cover
Contact Name
Yoze Rizki
Contact Email
fasilkom@umri.ac.id
Phone
+6281356764330
Journal Mail Official
fasilkom@umri.ac.id
Editorial Address
Redaksi Jurnal Fasilkom, Fakultas Ilmu Komputer Gedung Rektorat Lt. 4, Universitas Muhammadiyah Riau Jl. Tuanku Tambusai, Pekanbaru, Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
ISSN : 20893353     EISSN : 28089162     DOI : https://doi.org/10.37859/jf.v11i3.2781
Core Subject : Science,
Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) is expected to be a media of scientific study of research result, a thought and a study criticial analysis to a System engineering research, Informatics Engineering, Information Technology, Computer Engineering, Informatics Management, and Information System. We accept research papers which focused to these following topics: System Engineering Expert System Decision Support System Data Mining Artificial Intelligent Computer engineering Digital Image Processing Computer Graphic Computer Vision Genetic Algorithm Machine Learning Deep Learning Information System Design Business Intelligence and Knowledge Management Database System Big Data IOT Enterprise Computing ICT and Islam Technology Management and other relevant topics to field of Information Technology
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 3 (2022): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)" : 7 Documents clear
Rancang Bangun Sistem Informasi Training Online Berbasis Web (Studi Kasus: Upt Lab. Komputer STMIK Prabumulih) Khana Wijaya Khana; Muchlis; Alpina Damayanti
JURNAL FASILKOM Vol 12 No 3 (2022): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v12i3.3542

Abstract

Lembaga kursus yang ada pada Upt Lab. Komputer STMIK Prabumulih adalah sebuah lembaga yang bergerak dalam jasa training (kursus) komputer, yang diselenggarakan secara tatap muka, dimana pusat training STMIK Prabumulih menyediakan tempat serta sarana dan prasarana untuk menyelenggarakan training secara tatap muka. training adalah usaha pengembangan keterampilan mahasiswa yang dilakukan oleh UPT Lab Komputer untuk mencapai standar tertentu khususnya di bidang pemrograman. Aplikasi adalah perangkat lunak yang menggabungkan beberapa fitur tertentu dengan cara yang dapat diakses oleh pengguna. Perkembangan internet dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dari sisi pengguna aktifnya. Setiap orang tentu mengakses internet dengan menggunakan berbagai perangkat, mulai dari desktop, mobile, hingga tablet. Dan website adalah salah satu media yang paling sering untuk diakses dan digunakan dalam mencari berbagai informasi dan sarana komunikasi. Web adalah kumpulan halaman dalam suatu domain yang memuat tentang berbagai informasi agar dapat dibaca dan dilihat oleh pengguna internet melalui sebuah mesin pencari. Informasi yang dapat dimuat dalam sebuah website umumnya berisi mengenai konten gambar, ilustrasi, video, dan teks untuk berbagai macam kepentingan. Oleh karena itu, dibutuhkannya sebuah aplikasi berbasis web training online yang dapat digunakan untuk megakses media pembelajaran secara online dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Meskipun pembelajaran dilakukan secara online, masih ada biaya yang harus dikeluarkan oleh peserta untuk membeli paket training dan mengakses media pembelajaran secara online. Dengan dirancangnya sistem informasi training online ini maka akan dapat membantu instruktur dalam memberikan materi kepada peserta, sehingga peserta dan instruktur dapat dengan mudah melakukan interaksi jarak jauh.
Game Clash of Klungkung Kingdom Sebagai Media Pengenalan Sejarah Kerta Gosa Berbasis Android Ayu Sukma Shintyaningsih; I Gede Suardika; Ketut Gus Oka Ciptahadi
JURNAL FASILKOM Vol 12 No 3 (2022): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v12i3.3739

Abstract

Klungkung merupakan sebuah kerajaan yang sangat terkenal di Bali dan merupakan pusat pemerintahan Bali kuno. Klungkung mengalami sebuah peristiwa besar yaitu peristiwa perang puputan. Kerajaan Klungkung di zaman dahulu meninggalkan warisan bangunan dengan benda bersejarah yang sekarang dikenal dengan Kerta Gosa. Berdasarkan periodisasinya, Situs Kerta Gosa tergolong dalam zaman Bali Baru yakni masa penjajahan Belanda (Kolonial), merupakan tempat peradilan warisan dari Keraton atau Puri Semarapura (1686-1908). Akan tetapi, di zaman sekarang warisan kerajaan Klungkung yaitu Kertagosa kurang diperhatikan dan banyak yang tidak tahu akan keberadaan Kerta Gosa. Agar generasi muda dapat mengenal sejarah pembangunan Kerta Gosa, dibuatlah “Game Clash of Klungkung Kingdom sebagai Media Pengenalan Sejarah Kerta Gosa Berbasis Android.” Tujuan dari game ini adalah memberikan pengenalan secara umum bangunan Kerta Gosa dan sejarah dari Kerta Gosa. Game ini dibangun dengan metode GDLC (Game Development Life Cycle). Berdasarkan hasil pengujian Black-box testing, dapat disimpulkan bahwa game dapat berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan rancangan. Berdasarkan jawaban 30 responden yang diberi kuesioner dengan 10 pertanyaan diolah dan didapatkan hasil skor System Usability Scale sebanyak 82,67 dengan predikat “Excellent ”.
Perancangan Aplikasi Inventory Barang Dengan QR Code Berbasis Android Pada Minimarket Eko Kurniawanto Putra; Qoryatul Dea Prilia Primayani
JURNAL FASILKOM Vol 12 No 3 (2022): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v12i3.3848

Abstract

Minimarket adalah toko yang menjual segala macam barang dan kebutuhan sehari-hari, minimarket menerapkan sistem swalayan, di mana pembeli mengambil sendiri barang yang di butuhkan lalu melakukan pembayaran di kasir. Penelitian ini dilakukan untuk membuat aplikasi Scanner QR Code berbasis Android untuk melakukan input persediaan barang dengan mudah dan praktis. Aplikasi ini dikembangkan memiliki dua fitur yaitu fitur yang dijalankan melalui komputer untuk proses pendataan barang dan fitur kedua adalah melalui perangkat android yang digunakan untuk scan barcode barang dan mengirimkan data ke aplikasi yang ada pada komputer. Hasil dari aplikasi yang telah dibuat dapat melakukan cek data stok barang dan penambahan barang dari gudang serta dapat memindai barcode dengan menggunakan kamera yang terdapat pada mobile device untuk melakukan penambahan barang dan juga dapat melakukan pencatatan jumlah stok barang.
Decision Tree Dalam Analisis Keputusan Pembelian Program Pada Perkumpulan Penggiat Programmer Indonesia Fenilinas Adi Artanto; Imam Rosyadi; Siti Elisa Rahmawati; Haifan Tri Buwono Joyo Pangestu
JURNAL FASILKOM Vol 12 No 3 (2022): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v12i3.3948

Abstract

Perkumpulan Penggiat Programmer Indonesia adalah sebuah perkumpulan programmer yang menjadi wadah bagi programmer untuk menjual program yang mereka buat atau menjadi tempat dalam penjualan jasa pembuatan sebuah program. Tentunya dalam membeli sebuah program pasti akan ada beberapa alasan yang akan membuat pembeli tertarik dan akhirnya membeli produk pemrogramman. daar ataupun faktor dalam membeli sebuah program bisa digunakan sebagai salah satu acuan dalam pengembangan sebuah produk pemrogramman yang nantinya kan menarik untuk untuk dibeli oleh konsumen. analisa faktor-faktor pendukung keputusan dalam membeli program menjadi dasar pengembangan. dilakukan. Digunakanya metode data mining dalam menganalisis faktor-faktor keputusan pembelian konsumen. algoritma yang digunakan adalah decision tree dikarenakan algoritma tersebut memiliki keunggulan dalam kemudahan dalam membaca hasil analisis karena tersaji dalam bentuk pohon keputusan. dari algortima decision tree didapatkan bahwa kecepatan pengerjaan dan kemudahan dalam mengunakan produk menjadi alasan konsumen untuk membeli produk di Persatuan Penggiat Programmer Indonesia dengan tingkat akurasi sebesar 83,33%. nantinya para programmer di Perkumpulan Pengiat Programmer Indonesia bisa meningkatkan pembelian produk dengan meningkatkan kecepatan dalam menyelesaikan produk dan kemudahan dalam penggunaan produk pemrogramman.
Sistem Informasi Koperasi Sekolah Berbasis Website Pada UPT SD 56 Gresik Rizki Marthanugraha Rizki; Putri Aisyiyah Rakhma Devi Devi
JURNAL FASILKOM Vol 12 No 3 (2022): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v12i3.4252

Abstract

Koperasi sekolah merupakan tempat yang didirikan di area sekolahan guna menanamkan pembelajaran koperasi pada siswayang bertujuan meningkatkan koperasi di Indonesia bisa lebih maju. Salah satu dari permasalahan tersebut yakni banyaknyapembeli yang membeli lebih dari satu tipe benda disetiap pesanan. Banyaknya pesanan tersebut mempengaruhi waktu dariproses jual beli benda. Tidak hanya melaksanakan kegiatan jual beli, petugas koperasi serta mempunyai tugas yang lain sepertimengecek stok benda yang ada serta pula memesan benda yang stoknya menipis. Dalam mengecek stok benda, yang adapetugas koperasi menghitung jumlah benda serta memasukkan informasi benda secara manual. Hingga dari itu dibuatlah sisteminformasi koperasi sekolah berbasis website. Tujuannya untuk mengelola persediaan stok benda supaya lebih efisien sertaefektif sehingga persediaan stok bisa dikontrol dengan baik serta pula memudahkan petugas koperasi untuk memperoleh datamengenai persediaan stok benda. Dalam riset ini penulis memakai metode pengumpulan informasi semacam wawancara,observasi, dokumentasi serta riset pustaka. Setelah itu dalam meningkatkan sistem penulis memakai model waterwall meliputisesi Analisa kebutuhan sistem, sesi perencangan, sesi pelaksanaan, serta sesi pemeliharaan. Hasil dari riset ini merupakandibentuknya sistem informasi koperasi sekolah di UPT SD 56 Gresik supaya lebih tertib serta terkendali, dan mempermudahpetugas koperasi untuk mengenali data persediaan benda kapan saja.
Prediksi Kunjungan Wisatawan dengan Reduksi Noise pada Google Trends menggunakan Hilbert-Huang Transform dan Long Short-Term Memory Harun Mukhtar; Yoze Rizki; Febby Apri Wenando; Muhammad Abdul Al Aziz
JURNAL FASILKOM Vol 12 No 3 (2022): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v12i3.4332

Abstract

In many studies, Google Trends Data is efficient to analyze and estimate as explanatory variables, including tourism predictions. However, data retrieval and tourism are always plagued by noise. Without noise processing, the predictive ability of search engine data may be weak, even invalid. As a noise processing method, Hilbert-Huang Transform (HHT) can reduce or clean noise. Forecasting is the art and science of predicting future events. LSTM is able to overcome long-term dependence. This study tries to provide predictions of tourist visits by processing noise in search engines using the Hilbert-Huang Transform method. The forecasting architecture that is built is composed of 3 hidden LSTM layers with 100 units of neurons or nerves that function to process information, which in the LSTM layer also becomes the input layer. Prediction test results on a dataset of 156 rows, resulting in RMSE values in 2019 getting RMSE LSTM 129249 results, and RMSE HHT + LSTM 653058. so that the resulting RMSE is closer to remembering 0.
Perancangan Website Penjadwalan Piket Kebersihan di Diskominfo Kabupaten Kediri Septian Tito Reymar; Ferdi Chandra Fitrian Saputra; Halimahtus Mukminna
JURNAL FASILKOM Vol 12 No 3 (2022): Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
Publisher : Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jf.v12i3.4390

Abstract

Menjaga kebersihan lingkungan kerja dilakukan agar pekerja nyaman dengan lingkungan pekerjaanya. Pekerja yang nyaman dengan lingkungan kerjanya cenderung memiliki motivasi lebih tinggi dalam melakukan pekerjaanya. Lingkungan kerja dibersihkan oleh seorang petugas kebersihan. Untuk memudahkan petugas kebersihan dalam membersihkan suatu lingkungan kerja, perlu dilakukan penjadwalan kebersihan. Pada Diskominfo kabupaten Kediri, belum terdapat penjadwalan piket kebersihan yang terstruktur. Penjadwalan biasanya dilakukan oleh petugas kebersihan sendiri. Sehingga Petugas kebersihan terkadang mengalami kesulitan dalam mengingat tempat mana saja yang sudah dibersihkan atau yang belum dibersihkan pada gedung Diskominfo kabupaten Kediri. Website dibuat dengan harapan membantu persoalan yang dialami petugas kebersihan di Diskominfo kabupaten Kediri. Pembuatan website dilakukan dengan menggunakan metode waterfall. Dari Hasil pengujian yang dilakukan, website berhasil menyimpan dan menampilkan data sesuai dengan yang diharapkan, sehingga disumpulkan website layak untuk digunakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7