswa, nilai rata-rata prestasi belajar bahasa Jawa siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 68,9, pada siklus I sebesar 73,6 dan pada siklus II sebesar 81,6. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 37,5%, siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Penggunaan jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas VIII I semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/ 2017 ”. Kata kunci:   Prestasi Belajar Bahasa Jawa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw    
Implementasi Kurikulum 2013 Kelas V Sekolah Dasar Negeri Jombor 01 Para Mitta Purbosari; Koko Prasetyo; Tri Sutrisno
Jurnal Dikdas Bantara Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jdb.v1i2.140

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi Kurikulum 2013 kelas V di SDN Jombor 01 Bendosari dilihat dari proses perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar, dan hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 kelas V di SDN Jombor 01 Bendosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengungkapkan makna konseptual dan asosiatif apa adanya. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui data primer yang didapat dari hasil wawancara dengan guru kelas VB untuk mengetahui implementasi Kurikulum 2013, sedangkan untuk data sekunder meliputi dokumen-dokumen yang berupa berita atau dokumen lain yang berkaitan dengan pelaksanaan dan hambatan dalam implementasi Kurikulum 2013, serta catatan hasil observasi yang dilakukan. Prosedur pengumpulan data meliputi : teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur analisis data dalam penelitian ini adalah: Reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ menarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 dalam kegiatan perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah mengkaji silabus, mengkaji buku guru, menyusun RPP dengan menjabarkan langkah kegiatan pembelajaran. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan pendekatan saintifik sesuai dengan Kurikulum 2013 yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, mengasosiasikan/ menalar, dan mengkomunikasikan (5M). Kegiatan penilaian pembelajaran guru, menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Serta hambatan yang dihadapi guru dalam kegiatan perencanaan pembelajaran yaitu dari kondisi siswa sendiri, hambatan saat kegiatan pelaksanaan pembelajaran adalah kurang tersedianya sarana dan prasarana seperti sumber belajar (buku guru dan buku siswa) dan hambatan dalam penilaian pembelajaran adalah guru membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan penilaian. Kata kunci : Implementasi, Kurikulum 2013
Analisis Wawasan Kebangsaan Melalui Buku Teks Kelas Rendah Sekolah Dasar Kurikulum Tematik 2013 Taufik Muhtarom
Jurnal Dikdas Bantara Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jdb.v1i2.138

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan muatan nilai-nilai wawasan kebangsaan pada buku teks siswa kelas SD kelas rendah Kurikulum 2013 pada bagian wacana, petunjuk kerja, tagihan kerja, dan evaluasi. Data diperoleh dengan menggunakan teknik kajian isi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif berupa study literature. Langkah yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan menganalisis konten buku teks tematik siswa SD kelas rendah Kurikulum 2013. Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif-interpretatif melewati proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam aspek dari nilai wawasan kebangsaan yang tercakup dalam buku teks tematik siswa kelas rendah sekolah dasar di antaranya adalah aspek Kesetiakawanan Sosial dengan rincian sebanyak 23%, aspek Demokrasi dan Kedaulatan Rakyat sejumlah 11%, Cinta Tanah Air dengan persentase 19%, aspek Penghargaan terhadap Harkat dan Martabat Manusia sebagai Makhluk Ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa sebanyak 17%, aspek Tekad Bersama untuk Berkehidupan Kebangsaan yang Bebas, Merdeka dan Bersatu sebanyak 17%, aspek serta aspek Masyarakat Adil dan Makmur dengan persentase 14%. Keenam aspek tersebut diajarkan melalui  pembiasaan sikap dalam setiap aktivitas belajar baik sebelum, saat, maupun setelah pembelajaran di kelas, penanaman sikap melalui cerita dan muatan materi, pengenalan simbol dan maknanya, dan melalui pengenalan produk budaya dan keragaman bangsa, pemberian kebebasan dalam berpendapat. Kata Kunci: Wawasan Kebangsaan, Buku Teks, Tematik
Peningkatkan Prestasi Matematika Pada Siswa KelasVIII dengan Student Teams-Achievement Division Agung Cahyo Hartono
Jurnal Dikdas Bantara Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jdb.v1i2.141

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika materi Lingkaran melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siwa kelas VIII G SMP Negeri 2 Sukoharjo semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian  ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahapan yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Sukoharjo semester genap tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika materi lingkaran pada kelas VIII G di SMP Negeri 2 Sukoharjo semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 64,19, pada siklus I sebesar 73,6 dan pada siklus II sebesar 81,2. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai dan melampaui nilai KKM  (KKM=75) dari kondisi awal yang tuntas hanya 8 siswa(25%) meningkat menjadi 15 siswa(46,875%) pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 29 siswa (90,625%) pada siklus II , dan sudah melebihi target minimal (80%).Kata kunci :   Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), Prestasi Belajar Matematika.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar Melalui Team Games Tournament Sri Sulasmi
Jurnal Dikdas Bantara Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32585/jdb.v1i2.137

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan metode Cooperatif Learning tipe team games tournament (TGT). Penelitian dilakukan di kelas V yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Analisis data berupa data kuantitatif menggunakan analisis data persentase dan rata-rata nilai tes evaluasi. Instrument untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah lembar observasi serta lembar evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika pada akhir siklus II. Pada pra-siklus, terdapat 11 siswa (73%) yang mendapat nilai di bawah KKM dan 4 siswa (27%) mendapat nilai di atas KKM. Rata-rata hasil belajar adalah 51,18. Setelah dilakukan tindakan melalui dua siklus, ketuntasan siswa meningkat sebanyak 13 siswa (86%) telah mencapai KKM sedangkan siswa yang nilainya dibawah KKM menjadi 2 siswa atau hanya 14%, sedangkan nilai rata-rata juga meningkat menjadi 88,18. Dari hasil tes evaluasi siklus II diketahui bahwa indikator kinerja penelitian telah tercapai dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperatif Learning tipe team games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Kata Kunci: Metode Cooperatif Learning tipe Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 8