cover
Contact Name
Yoze Rizki
Contact Email
fasilkom@umri.ac.id
Phone
+6281356764330
Journal Mail Official
fasilkom@umri.ac.id
Editorial Address
Redaksi Jurnal Fasilkom, Fakultas Ilmu Komputer Gedung Rektorat Lt. 4, Universitas Muhammadiyah Riau Jl. Tuanku Tambusai, Pekanbaru, Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
ISSN : 20893353     EISSN : 28089162     DOI : https://doi.org/10.37859/jf.v11i3.2781
Core Subject : Science,
Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) is expected to be a media of scientific study of research result, a thought and a study criticial analysis to a System engineering research, Informatics Engineering, Information Technology, Computer Engineering, Informatics Management, and Information System. We accept research papers which focused to these following topics: System Engineering Expert System Decision Support System Data Mining Artificial Intelligent Computer engineering Digital Image Processing Computer Graphic Computer Vision Genetic Algorithm Machine Learning Deep Learning Information System Design Business Intelligence and Knowledge Management Database System Big Data IOT Enterprise Computing ICT and Islam Technology Management and other relevant topics to field of Information Technology
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Fasilkom" : 6 Documents clear
PERANCANGAN E-BAKUL PADA KELOMPOK WANITA TANI NGUDI REJEKI BERBASIS WEBSITE Fajar Sarasati; Diah Pradiatiningtyas; Nani Purwati
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1161.402 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i1.2287

Abstract

Abstrak Kelompok Wanita Tani Ngudi Rejeki merupakan suatu organisasi kewanitaan dibawah binaan badan ketahanan pangan dan pelaksana penyuluhan (BKPPP) kabupaten Bantul sebagai wadah pembinaan dan pelatihan anggotanya untuk mengolah dan menjual sendiri hasil produksi komoditas pertanian dan peternakan khususnya olahan daun kelor, namun strategi pemasaran yang dilakukan kurang efektif dan efisien sehingga menyebabkan jangkauan pasar kurang luas, transaksi pemesanan masih dilakukan via WhatsApp atau datang langsung ke toko, sehingga sering terjadi kesalahan pencatatan pesanan serta reseller membutuhkan informasi lengkap tentang produk dengan segera, namun penjual tidak selalu siap melayani setiap pertanyaan dari reseller. Berdasarkan permasalahan tersebut maka media yang tepat sangat diperlukan untuk mengemas produk olahan dengan tujuan untuk menarik konsumen serta mengurangi resiko kesalahan pada proses transaksi. Pengumpulan data yang otentik dan objektif diperoleh penulis melalui metode wawancara, observasi dan studi pustaka selama kurang lebih 1 bulan serta menggunakan metode pengembangan perangkat lunak dengan model SDLC air terjun (Waterfall) menurut Sukamto dan Shalahuddin yang terdiri dari 5 tahap, namun penulis hanya menggunakan 2 tahap yaitu analisis kebutuhan perangkat lunak dan desain. Hasil pengolahan data yang dilakukan penulis selama proses pengumpulan data, maka dihasilkan rancangan E-BAKUL atau E-Babakan Kuliner berbasis website yang diharapkan mampu memberikan solusi dari permasalahan yang dialami KWT Ngudi Rejeki.
ANALISIS SISTEM PENJUALAN PEMASARAN PRODUK PADA PT.PANASONIC GOBEL INDONESIA CABANG MEDAN Samsul Bahri Siagian; Muhammad Sowban Adilla
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.622 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i1.2429

Abstract

Panasonic Gobel Indonesia is a company that is active in the sale and marketing of electronic goods for the needs of the public and business. The company cannot be separated from the sales process. Selling is an activity or a business selling products, which is an activity aimed at finding buyers, influencing, and prioritizing buyers so that purchases can match the desired goods. However, the authors here limit the discussion to only focus on the sale (marketing) of goods between dealers and companies both in terms of product input. Therefore, the author aims to analyze the sales process and marketing of goods at PT. Panasonic Gobel Indonesia. When analyzing and collecting data on sales of goods was made, a case was discovered in PT. Panasonic Gobel Indonesia Medan Branch is still experiencing problems in terms of sales of goods, and also errors in inputting product data which result in having to apply repetitive processes for inputting product sales data, and also too many process codes that must be understood by employees in inputting data. Therefore, the authors decided to analyze the product sales application system through a flowchart that can make it easier for employees to do their jobs. That way a product sales application system flow is created which is implemented in the form of a flowchart. With the flow chart so that human errors can be minimized to facilitate employees in sales performance at PT. Panasonic Gobel Indonesia Medan Branch. Keywords: analysis, system, sales flow chart, SAP
Penentuan Dosen Teladan Berdasarkan Penilaian Kinerja Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus Dosen Unsulbar) kurniawati; Irfan AP; Heliawati Hamrul
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.411 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i1.2449

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini untuk mengetahui Penilaian Kinerja Dosen agar dapat dengan mudah mengetahui dosen yang memiliki kinerja baik atau bisa disebut dosen teladan, dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting dimana konsep yang digunakan adalah penjumlahan terbobot dari rating kinerja dari setiap alternatif pada semua atribut dengan output berupa informasi yang divisualisaikan dengan mengetahui predikat dosen yang memiliki kinerja baik atau biasa disebut Dosen Teladan dimana dosen yang memiliki predikat nilai yang lebih tinggi atau disebut juga dosen teladan Universitas Sulawesi Barat. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada metode pengembangan sistem Waterfal pada proses pembuatan perangkat lunak nya dan tahapan dalam metode SAW pada proses analisis hasil.
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENILAIAN TEKNISI WAN PT. TELKOM AKSES YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING Mahendra Wahyu Prihantoro; Arita Witanti
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.146 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i1.2452

Abstract

Telkom Akses merupakan anak perusahaan dari PT. Telkom Indonesia yang melayani dan mengoptimalkan layanan broadband di seluruh Indonesia. Dalam era yang serba digital, perkembangan teknologi semangin meningkat dan persaingan bisnis juga semakin ketat. Oleh karena itu, PT. Telkom Akses dituntut mampu menyediakan Sumber Daya Manusia yang tangguh dan handal guna mencapai visi nya sebagai penyedia Broadband terbaik.Studi ini dilakukan di PT. Telkom Akses Yogyakarta dengan menggunakan 5 kriteria yaitu Produktivitas, Kerjasama, Improvisasi, Kehadiran, dan Kedisiplinan. Agar dapat membuat keputusan yang tepat dalam penelitian ini maka menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja teknisi pada semua atribut. Berdasarkan hasil perhitungan yang sudah diujikan, penerapan metode SAW baik perhitungan manual maupun dengan perhitungan sistem aplikasi yang telah dibuat mampu menghasilkan perangkingan kinerja teknisi unit WAN dengan hasil pengurutan nilai tertinggi. dengan nilai berdasarkan hasil pengujian RSD mendapatkan prosentase nilai sebesar 14,3%.
METODE BUDIDAYA TAUGE DALAM SMART GREEN HOUSE DENGAN SISTEM PENYIRAMAN OTOMATIS Kevin Arie Sandy; Arnold Aribowo; Alfa Satya Putra; Aditya Rama Mitra
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.839 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i1.2470

Abstract

There are many techniques to cultivate mung bean sprout, however the process requires many human involvements which can cause problems, such as forgetting to water the mung bean sprout, cutting the tail which must be cut one by one, finding the ideal location, and detecting water leakage. In this research, mung bean sprout will be grown with an automatic watering system in a Smart Green House system, which is able to monitor the mung bean sprout using technologies such as light, temperature and humidity sensors to determine the ideal place of cultivation, water level sensor to measure remaining water level in the container, and water sensor to detect water leakage from the planting medium. Arduino Mega 2560 is used as the microcontroller in this system. The sensors and components used in the system includes Light Dependent Resistor GL5506, Water Sensor Funduino, buzzer, Ultrasonic Ping HC-SR04, Humidity and Temperature Sensor DHT11, potentiometer, servo motor, relay with 12V pump, Knee and Nipple Watering System, and Fogger Head Sprayer. The system is able to cultivate mung bean sprout with length of 3-5 cm, without losing their color in the process, and can be harvested without tail.
GAME EDUKASI PUZZLE PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL BALI BERBASIS ANDROID I Ketut Herry Saptiawan; I Gede Suardika; I Made Rudita
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (876.662 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i1.2526

Abstract

Game edukasi puzzle merupakan game yang bersifat menghibur dan di dalamnya mengandung pengetahuan yang dapat disampaikan kepada penggunanya. Game edukasi puzzle dapat digunakan sebagai salah satu media pendidikan yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Game Edukasi Puzzle ini diterapkan di dalam aplikasi Game Edukasi Puzzle Pengenalan Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android, sehingga dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman pengguna dalam mengenal alat musik tradisional Bali sekaligus dapat bermain game. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah Game Edukasi Puzzle Pengenalan Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android. Dalam pembuatan aplikasi ini mengunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Untuk menguji game edukasi dari sisi fungsionalitas, serta untuk menguji game dari sisi usability dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Dari hasil penelitian tersebut diharapkan berguna bagi masyarakat dalam mengenal alat musik tradisional Bali.

Page 1 of 1 | Total Record : 6